II. Rumusan Masalah 1. Bagaimana kulit pepaya dapat meningkatkan kejernihan minyak kelapa? 2.

Apa kandungan dalam kulit pepaya, sehingga dengan kulit tersebut dapat mempengaruhi tingkat kejernihan pada minyak minyak kelapa murni? 3. Adakah bagian dari buah pepaya lainnya yang dapat meningkatkan kejernihan minyak kelapa?

Pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit. serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan. adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah. berbau harum. dan mudah tengik. diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali. Tidak membutuhkan biaya yang mahal. atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra). Minyak Kelapa Murni Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar. serta Penggunaan energi yang minimal. anti bakteri dan jamur.Kajian Pustaka A. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan. berbau tidak harum. sehingga d. berwarna bening. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik. atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO). dan tanpa bahan kimia. minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa kopra. sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah b. minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. . Minyak kelapa murni. sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan. c. Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. karena tidak menggunakan bahan bakar. yaitu: a. Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa. Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan. Dari segi ekonomi. Kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Mengurangi resiko kanker. bakteri. Kandungan gizi tidak hilang dalam berbagai proses pemanasan yang bertujuan untuk membunuh bakteri. liver. . Membantu mencegah infeksi virus. Umur simpan panjang dan tidak cepat tengik. Mendukung system kekebalan tubuh. termasuk ragi. Berikut ini adalah keunggulan asam lemak yang dihasilkan oleh minyak kelapa murni : 1. 4. B. 3. dan jamur. 10. 2. dan klorofil tersebut sulit dipisahkan dari minyak. Jika minyak bersumber dari tanaman hijau. 9.Salah satu ciri khas minyak kelapa murni (VCO. Membantu mengontrol diabetes dan menyediakan energi untuk penderita diabetes. 6. Mudah diserap melalui kulit dan mengandung vitamin E. akan cenderung tidak disukai oleh konsumen. 7. Tidak memproduksi radikal bebas. 8. 5. Sehingga warna minyak menjadi lebih gelap. Beraksi secara langsung terhadap tiroid dan memperbaiki tiroid. Visrgin Coconut Oil) adalah tingginya kadar asam lemak. Memperbaiki laju metabolisme. Minyak kelapa murni merupakan alternatif terbaik diantara minyak yang ada lainnya. Pewarnaan dalam minyak kelapa Warna pada minyak kelapa sawit merupakan salah satu faktor yang mendapat perhatian khusus. maka zat klorofil yang berwarna hijau turut terekstraksi bersama minyak. Warna gelap ini disebabkan oleh proses oksidasi terhadap vitamin E. terutama dalam kaitannya dengan penyakit jantung karena minyak tersebut tidak menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. Karena minyak kelapa mengandung warna-warna gelap.

2. Disamping itu minyak yang terdapat dalam suatu bahan dalam keadaan panas akan mengekstraksi zat warna yang terdapat dalam bahan tersebut. . benzol dan heksan. Menurut Andersen. Cu dan Mn akan menimbulkan warna.Warna gelap pada minyak kelapa dapat juga terjadi selama proses pengolahan dan penyimpanan. pemucatan minyak sawit dan asam lemak lainnya yang telah dikenal antara lain: 1. Pemucatan dengan panas. tetapi beberapa bahan alami yang terlarut dalam minyak (dimana sifatnya sangat karakteristik). ini hanya dapat dihilangkan dengan perlakuan khusus. Pada proses netralisasi. Pengapresan bahan yang mengandung minyak dengan tekanan dan suhu yang tinggi akan menghasilkan minyak dengan warna yang lebih gelap. Pemucatan dengan adsorbsi. warna lebih merah dibandingkan dengan minyak yang diekstraksi dengan pelarut triklor etilen . Tahap yang terpenting dalam pemurnian minyak nabati adalah penghilangan bahanbahan berwarna yang tidak diingini. 3. pada suhu yang tinggi zat warna akan mengalami kerusakan. beberapa bahan berwarna biasanya dapat dihilangkan. misalnya campuran pelarut petroleum . Pemucatan dengan oksidasi. Ekstraksi minyak dengan menggunakan pelarut organik tertentu .yang tidak diingini dalam minyak. biasanya tidak dapat terlihat sebagai bahan pengotor minyak. 4. sehingga sebagian minyak teroksidasi.benzen akan menghasilkan minyak dengan. yang disebabkan beberapa faktor yaitu : 1. Proses ini selalu disertai dengan kondisi hampa udara. dengan menambahkan zat-zat antioksidan. cara ini dilakukan dengan menggunakan bahan pemucat seperti tanah liat (clay) dan karbon aktif. khususnya bila larutan alkali kuat digunakan. Suhu pemanasan yang terlalu tinggi pada waktu pengesan dengan cara hidrolik atau ekspeller. pada proses umumnya ditambahkan zat anti oksidan. 3. oksidasi ini bertujuan untuk merombak zat warna yang ada pada minyak. Logam seperti Fe . dan proses ini umumnya disebut dengan bleaching (pemucatan) atau penghilangan warna (decolorition). sehingga warna yang dihasilkan akan lebih pucat. 2. Maka untuk mencegah warna gelap pada minyak kelapa.

Tanaman ini juga dibudidayakan di kebunkebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi. Hidrogenasi bertujuan untuk menjenuhkan ikatan rangkap yang ada pada minyak tetapi ikatan rangkap yang ada pada rantai karbon kerotena akan terisi atom H. Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bagian persis di tengah.4. rasanya seperti buah melon. Pepaya menyerupai palma. Tabel 1. Pepaya Pepaya (carica papaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. tekanan darah tinggi. Pemucatan dengan hidrogenasi. bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan. Minyak sawit merupakan salah satu minyak yang sulit dipucatkan karena mengandung pigmen karotena yang tinggi sedangkan minyak biji-bijian lainnya cenderung lebih mudah karena zat warna yang dikandungnya sedikit. malaria. Rongga dalam pada buah pepaya berbentuk bintang apabila penampang buahnya dipoting melintang. sakit panas. sakit kandung kemih. digigit serangga dan encok. Tinggi pohon pepaya dapat mencapai 8 sampai 10 meter dengan akar yang kuat. C. Karotena yang terhidrogenasi warnanya akan bertambah pucat. Daun Sayur untuk penambah nafsu makan. . asi tidak lancar. Oleh sebab itu. akan nampak bahwa daun pepaya tersebut simetris. insomia. kaki gajah. Helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Manfaat tanaman pepaya. Bagian Tanaman Akar Manfaat Untuk obat pembasmi cacing kremi. sakit ginjal. kejang perut. minyak yang dihasilkan dengan cara ini memenuhi sebagai lemak pangan. minyak sawit dipucatkan dengan kombinasi antara adsorben dengan pemanasan. Mengobati penyakit beri-beri.

Kulit pohon Bahan obat. mengobati lambung (mag). Enzim ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan industri. Di antara getah batang. D. penyamakan kulit dan lainnya. sariawan. menghaluskan kulit. seperti industri farmasi sebagai bahan obat. keputihan dan kurang darah Batang Kuntum bunga Pakan ternak Untuk sayur lodeh. disentri amuba. daun. kosmetik. Dalam industri minuman sebagai penjernih dan penambah cita rasa pada bir sedangkan dalam industri daging sebagai pengempuk daging. kulit dan buah. sekitar 400 MCU/g.kejengkolan. Getah (papain) Digunakan untuk luka bakar. sembelit dan mengurangi panas tubuh. daun. dan kutil. getah yang berasal dari kulit dan buahlah yang paling berkualitas. . serta membantu membuang lemak dalam tubuh. dan buah pepaya mengandung getah berwarna putih yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik dan populer dengan sebutan papain. pecel dan dapat merangsang nafsu makan Buah Memperlancar pencernaan. jerawat. Sedangkan produksi papain dari buah bisa mencapai sekitar 440 kg/tahun/ hektar. tekstil. Papain dari batang dan daun hanya memiliki aktivitas proteolitik sekitar 200 MCU/ gram (g) sementara dari kulit jauh lebih banyak. Enzim Papain dalam Getah Pepaya Batang.

sebab bisa membersihkan sisa makanan apa saja yang melekat di gigi. papain bisa melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. yakni berupa dispersi padatan yang sangat luas melayang di seluruh cairan bir.Yang banyak digunakan saat ini adalah bahan aktif untuk krim. bahan pelarut glatin. Ini disebabkan dalam kecambah gandum terdapat senyawa polifenol-protein yang terbawa dalam bir akan terpisah dan mengendap. yakni papain kasar (crude papain). Sebab. daya pemecahan protein yang dimiliki papain dapat diintensifkan lebih jauh menjadi kegiatan hidrolisis protein. suhu. Papain juga banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam preparat farmasi seperti obat gangguan pencernaan. maka akan berubah menjadi keruh. Harga produk itu saat ini sangat mahal. dan kemurnian papain. Noda dan flek di wajah bisa dikikis oleh papain hingga menjadi mulus dan bersih. Dalam rangka pembedahan papain bisa digunakan sebagai obat pengendali oedema dan imflamasi. Pada pH. tak ada mengubah tekanan. Pada pembuatan bir yang diolah dengan cara fermentasi kecambah gandum dan jika didiamkan lama atau kondisi sekitarnya dingin. dan papain murni (pure papain).Ada tiga kategori papain yang dibutuhkan pembeli di luar negeri. Manfaat lainnya adalah. . dan obat cacing. Papain pun bisa digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi. papain bersih (refined papain). tak ada reaksi samping. dan bahan pencuci lensa. Padahal. suhu dan pH yang drastis. bahan perenyah pada pembuatan kue kering seperti cracker. Manfaat pertama papain adalah pelunak daging. Sementara badan usaha yang memproduksi enzim tersebut masih sangat sedikit karena bahannya harus diimpor. dan pada konsentrasi rendah sudah bisa berfungsi baik. yakni tidak bersifat toksik. pembersih kulit muka dan sebagai zat antioksidan. Daging dari hewan tua dan bertekstur bisa menjadi lunak. Penggunaan enzim dalam berbagai kegiatan di Indonesia semakin meluas. dispesia. bahan penggumpal susu pada pembuatan keju. Ada beberapa keuntungan dalam penggunaan enzim papain ini. di mana pun tanaman pepaya di tanah air bisa tumbuh dengan baik.

Pemanasan yang dilakukan sangat tergantung pada besar kecilnya api yang digunakan. 3 tabung reaksi 2 macam getah pepaya yang masing-masing berasal dari : kulit pepaya tipis dan buah pepaya. Dengan cara pemanasan santan. . Ketika warna minyak sudah tampak kecoklatan. Biarkan air santan tersebut menguap. hingga minyak mengumpul di bagian tengah penggorengan. dengan cara : Memanaskan santan di atas penggorengan.VI. tambahkan getah pepaya dari kulit pepaya. 3. c. Membagi minyak kelapa menjadi 3 bagian. untuk wadah II. jadikan sebagai variable terikat (tidak diberi perlakuan). e. Pemanas Penggoreng  Tahap Penelitian : 1. dan untuk wadah ke III. d. b. tambahkan getah pepaya dari buah pepaya. 2. Penggorengan tetap dilakukan sampai warna minyak berubah kecoklatan. tuangkan minyak sama banyak pada ke 3 wadah. Meneliti dalam laboratorium. zat yang terkandung dalam kulit pepaya. Pembuatan minyak kelapa tradisional. akan diperoleh minyak kelapa. Wadah I. Santan kelapa dari 20-25 butir kelapa tua. Pemanasan dilakukan sampai air yang terdapat dalam santan akan menguap. Rancangan Penelitian  Alat dan bahan : a.

ac.com/others/374-manfaat-getah-pepaya http://id.org/wiki/Minyak_kelapa http://library.php http://kambing.wikipedia.id/bebas/v12/artikel/pangan/IPB/Enzim%20papain%20dari%20pepa ya.wordpress.pdf http://www.minyak-kelapa.usu.smallcrab.org/wiki/Papain http://aditcj.wikipedia.id/download/fmipa/kimia-nurhaida.ui.com/2010/09/30/papaya-super-antioksidan-dan-antikanker/ .Daftar Pustaka http://www.com/artikel/keunikan-vco.pdf http://id.ac.