Makalah Sejarah

Bab I “Kerajaan – Kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia’’ A. Teori Masuk dan Berkembangnya Agama Serta Kebudayaan Hindu – Budha ke Indonesia B. Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu Budha Indonesia

Guru pengajar : Drs.Suncaka Kelas : XI IPA I Kelompok : 1

SMA NEGERI 1 TENGGARANG Jalan Raya Situbondo NO.96 Telepon 421580 Tenggarang Bondowoso 2012

Nama Kelompok :           Moderator : Penyaji Notulis : : Mira Nuri Wulandari Ulfah Imanita Haq Della Annisa Widayu Putri ( 20 ) ( 36 ) ( 07 ) ( 01 ) ( 10 ) ( 12 ) ( 21 ) ( 25 ) ( 35 ) ( 37 ) Aditya Candra Kusuma Esti Titanurita Eynieke Betried Anggoroningtyas Mohammad Hasyim Muzaki Nurul Hasanah Theresia Kunthi Triwardani Wulan Nurfitri .

Bondowoso.karena atas rahmat dan perkenan-Nya kami dapat menyelesaikan Makalah Sejarah yang berjudul “ Kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia ” ini.kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan demi perbaikan makalah ini.selain itu juga dapat digunakan sebagai pedoman maupun acuan dalam mempelajari pelajaran sejarah. Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memudahkan siswa siswi dalam mempelajari mata pelajaran sejarah.Oleh karena itu.September 2012 Penyusun .KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kami menyadari bahwa makalah ini tidak luput dari kekurangan. Kami berharap makalah ini dapat memberikan sumbangan yang berarti dalam proses kegiatan belajar mengajar sejarah pada sekolah tingkat menengah Atas.

1. Letak geografis Indonesia yang strategis memungkinkan kerajaan-kerajaan di Indonesia dapat berhubungan dengan negara lain. Teori Masuk dan Berkembangnya Agama serta Kebudayaan Hindu Budha ke Indonesia Melalui hubungan perdagangan. Rute jalur laut yang dilalui dalam hubungan dagang Cina dengan Romawi telah mendorong munculnya hubungan dagang pada daerah-daerah yang dilalui.berkembang kebudayaan-kebudayaan yang dibawa oleh para pedagang di Indonesia.Pelayaran dan perdagangan di Asia semakin ramai setelah ditemukan jalan melalui laut antara Romawi dan Cina. Teori Masuk dan Berkembangnya Agama Serta Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia Sejak permulaan abad pertama tarijh masehi.Hubungan perdagangan antara Indonesia dan India membawa agama Hindu dan Budha tersebar di Indonesia serta dianut oleh raja-raja dan para bangsawan.termasuk wilayah Indonesia oleh karena posisi Indonesia yang strategis.termasuk hubungan dagang dengan India.A.hal ini menyebabkan saran pelayaran merupakan lalu lintas utama penghubung antar pulau. .kerajaan di Indonesia telah menjalin hubungan perdagangan dengan negara-negara lain.maka terjadilah hubungan dagang antara kerajaankarajaan di Indonesia dan Cina beserta India. Jalur perdagangan India Cina melalui Indonesia Wilayah Indonesia terdiri atas pulau besar dan kecil yang dihubungkan oleh selat dan laut.kerajaan.Pelayaran ini dilakukan dalam rangka mendorong aktivitas perdagangan.ditengah-tengah jalur hubungan dagang Cina dengan Romawi. 2.

diperkirakan sejak abad ke-2 Masehi.sehingga para ksatria yang kalah melarikan diri ke Indonesia.menyatakan bahwa penyebaran agama Hindhu ke Indonesia dibawa oleh orang orang Indonnesia berkasta ksatria.karena mereka dianggap sebagai orang orang buangan.Kaum Brahmana .Arca-Arca itu berlanggam Amarawati.Bahkan banyak diantara pedagang ituyang menikah dengan wanita tersebut.Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.juga ditemukan arca Budha dari batu di Palembang.Pendapat atau teori tersebut diantaranya :  Teori Sudra. Penyiaran Agama Hindu di Indonesia.dibuktikan dengan penemuan arca Budha dari perunggu di Jember.Disamping itu.Namun.Mereka lalu mendirikan kerajaan kerajaan dan menyebarkan agama Hindu.Hal ini disebabkan terjadi kekacauan politik di India.karena mereka terdiri atas para pedagang yang datang dan kemudian menetap di salah satu wilayah di Indonesia.Tersiarnya agama Budha di Indonesia.  Teori Waisya.dilain pihak terdapat beberapa teori yang berbeda tentang penyebaran agama Hindu ke Indonesia.baik pedagang India yang datang ke Indonesia maupun pedagang dari wilayah Indonesia yang berlayar ke India.menyatakan bahwa penyebaran agama hindu dilakukan oleh kaum Brahmana.  Teori Ksatria. Penyiaran Agama Budha di Indonesia lebih awal dari agama Hindu.Proses masuknya agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang.menyatakan bahwa penyebarab agama Hindu ke Indonesia dibawa olek orang orang India yang berkasta Sudra.  Teori Brahmana.menyatakan bahwa penyebaran agama hindu ke Indonesia dibawa oleh orang orang india berkastaWaisya.Akan tetapi.Penyiaran Agama Budha di Indonesia.belum diketahui siapa pembawanya dari India Selatan ke Indonesia.Dalam penyebaranya agama Budha mengenal adanya misi penyiar agama yang disebut Dharmadhuta.Kedatangan mereka ke Indonesia untuk memenuhi undangan kepaka suku yang tertarik dengan agama hindu.

Seni bangunan .yang datang ke Indonesia inilah yang mengajarkan agama hindu kepada masyarakat.diantaranya :  Agama hindu bukan agama yang demokratis  Karena hanya kaum Brahmanalah yang bisa mengerti dan menguasai bahasa Sansekerta. b.ditemukan arca Budha berlanggam gandara dikota bangun.yaitu :  Masyarakat Indonesia telah memiliki dasar dasar kebudayaan yang cukup tinggi  Masyarakat Indonesia memiliki kecakapan istimewa yang disebut dengan local genius.Seni sastra.Seni rupa atau Seni lukis. B.Perubahan – Perubahan itu jelas terlihat pada kehidupan masyarakkat Indonesia di berbagai daerah di Indonesia. Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu Budha di Indonesia Tersebarnya pengaruh Hindu Budha di Indonesia menyebabkan terjadinya berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Penyebab kebudayaan Hindu Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitu saja. c. Munculnya pengaruh Hindu Budha di Indonesia dapat terlihat melalui: a.sansakerta sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan sastra Indonesia.Seperti pada Candi Borobudur.hanya teori Brahmana yang dianggap sesuai dengan bukti-bukti yang ada. Dari keempat teori tersebut.kutai merupakan bukti unsur seni rupa /seni lukistelah masuk ke Indonesia.Prasasti-prasasti awal menunjukkan pengaruh terhadap perkembangan .Candi merupakan bukti berkembangnya pengaruh kebudayaan Hindu Budha di Indonesia.

tata pemerintahan disesuaikan dengan sistem kepala pemerintahan yang berkembang di India. e.Jawa Barat.Jawa Tengah.Juga ditemukan canda sagkala/kronogram.penggunaan tahun saka merupakan hasil adopsi dari system kalender/penanggalan India.masuknya pengaruh hindu-budha ke Indonesia mengakibatkan terjadinya akulurasi terutama terlibat dari segi pemujaan terhadap roh nenek moyang dan pemujaan dewa-dewa alam.Kalender. bangsa Indonesia telah mengenal pemerintahan yaitu sistem pemerintahan kepala suku. .Kebudayaan dan Filsafat. d.sastra Indonesia seperti yang ditemukan di Kalimantan timur.tetapi setelah masuknya pengaruh Hindu budha.Sebelum pengaruh Hindu Budha masuk ke Indonesia .Sriwijaya.yaitu angka huruf berupa susunan kalimat atau gambaran kata.Pemerintahan. f.