P. 1
Jago Presentasi Dengan PowerPoint 2007

Jago Presentasi Dengan PowerPoint 2007

|Views: 16|Likes:

More info:

Published by: Ahmad Dhilal Nasrullah on Oct 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

Pengenalan PowerPoint

PowerPoint merupakan bagian dari Microsoft Office dan ditujukan untuk keperluan presentasi. Selain membuat slide presentasi, aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007 juga dapat digunakan untuk menyusun modul presentasi versi cetak.
Presentasi

Pembicara Audiens Presentasi versi cetak

Presentasi oleh pembicara

1.1 Menggunakan PowerPoint
Pastikan dalam komputer sudah terinstal Microsoft Office PowerPoint 2007. Setelah itu, lakukan langkah berikut untuk menjalankan PowerPoint pada Windows Vista. 1

1. Klik tombol Start pada desktop lalu pilih menu All Programs. 2. Pada folder Microsoft Office, pilih Microsoft Office PowerPoint 2007.

2

Sedangkan pada Windows XP, caranya juga mirip sebagai berikut: 1. Klik tombol Start pada desktop. 2. Pilih menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2007.

2

Maka aplikasi PowerPoint akan dijalankan. Berikut antarmuka (interface) pada PowerPoint.

Ribbon

Group Quick access  Toolbar  Tab  Office button 

Group

Slide pane 

1
Notes pane  Status bar 

Zoom 

2
Views 

Setelah PowerPoint dijalankan, lakukan praktek membuat slide presentasi sederhana sebagai berikut.

3

1. Lakukan klik pada Click to add title. Ketikkan judul presentasi: Kewirausahaan di Tengah Krisis. 2. Lakukan klik pada Click to add subtitle. Ketikkan tulisan: Presentasi. Tekan Enter keyboard lalu lanjutkan dengan mengetik tanggal presentasi: 24 Maret 2009. 3. Tambahkan slide baru dengan cara klik kanan pada slide di sebelah kiri lalu pilih menu New Slide.

4. Maka akan muncul slide baru sehingga jumlah slide berubah dari satu menjadi dua. Perhatikan bahwa format pada slide baru sedikit berbeda dengan slide sebelumnya. Ini terjadi karena slide ini menggunakan layout untuk isi, sedangkan slide yang pertama menggunakan layout untuk judul.

4

5 4  5

5. Ketik tulisan untuk judul slide pada Click to add title. Lanjutkan dengan mengetikkan isi slide pada Click to add text. Berikut tampilan slide setelah diedit.

5

6. Simpan presentasi ke dalam file baru. Caranya, klik tombol Office button lalu pilih menu Save.

5

7. Pada File name, ketikkan nama file baru untuk menyimpan file presentasi. Pada contoh ini, digunakan nama Kewirausahaan di Tengah Krisis. Format file yang digunakan adalah .pptx atau merupakan format baku (default) untuk file PowerPoint 2007. 8. Klik tombol Save.

6

7

8

9. Anda dapat menutup file yang sedang dibuka dengan mengklik tombol Office button di bagian kiri atas aplikasi PowerPoint 2007. Setelah itu, pilih menu Close. 10. Anda juga dapat membuka kembali file yang telah disimpan pada langkah kedelapan. Pada contoh ini, file C:\umbrella\Kewirausahaan di Tengah Krisis.pptx dibuka melalui Windows Explorer.

7

9  10

1.2

Struktur Presentasi

Presentasi terdiri atas beberapa slide (halaman presentasi) yang ditampilkan satu demi satu oleh pembicara di hadapan audien. Untuk melakukan presentasi, biasanya digunakan proyektor atau monitor dengan ukuran besar. Sang pembicara akan melakukan presentasi dan menerangkan dari slide pertama, kedua, begitu seterusnya hingga semua slide selesai dipresentasikan. Agar lebih jelas, Anda dapat melihat gambaran struktur presentasi sebagai berikut.

8

File JPG, video, web

File JPG, video, web

File JPG, video, web

Slide (1) Efek Transisi

Slide (2) Efek Transisi

Slide (3, dst..)

Teks Gambar Suara Video

Teks Gambar Suara Video

Teks Gambar Suara Video

Perhatikan bahwa dalam sebuah slide bisa terdapat gambar, suara, video, dan efek animasi. Selain itu, pada slide juga dapat dimasukkan hyperlink yang dapat membuka halaman web, program, dan file yang dibutuhkan dengan cara mengklik link pada slide. Sedangkan efek transisi merupakan animasi yang akan muncul selama terjadi pergantian slide selama presentasi. Kemampuan aplikasi PowerPoint 2007 untuk menghasilkan presentasi dengan efek dan fasilitas yang menarik akan dibahas tuntas dalam buku ini.

***

9

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->