Kliping Bencana Alam

Disusun Oleh : Nama : Yoas Hernanda Nomor: 35

Kelas : XE Sumber : DetikNews. SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 2 . Dengan penemuan ini. Kesimpulan : Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. Banjir semacam ini disebut banjir bandang. tapi diperkirakan mencapai miliaran rupiah. terus bertambah. atau pecahnya bendungan sungai. "Mayat ini ditemukan di bawah tembok yang ambruk. mayat itu dipanggul dengan menggunakan ranjang menuju menuju ke Balai Desa Kemiri yang dijadikan pos bencana.com. Saat ditemukan. Ketika hujan turun." kata salah seorang anggota Banser NU Jember. yang kadang terjadi adalah banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air kering dengan air.Korban banjir bandang di Desa Kemiri Kecamatan Panti. peluapan air sungai. Sedangkan kerugian harta benda belum bisa ditaksir. maka jumalah korban jiwa di Desa Kemiri menjadi 52 orang dan 7 lainnya tewas di luar Kemiri. Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat hujan besar.org Jember . Jadi total jenderal ada 59 orang. atau jumlah curah hujan melebihi kemampuan tanah untuk menyerap air. Di banyak daerah yang gersang di dunia. mayat tersebut mengenakan sarung. Mayat pria yang sudah membusuk dan berbau itu kondisinya tampak memprihatinkan. Oleh Banser. tanahnya mempunyai daya serapan air yang buruk. Jember. Selasa (3/1/2006) siang ini Banser NU yang ikut membantu pencarian korban menemukan mayat laki-laki di bawah puing-puing dinding di Pasar Bunut Kemiri. Wikipedia.

dengan episenter di 34°29′35″ LU 73°37′44″ BT. sehingga korban dalam gedung mencapai sekitar ratusan. maka getaran gempa yang merusak bangunan kebanyakan disebabkan oleh gempa tektonik. runtuh. Lempengan-lempengan tektonik ini selalu bergerak dan saling mendesak satu sama lain. Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang paling sering terjadi. setiap hari terjadi gempa tektonik. menewaskan sedikitnya 74. Banyak korban yang meninggal dunia saat bangunan yang mereka diami runtuh. dan juga kerusakan di Afganistan dan utara India pada 8 Oktober 2005 03:50:38 UTC.5 juta penduduk kehilangan tempat tinggal. Bahkan menurut para ahli gempa. SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 3 . Japan Meteorological Agency memberikan magnitudo sebesar 7. Kesimpulan : Gempa tektonik yang kuat sering terjadi di sekitar tapal batas lempengan-lempengan tektonik. namun tidak dirasakan karena getarannya relatif kecil. gempa bumi terjadi di Kashmir.Sumber : Wikipedia. Pergerakan lempengan-lempengan tektonik ini menyebabkan terjadinya penimbunan energi secara perlahan-lahan.org Asia Selatan – 2005.6. Di Islamabad. Pakistan utara. sekitar 105 km (65 mil) timur laut Islamabad dengan kedalaman 26 km (16.8. Gempa tektonik kemudian terjadi karena adanya pelepasan energi yang telah lama tertimbun tersebut. United States Geological Survey memberikan besar gempa dengan magnitudo 7. Gempa ini diklasifikasikan besar oleh USGS. dua bangunan tinggi yang merupakan apartemen. dekat Muzaffarabad. Gempa tektonik biasanya jauh lebih kuat getarannya dibandingkan dengan gempa vulkanik. 50% gedung-gedung di Muzaffarabad dinyatakan telah rata dengan tanah.000 orang dan menyebabkan 2.2 mil) dari permukaan.

kayu. pohon. Kesimpulan : Wilayah kecil dan terlokalisasi yang bertekanan rendah dapat terbentuk dari udara panas yang naik dari permukaan yang panas. dan papan reklame porak-poranda diterjang angin dan menyebabkan lebih dari 30 orang terluka. bencana angin lesus menerjang kawasan Lempuyangan. angin ini menerbangkan benda-benda seperti sampah.15 WIB dan berlangsung selama sekitar 15 menit. sehingga tidak dapat menjalar ke wilayah lain. Angin ini bersifat lokal dengan radius 5-10 km. Angin ini melanda kawasan Gondokusuman. yang akan menimbulkan gangguan yang lebih kecil seperti angin puyuh atau puting beliung. Terjangan angin berlangsung sekitar 25 menit dan diakhiri dengan hujan lebat. dan sebagian Umbulharjo.org Lempuyangan . SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 4 . angin yang berputar hanya menerbangkan sampah dan dedaunan. Danurejan. dan ke timur lagi kemudian hilang. Kecepatan angin diperkirakan sekitar 150 km/jam dengan diameter 5-10 km.Sumber : Wikipedia. Bencana ini terjadi sekitar pukul 17. Yogyakarta pada 18 Februari 2007. dan alat-alat rumah tangga sehingga rotasi angin tampak jelas. atap seng. kemudian angin berbalik lagi ke barat. ratusan rumah. selatan jembatan layang Lempuyangan. kabel listrik. Akibat angin ini. namun kemudian membesar menuju ke timur. Angin yang menerjang Lempuyangan muncul dari arah kawasan Baciro. Ketika melanda kawasan Lempuyangan. dahan-dahan pohon. Awalnya. Angin yang menuju ke timur tidak berlangsung lama.Februari 2007.

dan menewaskan 8 orang. Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Sedangkan belasan lainnya mengalami lukaluka.12 Februari 2009.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km. Wikipedia. Warga di kawasan Lobe Grove.org Oklahoma . Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1. SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 5 .id.co. harus hidup tanpa listrik dan gas akibat terjangan Tornado. untuk memungut sisa barang-barang berharga mereka. Warga kini bisa kembali ke rumah. Tornado menerjang Oklahoma sehari sebelumnya. Kesimpulan : Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Oklahoma.Sumber : AstroAwani.

org Banjarnegara . Kesimpulan : Tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi di mana terjadi pergerakan tanah seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Jawa Tengah. Banyak tanah longsor disebabkan oleh penebangan hutan ilegal dan pembukaan lahan pertanian. Hujan deras menyebabkan terjadinya tanah longsor dan banjir bandang di Jember. yang tertimbun di bawah berton-ton lumpur dan batu hari Rabu pagi.com. Wikipedia. SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 6 .Sumber : Voanews. Pihak berwenang di tempat kejadian mengatakan usaha penyelamatan terhambat oleh jalan-jalan yang tidak aman.04/01/2006 Tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat di Banjarnegara. Jawa Timur hari Senin. menewaskan paling sedikit 12 orang dan 200 orang hilang dan dikhawatirkan tewas. Banjir dan tanah longsor biasa terjadi di Indonesia dalam musim hujan. Sebagian besar yang hilang adalah penduduk desa Cijeruk. menewaskan paling sedikit 57 orang dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam. penebangan hutan ilegal dan pembukaan lahan pertanian juga merupakan salah satu penyebab utama bencana tersebut.

kini giliran Gunung Talang. Selasa (12/4/2005) sekitar pukul 03. sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km.com. Gunung Talang dengan ketinggian 2. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1. Kesimpulan : Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. yakni diperkirakan lebih dari 1.Sumber : Detiknews.800 meter diatas permukaan laut yang terletak di kabupaten Solok. Sumatera Barat. meletus. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi.Setelah tsunami dan serentetan gempa.000 °C. Sumatera Barat. SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 7 .42 WIB. -. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih.org Padang. Wikipedia. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Gunung ini berjarak sekitar 60 KM arah timur kota Padang. meletus hari ini.200 °C.

SMAN 2 SRAGEN | KLIPING BENCANA ALAM 8 .36 hektar.edu. kecerobohan mansusia. Diduga.Sumber : Seasite. salah satu faktor yang memicu musibah kebakaran ini adalah pembakaran lahan dengan sengaja.236. dan pembakaran. Hingga saat ini luas areal hutan dan lahan yang terbakar sudah mencapai 155.org Samarinda .58 hektar. baik lewat darat maupun udara. hutan yang terbakar seluas 151. sepertinya hanya berpengaruh sangat kecil terhadap proses pemadaman api. adalah sebuah kebakaran yang terjadi di alam liar. Penyebab umum termasuk petir.niu. Sekitar 63 persen dari areal yang terbakar adalah di kawasan milik perusahaan besar yang memiliki HPH (Hak Penguasaan Hutan) dan HTI (Hutan Tanaman Industri) (lihat tabel). kebakaran vegetasi. atau kebakaran semak. kebakaran rumput. Perusahaan besar ini sebagian besar telah melakukan pembukaan lahan dengan cara bakar.Musibah kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Timur belum juga berakhir. Kesimpulan : Kebakaran liar.22 hektar dan lahan seluas 4. ''Dari jumlah tersebut. Musim kemarau panjang yang melanda propinsi ini sangat menyulitkan upaya pemadaman kebakaran. atau juga kebakaran hutan. Berbagai upaya. Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kaltim.375. tetapi dapat juga memusnahkan rumah-rumah atau sumber daya pertanian. Wikipedia.'' ungkap Awang Faroek Ishak.611.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful