TUGAS TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA

Nama NIM PRODI TUGAS
1. Judul

: Andriyanto : F04111008 : PEND.MATEMATIKA : Ke-1

: Seri Standar Nasional Pendidikan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan Pengarang: Mashur Muslich Tahun : 2008 Penerbit : Bumi Aksara Halaman : 1 UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19 : Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Judul

: Kurikulum dan Pengajaran Tahun : 2008 Pengarang: Prof. Dr. S. Nasution, M. A. Halaman : 5 Penerbit : Bumi Aksara 1. Kurikulum : suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. 2. Kurikulum : adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan yang tak formal.
3. Judul

:Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun :

2005 Pengarang : Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata Halaman : 4,5,6 Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung Kurikulum (curriculum) merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
4. Judul

: Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pengarang : Prof. Drs. H. Darkir Tahun : 2004 Kurikulum adalah alat untuk mencapai pendidikan.

J.Wiles &amp. 2. Sumber : http://maydina. Sumber: http://zulharman79. 7. Siswa adalah subjek yang dibina dan guru adalah dubjek yang membina. Dalam proses tersebut ada dua subjek yang terlibat yakni guru dan siswa. isi. Kurikulum itu dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang direncanakan sebagai panduan guru untuk mengajar dan sisiwa untuk belajar. Kurikulum adalah niat dan rencana.com/journal/item/551/Apa_itu_kurikulum J. . Judul : Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Pengarang: Dr. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional). 2.” 6.multiply.wordpress. The degree to which those experiences are a true representation of the envisioned goal or goals is a direct function of the effectiveness of the curriculum development efforts. C.com/2007/08/04/evaluasi- kurikulum-pengertian-kepentingan-dan-masalah-yang-dihadapi/ “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan. Kurikulum : niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru di sekolah. Kurikulum adalah urutan pengalaman yang ditetapkan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak (Valiga. which are activated through a development for students.Bondi (1989): The curriculum is a goal or a set of values.) 8. h. dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU No. T & Magel. Nana Sudjana Tahun : 2005 Penerbit : Sinar Baru Algensindo Halaman : 3 dan 4 1.5. proses belajar mengajar adalah pelaksanaanya. Sumber: Makalah Masalah Pengembangan Konsep Kurikulum oleh Rachmayanti Tihan Tahun 2007 1.

yang digerakkan melalui suatu pengembangan proses kulminasi dalam pengalaman-pengalaman di kelas untuk murid-murid.(Kurikulum ialah seperangkat nilai-nilai. Tingkat terhadap pengalaman tersebut merupakan suatu representasi yang benar terhadap cita-cita yang diimpikan ialah suatu fungsi langsung daripada efektivitas dari usaha-usaha pengembangan kurikulum) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful