BIOLOGI SEL

Biologi sel adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sel. Sel adalah kesatuan structural dan fungsional makhluk hidup

A. Filogeny dan Ontogeny

Filogeny : kajian mengenai hubungan di antara kelompok-kelompok organisme yang dikaitkan dengan proses evolusi yang dianggap mendasarinya. Ontogeny : mendeskripsikan asal-usul dan perkembangan organisme sejak dari telur yang dibuahi ke bentuk dewasanya.

B. Perbedaan Sel Prokariot dan Eukariot
Karakteristik Ukuran sel Inti sel Prokariot umumnya 0,5-5 μm Tidak terbungkus membran inti sehingga tidak disebut nukleus tetapi nukleiod Organel yang Tidak ada terbungkus membran Membran sel Sitoplasma Ribosom Kromosom (DNA) Tanpa karbohidrat dan biasanya tanpa sterol Tanpa sistoskeleton atau aliran sitoplasmik Ukuran kecil (70s) Kromosom tunggal melingkar tanpa protein histon Eukariot 10-100 μm Inti sejati yang terbungkus membran inti dan memiliki nukleolus Ada, seperti lisosom, kompleks golgi, mitokondria, retikulum endoplasma, dan kloroplas Sterol dan karbohidrat ada sebagai reseptor Ada sistoskeleton dan terjadi aliran sitoplasmik Ukuran besar (80s) Kromosom linear melipat dengan terikat protein histon

Struktur dan Biokimia Membran Plasma .C.

Mekanisme Transpor Melalui Membran Transpor Pasif 1. 3. Mekanisme difusi Mekanisme difusi difasilitasi Mekanisme osmosis Transpor Aktif   Transpor aktif primer Transpor aktif sekunder .D. 2.

STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL .E.

Inti (nukleus) Inti sel atau nukleus sel adalah organel yang ditemukan pada sel eukariotik .

Retikulum Endoplasma Retikulum Endoplasma (RE) adalah organel yang dapat ditemukan di seluruh sel hewan eukariotik. .

.Ribosom Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein dan merupakan contoh organel yang tidak bermembran.

.Badan Golgi Badan Golgi adalah organel yang dikaitkan dengan fungsi ekskresi sel. dan struktur ini dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa.

Lisosom Lisosom adalah organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan. .

Mitokondria Mitokondria adalah organel yang berfungsi sebagai tempat respirasi aerob untuk pembentukan ATP sebagai sumber energi sel. .

disusun oleh protein yang disebut tubulin. .Mikrotubulus dan Mikrofilamen (sitoskeleton) Mikrotubulus berbentuk seperti benang silindris.

Sentrosom Sentrosom merupakan organel yang disusun oleh dua sentriol. .

. dan dibatasi membran yang disebut tonoplas.Vakuola Merupakan rongga yang terbentuk di dalam sel.

Plastida Merupakan organel yang umumnya berisi pigmen. .

STRUKTUR DAN FUNGSI SITOSKELETON .F.

Sitoskeleton Tersusun dari mikrotubulus intermediat fileamen mikrofilamen .Sitoskeleton atau kerangka sel adalah jaring berkasberkas protein yang menyusun sitoplasma eukariota.

Fungsi Sitoskeleton: Mengatur distribusi dan tingkah laku dinamis dari filamen. Sitoskeleton menjaga bentuk sel Selama siklosis. organela dipindahkan di sepanjang saluran sitoskeletal di dalam sitosol Sitoskeleton bertanggung jawab dalam motilitas di dalam sel Bertanggung jawab untuk pergerakan sel dan pergerakan eksternal Berperan dalam pembelahan sel .

G. Siklus Sel .

Mitosis .

Meiosis .

Gametogenesis melibatkan proses pembelahan sel mitosis dan meiosis.H. oogenesis merupakan pembentukan sel kelamin betina (inti sel telur/ovum). Gametogenesis  Gametogenesis meliputi spermatogenesis dan oogenesis. spermatogenesis merupakan pembentukan sel kelamin jantan (inti sel sperma). .

Spermatogenesis .

Oogenesis .

Hasil BERSIFAT HAPLOID? gametogenesis adalah sel-sel kelamin jantan dan betina yang siap mengadakan pembuahan (melebur menjadi satu). Tujuan dari pembelahan secara meiosis adalah memperoleh sel kelaminGAMET MENGAPA SEL berisi jumlah kromosom setengah pasang (haploid = n).setiap sel gamet jelas akan bersifat haploid karena mengalami pembelahan secara meiosis. . dan akan menjadi makhluk hidup baru oleh karena itulah sel gamet bersifat haploid.

6 CO2 + 6 H2O + 675 kal + 38 ATP Respirasi anaerob: C6H12O6 -----.2 C2H5OH + 2CO2 + 21 kal + 2 ATP   . Mekanisme Respirasi Sel   Respirasi aerob : C6H12O6 ---.I.

Aerob Respirasi aerob memiliki 4 tahapan yaitu : .DO .Siklus Krebs .Transpor Elektron .Glikolisis .

energi kimia .J. Metabolisme Sel  Anabolisme energi cahaya 6 CO2 + 6 H2O ———————————> C6H1206 + 6 02 klorofil glukosa (energi kimia)  Katabolisme enzim C6H12O6 + 6 O2 ———————————> 6 CO2 + 6 H2O + 686 KKal.

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber dan cadangan energy . . Berfungsi untuk menyimpan energy. Contoh makromolekul adalah : 1. Struktur dan Fungsi Makromolekul dalam Sel Makromolekul adalah molekul yang sangat besar yang terbentuk dari ratusan baik ribuan atom.Polisakarida 2. hydrogen dan terkadang mengandung unsur nitrogen fosfor. hydrogen. oksigen. Karbohidrat senyawa yang disusun oleh karbon.dan oksigen.K. makromolekul yang berstruktur dan bersifat karakteristik dan tersusun dari unit-unit terkecil dan berulang dinamakan polimer. Lipid/Lemak Mengandung karbon.Disakarida .Monosakarida .

Protein Senyawa yang disusun oleh beberapa asam amio yang dihubungkan oleh ikatan peptide. Molekul protein mengandung karbon. Fungsi protein antara lain sebagai penyokong tubuh. memantau kegiatan sel serta mengatur kadar metabolit yang diperlukan. Berfungsi sebagai unsur struktural di dalam dinding sel dan jaringan pengikat. oksigen. yaitu sebagai bagian penyusun enzim. nitrogen dan terkadang mengandung sulfur serta fosfor. hydrogen. Berfungsi sebagai penyokong tubuh 4. 5. ikatan hydrogen. Polisakarida Gula yang dibentuk dengan banyak monosakarida melalui proses kondensasi dan kehilangan molekul air. katalisator berbagai reaksi kimia yang terdapat pada sel. Protein Protein memiliki struktur urutan asam amino. ikatan kovalen.3. .

2. Transkripsi tahap dimana terjadinya sintesis RNA dari salah satu rantai DNA. Proses penggabungan protein dalam ribosom inilah yang disebut sebagai sintesis protein. Rantai DNA akan membentuk RNAd. Sintesis Protein Sintesis protein terjadi dalam dua proses yaitu pertama adalah tahap transkripsi dan yang kedua adalah tahap translasi. .L. 1. lalu tahapan pembentukan kodon. Translasi Ditahap ini terjadi penerjemahan kode genetic oleh RNAt. Nantinya RNAt akan bergabung dengan asam amino lain dan membentuk polipeptida. Selanjutnya RNAd akan melepaskan diri dari inti sel dan menuju keribosom.

.

THANK U  .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful