Pentingnya Manajemen

Manajemen merupakan serangkaian aktivitas yang dipergunakan untuk mengelola organisasi agar lebih terpadu dan efisiensi serta efektif dalam mencapai tujuannya. Dalam manajemen akan terdapat serangkaian kegiatan penentuan langkah yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Dalam sebuah perusahaan, manajemen memegang peranan yang sentral dalam kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Sebagai contoh, ketika di Indonesia terjadi krisis ekonomi yang berkepanjangan. Pada saat itu manajemen dituntut untuk memberikan solusi yang tepat agar perusahaan ataupun organisasi itu dapat terus berjalan. Sebuah perusahaan yang memiliki kualitas manajemen yang baik akan dapat menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi krisis ekonomi tersebut. Dalam sebuah manajemen diperlukan perecanaan, pengorganisasian, dan pengawasan yang baik. Dengan terlaksananya seluruh fungsi dan peran manajemen, perusahaan akan terus berkembang dan mampu mencapai kesuksesan yang diharapkan. Pada dasarnya, hakekat manajemen diharapkan dapat bermanfaat untuk:

Kepentingan umum

Keberadaan manajemen akan menjamin tercapainya kepentingan umum karena manajemen memperjuangkan kepentingan semua pihak yang ada dalam organisasi.

Tujuan organisasi

Manajemen diberlakukan dalam organisasi dalam rangka mencapai tujuan organsiasi. Keadaan ini menunjukkan bahwa pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan effisien sangat terbantu oleh manajemen.

Arahan bagi pimpinan

Manajemen dapat dipastikan membantu pimpinan organisasi dalam memetakan kerja sama yang dibangun dalam organisasi yang dipimpinnya melalui kebijakan-kebijakan untuk meraih tujuan yang diinginkan.

Faktor dasar

Semua itu menunjukkan adanya pengaruh terhadap manusia yang bekerja sama dalam organisasi. 3. Dengan demikian manajemen merupakan sesuatu yang mendasari semua kegiatan dalam organisasi Pemaparan tentang sisi pemahaman terhadap manajemen menunjukkan bahwa bagi orang-orang yang terjun dalam organisasi formal atau informal. Gibson (1997) juga mengatakan bahwa setidaknya ada dua (2) alasan pentingnya kita mempelajari manajemen. sebagaimana ungkapan para ahli tentang perlunya mempelajari manajemen. semua usaha untuk mencapai tujuan organisasi akan sia-sia. perlu mengkaji dan mempelajari manajemen. yang dikenal dengan faktor dasar. 1. individu yang tidak terlatih sebagai manajer sering menemukan dirinya dalam posisi manajerial. yaitu setiap orang mempunyai kepentingan yang mendalam untuk mampu memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi. organissi membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya dan organisasi dapat dipandang sebagai pola hubungan manusia. Untuk itu. Untuk mencapai tujuan 2. Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang bertentangan. Hal tersebut sangat mendukung perkembangan ilmu manajemen. organisasi memberikan kontribusi pada standar kehidupan umat manusia masa kini di seluruh dunia. Robbin (1999) juga mengatakan bahwa ada dua (2) alasan pentingnya mempelajari manajemen. Manajemen. dan masa yang akan datang. setelah lulus dari perguruan tinggi. organisasi membangun masa depan yang lebih baik dan membantu individu-individu untuk melakukan hal yang sama. . Untuk mencapai effisiensi dan efektivitas Stoner (1996) juga mengatakan adanya tiga (3) alasan penting mengapa kita harus mempelajari manajemen.Setiap organisasi mempunyai sumberdaya-sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai tujuannya. karena tanpa manajemen. yaitu masyarakat kita tergantung pada spesialisasi berbagai lembaga dan organisasi untuk menyediakan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan. sebagian besar. dan di bawah bimbingan manajer akan lebih banyak hal yang dapat diraih. Manajemen merupakan salah satu faktor dasar tersebut. setidaknya ada tiga alasan mengapa harus mempelajari manajemen. masa kini. kita memulai karier dengan mengelola atau juga dikelola. Keadaan-keadaan tersebut dapat dsimpulkan bahwa. yaitu yang menyangkut masa lalu. bagaimanapun sangat diperlukan oleh semua organisasi.

yaitu : perbandingan antara pengorbanan – pengorbanan manusia dan kepuasan atau kemanfaatan bagi manusia yang dapat dinikmati. kemahiran. Efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Sudah tentu gabungan ilmu menari dan bakat seni yang dimiliki orang kedua akan membuat dirinya lebih meyakinkan untuk menjadi penari profesional . . Misalnya kita ambil contohnya “menari”.Seni. yaitu: perbandingan antara dollar yang di keluarkan dan dpenghasilan yang masuk. Summer H Slichter dalam “enclycopedia of the social sciences” menyimpilkan bahwa ada tiga macam efisiensi pada dewasa ini. Dengan adanya keahlian. kemampuan. serta keterampilan dalam menerapkan prinsip. dan teknik dalam menggunakan sumber daya akan mencapai efektivitas dan efisiensi. Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari caracara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. yaitu Ilmu Manajemen dan Seni. Engineerting / physical efficiency (efisiensi mesin / benda) yaitu : perbandingan antara jumlah satuan benda yang dipergunakan dan benda yang dihasilkan. yang seorang tidak punya hobi menari sendangkan yang satunya hobi menari. Pecuniary / business efficiency (efisiensi perusahaan / keuangan). Efektivitas maupun efisiensi pada dasarnya dapat dipengaruhi dua faktor. Efektif merupakan suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efisiensi hanya dapat dievaluasi dengan penilaian-penilaian relatif. metoda. . Ada dua orang belajar menari. Efisien (efficient) berarti menggunakan berbagai sumber daya secara bijaksana dan dengan cara yang hemat biaya.Ilmu manajemen. yaitu a. c. membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima. b. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan.Manajemen Efektif dan Mismanajemen Efektif (effective) berarti membuat keputusan yang tepat dan mengimplementasikannya dengan sukses. Social / human efficiency (efisiensi kemanusian / sosial). Manajemen dapat dipelajari dan tersusun atas bagian-bagian yang sistematis dalam rangka mencapai tujuan organisasi yaitu yang berupa efektivitas dan efisiensi.

organisasi yang berhasil adalah yang efisien dan efektif. perusahaan yang efisien mungkin belum efektif jika gagal mencapai tujuan operasinya. Penentuan efesiensi terpisah dengan efektivitas. “Effectiveness” means doing the right things. Nama NIM Jurusan/Prodi : Baskara Adisakti : 12812144040 : Akuntansi S1 . Oleh karena itu. orang yang akan memimpin suatu organisasi --. Misalnya sebuah perusahaan dapat efektif dalam mencapai tujuan yang ditetapkan untuk operasinya. manajemen yang efisien dan efektif apabila dilakukan tanpa pertimbangan dan pengelolaan secara baik akan tetap menimbulkan mismanajemen. Misalnya.agar efektif dan efisien --. “Efficiency” means doing them right.dibandingkan dengan orang pertaman.hendaknya memiliki ilmu manajemen dan bakat memimpin yang baik. suatu perusahaan dapat memproduksi televisi hitam putih dengan efisien tapi tidak akan berhasil karena telivisi hitam putih tidak lagi populer. Suatu operasi tidak efisien jika perusahaan menggunakan sumber daya melebihi jumlah yang diperlukan. tetapi masih belum efisien. Karena itu. Manajemen yang efisien (efficient operation) tidak membuang-buang sumber daya secara cumacuma dalam melaksanakan operasinya. Perusahaan yang menghasilkan produk yang tidak diinginkan orang adalah perusahaan yang tidak efektif dan telah melakukan mismanajemen. Secara umum. Sebaliknya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful