P. 1
Sejarah Perkembangan TIK

Sejarah Perkembangan TIK

|Views: 36|Likes:
I hope you can make my document as your references of your work, presentation, or your homework. thank you and GBU !
I hope you can make my document as your references of your work, presentation, or your homework. thank you and GBU !

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Julia Veronika Wardani on Oct 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

Mesin ketik Henry Mill

Charles Babbage Augusta Lady Byron Peralatan ini didesain untuk mampu memasukkan data. mengolah data. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.Pada tahun 1830. dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. . Augusta Lady Byron menulis program komputer yang bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical.

Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya .Tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bernama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut . Tahun 1876 pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yagn mengembangkan sistem penulisan desimal. Tahun 1877 Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum dan fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge. Tahun 1861 gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap. penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu. Melvyl Dewey .

Tahun 1899 dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang. teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi komputer sudah digunakan instansi – instansi tertentu. Tahun 1946. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext yang sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site saat ini berkembang. . ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama. Tahun 1923 . Tahun 1940. dimulai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia II yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Jean Jean Horni Horni .

Internet yang awalnya dikenal sebagai suatu sarana bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi kemudiaan dimanfaatkan oleh perusahaan – perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika. semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Kemudian pemerintah Amerika memberikan izin penggunaan internet ke arah komersial pada awal tahun 1990. University of California (Los Angeles). jumlah komputer yang bergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer. Pada bulan Oktober tahun 1972 . . kemudian di tahun 1986 bertambah menjadi 2. Backbone yang memiliki kecepatan tinggi dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang tersebar di Amerika. NSD mengubah nama ARPANET menjadi NSFNET. Pada tahun 1981. Proyek percobaan ARPANET dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF(National Science Foundation) suatu lembaga ilmu pengetahuan di Amerika. Pada awal tahun delapan puluhan . seluruh protokol jaringan yang tercakup dalam proyek PREVIOUS ARPANET diubah menjadi TCP/IP.Akhirnya . Jaringan ARPANET merupakan koneksi utama (backbone) dari internet saat ini.5 juta komputer .308 komputer. dan University of Utah yang dibentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. yaitu Stanford Research NEXT Institute. Saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang . University of California. ARPANET diperkenalkan kepada umum. dan bertambah lagi menjadi 1.

Dengan begitu manusia mampu mengikuti pesatnya perkembangan jaman. komunikasi. agama. Oleh karena itu. yakni sebuah teknologi komunikasi yang tergolong dalam generasi kedua (2G). fax. mata uang. sistem ekonomi. . yakni telepon. Setelah itu perkembangan dilanjutkan dengan berkembangnya jaringan seluler yaitu GSM pertama di Indonesia. Karena itu teknologi yang sekarang ini berkembang pesat di Indonesia diawali oleh kedatangan bangsa asing di Indonesia. sistem pemerintahan. dsb. nyanyian. dll. Jaman dahulu sebelum bekembangnya teknologi . Kemudian TIK dilanjutkan di dunia pendidikan sehingga TIK bukan hanya sekedar tren dunia tetapi menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia.Secara Khusus Di Indonesia Indonesia merupakan negara bekas penjajahan bangsa-bangsa asing. Perkembangan secara pesat dengan muculnya 2. tatapi dengan jaman sekarang dan perkembangan itu sendiri di Indonesia dimulai dengan Satelit Palapa (09-07-1976) yang memudahkan arus komunikasi dan teknlogi.5G bergulir yang melahirkan revilusi 3G yang memiliki akses internet dengan kecepatan tinggi. Indonesia dipengaruhi oleh bangsa asing dalam berbagai hal seperti tarian . orang – orang Indonesia harus menempuh jarak yang jauh untuk mengantarkan sebuah surat atau pesan kepada orang lain. teknologi.

seperti berikut: Kurangnya ketersediaan SDM kurang siapnya proses transormasi teknologi belum memadainya infrastruktur telekomunikasi belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya memerlukan biaya yang cukup tinggi belum meratanya jaringan di seluruh Indonesia tidak adanya kebijakan yang jelas kurangnya dukungan dari berbagai pihak Keengganan menerima inovasi ketiadaan pembiayaan .2. Tapi selain itu masih banyak kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri.Masalah – Masalah yang Dihadapi Sehubungan dengan Perkembangan TIK yang ada Kendala – kendala dalam Penerapan Aplikasi Teknologi Infomasi TIK memiliki manfaat yang sangat banyak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->