P. 1
Manfaat Internet dalam Pembelajaran di SMA

Manfaat Internet dalam Pembelajaran di SMA

|Views: 9|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rochana Prih Hastuti on Oct 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2013

pdf

text

original

Manfaat Internet dalam Pembelajaran di SMA

Karya ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi Kontemporer

Text 1: http://theoldspeakjournal.wordpress.com/2012/01/12/how-private-for-profit-onlinelearning-corporations-wall-street-education-philanthropists-bought-americas-pubicschools/

disusun oleh Rochana Prih Hastuti

12/331363/PA/14626 MIPA/Ilmu Komputer
Saya mulai tahu istilah internet sejak di sekolah dasar. Kemudian di SMP guru mulai memberi tugas-tugas yang mengharuskan kita untuk berhubungan dengan internet,guru TIK terutama. Walaupun sepele seperti membuat email dan mencari gambar-gambar tapi saat itu rasanya masih agak 'dipaksa' kalau mendengar kata internet. Malas istilahnya. Perubahan drastis ketika saya masuk SMA hampir semua hal mengenai belajar-mengajar mengharuskan kita untuk berhubung dengan internet. Mulai dari mencari data tugas, mendiskusikan tugas kelompok, mengumpulkan tugas dan lain sebagainya. Berikut akan saya uraikan lebih detil mengenai manfaat internet dalam pembelajaran ketika saya di SMA. Mulai dari yang paling sering kita gunakan yakni jejaring sosial(Facebook sebagai contoh),walaupun tujuan utamanya untuk ber-sosial-ria, tetapi karena kebanyakan orang tidak melewatkan situs yang satu ini setiap berkoneksi ke internet, malah memudahkan siswa untuk 'berkumpul' di dunia maya sambil belajar.

sharing jadwal ujian dan tugas-tugas

update info mendadak

sharing video praktikum (bisa juga lewat situs yang khusus untuk sharing video)

sharing gambar tugas Pelajaran seni rupa (ipa) sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Tidak banyak siswa yang bisa bertahan memperhatikan sampai akhir jam. Sering teman kami yang duduk di depan meminjamkan catatannya kemudian difoto dan di share untuk dipelajari bersama.

sharing materi
Kadang waktu pelajaran ada siswa yang bertanya ke guru tapi guru belum bisa menjawab, akhirnya dijadikan PR buat si guru dan jawabannya di kirim ke salah satu murid, lalu si murid tersebut men.share.kan ke grup Facebook. Atau banyak juga siswa yang berinisiatif mencari jawaban sendiri lalu dishare.

diskusi lewat chatting Hal ini sering saya lakukan ketika mengerjakan laporan yang harus diprint, karena takut ada salah jadi lebih baik didiskusikan bersama.

video call Pernah suatu hari guru Bahasa Inggris kami,yang kebetulan punya adik yang bersekolah di Amerika Serikat, menawarkan untuk melakukan videocall dengan adiknya untuk mendengarkan bagaimana kehidupan perkuliahan di sana. Videocall pun dilakukan dengan laptop disambungkan ke proyektor sehingga seluruh siswa di kelas bisa melihat langsung. Percakapan dilakukan dengan Bahasa Inggris yang 'seadanya' karena bagaimanapun kami tetap masih dalam kelas Bahasa Inggris. Beliau, adik guru kami, menceritakan banyak hal mulai dari cara-cara mendapatkan beasiswa , lingkungan tempat tinggal, lingkungan belajar, sampai-sampai beliau menggotong laptopnya mengelilingi rumah untuk memperlihatkan kondisi di sana yang kebetulan sedang turun salju saat itu. Saat ini fasilitas videocall juga sudah ada di Facebook kalau kita malas membuat akun di Skype.

sms gratis Selain Yahoo Messenger ada juga Gmail dan beberapa situs lain yang menyediakan sms gratis. Fasilitas ini bagi pelajar diarasa sangat-sangat membantu karena pulsa yang sering habis padahal perlu menjarkomi anggota kelompok belajar atau tugas. Untuk YM seperti yang terlihat pada gambar di bawah kita tinggal menekan tombol berbentuk kotak. Lalu akan muncul kotak dialog untuk mengisikan nomor tujuan. Kemudian akan muncul kotak pesan tempat kita menuliskan pesan. Namun saya tidak begitu mengerti dengan sistem sms gratis ini, karena kadang ada tulisan yang muncul mengatakan bahwa biaya pesan dibebankan pada penerima sms.

belajar online Belajar lewat situs belajar online kita bisa melihat video animasi yang memudahkan pemahaman, latihan soal-soal yang dpat kita lihat langsung jawaban dan nilainya, kita juga bisa mendownload soal tersebut.

forum tanya jawab

download e-book dan program

email Email adalah salah satu media yang paling saya suka. Selain manfaat utama yakni paperless dan otomatis menjadikan kita berhemat, dengan email mengumpulkan tugas dapat sewaktu-waktu di lakukan bahkan tengah malam. Kita dapat mengedit sebelum mengirimnya jika tiba-tiba kita tahu ada kesalahan pada tugas. Berbagai tipe file dapat dikirim lewat email seperti gamabr, powerpoint, word, excel dan lain sebagainya.

peta

Yang tidak bisa dilupakan dari google adalah fasilitas google map.nya. Selain mencari peta suatu daerah, google map dilengkapi petunjuk arah yang bisa menunjukkan rute jalan yang sebaiknya kita tempuh dari suatu tempat ke tempat tujuan. Fasilitas ini juga bisa memperkirakan lama perjalanan jika kita menggunakan mobil, kereta, atau dengan berjalan kaki.

mencari info lomba

Demikian manfaat internet dalam pembelajaran berdasarkan pengalaman sewaktu SMA yang dapat saya uraikan. Semoga perkembangan internet ke depan semakin pesat dan dapat lebih memudahkan dalam proses pembelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->