P. 1
Askep Dimensia

Askep Dimensia

|Views: 65|Likes:
Published by Yohanes Eko Saputra

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yohanes Eko Saputra on Oct 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN LANSIA DENGAN DEMENSIA

Sulastri Poltekes Tanjungkarang Jurusan Keperawatan

Tujuan Pembelajaran
     

Melakukan pengkajian keperawatan pasien lansia dengan demensia Mengidentifikasi diagnosa keperawatan pasien lansia dengan demensia Melakukan tindakan keperawatan pada pasien lansia Melakukan tindakan keperawatan kepada keluarga untuk mengatasi masalah demensia pada lansia Melakukan evaluasi asuhan keperawatan pasien lansia dengan demensia, Mendokumentasikan asuhan keperawatan pasien lansia dengan demensia.

Pengkajian Pasien Lansia Dengan Demensia
 Demensia

adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya pikir tanpa adanya penurunan fungsi kesadaran.

Membina Hubungan Saling Percaya Dengan Pasien Lansia

Assalamualaikum, Nama saya.... biasa dipanggil.. Nama ibu/bapak siapa.... biasa dipanggil.... Tujunan.... aktivitas....

• Bersikap empati • Tehnik komunikasi • Lingkungan terapeutik

Observasi Perilaku Lansia Dengan Demensia (Data Objektif)

      

Kurang konsentrasi Kurang kebersihan diri Rentan terhadap kecelakaan: jatuh Tidak mengenal waktu, tempat dan orang Tremor Kurang kordinasi gerak Aktifitas terbatas Sering mengulang kata-kata.

Data Subjektif didapatkan melalui wawancara dengan menggunakan Mini Mental State Examination (MMSE),

Nama pasien Usia pasien Pendidikan

Mini Mental State Examination : .............................. Nama pewawancara :.............................. Tanggal wawancara :................................. Waktu wawancara

:.................................. :.................................. :..................................

Skor Max
5 5 3

Skore Pasien

Pertanyaan
Sekarang (hari), (tgl), (bulan), (tahun),berapa dan (jumlah anak) apa? Sekarang kita berada dimana? (jalan), (no.rumah), (kota), (kabupaten), (propinsi) Pewawancara menyebutkan nama 3 buah benda; alamari, puskesmas, kendaraan, satu detik untuk setiap benda. Lansia mengulang ke 3 nama benda tsb. Berikan satu angka untuk setipa jawaban yang benar Hitunglah berturut-turut seling 5 mulai dari 40 ke bawah. 1 angka untuk jawaban yang benar, berhenti setelah lima hitungan. (35,30,25,20,15) Tanyakan kembali nama 3 benda yang telah disebutkan di atas. Berilah 1 angka untuk setiap jawaban yang benar.
 

Keterangan
Orientasi Orientasi Registrasi

5 5 3

5 3 9

0
3 7

Atensi dan kalkulasi Mengingat Bahasa

  

Apakah nama benda inin?. Perlihatkan pensil dan jam tangan (2 angka) Ulangilah kalimat berikut: “jika tidak dan atau, tetapi” (1 angka) Laksanakan 3 buah perintah ini: “Peganglah selembar kertas dengan tangan kanan, lipatlah kertas itu pada pertengahan dan letakkanlah di lantai!: (3 angka) Bacalah dan laksanakan perintah berikut: “pejamkan mata anda!” (1 angka) Tulislah sebuah kalimat:” Saya ingin cepat sembuh” (1 angka) Tirulah gambar ini: pohon (1 angka)
Nilai 21 – 30: Demensia ringan Nilai 11 - 20: Demensia sedang

Hasil :

Nilai < 10: Demensia berat

DIAGNOSA KEPERAWATAN

Gangguan Proses Pikir: Pikun/Pelupa  Risiko Cidera : Jatuh

TINDAKAN KEPERAWATAN

1. Gangguan proses pikir; pikun/pelupa
a. Pasien Tujuan agar pasien mampu:  Mengenal/berorientasi terhadap waktu orang dan tempat  Melakukan aktiftas sehari-hari secara optimal.

TINDAKAN
 Beri kesempatan bagi pasien untuk:  mengenal barang milik pribadinya  mengenal waktu  menyebutkan namanya dan anggota keluarga terdekat  mengenal dimana dia berada  Berikan pujian jika pasien dapat menjawab dengan benar.  Observasi kemampuan pasien untuk melakukan aktifitas sehari-hari  Beri kesempatan kepada pasien untuk memilih aktifitas yang dapat dilakukannya.  Bantu pasien untuk melakukan kegiatan yang telah dipilihnya  Beri pujian jika pasien dapat melakukan kegiatannya.  Tanyakan perasaan pasien jika mampu melakukan kegiatannya.  Bersama pasien membuat jadwal kegiatan sehari-hari.

Keluarga
Tujuan: Keluarga mampu:  Mengorientasikan pasien terhadap waktu, orang dan tempat  Menyediakan sarana yang dibutuhkan pasien untuk melakukan orientasi realitas  Membantu pasien dalam melakukan aktiftas sehari-hari.

TINDAKAN
 Diskusikan dengan keluarga cara-cara

   

mengorientasikan waktu, orang dan tempat pada pasien Anjurkan keluarga untuk menyediakan jam besar, kalender dengan tulisan besar Diskusikan dengan keluarga kemampuan yang pernah dimiliki pasien Bantu keluarga memilih kemampuan yang bisa dilakukan pasien saat ini Anjurkan kepada keluarga untuk:

Anjuran Kepada keluarga Untuk (Lanjutan)

memberikan pujian terhadap kemampuan yang masih dimiliki oleh pasien membantu lansia melakukan kegiatan sehari-hari sesuai kemampuan yang dimiliki memantau kegiatan sehari-hari pasien sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. membantu pasien melakukan kegiatan sesuai kemampuan yang dimiliki memberikan pujian jika pasien melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal kegiatan yang sudah dibuat.

2. Risiko Cedera : jatuh

Pasien Tujuan  Pasien terhindar dari cedera  Pasien mampu mengontrol aktifitas yang dapat mencegah cedera

TINDAKAN
 Jelaskan faktor-faktor risiko yang dapa

menimbulkan cedera dengan bahasa yang sederhana  Ajarkan cara-cara untuk mencegah cedera, misalnya: bila jatuh jangan panik tetapi berteriak minta tolong  Berikan pujian terhadap kemampuan pasien menyebutkan cara-cara mencegah cedera.

Keluarga
Tujuan: Keluarga mampu:
 Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat

menyebabkan cedera pada pasien  Menyediakan lingkungan yang aman untuk mencegah cedera.

TINDAKAN
 

Diskusikan dengan keluarga faktor-faktor yang dapat menyebabkan cedera pada pasien Anjurkan keluarga untuk menciptakan lingkungan yang aman seperti: lantai rumah tidak licin, jauhkan benda-benda tajam dari jangkauan pasien, berikan penerangan yang cukup, lampu tetap menyala di siang hari, beri alat pegangan dan awasi jika pasien merokok, tutup steker dan alat listrik lainnya dengan plester, hindarkan alat-alat listrik lainnya dari jangkauan klien, sediakan tempat tidur yang rendah Menganjurkan keluarga agar selalu menemani pasien di rumah serta memantau aktivitas harian yang dilakukan.

EVALUASI 1. Gangguan proses pikir: bingung
a. Kemampuan pasien:  Mampu menyebutkan hari, tanggal dan tahun sekarang dengan benar  Mampu menyebutkan nama orang yang dikenal  Mampu menyebutkan tempat dimana pasien berada saat ini  Mampu melakukan kegiatan harian sesuai jadual  Mampu mengungkapkan perasaannya setelah melakukan kegiatan.

EVALUASI (Lanjutan)
b. Kemampuan keluarga
• Mampu membantu pasien mengenal waktu tempat

dan orang • Menyediakan kalender yang mempunyai lembaran perhari dengan tulisan besar dan jam besar • Membantu pasien melaksanakan kegiatan harian sesuai jadual yang telah dibuat • Memberikan pujian setiap kali pasien mampu melaksanakan kegiatan harian

2. Risiko Cedera
a. Kemampuan pasien  Menyebutkan dengan bahasa sederhana faktor- faktor yang menimbulkan cedera  Menggunakan cara yang tepat untuk mencegah cedera  Mengontrol aktivitas sesuai kemampuan b. Kemampuan keluarga  Keluarga dapat mengungkapkan faktor-faktor yang dapat menimbulkan cedera pada pasien  Menyediakan pengaman di dalam rumah  Menjauhkan alat-alat listrik dari jangkauan pasien  Selalu menemani pasien di rumah  Memantau kegiatan harian yang dilakukan pasien.

E. Mendokumentasikan Askep: Pasien Lansia Dengan demensia
“ Coba saudara dokumentasikan asuhan keperawatan pasien lansia dengan demensia mulai dari pengkajian sampai dengan diagnosa keperawatan, menggunakan format yang telah disediakan” Pengkajian: 1. Proses pikir ( ) Sirkumstansia ( ) Tangensial ( ) Kehilangan Asosiasi ( ) Flight of ideas ( ) Blocking ( ) Pengulangan pembicaraan. Jelaskan : ______________________________________ Masalah keperawatan “___________________________________ 2. Tingkat kesadaran ( ) Bingung ( ) Sedasi ( ) Stupor Disorientasi ( ) Waktu ( ) Tempat ( ) Orang Jelaskan : ______________________________________ Masalah keperawatan “___________________________________ 3. Memori ( ) gangguan daya ingat jangka panjang ( ) gangguan daya ingat jangka pendek ( ) gangguan daya ingat saat ini ( ) konfabulasi Jelaskan : ______________________________________ Masalah keperawatan “___________________________________ 4. Tingkat konsentrasi dan berhitung ( ) mudah beralih ( ) tidak mampu berkonsentrasi ( )Tidak mampu berhitung sederhana Jelaskan : ______________________________________ Masalah keperawatan “___________________________________

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->