Iindikator 1. Siswa dapat mengekspresikan diri dengan berkarya patung seni patung 2.

Siswa dapat menyiapkan karya untuk pameran kelas/sekolah 3. Siswa dapat menata karya seni dan menata pameran kelas/ sekolah dengan baik.

PENGERTIAN PATUNG  Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi. mudah dibentuk sesuka hati. Seni patung bisa di artikan sebagai seni bentuk (bentuk-bentuk yang memiliki keindahan) . karena pematung jaman dahulu menggunakan tehnik pahat. Seni patung disebut juga plasticart atau seni plastic.A. patung adalah benda tiruan bentuk manusia dan binatang yang cara pembuatanya dipahat pengertian ini didasarkan terjemahan dari bahasa inggris SCULPTURE. Kamus Besar Indonesia bertuliskan bahwa.

Patung seni.Patung dekonasi.patung religi. hasil dari para pengrajin. patung seni untuk di nikmati keindahan bentuknya. pada jaman hindu dan budha. untuk peringatan peristiwa bersejarah atau jasa seorang pahlawan.Patung arsitektur. .Patung kerajinan. patung di buat untuk menghormati dewa atau orang yang di jadikan teladan. patung yang ikut aktif berfungsi dalam kontruksi bangunan. .Patung monument.B. Pada perkembangan selanjutnya patung di buat untuk monument/ peringatan suatu peristiwa besar pada suatu bangsa. . untuk menghias bangunan atau lingkungan taman. FUNGSI PATUNG  Seni patung pada zaman dahulu di buat untuk kepentingan keagamaan. .bermakna relijius. Pada jaman sekarang seni patung sering di ciptakan untuk hiasan penciptanya lebih bebas dan bervariasi dan seni patung itu di ciptakan untuk dinik mati nilai keindahan bentuknya. . . kelompok atau perorangan. untuk sarana beri badah. Secara umum berdasarkan pembutanya seni patung ada 6 macam yaitu : .

corak imitatif / realis yaitu tiruan alam seperti manusia. Pada masa kerajaan hindu budha di jawa dan bali banyak sekali di temukan hasil karya seni patung terutama di candi hindu dan budha yang bercorak tradisional. . CORAK PATUNG  Pada masa lampau sudah dikenal patung primitive seperti patung asmat di irian jaya dan sulawesi selatan (tanah toraja). ragam seni patung moderen dapat di bedakan menjadi 3 corak sebagai berikut : .C. Dilihat dari perwujudtanya.corak dekoratif yaitu bentuk-bentuk alam yang di olah / di ubah menurut gagasan imajinasi pematung .corak nonfiguratif/abstrak yaitu bentuknya telah banyak berubah. binatang dan tumbuhan .

pinggang.patung torsa adalah penampilan karya patung yang hanya menampilkan bagian dada. patung lengkap penampilan karya patung lengkap maksudnya terdiri dalam badan.D. . 3. RAGAM PATUNG  Penampilan karya patung bermacam-macam jenisnya. patung dada patung dada adalah penampilan karya patung sebatas dada ke atas atau bagian kepala. dan panggul. di taman atau di museum. alat. anggota badan bagian atas dan bagian bawah serta kepala. anggota badan. MEDIA SENI PATUNG Media seni patung adalah berupa bahan. 2. patung torsa torsa di sebut juga badan. dan teknik yang diperlukan dalam seni patung. Jenis karya patung dapat di bedakan menjadi 3 yaitu : 1.dari dada. hal ini dapat kita saksikan dirumah.

dan agak lembek. Contohnya : kayu waru. Bahan batu-batuan antara lain batu padas. akar. Bahan sabun mudah di bentuk. -Bahan sedang Artinya bahan itu tidak lunak dan tidak keras. emas dan sebagainya. kayu randu. tingkat plastisinya bermacam-macam.tanah liat harus juga cukup elastis artinya mudah di bentuk. perunggu.supaya kalau sudah kering tidak pecah/ hancur.kayu sengan. . sabun. lilin.A. kuningan.akan tetapi ukuranya kecil. Tanah liat yang baik harus bersih dari kerikil. rumput. Selain bahan-bahan tersebut masih ada bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat patung yaitu semen-pasir. kita tidak bisa berkarya lebih besar.Bahan keras Bahan keras dapat berupa kayu atau batu-batuan. gips. batu granit. dan batu pualam (manmer). Contohnya : kayu jati. Daya susut tanah tidak lebih dari 10%. Untuk bahan plastisin (lilin) mudah dapat di took.dan kayu mahoni. . cukup lembek. kayu sonokeling dan kayu ulin. tidak telalu lembek atau terlalu keras. BAHAN  Bahan seni patung dapat di bedakan menjadi tiga yaitu : -Bahan Lunak Yang dimaksud bahan lunak adalah material yang empuk dan mudah di bentuk misalnya : tanah liat. ada yang sangat lembek. batu andesit. dll.

fungsinya untuk memudahkan dalam mengontrol bentuk dari berbagai arah. . . ALAT Peralatan yang digunakan untuk membuat patung tergantung kepada bahan dan tekniknya alat-alat yang digunakan : .Sendok adokan berfungsi untuk mengambil adonan dan menempelkanya pada kerangka patung.Meja putar adalah meja untuk membuat patung dan dapat di gerakan denagan cara diputar. B.Cetakan berfungsi untuk mengencangkan ikatan kawat dan memotong ikatan kawat.Pahat .Palu .butsir adalah alat Bantu untuk membuat patung terbuat dari kayu dan kawat. . .

TEKNIK Teknik adalah cara untuk melakukan sesuatu. . teknik ini tidak bisa dilakukan penambahan/penambalan.menambah dan mengurangi bahan yang di bentuk . .teknik konstruksi membuat patung dengan cara menyusun bahan.teknik mencetak teknik ini umumnya cair atau bahan yang bisa di cairkan. . baik kerangka/tanpa kerangka.teknik memahat teknik dengan cara menggunakan bahan yang di bentuk. C.teknik pembuatan patung ada 4 yaitu : .teknik membutsin teknik dengan cara memijat.

Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja putar. Butsir. . MEMBUAT PATUNG  1.F. sedikit demi sedikit sambil meja di putar. Sempurnakan bentuk dengan alat Bantu butsir dan berikan sentuhan akhir dengan pembentukan lebih detail atau sempurna dan dihaluskan. c. Patung bahan lunak Teknik membuatnya dengan cara membutsin langkahlangkah pengerjaanya sebagai berikut : a. secara global jika bahan kurang bisa di tambah. gambar racangan patung. b. d. siapkan tanah liat/ plastisin. meja putar. sebaiknya bila berlebihan bisa dikurangi. air. Pijat-pijat bahan hinga mendekati bahan yang diinginkan sambil dikasih air sedikit demi sedikit.

pembentukan sedikit demi sedikit hingga mendekati bentuk global.bandingkan dengan gambar/pola/gagasan dengan amplas supaya halus. Buatlah bentuk global. patung bahan keras Dikerjakan dengan cara memahat/mengukir langkah langkah pengerjaanya sebagai berikut : a. d. c. Difirising dengan menggunakan cat akrilik/melamin . Lakukan pemotongan dengan gergaji dari 4 sisi. siapkan balok kayu sesuai ukuran yang kita inginkan dan pindahkan gambar/pola di atas permukaan balok kayu. Lanjutkan dengan membuat bentuk ujung lebih detail/sempurna dan haluskan dengan amplas lagi. b. e. 2.

penulis mendapatkan kesimpulan yang berkaitan dengan isi karya tulis ini. . o Seni patung juga dapat mengepresikan karya sendiri.KESIMPULAN  Setelah memaparkan isi pada bab-bab yang sebelumnya. Penulis dapat menyimpulkan isi karya tulis ini sebagai berikut. o Seni patung membuat rumah kita nampak lebih indah dan nyaman untuk di lihat. o Seni patung dapat menumbuhkan rasa kemandirian kita.  o Seni patung dapat di lakukan di rumah sebagai pekerjaan sampingan.

Jodi .Kelompok:  Rovi Ranto (Ketua)  Vera Alfiona  Farras faishal wirawaskita  Desfi ramadhanty  Fitri wahyu ningsih  Diah fitriani  M.