P. 1
Macam Macam Pendekatan Pembelajaran

Macam Macam Pendekatan Pembelajaran

|Views: 227|Likes:
Published by Emi Hudiyani

More info:

Published by: Emi Hudiyani on Oct 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2015

pdf

text

original

TUGAS MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

MACAM-MACAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Oleh : Anita Sukarini K3308028 Pendidikan Kimia

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2009

Pendekatan kontekstual 2. Pendekatan Kontekstual Pendekatan kontekstual sering kita kenal dengan CTL (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (Doantara. 2008). Dengan ini siswa akan menhadari bahwa apa yang mereka pelajari berguna sebagai hidupnya nanti. dan teknik pembelajaran. menguatkan. strategi pembelajaran. Pendekatan sains. Sehingga. model pembelajaran. Pendekatan pembelajaran merupakan titik tolak ataupun sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum. Pendekatan deduktif dan induktif 4. Salah satu yang akan kita bahas adalah pendekatan pembelajaran. 1. Pendekatan konstruktivisme 3. di dalamnya mewadahi. dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Macam-macam pendekatan pembelajaran adalah sebagai berikut : 1. dalam status apa mereka dan bagaimana mencapainya. Pendekatan konsep dan proses 5.MACAM-MACAM PENDEKATAN PEMBELAJARAN Dalam Strategi Belajar Mengajar. manfaatnya. menginspirasi. Dalam konteks ini siswa perlu mengerti apa makna belajar. kita mengenal istilah-istilah seperti pendekatan pembelajaran. teknologi dan masyarakat (STM) Untuk lebih jelasnya akan kita bahas masing-masing pendekatan pembelajaran tersebut. akan membuat mereka memposisikan sebagai diri .

mengingat. dan membawa skemata masing-masing ke dalam proses pembelajaran l. Siswa menggunakan kemampuan berfikir kritis. h. sesuai dengan skemata siswa (on going prosecess of development) k. 2008) Ciri-ciri suatu pembelajaran yang kontekstual adalah sebagai berikut a. diskusi. terlibat penuh dalam mengupayakan terjadinya proses pembelajaran yang efektif. j. e. Pendekatan konstekstual berlatar belakang bahwa siswa belajar lebih bermakna dengan melalui kegiatan mengalami sendiri dalam lingkungan alamiah. i. . dan memahami. saling mengoreksi Pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata dan atau masalah yang disimulasikan Perilaku dibangun atas kesadaran diri Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman Hadiah untuk perilaku baik adalah kepuasan diri Seseorang tidak melakukan yang jelek karena dia sadar itu keliru dan merugikan Bahasa yang diajarkan dengan pendekatan komunikatif. f. ikut bertanggung jawab atas terjadinya proses pembelajaran yang efektif. (Suryati. Siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran Siswa belajar dari temen melalui kerja kelompok. yakni siswa diajak menggunakan bahasa dalam konteks nyata Pemahaman rumus dikembangkan atas dasar skemata yang sudah ada dalam diri siswa Pemahaman rumus itu relatif berbeda antara siswa yang satu dengan yang lainnya. c. Pengetahuan yang dimiliki manusia dikembangkan oleh manusia itu sendiri. d. b.sendiri yang memerlukan suatu bekal yang bermanfaat untuk hidupnya nanti dan siswa akan berusaha untuk meggapinya. tidak hanya sekedar mengetahui. g.

konteks. penampilan. r.m. t. seseorang berperilaku baik karena dia terbiasa melakukan Pendekatan Konstruktivisme Pendekatan konstruktivisme berasumsi bahwa siswa belajar demi sedikit dari konteks yang terbatas kemudian siswa mengkonstruksi sendiri pemahamannya dan pemahaman tersebut diperoleh dari pengalaman belajar yang bermakna. sementara manusia selalu mengalami peristiwa baru. rekaman.2009) Pendekatan konstruktivisme adalah salah satu pandangan tentang proses pembelajaran yang menyatakan bahwa proses belajar diawali dengan terjadinya konflik kognitif (Sitanto. (rmakoe. q.2009) Pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran merupakan pendekatan pembelajaran dimana pengetahuan baru tidak diberikan dalam bentuk jadi (final). Pendekatan Deduktif dan Iinduktif Pendekatan deduktif merupakan pendekatan yang mengutamakan penalaran dari umum ke khusus. proses kerja. Karena ilmu pengetahuan itu dikembangkan (dikonstruksi) oleh manusia sendiri. dan setting Penyesalan adalah hukuman dari perilaku jelek Perilaku baik berdasar motivasi intrinsic Seseorang berperilaku baik karena dia yakin itulah yang terbaik dan bermanfaat. maka pengetahuan itu tidak pernah stabil. s. p. tes dll Pembelajaran terjadi di berbagai tempat. (Kusuma. tetapi siswa membentuk sendiri pengetahuannya melalui interaksi dengan lingkungannya dalam proses asimilasi dan akomodasi. o. (Inisiasi PKn) . hasil karya.2003) 3. begitu 2. selalu berkembang (tentative and incomplete) n. sedikit Siswa diminta bertanggung jawab memonitor dan mengembangkan pembelajaran mereka masing-masing Penghargaan terhadap pengalaman siswa sangat diutamakan Hasil belajar diukur dengan berbagai cara.

(3) guru menyajikan contoh-contohkhusus agar siswa dapat menyusun hubungan antara keadaan khusus dengan aturanprinsip umum yang didukung oleh media yang cocok. atau aturan yang memungkinkan siswa memperkirakan sifat umum yang terkandung dalam contoh. prinsip. Pendekatan Konsep dan Proses Pendekatan konsep adalah suatu pendekatan di mana siswa dibimbing memahami suatu bahasan dengan memahami konsep-konsep yang terkandung didalamnya. (3) guru menyajikan bukti yang berupa contoh tambahan untuk menunjang atau menyimpulkan. prinsip yang berifat umum. 4. prinsip. Pendekatan proses adalah suatu pendekatan yang mempunyai tujuan utama pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses atau langkah-langkah ilmiah seperti melakukan . (4) guru menyajikan bukti-buktiuntuk menunjang atau menolak kesimpulan bahwa keadaan umum itu merupakan gambaran dari keadaan khusus. Pendekatan induktif dikembangkan oleh filosof Perancis Bacon yang menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang kongkrit banyak mungkin. memberi penegasan dari mengangkat beberapa perkiraan. (2) guru menyajikan aturan. Guru terlalu dominan dan siswa membimbing untuk memahami konsep.Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan deduktif dijelaskan sebagai berikut (1) guru memilih konsep. (Inisiasi PKn) Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan induktif yaitu: (1) guru memilih konsep. Pendekatan ini kurang memperhatikan aspek student centre.lengkap dengan definisi dan contoh-contohnya.aturan yang akan disajikan.2009) Dalam proses pembelajaran tersebut penguasaan konsep dan subkonsep yang menjadi sasaran utama pembelajaran. prinsip. aturan yang akan disajikan dengan pendekatan induktif (2) guru menyajikan contoh-contoh khusus. (4) contoh kemudian disimpulkan dari contoh tersebut serta tindak lanjut. (Amiruddin.

dan issu teknologi yang ada di masyarakat.2009) Pendekatan konsep adalah suatu pendekatan yang menekankan pada perolehan dan pemahaman fakta dan prinsip. menafsirkan data. sebagai reaksi dari pola pengajaran sains post-Sputnik. Sedangkan pendekatan proses atau dikenal dengan pendekatan keterampilan proses menekankan pada bagaimana bahan pelajaran itu diajarkan dan dipelajari. Teknologi dan Masyarakat (STM) Pendekatan sains.pengamatan.2009) 5. (Amiruddin. (Zaifbio.2008) Pendekatan sains teknologi dan masyarakat yang di dalam bahasa Inggris disebut "Science Technology and Society" merupakan suatu pendekatan terpadu antara sains. .2001) Dengan pendekatan ini. di Pendekatan Sains. teknologi. dan mengkomunikasikan hasil pengamatan. (Sumintono. teknologi dan masyarakat (STM) atau biasa juga Indonesia disebut dengan Salingtemas (sains-lingkungan-teknologimasyarakat) mulai berkembang pada dasarwarsa 70-an. peserta didik dikondisikan agar mau dan mampu menerapkan prinsip sains untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang diikuti dengan pemikiran untuk mengatasi dampak negatif yang mungkin timbul dari munculnya produk teknologi. (Astuti.

com/2008/05/13 Griya Astuti.Pendekatan dan Metode dalam Pembelajaran di Sekolah. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. http://zaifbio.2001. http://rmakoe.wordpress. http://pkab. http://ipotes.com/2009/07/01/pendekatan-pembelajaran/ . http://netsains.2009.id/archives/19033/ Doantara Yasa.DAFTAR PUSTAKA Abdi Sitanto. http://abdisitanto.2009.wordpress.chm? idpost=1207085590&sess= Atit Suryati.Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa. Mengemas Sains.Kurikulum Berbasis Kompetensi.pdf Rmakoe.blogspot.com/2008/01/ Dianne Amor Kusuma.com/2008/04/29 Bambang Sumintono.com/2009/08/pendekatan-konstruktivisme-dalamipa. Inisiasi PKn.2003.M.2009.Pendekatan Konstruktivisme dalam IPA.wordpress.com/2009/01/31 Zaifbio.2008.ac.2009.Pd.Penerapan Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Teorema Phytagoras di Kelas 8 SMP.2008.unpad.html Amiruddin.S. www. http://pustaka.com/no_vyant/Ss_inisiasi_sem2/inisiasi_pkn_5. Teknologi dan Masyarakat dalam Pengajaran Sekolah.dada.geocities.Pendekatan Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning.wordpress.net/cgi-bin/wapus/blogsurf.http://wap.Pengembangan Model Pembelajaran.Pd.2008.Pendekatan Pembelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->