Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013

1

YAYASAN PERGURUAN KRISTEN TORAJA (YPKT) SEKOLAH MENENGAH ATAS KRISTEN BARANA’- RANTEPAO RINTISAN-SMA-BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) Jalan Pamabi’ Barana’ Tikala, Toraja Utara - Sulawesi Selatan Telp./Fax (0423) 23261 Email : smakristenbarana@gmail.com Website : www.smabarana.sch.id

TATA TERTIB SISWA SMA KRISTEN BARANA’

BAB I UMUM Pasal 1 1. Setiap siswa wajib menjunjung tinggi tata susila dan sopan santun, baik di dalam maupun di luar sekolah. 2. Setiap siswa wajib memelihara dan menjaga nama baik diri sendiri, orang tua, keluarga, dan sekolah baik di dalam maupun di luar sekolah. 3. Setiap siswa wajib menjaga diri dalam pergaulan agar tidak terlibat dalam pergaulan yang bersifat menghambat dan atau merusak pertumbuhan pembinaan masa depan, dan mampu membawa diri yang mencerminkan sebagai pemuda terpelajar, berbudi luhur dan sadar akan pandangan dan tuntutan umum. 4. Setiap siswa wajib memiliki rasa persatuan dan kekeluargaan terhadap sesama siswa dan seluruh civitas akademika baik di dalam maupun di luar sekolah. 5. Yang dimaksud dengan istilah di dalam sekolah pada tata tertib ini adalah lingkungan asrama dan lingkungan sekolah. 6. Setiap siswa wajib tinggal di asrama serta mematuhi segala peraturan yang berlaku di dalamnya dengan tidak ada kecualinya. 7. Setiap siswa tidak boleh melibatkan persoalan dirinya dengan orang lain dan sebaliknya. Pasal 2 1. Setiap siswa wajib turut serta bertanggung jawab dalam memelihara dan menjaga kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan di sekolah. Pasal 3 1. Setiap siswa wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah termasuk pendidikan Agama Kristen dan ibadah yang diadakan oleh sekolah dengan baik, serta memelihara ketenangan kelas selama pelajaran berlangsung. 2. Tugas-tugas sekolah yang lain diberikan oleh guru mata pelajaran di luar jam pelajaran harus diselesaikan dengan tertib dan penuh tanggung jawab. Pasal 4 Setiap siswa yang menghadapi kesulitan pribadi, kesulitan pelajaran atau kesulitan dalam pergaulan berhak dan wajib meminta bantuan wali kelas/BK/guru/pengawas asrama atau kepala sekolah.

Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan

Ketentuan berpakaian diatur sebagai berikut : a. kecuali sakit dan alasan lain dengan seizin guru piket/kepala sekolah. 2. Pasal 9 1. Hari sekolah berlangsung seminggu 6 hari. Selama waktu belajar. DAN ABSENSI Pasal 7 1. b. BAB II HARI SEKOLAH. dengan ketentuan tetap bertanggung jawab atas semua tugas pelajaran yang tidak diikutinya. 2. Siswa yang absen karena sakit dan atau karena alasan lain harus ada pemberitahuan ke sekolah dari kepala asrama/orang tua/wali siswa atau pihak lain yang mempunyai kewenangan untuk itu.00 WITA. kecuali hari libur umum dan libur lainnya yang ditetapkan dalam kalender pendidikan atau oleh sekolah. Siswa wajib mengenakan pakaian sekolah sesuai dengan ketentuan sekolah baik model. WAKTU BELAJAR. Kehadiran siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah minimal 90 % untuk setiap mata pelajaran. guru piket. wali kelas. dengan ketentuan tambahan yakni : a.00 – 21. wajib dipenuhi setelah siswa kembali masuk sekolah. pengawas asrama atau kepala sekolah. 3. Pasal 6 Setiap siswa tidak dibenarkan menerima tamu di sekolah selama waktu sekolah kecuali dalam halhal tertentu dengan seizin guru. Pasal 8 1. Semua kancing baju tertutup. Siswa yang terlambat hadir di kelas. 5 menit setelah jam pelajaran dimulai.30 WITA dan 5 menit sebelum pelajaran dimulai siswa sudah harus berada dalam kelas. tidak diperkenankan mengikuti pelajaran sebelum pergantian pelajaran berikutnya. warna maupun hari pemakaiannya.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 2 Pasal 5 Setiap siswa wajib mempunyai kartu siswa. Tugas-tugas pelajaran yang diberikan selama siswa tidak masuk. 3. Baju bagian bawah harus dimasukkan ke dalam celana/rok. Hari Senin – Selasa Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . 4. BAB III PAKAIAN SEKOLAH Pasal 10 1. Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan jadwal yang telah disusun oleh sekolah Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum. Belajar malam dilakukan secara mandiri oleh siswa sesuai dengan ruang yang telah ditentukan dan berlangsung dari pukul 19. 2. siswa tidak dibenarkan meninggalkan kelas/sekolah. ukuran. 2. kecuali kancing kerah. Kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung dari pukul 07.30 – 16.

Biologi. siswa tidak diperkenankan memakai sepatu sandal. sepatu hitam dengan kaos kaki putih. dan papan nama. atau sepatu berhak tinggi. atribut lokasi sekolah. Pasal 11 Pada jam pelajaran praktik olahraga siswa wajib mengenakan seragam khusus untuk olahraga. BAB IV PENGGUNAAN LABORATORIUM Pasal 13 Setiap siswa berhak menggunakan laboratorium Fisika. sandal. Semua siswa tidak dibenarkan memberi warna pada rambutnya. Kimia. Semua siswa tidak dibenarkan memelihara kuku panjang dan atau diberi warna. 2. Hari Sabtu Siswa mengenakan pakaian olahraga. celana/rok abu-abu. sepatu hitam dengan kaos kaki putih. Hari Jumat Siswa mengenakan seragam pramuka/batik Toraja. BAB VI PENGGUNAAN FASILITAS ASRAMA Pasal 15 Setiap siswa berhak menggunakan fasilitas asrama dengan menaati segala peraturan dan tata tertib khusus yang diatur untuk itu. d. e. b. atribut lokasi sekolah. Pasal 12 1. dan Komputer. ikat pinggang hitam. topi sekolah (khusus hari Senin). Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . ikat pinggang hitam.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 3 Siswa mengenakan seragam baju/blus putih. 4. Hari Rabu – Kamis Siswa mengenakan seragam baju/blus putih. Siswa laki-laki tidak boleh berambut panjang. tetapi berpakaian rapi dan sopan. Pada waktu kegiatan belajar sore dan atau malam hari siswa tidak diwajibkan mengenakan seragam. Bahasa. Pada saat mengikuti pelajaran di pagi hari. Siswa perempuan harus berambut rapi. celana/rok orange. 3. dengan menaati tata tertib yang diatur untuk itu. BAB V PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN Pasal 14 Setiap siswa berhak menggunakan perpustakaan sekolah dengan menaati tata tertib yang ada. 3. c. dan papan nama.

4. akan diadakan perbaikan kembali sebagaimana mestinya. Sekolah berhak mengundang orang tua/wali siswa untuk memberi informasi tentang sekolah. Pertemuan orang tua/wali siswa dengan sekolah dapat berupa konsultasi dengan wali kelas/pembina OSIS/guru BK/atau kepala sekolah untuk menyelesaikan masalah yang terjadi atas diri siswa. wajib segera membicarakannya dengan kepala sekolah. Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) dibuat setiap akhir program semester sesuai dengan kalender pendidikan atau rencana sekolah oleh wali kelas dan atau kepala sekolah. Jenis dan bobot pelanggaran serta sanksinya diatur dan atau ditentukan berdasarkan musyawarah dewan guru untuk pelanggaran di sekolah dan musyawarah pengurus asrama untuk pelanggaran di asrama. Pasal 21 Apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam tata tertib ini. atau dibayarkan di muka untuk beberapa bulan berikutnya atau dibayarkan setiap bulan. Setiap pelanggaran terhadap tata tertib dikenakan sanksi sesuai dengan jenis dan bobot pelanggarannya. Pertemuan tersebut dapat dilakukan dengan cara orang tua/wali siswa datang ke sekolah atau petugas sekolah melakukan perkunjungan ke rumah siswa. BAB X ATURAN TAMBAHAN Pasal 20 Hal-hal yang belum tercakup di dalam tata tertib ini akan diatur dan atau ditentukan kemudian. Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . UANG ASRAMA. DAN CARA PELUNASANNYA Pasal 17 1.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 4 BAB VII LAPORAN PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR Pasal 16 1. BAB IX PELANGGARAN DAN SANKSI Pasal 19 1. 2. harus dilunasi selambatlambatnya tanggal 10 untuk bulan yang sedang berlangsung. BAB VIII UANG SEKOLAH. 2. 3. Orang tua yang menunggak uang sekolah dan atau uang asrama anaknya. Pembayarannya dilakukan melalui bank yang telah ditentukan oleh sekolah dan asrama. Setiap siswa wajib membayar uang sekolah dan uang asrama yang dapat dilunasi sekaligus. Pembayaran uang sekolah dan atau uang asrama setiap bulan. Pasal 18 1. 2.

karyawan sekolah/asrama Melecehkan guru/pegawai Berkelahi antar sesama pelajar/memukul teman Mengancam sesama pelajar Memakai/membawa/mengedarkan narkoba Meminum/membawa/mengedarkan minuman keras di lingkungan sekolah Merokok/membawa rokok ke lingkungan sekolah Membawa senjata tajam/senjata api Merusak barang-barang milik sekolah/asrama Mencuri uang. 7. 21. 14. dan gedung sekolah/asrama Membawa buku/majalah/ kaset porno. 4. dan sejenisnya ke lingkungan sekolah. 13. pimpinan. nasihat dari wali kelas/pengurus asrama Dibina di rumah selama 1 minggu Disuruh pungut dan dibuang ketempat sampah Tanaman diganti Dipindahkan ke sekolah lain Rambut dihitamkan/cat kuku dibersihkan Tato dihilangkan Dilepas Membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi tindakan tersebut Dibina oleh wali kelas/BP. 8. barang-barang milik sekolah/asrama/teman/orang lain Mencoret meja. A. 23. 10. 3. 24. 15. pemberitahuan kepada orang tua. 2. 6. radio pada jam pelajaran Berambut gondrong bagi pria (menutupi telinga atau krah baju) Rambut disisr berdiri bagi pria dan rambut menutup telinga dan alis mata bagi wanita Membawa mobil/sepeda motor ke sekolah tanpa ijin pengurus asrama Bersekongkol melindungi teman yang melanggar tata tertib sekolah. BOBOT. PENGURANGAN POIN 100 5 – 100 15 – 50 100 25 – 50 100 20 – 75 75 10 – 50 5 – 50 10 – 75 1 – 10 TINDAKAN PEMBINAAN Keluar dan dilaporkan ke pihak bewajib Disesuaikan dengan jenis pelanggarannya Diminta untuk tidak mengulangi Dikeluarkan/dipindahkan dan mempertanggung jawabkan perbuatan yang dilakukan Dibina di rumah selama 1 minggu Dikeluarkan dari sekolah Dibina di rumah selama 1-2 minggu Dibina di rumah selama 2 minggu Tergantung jenis pelanggarannya Mengganti barang yang dirusak Disesuaikan dengan jenis pelanggarannya Membersihkan coretannya. dinding. karyawan sekolah/asrama Melawan/mengancam guru. 25. 1–5 1-5 10 5 – 25 Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . diskman. 1. bangku. jendela. gelang tangan atau gelang kaki (pria) Memakai asesoris berlebihan (perempuan) Menggunakan walkman. 5. kalung. DAN TINDAKAN PEMBINAAN No. kursi. 18. Rambut dipotong pendek dan rapi Rambut disisir rapi tidak berdiri bagi pria dan rambut dikepang atau diikat bagi wanita Diambil oleh orang tua. 17. pintu. 11.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 5 LAMPIRAN TATA TERTIB SMA KRISTEN BARANA’ JENIS. 20. JENIS PELANGGARAN PELANGGARAN UMUM Memukul guru. pimpinan. 12. mengakses situs porno Membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah Merusak tanaman hias sekolah Melakukan tindak asusila di dalam atau di luar lingkungan sekolah Mengecat atau mewarnai rambut/kuku Memakai tato Memakai anting-anting. 16. 19. 9. siswa membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya Dinasihati untuk tidak mengulangi perbuatannya 25 – 50 2–5 5 – 15 100 1–5 5 – 25 5 1–5 10 22.

Melibatkan persoalan dirinya dengan orang lain dan sebaliknya 25 – 100 Dibina 1. Memakai sandal tanpa izin guru piket saat jam belajar 2 pakaiannya Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak merapikan pakaiannya • Diminta untuk memakai dasi • Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak memakai dasi • Diminta untuk mengganti sepatu sesuai warna yang telah ditentukan • Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak memakai sepatu yang telah ditentukan hari itu • Ganti dengan sepatu yang sesuai • Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak memakai sepatu sesuai dengan yang telah ditentukan hari itu Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . 6. Tidak berpakaian rapi. 1. 6. • melipat lengan baju • ujung bawah baju tidak dimasukkan ke bagian dalam celana/rok • memakai dasi tidak rapi Tidak memakai dasi 1 –3 • Diminta untuk merapikan • 2 7. 5.2 minggu di rumah atau dipindahkan B. Tidak memakai papan nama 2 4. PELANGGARAN PAKAIAN SEKOLAH 2 • • Tidak diizinkan ikut upacara Berhubungan dengan guru piket • Diberi tugas oleh guru piket • Ganti pakaian sesuai seragam yang dipakai hari itu • Tidak diizinkan mengikuti pelajaran selama tidak memakai seragam yang sudah ditentukan hari itu •Diminta untuk memasang papan nama •Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak memakai papan nama • diminta untuk memkai ikat pinggang • tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak memakai ikat pinggang hitam Tidak memakai pakaian seragam sesuai dengan yang ditentukan 10 3.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 6 25. Tidak memakai ikat pinggang warna hitam 2 5. PELANGGARAN KEHADIRAN PADA SEKOLAH DAN WAKTU BELAJAR Absen tanpa pemberitahuan (alpa) per hari Terlambat masuk kelas (maksimal 5 menit) Meninggalkan kelas tanpa izin (bolos) Tidak mengikuti kegiatan ekstra kurikuler Tidak hadir mengikuti ibadah sekolah tanpa izin Tidak mengerjakan tugas yang diberikan selama tidak masuk sekolah Tidak memakai topi pada saat Upacara Bendera 1–3 1 1 – 10 1–3 1–5 1 – 10 Diberi nasihat oleh guru bersangkutan dan wali kelas Diberi nasihat oleh guru bersangkutan Teguran dari guru mata pelajaran dan wali kelas Diberi nasihat oleh wali kelas Diberi nasihat oleh kesiswaan Diberi nasihat oleh wali kelas/BK C 1. 4. Memakai sepatu tidak sesuai dengan yang ditentukan 2 8. 2. 3.

Tidak mengikuti upacara bendera 2–5 Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . • Diminta untuk mengerjakan ulang tugas/PR • Guru mata pelajaran bersangkutan berhak member sanksi berupa penambahan tugas atau pengurangan nilai apabila siswa tidak mengindahkan tugas/PR yang diberikan • Siswa yang malas mengerjakan tugas/PR dilaporkan guru mata pelajaran kepada wali kelasnya untuk dibina dan jika sikap siswa tidak berubah. Menyontek / kerja sama saat ulangan 5 – 20 5.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 7 9.10 4. Tidak memakai kaos kaki warna putih polos sesuai jadwal yang telah ditentukan 2 • • Pulang ke asrama ganti kaos kaki Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama kaos kaki tidak diganti 10. tanpa melakukan pengulangan. Tidak mengerjakan tugas / PR 5 3. Tidak memakai seragam olah raga pada saat pelajaran praktik olah raga 2–5 • Tidak diizinkan ikut kegiatan olahraga • Mendapat peringatan dari guru olahraga D 1. • Teguran dari Wali Kelas /Guru piket saat upacara selesai • Membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi tindakan srupa pada upacara berikutnya • Surat pernyataan yang dibuat oleh siswa diserahkan ke guru BK • Nilai ulangan = 0 • Mengikuti ulangan susulan dengan soal berbeda • Jika terulang perbuatan serupa. diberi nilai 0. wali kelas meminta bantuan guru BK untuk menanganinya lebih lanjut. Mengganggu saat KBM atau upacara sedang berlangsung 5 . PELANGGARAN PADA PROSES KBM Tidak membawa buku paket / catatan atau alat pembelajaran lainnya saat belajar 1–5 • Mengambil buku • Tidak diperkenankan mengikuti pelajaran selama tidak membawa buku/catatan atau alat pembelajaran lainnya yang dibutuhkan pada mata pelajaran yang berlangsung pada saat itu. • Melapor ke guru piket • Diberi tugas khusus oleh guru piket • Guru piket melaporkan siswa bersangkutan ke wali kelasnya • Membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan serupa pada upacara berikutnya 2.

• Diminta untuk tidak mengulangi perbuatan serupa pada setiap KBM • Jika melakukan tindakan serupa/tidak mengindahkan aturan. Membawa Notebook yang berisi gambar/film/ ceritera negatif (porno) 50 – 100 11. 50 – 100 10. guru BK. Membawa MP3/MP4/MP5 dan alat sejenisnya ke dalam kelas tanpa seizing guru mata pelajaran saat pelajaran sedang berlangsung 2 • Surat pernyataan yang dibuat oleh siswa diserahkan ke guru BK. • Data tersebut dihapus dari dalam Notebook • Pemanggilan orang tua siswa bersangkutan • Siswa bersangkutan dikembalikan ke orang tua untuk dibina di rumah selama 7-14 hari belajar atau dikeluarkan dari sekolah dan asrama. Notebook disita oleh sekolah sampai siswa bersangkutan membuat surat pernyataan Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . Notebook siswa bersangkutan ditahan oleh guru sampai siswa membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi tindakan serupa. Tidak menitip HP pada waktu yang telah ditentukan Membawa CD/ Flash Disk/buku yang berisi hal-hal yang negatif (porno). apabila diulangi disita hingga satu semester. • Mendapat teguran dari guru yang mengajar pada saat itu • Bila siswa bersangkutan tidak mengindahkan teguran yang diberikan. Bermain game di Notebook saat KBM sedang berlangsung 5-10 HP disita selama satu bulan. • Pelanggaran yang berulang-ulang dilakukan. • CD/Flash Disk/buku tersebut disita oleh sekolah/asrama untuk dimusnahkan • Pembinaan terhadap siswa bersangkutan ditangani bersama antara Kesiswaan. baik ke sekolah maupun ke asrama 5 • 9. kepala asrama dan orang tua siswa • Siswa bersangkutan dikembalikan ke orang tua untuk dibina di rumah selama 7-14 hari belajar atau dikeluarkan dari sekolah dan asrama.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 8 6. guru berhak meminta siswa tersebut meninggalkan kelas • MP3/MP4/MP5 dan alat sejenisnya disita oleh guru mata pelajaran sampai siswa • bersangkutan membuat surat pernyataan untuk mengulangi perbuatannya • Pelanggaran terhadap surat pernyataan yang dibuat oleh siswa bersangkutan mengakibatkan MP3/MP4/MP5 dan alat sejenisnya disita oleh sekolah 8. Mengganggu teman atau berbuat sesuatu yang menyebabkan KBM yang sedang berlangsung 2-5 7.

Surat panggilan 1 . Notebook siswa bersangkutan ditahan oleh guru sampai siswa membuat • surat perjanjian untuk tidak mengulangi tindakan serupa • Mengganti/ membiayai perbaikan sebanyak biaya yang perbaikan dari Notebook tersebut • Permasalahan yang timbul akibat hal tersebut ditangani oleh wali kelas dan kesiswaan • Menghentikan kegiatan yang dimaksud • Disita selama satu minggu • Diminta untuk menghubungi orang tua/walinya • Seminggu setelah mendapat teguran dari sekolah dan ternyata kewajiban siswa tersebut belum dipenuhi. Notebook siswa bersangkutan ditahan oleh guru sampai siswa membuat surat perjanjian untuk tidak mengulangi tindakan serupa. 1. 2. Poin berkurang 75 . Merusak Notebook teman 5 – 10 15 Menggunakan Notebook pada saat belajar malam tanpa seizin pengawas belajar malam 2-5 yang ditanda tangani oleh orang tuanya dan diketahui oleh kesiswaan • Musik dihentikan • Jika melakukan tindakan serupa/ tidak mengindahkan teguran. menonton film. PELANGGARAN LAIN Tidak membayar uang sekolah/asrama sesuai waktu yang telah ditentukan tanpa pemberitahuan orang tua/wali siswa 5 – 10 2. Membunyikan musik di Notebook tanpa seizin guru saat KBM sedang berlangsung 1–2 13. Tidak menyampaikan surat panggilan kepada orang tua yang diberikan oleh sekolah/asrama 5 – 10 SANKSI AKUMULASI PENGURANGAN POIN NO. • Menghentikan kegiatan yang dimaksud • Jika melakukan tindakan serupa/ tidak mengindahkan teguran. siswa bersangkutan diminta untuk kembali ke orang tua/wali mengambil uang sekolah/asramanya.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 9 12. KRITERIA Poin berkurang 25 Poin berkurang 50 TINDAK LANJUT Pemberitahuan kepada orang tua /wali siswa . Dinasehati oleh kesiswaan E.Panggil orang tua/wali .Belajar di luar asrama selama 2 minggu Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . dll yang tidak berkaitan dengan pelajaran yang sedang berlangsung 5 – 10 14. seperti bermain game.Panggil orang tua/wali TINDAKAN PEMBINAAN Belajar di luar asrama selama 1 minggu Belajar di luar asrama selama 1 minggu 3. 1. Melakukan kegiatan-kegiatan lain di Notebook.

Juara dalam lomba tingkat kecamatan 6. dan panitia lainnya yang sah Sebagai pengurus OSIS Juara dalam lomba di sekolah POIN Inti : 10 Koordinator : 5 Anggota : 3 Inti : 15 Anggota : 5 . perayaaan agama.Juara 3 : 25 Juara 1. perayaan hari besar nasional.3 : 40 Juara 1.Juara 1 : 25 .Juara 2 : 15 . Poin habis atau pengurangan poin 100 . 3.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 10 .2.Surat panggilan 2 . 1.Juara 1 : 35 . Juara dalam lomba antar sekolah 5.Juara 1 : 20 .Juara 2 : 20 .Juara 1 : 30 .Surat perjanjian terakhir Keluar TAMBAHAN POIN NO. budaya. Juara dalam lomba tingkat propinsi Juara dalam lomba tingkat nasional Juara dalam lomba tingkat internasional Menghasilkan sebuah karya yang dipublikasikan Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . 8. Berlaku per tahun 4. 9.Juara 2 : 30 . dan apabila masih melanggar siswa yang bersangkutan akan dikeluarkan 4. bakti sosial. Juara dalam lomba tingkat kabupaten 7.2.3 : 50 75 Di sekolah : 15 Kabupaten : 25 Luar Kabupaten : 40 KETERANGAN Berlaku untuk satu kali kegiatan 2.Juara 3 : 10 .Juara 2 : 25 .Juara 3 : 20 . 10. KEGIATAN Berpatisipasi sebagai panitia dalam kegiatan kegiatan sekolah seperti olahraga.Menandatangani surat perjanjian.Juara 3 : 15 .

Kami menyatakan menyetujui tata tertib SMA Kristen Barana tersebut di atas dan menerima semua sanksi yang diberlakukan jika melakukan pelanggaran. Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . Setiap siswa diberi poin 100 pada awal tahun pelajaran dan berlaku selama menjadi siswa SMA Kristen Barana’ 2. Akumulasi bobot pelanggaran dilaksanakan oleh koordinator BK/Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 11 Catatan : 1. 10 Juli 2012 Siswa. Barana’. Orang Tua/Wali Siswa …………………. Poin siswa akan dievaluasi setiap bulan oleh wali kelas/kesiswaan/guru/BK. …………………... 3.

smabarana. tidur siang dan malam. Tidak berpakaian rapi / sopan BOBOT TINDAKAN PEMBINAAN Teguran Teguran /disuruh mengambil alat tersebut Ganti dengan pakaian yang sopan Peringatan dan tidak dapat jatah makanan Diberi peringatan. 4. Toraja Utara ./Fax (0423) 23261 Email : smakristenbarana@gmail. 2. terlambat makan. Nyayian Mazmur dan Kidung Jemaat. tidur berduaan di satu tempat tidur. siang dan malam. JENIS PELANGGARAN IBADAH Tidak ikut ibadah pagi pukul 06. Menyuruh teman/membawa makanan ke kamar tidur.com Website : www. Mengambil sendiri makanan ke dapur tanpa seizin pengawas makan atau karyawan dapur.id TATA TERTIB ASRAMA SMA KRISTEN BARANA’ JENIS. 1 5 10 5 III 1. Lalai/lupa membawa Alkitab. tidur di tempat teman tanpa seizin pengurus asrama. PERKUNJUNGAN / ISTIRAHAT Melakukan perkunjungan ke kamar orang lain pada saat jam istirahat. BOBOT DAN TINDAKAN PEMBINAAN TERHADAP PELANGGARAN NO I 1.RANTEPAO RINTISAN-SMA-BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) Jalan Pamabi’ Barana’ Tikala. Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . Mengambil jatah makanan teman semeja. 2 20 5 Teguran Teguran dan kembali ke kamar Teguran dan bila tidak diindahkan alat musik tersebut disita oleh asrama. 6. 2. kecuali karena sakit dengan memperlihatkan surat keterangan sakit atau laporan dari pengurus asrama. 2. Tidak memakai sendok dan garpu pada saat makan bersama di ruang makan.05 WITA kecuali karena sakit. 5. Ribut . tape rekorder atau alat lain dengan suara keras yang dapat mengganggu ketenangan / ketentraman orang lain. Pindah kamar. 3.00 WITA dan ibadah malam pukul 21. tanpa sepengetahuan pengawas makan atau pegawai dapur. membunyikan radio.Sulawesi Selatan Telp.sch. 1 2-5 3. piring dikembalikan ke dapur Disuruh pulang mengambil Teguran dari pengawas/pegawai dapur Teguran dari pengawas/pegawai dapur Teguran dari pengawas/pegawai dapur 2 1 1 II 1. 3. Menukar sayur. lauk pauk di mejanya dengan yang ada di meja lain. meja lain di ruang makan saat makan pagi. MAKAN Tidak makan bersama dalam ruang makan yang telah ditentukan.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 12 YAYASAN PERGURUAN KRISTEN TORAJA (YPKT) SEKOLAH MENENGAH ATAS KRISTEN BARANA’.

Mengikuti kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan lainnya di luar lingkungan sekolah/ asrama tanpa seizin orang tua. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu Teguran Belajar di kelas IV 1. 2. 5 Teguran / diberi tugas oleh guru yang bersangkutan dan apabila akumulasi pengurangan poin mencapai 25. 25 Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . 5 5 V 1. mengganggu teman atau melakukan kegiatan lainnya saat belajar malam berlangsung. 2 25 4. kepala sekolah. orang tua di panggil. 10 Diperingati dan jika akumulasi pengurangan poin mencapai. Belajar malam di kamar tanpa seizin dari guru pengawas belajar malam. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu.00 WITA Tidak membawa surat izin keluar yang ditandatangani pengurus asrama. Panggil orang tua. 2. 25 orang tua dipanggil Teguran/pembinaan Panggil orang tua. Bermalam / tinggal di rumah atau di tempat lain tanpa seizin pengurus asrama. 3. bercerita lain . 10 Teguran 50 . IJIN KELUAR Minggu pulang 1 kali setiap bulan pada hari Sabtu minggu kedua setelah kerja bakti dan kembali ke asrama pada hari Minggu paling lambat pukul 17. BELAJAR Tidak ikut belajar sore. Menerima tamu dari luar lingkungan asrama di kamar tidur tanpa seizin pengurus asrama Melakukan perkunjung ke kamar lawan jenis tanpa seizin pengurus asrama. malam di kelas dan jam – jam khusus sesuai jadwal dari sekolah. Ribut . 3. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu. 5.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 13 4.100 Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu atau dipindahkan/panggil orang tua. Terlambat kembali ke asrama pada hari Minggu atau pada jadwal keluar lainnya. dan kepala asrama .

1. 13. 3. panggil orang tua. bila pengurangan poin mencapai 25. 25 11. 50 – 100 Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu/panggil orang tua/keluar tergantung perannya 15 – 25 Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu Panggil orang tua Panggil orang tua Panggil orang tua. Mengancam. Menyampaikan laporan yang tidak benar kepada orang tua/wali/keluarga/pihak lain/pengurus asrama. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu Ganti dengan pakaian lain Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 2 minggu Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu Dikeluarkan. 1 75 10. 5 – 25 5 – 25 7. ETIKA SOPAN SANTUN Putra dan putri berpasang-pasangan di tempat-tempat sepi. adik atau kakak angkatan. Memukul. adik atau kakak angkatan Minum minuman keras. maupun tempat lainnya. panggil orang tua Dikeluarkan/panggil orang tua Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu HP disita selama sebulan 5. Membentuk atau menjadi anggota kelompok/group di asrama dan sekolah maupun di luar lingkungan asrama dan sekolah yang tidak berkaitan dengan proses pendidikan. Mengospek. Menggunakan pakaian seragam sekolah di asrama setelah jam pelajaran selesai. 6.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 14 VI. dan bertindak sewenang-wenang terhadap teman seangkatan. 4. 50 . Mengadakan rapat-rapat/pertemuan di asrama tanpa seizin pengurus asrama. memplonco seperti perang bantal dan melakukan tindakan sejenis itu terhadap siswa baru/ penghuni baru asrama. 100 Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu/panggil orang tua/keluar tergantung aktivitasnya Dikeluarkan. 100 12. Tidak menitip HP . atau melakukan perbuatan yang melanggar sopan santun (bergandengan tangan. berpelukan. 9. 2. 8. inventaris dan dokumen penting asrama dan sekolah 25 15. 100 25 14. berciuman.100 tersembunyi. berkelahi dengan teman seangkatan. 50 Dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . memeras. 25 Mengadukan permasalahan yang dihadapi di asrama atau sekolah kepada orang tua/wali/keluarga/pihak lain tanpa diketahui pengurus asrama. melakukan hubungan badan) Menjalin hubungan mesra/intim/pacaran dengan sesama jenis baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah dan asrama SMA Kristen Barana’ Melakukan kegiatan demonstrasi baik di sekolah maupun asrama untuk menentang aturan yang sudah ditetapkan atau terhadap oknum tertentu. tidur seranjang. mengedarkan dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang di asrama/sekolah Merokok di asrama. sekolah dan tempat lain.kepada pembina asrama pada waktu yang telah ditentukan Mencuri barang teman.

4. setiap bulan 2 3. Bonus Poin di Asrama A. setiap bulan 2 2. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu. …………………………………… Kesadaran akan pentingnya hidup tertib adalah awal dan kunci utama kesuksesan . diberikan peringatan pertama. Barana’. Penambahan poin karena prestasi akademik disesuaikan dengan penambahan poin di sekolah. diberikan peringatan kedua. Tidak pernah melanggar tata tertib belajar. siswa dikeluarkan / diberikan surat pindah oleh pihak sekolah. Tidak pernah melanggar tata tertib ibadah. B. Pengurangan poin 100 atau poin habis. 25-50 Langkah-langkah pemberian sanksi sebagai pembinaan mental : 1. Tidak pernah melanggar tata tertib etika sopan santun. Menjaga kerapian dan kebersihan kamar dan sekitarnya. Tidak pernah melanggar tata tertib makan. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu. panggil orang tua. diberikan peringatan ketiga sebagai kesempatan terakhir. Tidak pernah melanggar tata tertib perkunjungan/istirahat. Menjadi panitia inti perpisahan (KSB) 5 9. panggil orang tua.10 Juli 2012 Orang Tua Siswa Siswa …………………………… --------- . setiap bulan 3 6. inventaris asrama atau sekolah Memindahkan inventaris sekolah atau asrama tanpa seizin pengurus asrama atau guru 25 Mengganti atau memperbaiki Dikembalikan ke tempat semula 17. siswa dan orang tua menandatangani surat perjanjian. menandatangani surat perjanjian. Penambahan poin atas penilaian tingkah laku di asrama diatur sebagai berikut : No. Tidak pernah melanggar tata tertib izin keluar. 2. Poin berkurang 50. Poin berkurang 25. setiap bulan 3 7. setiap bulan 1 5. siswa dan orang tua menandatangani perjanjian. panggil orang tua. setiap bulan 2 Kami menyatakan menyetujui tata tertib Asrama SMA Kristen Barana tersebut di atas dan menerima semua sanksi yang diberlakukan jika melakukan pelanggaran. Poin berkurang 75. dikembalikan ke orang tua untuk dibina selama 1 minggu.Tata Tertib Siswa SMA Kristen Barana’ Tahun 2012/2013 15 16. Menjadi panitia inti perayaan hari besar keagamaan (KSB) 5 8. 3. Merusak barang milik teman. setiap 2 bulan 4. Jenis Penilaian Penambahan poin 1. panggil orang tua.