ADMINISTRASI KELAS

Administrasi Kelas
Pembelajaran dapat efektif, jika didukung The oleh administrasi kelas yang baik

A. Arti dan Tujuan Pembelajaran sesuai dengan penerapan MMT, dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor manusia (dosen, mahasiswa dan staf pelaksana administrasi), faktor prosedur atau sistem, faktor materi (program), faktor peralatan dan faktor lingkungan. Secara khusus faktor manusia telah dibahas pada topik yang lain. Menyangkut faktor prosedur atau sistem, peralatan dan materi, kontribusinya terhadap efektivitas pembelajaran sangat tergantung pada penataan administrasi, dalam hal ini administrasi kelas. Menjadi dosen yang bermutu, yang menjalankan tugasnya secara profesional tidak cukup hanya memiliki kemampuan atau penguasaan materi kuliah. Mereka harus menyadari betapa pentingnya penataan administrasi kelas guna mendukung mutu layanan kepada mahasiswa. Administrasi kelas yang baik akan menyajikan data tentang seluruh faktor pembelajaran. Baik data mahasiswa, data materi kuliah, data peralatan, data prosedur maupun data lingkungan. Dosen dapat mengambil keputusan secara profesional untuk pengembangan pembelajaran, jika memiliki data yang benar dan lengkap. Lengkap dan benar tidaknya data yang diperlukan untuk pembelajaran tergantung pada penataan administrasi kelas. Secara keseluruhan data itu dapat pula disajikan secara statistik guna mendeskripsikan keadaan data dimaksud. Berdasarkan data yang disajikan dengan ringkas, sederhana dan akurat dapat diambil kesimpulan tentang keadaan yang sudah terjadi, dialami atau dilakukan oleh mahasiswa. Apakah

jenis kelamin. pendidikan orang tua. Data ini bermanfaat untuk membantu dosen mengenal dan memahami latar belakang hidup keluarga mahasiswa . dan lain-lain. serta karakter mahasiswa. NEM. Perlu disediakan tempat untuk catatan khusus. kondisi.Di samping itu mencermati data ini mendorong dosen akan bekerja dengan lebih teliti dan cermat. yang dianggap perlu. alamat. 2. Daftar Hadir (Absensi) Pendataan kehadiran setiap mahasiswa perlu untuk: • • • Kontrol kehadiran mahasiswa Mendorong pertumbuhan sikap/dsiplin yang bertanggungjawab. Identitas Mahasiswa Identitas mahasiswa antara lain meliputi nama. tempat/tgl lahir. nama orang tua. Data dimaksud meliputi beberapa jenis. Catatan-catatan khusus diperlukan berkaitan dengan aktivitas mahasiswa selama perkuliahan terutama aktivitas yang unik. 1. Dalam hal inilah sungguh-sungguh dibutuhkan data yang benar dan lengkap sehingga dosen terhindar dari tindakan yang keliru. Data Mahasiswa Data mahasiswa sangat dibutuhkan untuk mengenal dengan lebih baik tentang keadaan. Untuk mengenal mahasiswa secara lebih dekat agar terjadi hubungan yang akrab. pekerjaan orang tua. IP. Formulir tentang identitas mahasiswa ini mestinya disediakan oleh staf pelaksana administrasi. alamat orang tua. 2 . status dalam keluarga. Data ini perlu agar dosen dapat membantu mahasiswa sesuai dengan data tersebut. DATA YANG LENGKAP DAN BENAR Dosen bermutu mengambil keputusan untuk peningkatan mutu pembelajaran berdasarkan data yang lengkap dan benar B. asal sekolah.tindakan dosen sesuai atau tidak sesuai dalam memberikan layanan yang bermutu kepada mahasiswa tergantung bagaimana dosen mengambil kesimpulan dari data yang tersedia.

Daftar Nilai midsemester. Contoh Formulir Identitas Mahasiswa 3 . agar dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan sebaik-baiknya. Data ini sangat bermanfaat untuk: • • • • Laporan kemajuan hasil belajar mahasiswa Analisis dan interpretasi hasil penilaian guna perbaikan mutu pembelajaran berikutnya. D.• • Analisis dan interpretasi data kehadiran secara menyeluruh untuk perbaikan perkuliahan berikutnya. Data tentang semua ini harus lengkap dan benar. metode atau strategi dan fasilitas yang digunakan Membantu mahasiswa. Di samping itu. Perbaikan materi. hand-out. Dokumentasi ini diperlukan terutama untuk: • • • Membantu dosen mengendalikan perkuliahan yang bermutu Membantu pengembangan program secara berkelanjutan Membantu mahasiswa untuk kepentingan belajar. lembar tugas dan lainlain. ada alat-alat bantu yang perlu digunakan. Baik di perpustakaan maupun sumber-sumber belajar lainnya. Daftar nilai yang perlu diadministrasikan meliputi. SAP.nilai 3. Daftar Buku Teks. Memperlancar layanan perkuliahan yang bermutu. nilai evaluasi proses. Dokumentasi Program Dokumentasi program meliputi silabus. Setiap mata kuliah memiliki sumber-sumber yang dapat dijadikan rujukan dalam mempelajarinya. baik secara individual maupun kelompok C. Literatur (Referensi) dan Alat Bantu. Melihat motivasi mahasiswa mengikuti perkuliahan. nilai tugas. nilai final semester. Dokumentasi ini diperlukan untuk: • • • Membantu dosen dalam merencanakan program perkuliahan Membantu mahasiswa memperoleh atau mencari bahan-bahan perkuliahan.

Pekerjaan orang tua 13.IDENTITAS MAHASISWA 1. NIM 3. Alamat rumah 6. Tempat lahir 4. Alamat orang tua 14. Catatan khusus ……………………………………………………………………………………. Nama orang tua • • • • Ayah Ibu Ayah Ibu 12. Contoh Daftar Hadir dan Daftar Nilai Mahasiswa 4 . Status dalam keluarga 11. NEM 8. …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………. Nama 2. Tanggal lahir 5. IP/IPK 9. Asal sekolah 7. Jenis kelamin 10.

DAFTAR HADIR DAN DAFTAR NILAI MAHASISWA PERTEMUAN No . 01 02 03 04 05 97520111 97520112 97520113 97520114 97520115 Sugeng Nilai Daniel Nilai Warsono NIM Nama 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 14 Nilai Marseli Nilai Sarwoko Nilai 5 .

6 .

7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful