P. 1
Artikel Budi Pekerti

Artikel Budi Pekerti

|Views: 509|Likes:
Published by partosudirman

More info:

Published by: partosudirman on Oct 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2014

pdf

text

original

Artikel Budi Pekerti

Tata Tertib Sekolah

Komentar : Perbuatan yang dilakukan anak itu tidak baik, menyontek itu melanggar tata tertib sekolah. Selain itu, mendapatkan hasil ulangan bagus tapi hasil menyontek itu tidak ada gunanya.

Komentar : Tawuran itu tidak baik, seharusnya mereka tidak perlu melakukan tawuran.

Disiplin dalam kelas

Komentar : Tidur saat pelajaran itu akan mengganggu proses belajar mengajar. Selain mengganggu teman lain yang sedang belajar, kita juga dapat ketinggalan pelajaran

Komentar : Ribut dikelas saat guru menerangkan akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Kita tidak akan mengerti apa yang dijelaskan oleh guru dan teman-teman lain akan terganggu.

Cinta Lingkungan/Alam Semesta

Komentar : Perbuatan yang dilakukannya tidak baik. Membuang sampah sembarangan akan menyebabkan berbagai penyakit dan bencana alam. Seharusnya dia membuang sampah di tempat sampah.

Komentar : Menebang pohon sembarangan dapat menyebabkan hutan gundul. Sebaiknya kita melakukan sistem tebang pilih untuk mencegah hutan gundul.

Disiplin Lalu Lintas

Komentar : Bapak itu melanggar rambu lalu lintas. Sebaiknya dia tidak parkir disana, melainkan ditempat lain, sebab ditempat itu ada rambu “dilarang parkir”.

Komentar : Apa yang dilakukan anak-anak itu tidak boleh ditiru. Anak-anak SMP seperti mereka belum pantas mengendarai kendaraan bermotor. Selain itu, kita tidak boleh mengendarai kendaraan dengan terlalu cepat ( ngebut ).

Penebangan Liar/Pembakaran Hutan

Komentar : Kita tidak boleh melakukan penebangan hutan secara liar. Kita harus menjaga paru-paru dunia kita agar tidak musnah.

Komentar : Kita harus menyelamatkan hutan kita. Kita tidak boleh merusaknya begitu saja.

Keberadaan bimbingan konseling di sekolah

Komentar : Keberadaan BK ( Bimbingan Konseling ) memberi manfaat yang sangat besar bagi murid-muridnya.

Pengertian Budi Pekerti, Makna, dan Tujuan
Budi ialah yang ada pada manusia, berhubungan dengan kesadaran, yang didorong oleh pemikiran, rasio disebut karakter. Pekerti ialah apa yang terlihat pada manusia, karena didorong oleh perasaan hati. Jadi, budi pekerti adalah perpaduan dari hasil rasio dan rasa yang bermenifestasi pada karsa dan tingkah laku manusia. Budi Pekerti mengandung makna yang baik, bijaksana, dan manusiawi. Tujuan pendidikan Budi Pekerti adalah untuk mengembangkan nilai, sikap dan prilaku siswa yang memancarkan akhlak mulia/budi pekerti luhur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->