Perekonomian Indonesia

“Landasanidiil,Konstitusional, OperasionalPerekonomian Indonesia” Ibrahim Nurdin C1C011049

Didalam Sistem Ekonomi Pancasila ada Demokrasi Ekonomi. Demokrasi Ekonomi adalah sistem ekonomi dimana kegiatan perekonomian dilakukan dari, oleh, dan untuk rakyat, namun tetap dalam pengawasan pemerintah. Dalam penerapannya, sistem demokrasi ekonomi memiliki landasan, yaitu Landasan Idiil, landasan Konstitusional, dan Landasan Operasional. 1. Landasan Idiil Sistem Perekonomian Indonesia Landasan Idiil Ekonomi Indonesia adalah Pancasila, yaitu berarti kegiatan ekonomi Indonesia berdasarkan beberapa asas. a. Berketuhanan artinya bahwa kegiatan ekonomi harus memperhatikan aturan dan ajaran agama yang dianut. b. Berperikemanusiaan Artinya bahwa kegiatan ekonomi harus memperhatikan kepentingan manusia dan tidak menyengsarakan satu sama lain. c. Berprinsip persatuan artinya bahwa kegiatan ekonomi harus menjamin persatuan, dan tidak menimbulkan perpecahan bangsa d. Demokratis artinya bahwa kegiatan ekonomi harus berpusat pada rakyat, dan dikelola secara kekeluargaan, e. Berkeadilan sosial Artinya bahwa kegiatan ekonomi dan hasilnya harus dikelola dan dimanfaatkan secara adil dan merata bagi seluruh rakyat. 2. Landasan Konstitusional Sistem Perekonomian Indonesia Landasan Konstitusional perekonomian Indonesia adalah UUD 1945 pasal 33 ayat 1, 2,dan 3 yang tersurat sebagai berikut : a. Perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. b.Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai olaeh negara. c. Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

a. Landasan operasional Sistem Perekonomian Indonesia yaitu GBHN menurut TAP MPR No. c.Pada pasal itu tersebut menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi Indonesia dilakukan dengan kerjasama antar pelaku ekonomi. penguasaan kegiatan ekonomi sepenuhnya oleh negara / pemerintah. Sistem Free Fight Liberalism (persaingan bebes ala liberal). sehingga mematikan kemampuan ekonomi masyarakat. Dan seluruh yanga da diIndonesia merupakan milik negara dan semua warga negara dapat memanfaatkannya dengan baik. 3. Sistem Etatisme Yaitu. Monopoli Yaitu pemusatan kekuatan ekonomi yang bisa merugikan masyarakat umum. b. Yaitu persaingan bebas yang mematikan usaha masyarakat lemah. telah ditetapkan bahwa dalam sistem demokrasi ekonomi Indonesia tidak dibenarkan adanya ciri-ciri negatif berikut ini. Semua kegiatan ekonomi dilakukan oleh semua namun tetap diawasi oleh pemerintah. Unsur bebas yang kegiatan produksi dikelola oleh masyarakat umum. 11/MPR/1993 tentang GBHN. Dan tetap memperhatikan sistem perekonomian Indonesia. . Yakni Unsur komando yang merupakan pemerintah tetap ikut campur dalam kehidupan ekonomi. Landasan Operasional Sistem Perekonomian Indonesia.

”http://widystar.blogspot. Iswarani.html(diakses 03 Oktober 2012) .DaftarPustaka Widya. “sistem perekonomian di indonesia.com/2010/03/sistem-perekonomian-diindonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful