GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM EKSKRESI

Guru Pengajar : Drs. Edi Sabadila

Kelompok KOPASUS : IX-3 Gusti Candra Pamungkas Victoriano Jonathan Lendeng M. Fahmi Al-Khusairi Kristio Kirana Wijaya (13) (28) (19) ( 16 )

SMP NEGERI 1 NGANJUK TAHUN AJARAN 2012/2013

batu ginjal. Penyakit ini dapat diatasi dengan pembedahan dan sinar laser. Limbah yang dihasilkan berupa zat-zat sisa metabolisme. sel menghasilkan limbah. Sari makanan ini dibakar dalam sel menghasilkan energi. Oleh karena itu. Rusaknya nefron mengakibatkan . a. dan hati. Proses pencernaan dalam tubuh kita menghasilkan sari makanan. Zat Limbah ini diekskresikan keluar tubuh oleh organ ekskresi. zat ini tidak dimanfaatkan lagi oleh tubuh. khususnya glomerulus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. b. Berikut ini adalah kelainan dan penyakit pada ginjal. Batu ginjal Batu ginjal terjadi karena adanya endapan garam kalsium dalam ginjal sehingga menghambat keluarnya urine dan menimbulkan nyeri. Jika salah satu ginjal tidak berfungsi atau mengalami gangguan. 1. paru-paru. Tujuan dari pembedahan untuk membuang endapan garam kalium. Pada saat mengubah zat makanan menjadi energi. radang. dan sebagainya. Gangguan pada ginjal Fungsi ginjal dapat terganggu karena infeksi bakteri. kulit. Radang ginjal terjadi karena adanya kerusakan nefron. Radang ginjal (nefritis) Radang ginjal disebut nefritis. maka ginjal yang satunya lagi akan mengambil alih tugas ginjal yang pertama. zat ini harus dibuang agar tidak meracuni tubuh. yaitu ginjal. Namun ginjal bisa rusak kedua-duanya dan ini akan berakibat sangat fatal karena urea akan tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan kematian. Proses pembuangan zat-zat sisa metabolisme disebut proses pengeluaran atau ekskresi.Gangguan yang sering terjadi pada Sistem Ekskresi Zat-zat makanan dalam tubuh kita diubah menjadi energi.

Cuci darah biasanya dilakukan sampai penderita mendapatkan donor ginjal yang memiliki kesesuaian jaringan dengan organ penderita. Namun. Penyakit ini dapat diatasi dengan cangkok ginjal atau menggunakan ginjal tiruan sampai ginjal yang asli dapat kembali berfungsi. Kadar glukosa dalam darah meningkat karena kekurangan hormon insulin. Kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih tugasnya oleh ginjal lain. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes mellitus). Glukosuria(Diabetes Mellitus) Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine. Hal ini menunjukkan adanya gangguan pada proses filtrasi. . Mengapa demikian? Karena menyebabkan penimbunan urea dalam tubuh dan kematian. keadaan ini akan tetap menimbulkan resiko sangat tinggi. Gagal ginjal Gagal ginjal terjadi jika salah satu ginjal tidak berfungsi.urine masuk kembali ke dalam darah dan penyerapan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan di daerah kaki. Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa. Penderita nefritis bisa disembuhkan dengan cangkokan ginjal atau cuci darah secara rutin. c. d. sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine. e. Albuminuria Albuminuria adalah penyakit yang ditunjukkan oleh adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine.

f. Piuria . Hematuria Hematuria adalah penyakit yang ditandai adanya sel darah merah dalam urine. Penyakit tersebut disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal ataupun disebabkan karena infeksi pada bagian ginjal.e.

dan bersisik. Keadaan ini menunjukkan terdapatnya infeksi pada ginjal atau saluran air kemih. kemerah-merahan. Eksim (dermatitis) Eksim merupakan penyakit kulit yang akut atau kronis.Piuria yaitu terdapatnya nanah dalam air kemih. Gambar 1. gatal-gatal.14 Skabies b. Penyakit tersebut menyebabkan kulit menjadi kering. Gangguan pada Kulit a. . Penyakit tersebut disebabkan oleh parasit insekta yang sangat kecil (Sarvoptes scabies) dan dapat menular pada orang lain. Skabies Skabies disebut pula “seven-year itch”. 2.

Pemijitan jerawat secara tidak benar perlu kamu hindari. Biang keringat Biang keringat dapat mengenai siapa saja. debu. Biang keringat terjadi karena kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak dapat terbuang secara sempurna. Penyakit tersebut umumnya dialami anak-anak masa remaja. Cara pencegahan timbulnya jerawat yang paling mudah yaitu makan makanan yang seimbang. dan punggung. cukup tidur dan olah raga.Gambar 1. Gambar 1. Jerawat biasanya menyerang bagian wajah. Keringat yang terperangkap tersebut menyebabkan timbulnya bintik-bintik kemerahan yang disertai gatal. atau orang tua. remaja.15 Gejala eksim c. baik anak-anak.16 Jerawat pada wajah d. serta rajin menjaga kebersihan kulit. . Daki. sebab hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. dada atas. Bekas jerawat dapat menimbulkan bopeng. Jerawat Jerawat merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. dan kosmetik juga dapat menyebabkan biang keringat.

e. akan lebih mudah terkena biang keringat. Selain itu. sebaiknya segera periksakan ke dokter. jangan berpakaian yang terlalu tebal dan ketat. alergi makanan. dan alergi bahan kimia. Gambar 1. aturlah ventilasi ruangan dengan baik. Pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan resep obat yang diberikan oleh dokter. jika kamu sudah terlanjur terserang biang keringat.17 Biang keringat pada bayi Agar kamu tidak terkena biang keringat. anggota badan yang terkena biang keringat yaitu daki. Jika penyakit ini disebabkan oleh alergi. Biduran Pernahkah kamu menderita biduran? Apa yang menyebabkan biduran? Bagaimana ciri-ciri orang menderita biduran? Biduran disebabkan oleh udara dingin. Biduran dapat berlangsung beberapa jam dan dapat juga berlangsung berharihari. taburkan bedak di sekitar biang keringat. Biasanya. dan dada. Apabila bintik-bintik biang keringat sudah mengeluarkan nanah. punggung. Ringworm . Namun. Biduran ditandai dengan timbulnya bentol-bentol yang tidak beraturan dan terasa gatal.18 Biduran pada kaki f. leher. Gambar 1.Orang yang tinggal di daerah tropis yang kelembapannya tidak terlalu tinggi. maka cara pencegahannya adalah dengan menghindari bahan makanan dan produk kimia yang menyebabkan alergi.

19 Gejala ringworm dan jamur penyebabnya g. Pencegahan penyakit ini dilakukan dengan menjaga agar kulit tetap kering dan tidak lembab. tetapi hasil dari banyak penelitian penyakit ini disebabkan adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh. sikut. tetapi pengobatan teratur dapat menekan gejala menjadi tidak nampak. dan lutut. Pada psoriaris terjadi aktivasi limfosit T yang tidak normal di kulit. Ada dua tipe sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh kita. Pengobatannya dilakukan dengan mengkonsumsi obat anti jamur. yaitu sel limfosit T dan limfosit B. . Gambar 1.Pernahkah kamu mendengar tentang ringworm? Apa yang kamu ketahui tentang ringworm? Ringworm adalah sejenis jamur yang menginfeksi kulit. Infeksi ini ditandai dengan timbulnya bercak lingkaran di kulit. punggung. Ini menyebabkan kulit menjadi meradang secara berlebihan. Apa penyebab psoriasis? Penyebab pasti dari penyakit ini belum bisa ditentukan. Psoriasis Psoriasis belum dapat disembuhkan secara total. Gejala yang ditimbulkannya adalah kulit kemerahan yang dapat terjadi di kulit kepala.

Hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B lebih berbahaya daripada hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis A.20 Psoriasis pada lengan h.Gambar 1. Gangguan pada Hati a. Pencegahan dapat dilakukan dengan tabir surya atau menghindari kontak dengan sinar matahari yang terlalu banyak. misalnya virus hepatitis A dan hepatitis B. Tahukah kamu cara pencegahannya? Kamu dapat mencegahnya dengan melakukan vaksinasi. Hepatitis Pernahkah kamu melihat orang penderita hepatitis? Apa penyebab dari hepatitis? Hepatitis adalah radang hati yang disebabkan oleh virus. Kanker kulit Penyakit kanker kulit disebabkan oleh penerimaan sinar matahari yang berlebihan. .21 Kanker pada kulit 3. Gambar 1. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang berkulit putih atau terang. Virus hepatitis ada beberapa macam. karena warna kulit tersebut lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Gambar 1. dan kuku jaripun berwarna kuning. Asma Asma dikenal dengan bengek yang disebabkan oleh bronkospasme. Gambar 1.22 Virus Hepatitis B b. Kulit penderita tampak pucat kekuningan. Gangguan pada Paru-paru a. sehingga masuk ke dalam darah dan warna darah menjadi kuning. Kondisi lingkungan yang udaranya tidak sehat atau telah tercemar akan memicu serangan asma. . Hal ini terjadi karena di seluruh tubuh terdapat pembuluh darah yang mengangkut darah berwarna kekuningan karena bercampur dengan cairan empedu. Gejala penyakit ini ditandai dengan susah untuk bernapas atau sesak napas. Penyakit ini tidak menular dan bersifat menurun. bagian putih bola mata berwarna kekuningan. Penyakit kuning Penyakit kuning disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu yang mengakibatkan cairan empedu tidak dapat dialirkan ke dalam usus dua belas jari.23 Penyakit kuning 4. Asma merupakan penyempitan saluran pernapasan utama pada paru-paru.

. Vaksin BCG diberikan mulai dari bayi. sehingga pada usia 12-15 tahun dapat dilakukan vaksinasi ulang. Apabila penderita latent tuberculosis tidak menerima pengobatan maka akan berkembang menjadi active tuberculosis.   Pengobatan pada pasien latent tuberculosis. sehingga menimbulkan infeksi terutama pada bagian paru-paru. TBC dapat menyebabkan kematian.24 Bronkiolus normal dan penderita asma b.Gambar 1. Terapi TBC yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. Perlindungan yang diberikan oleh vaksin BCG dapat bertahan untuk 10-15 tahun. Bakteri ini menyerang paru-paru sehingga pada bagian dalam alveolus terdapat bintil-bintil. Tuberculosis (TBC) TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Active tuberculosis adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh tidak mampu untuk melawan bakteri tuberculosis yang terdapat dalam tubuh. TBC dapat di atasi dengan terapi. hal ini disebut latent tuberculosis. Sebagian besar orang yang terinfeksi oleh bakteri tuberculosis menderita TBC tanpa mengalami gejala. Pengobatan pada active tuberculosis dengan menggunakan antibiotik selama kurang lebih 6 bulan tidak boleh putus.  Pengguna vaksin BCG (Bacille Calmette-Guerin).

Pneumonia Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Gambar 1. virus atau jamur yang menginfeksi paru-paru khususnya di alveolus.Gambar 1.26 Ilustrasi penderita pneumonia . Penyakit ini menyebabkan oksigen susah masuk karena alveolus dipenuhi oleh cairan.25 Penyebaran asma c.