DASAR DASAR BIMBINGAN KONSELING

A. Pengertian Bimbingan Bimbingan membantu setiap individu untuk lebih mengenal sebagai informasi tentang dirinya sendiri. (chiskon, dalam MC Daniel, 1959)
1.

Bimbingan yang

adalah teratur

bagian dan anak

dari muda

proses guna atas

pendidikan membantu

sistematik

pertumbuhan

kekuatannya dalam menentukan dan mengarahkan hidupnya sendiri yang pada akhirnya ia dapat memperoleh pengalaman-pengalaman yang dapat memberikan sumbangan kecuali bagi masyarakat. (Lefever, dalam MC Daniel, 1959).
2.

Bimbingan

sebagai

proses dan

layanan

yang

diberikan kepada individu guna membantu mereka memperoleh keterampilan pengetahuan yang keterampilanmembuat diperlukan dalam

pilihan-pilihan, rencana-rencana dan interprestasiinterprestasi yang diperlukan untuk menyesuaikan diri yang baik. (Smith, dalam MC Daniel, 1959).
3.

Bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh

seseorang laki-laki atau perempuan, yang memiliki

pandangan sendiri hidupnya dan keputusan menanggung bebannya sendiri. kepada individu dalam membuat pilihan-pilihan dan . mengembangkan membuat 4. (Bernard & Fullmer. 1969). (Mortensen & Schmuller. 1960). Bimbingan bertujuan merupakan meningkatkan segala realitasi kegiatan pribadi yang setiap individu. menekan Bimbingan proses adalah belajar bantuan yang yang sistematik. 1969). Bimbingan dapat diartikan sebagai bagian dari pendidikan yang membantu keseluruhan menyediakan kesempatan-kesempatan pribadi dan layanan staf ahli dengan cara mana setiap individu dapat dan mengembangkan kesanggupannya kemampuan-kemampuan sepenuh-penuhnya sesuai dengan ide-ide demokrasi. 1976). membantunya mengatur kegiatan hidupnya sendiri.kepribadian yang memadai dan terlatih dengan baik kepada individu-individu setiap usia untuk sendir. (Crow & Crow. diberikan (Mathewson. Bimbingan sebagai pendidikan dan perkembangan yang 5. dalam Bernard & Fullmer.

Bantuan itu berdasarkan atau prinsip demokrasi yang merupakan tugas dan hak setiap individu untuk memperoleh jalan hidupnya sendiri sejauh tidak mencampuri hak orang lain. 1970). (Jones. Kemampuan membuat pilihan seperti itu tidak diturunkan (diwaris). 2. tetapi harus dikembangkan. pengetahuan pilihan-pilihan keterampilaninterprestasiketerampilan yang diperlukan dalam menentukan interprestasi agar dapat menyesuaikan diri dengan .penyesuaian-penyesuaian yang bijaksana. Staffire & Stewart. Analisis (pengertian bimbingan) 1. Bimbingan merupakan untuk bagian dari proses dan pendidikan yang teratur serta sistematik sehingga bimbingan bersama menentukan mengarahkan pertumbuhan anak. Bimbingan adalah Proses dan dan layanan yang diberikan kepada individu gunanya untuk membantu memperoleh rencana. A. baik. muda dari cara kehidupannya sendiri sehingga akan mempunyai pengalaman di dalam memberi sumbangan kecuali bagi masyarakat.

4. mengembangkan pandangan hidupnya serta menanggung bebannya Bimbingan adalah suatu kegiatan dari pendidikan yang dapat membantu menyediakan kesempatan-kesempatan pribadi dalam staf layanan ahli sehingga individu dapat juga mengembangkan kemampuan dan kesanggupan ide-ide demokrasi dalam meningkatkan realitas pribadi individu dan juga dapat meningkatkan proses belajar sistematik. Bimbingan adalah suatu bantuan yang diberikan oleh seorang laki-laki atau perempuan yang mana seorang laki-laki atau perempuan harus mempunyai kepribadian yang memadai dan terlatih sehingga baik untuk setiap usia individu-individu dalam sendiri. 5.3. juga membuat suatu pilihan tidak dapat (diwariskan) sebaliknya . Bimbingan adalah yang bantuan yang diberikan juga kepada individu untuk membuat suatu pilihan dan penyesuaian bijaksana bantuan berdasarkan atas prinsip demokrasi merupakan hak setiap individu agar dapat memilih jalan hidupnya sendiri sehingga tak mencampuri urusan orang lain kemampuan diturunkan dikembangkan. mengatur kegiatan.

digunakan memperoleh pengetahuan. Kesimpulan Bimbingan :  Bimbingan adalah suatu proses layanan dan pendidikan yang diberikan oleh seorang laki-laki atau perempuan yang berguan untuk menentukan dan mengarahkan pertumbuhan anak muda dalam kehidupan  Membimbing mempunyai juga pengalaman untuk dalam dapat yang memberikan sumbangan kecuali bagi masyarakat.  Membimbing suatu proses yang diberikan kepada individu untuk membuat suatu pilihan-pilihan dan .  Membimbing kegiatan. mengembangkan kehidupannya serta dapat menanggung beban juga dapat menyediakan kesempatan-kesempatan bagi para staf layanan ahli agar dapat mengembangkan kemampuan dan kesanggupan realitas dalam mengembangkan dan juga ide dapat demokrasi sehingga dapat dapat meningkatkan pribadi individu meningkatkan realitas belajar. dan interprestasi agar dapat menyesuaikan diri dengan baik pada usia individu-individu dalam mengatur sendiri. keterampilan diperlukan dalam menentukan rencana. pilihan.

Pengertian Konseling Etimologis istilah konseling berasal dari bahasa latin Yaitu (Consilium) yang berarti ”dengan” atau ”bersama” yang dirangkai dengan ”menerima” atau ”memahami” sedangkan dalam bangsa anglo-sayon istilah 1. tingkah (Pepinsky & pepinsky. konseling berasal dari”sellan” yang berarti ”menyerahkan”atau”menyampaikan”. B.penyesuaian yang bijaksana dalam prinsip berdemokrasi sehingga individu berhak memiliki jalan hidupnya sendiri tanpa mencampuri urusan orang lain dan juga kemampuan tidak diwariskan sebaliknya dikembalikan dalam kepribadiannya. Suatu proses yang terjadi dalam bimbingan tatap muka antara seorang individu oleh karena masalah-masalah yang tidak dapat diatasinya sendiri . Interaksi yang (a) terjadi antara dua orang individu masing-masing disebut konselor dan klien (b) terjadi dalam suasana yang profesional (c) di lakukan dan juga sebagai dalam alat memudahkan laku klien perubahan-perubahan 2. 1974). dalam sherizer & stone.

(Mc Daniel.ada seorang pekerja yang profesional yaitu yang telah terlatih dengan berpengalaman membantu orang lain mencapai pemecahan-pemecahan terhadap berbagai jenis kesulitan pribadi. (division of conseling psyhologi).C English. konseling merupakan suatu proses untuk membantu individu mengatasi hambatan-hambatan perkembangan optimal kemampuan pribadi yang dimilikinya proses tersebut dapat 4. A. 1974). 3. Suatu interaksi yang dilakukan antara dua orang individu yaitu konselor dan klien yang mana . terjadi setiap waktu. (A. dalam konselor membantu dengan perlu konseling dengan pilihan 1974). membuat fakta-fakta atas interprestasi-interprestasi berhubungan yang penyesuaian rencana dibuatnya. dalam shertzer & stone. 1956). efektif Proses dengan mana yanng dirinya sendiri dan lingkunganmya. Analisis (pengertian konseling) 1. dalam sherizer & stone. (Maclean. Suatu rangkaian pertemuan langsung dengan individu yang ditujukan pada pemberian bantuan kepadanya untuk dapat menyesuaikan dirinya secara lebih 5.

proses untuk membantu individu dalam mengatasi hambatan. kemampuan pribadinya yang dimiliki setiap waktu. Konseling suatu proses yang mana konselor membuat interprestasi-interprestasi yang berhubungan suatu fakta-fakta membantu tentang rencana yang telah dibuatnya. Konseling merupakan yang suatu optimal. 5. Suatu proses yang terjadi dalam hubungan tatap muka antara dua orang untuk memecahkan suatu masalah yang ada dalam individu yang tidak dapat diatasinya sendiri sehingga ada orang yang profesional dan berpengalaman membantu berbagai jenis kesulitan pribadi. Kesimpulan konseling. Suatu rangkaian pertemuan langsung dengan imdividu yang dapat memberikan bantuan untuk menyesuaikan dirinya agar lebih efektif dan juga dengan lingkungannya sendiri. 2.dalam profesional sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk memudahkan perubahan tingkah laku klien.  konseling suatu proses interaksi yang terjadi antara dua orang individu yaitu konselor dan klien . perkembangan 4. 3.

perkembangan yang optimal. dimilikinya dengan serta individu kemampuan gunanya dan pribadi yang didalamnya pertemuan untuk dapat langsung memberikan membantu bantuan untuk menyesuaikan dirinya agar lebih efektif dilingkungannya telah dibuatnya. membuat interprestasi tetang fakta-fakta yang .saling berhubungan untuk tatap muka membahas tentang permasalahan yang ada dalam individu sehingga individu tidak dapat mengatasi permasalahannya sendiri jadi permasalahannya dibantu oleh orang yang profesional agar dapat menyelesaikan hambatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful