TUGAS TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA

Nama NIM PRODI TUGAS
1. Judul

: Andriyanto : F04111008 : PEND.MATEMATIKA : Ke-1

: Seri Standar Nasional Pendidikan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan Pengarang: Mashur Muslich Tahun : 2008 Penerbit : Bumi Aksara Halaman : 1 UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19 : Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Judul

: Kurikulum dan Pengajaran Tahun : 2008 Pengarang: Prof. Dr. S. Nasution, M. A. Halaman : 5 Penerbit : Bumi Aksara 1. Kurikulum : suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses berlajar mengajar di bawah bimbingan dan tanggunga jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya. 2. Kurikulum : adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di bawah pengawasan sekolah, jadi selain kegiatan kulikuler yang formal juga kegiatan yang tak formal.
3. Judul

:Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun :

2005 Pengarang : Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata Halaman : 4,5,6 Penerbit : PT Remaja Rosdakarya, Bandung Kurikulum (curriculum) merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
4. Judul

: Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pengarang : Prof. Drs. H. Darkir Tahun : 2004 Kurikulum adalah alat untuk mencapai pendidikan.

proses belajar mengajar adalah pelaksanaanya. Nana Sudjana Tahun : 2005 Penerbit : Sinar Baru Algensindo Halaman : 3 dan 4 1. T & Magel.) 8. Judul : Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Pengarang: Dr. Dalam proses tersebut ada dua subjek yang terlibat yakni guru dan siswa. Siswa adalah subjek yang dibina dan guru adalah dubjek yang membina. Kurikulum adalah niat dan rencana. h.Bondi (1989): The curriculum is a goal or a set of values. Kurikulum adalah urutan pengalaman yang ditetapkan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir dan bertindak (Valiga. Kurikulum : niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru di sekolah. Sumber: Makalah Masalah Pengembangan Konsep Kurikulum oleh Rachmayanti Tihan Tahun 2007 1. J.Wiles &amp. Sumber: http://zulharman79. The degree to which those experiences are a true representation of the envisioned goal or goals is a direct function of the effectiveness of the curriculum development efforts.” 6. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).multiply.5. Sumber : http://maydina. .com/journal/item/551/Apa_itu_kurikulum J. dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU No. 2.wordpress. C. isi. which are activated through a development for students. Kurikulum itu dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang direncanakan sebagai panduan guru untuk mengajar dan sisiwa untuk belajar. 2.com/2007/08/04/evaluasi- kurikulum-pengertian-kepentingan-dan-masalah-yang-dihadapi/ “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan. 7.

(Kurikulum ialah seperangkat nilai-nilai. Tingkat terhadap pengalaman tersebut merupakan suatu representasi yang benar terhadap cita-cita yang diimpikan ialah suatu fungsi langsung daripada efektivitas dari usaha-usaha pengembangan kurikulum) . yang digerakkan melalui suatu pengembangan proses kulminasi dalam pengalaman-pengalaman di kelas untuk murid-murid.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful