LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER

Disusun oleh : Nama : Olga Aprilia Saudah NIM : M3111115

Kelas : TI C

PROGRAM STUDI DIII TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2012

III.I. JUDUL CRIMPING CABLE LAN UTP RJ45 II. Konektor RJ-45 4. Dapat meng-crimping kabel UTP sendiri sehingga dapat membuat kabel jaringan sendiri. LAN Tester . Dapat mengenal komponen pada kabel UTP. TUJUAN 1. Konektor RJ-45 Gambar 3. Crimping Tool Gambar 3. Kabel UTP 2. UTP Cable Gambar 2. LAN Tester ± 1 meter 1 buah 2 buah 1 buah Gambar 1. Crimping Tool 3. Dapat memahami urutan warna kabel UTP. ALAT DAN BAHAN 1. 2. baik secara cross maupun straight. 3.

yang terpakai sebetulnya hanya 4 kabel (dua pair) dua kabel untuk TX atau transfer data dan dua kabel untuk RX atau menerima data. kita tidak boleh sembarangan mengambil kabel mana saja yang akan dipakai.IV. Kabel yang dipakai haruslah dua pair atau dua pasang. Menurut standar TIA/EIA568-B pasangan kabel yang dipakai adalah pasangan orange-orange . Type / Tipe kategori Kabel UTP / Unshielded Twisted Pair :      Kategori 1 : Untuk koneksi suara / sambungan telepon/telpon Kategori 2 : Untuk protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps Kategori 3 : Untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps Kategori 4 : Untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps Kategori 5 : Untuk protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps Kabel UTP memang terdiri dari 4 pasang kabel yang saling berlilitan berpasang-pasangan. Dari 8 kabel (4 pair) UTP kabel. DASAR TEORI Kabel UTP atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45. Dan setiap warna dan lilitan memiliki jumlah lilitan dan resisten yang berbeda dalam menghantarkan arus data. Tanda kabel satu pasang adalah kabel tersebut saling melilit dan memiliki warna / stripe yang sama. Walaupun hanya empat kabel yang terpakai. Sehingga urutan ini sangat penting.

Untuk pemasangan kabel UTP.  Kabel straight Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Menghubungkan antara computer dengan switch 2. Menghubungkan hub ke router . Menghubungkan switch ke router 5. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL 4. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL 3.putih dan hijau-hijau putih. Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai sebagai berikut: sesuai standar TIA/EIA 368A Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut : 1. yaitu Straight Through Cable dan Cross Over Cable. terdapat dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan komputer terutama LAN. Sementara pin yang dipakai dari delapan pin yang dimiliki RJ-45 yang terpakai adalah Pin nomor 1-2-3-6 sementara nomor 4-5-7-8 tidak terpakai untuk transfer dan receive data.

 Kabel cross over Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung dua. Menghubungkan komputer dengan router Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung 2. Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut : 1. Menghubungkan 2 buah switch 3. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross over. yaitu kabel pada pin no 1. Menghubungkan 2 buah hub 4. Menghubungkan switch dengan hub 5.2. Kabel cross over digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. .3 dan 6.

dan crimping tool. Putih-Biru. maka tiap ujung kabel penyusunan warnanya berbeda. Jika sudah terlepas jaketnya. masukkan kabel pada konektor.V. kemudian dipotong sedikit menggunakan mata pisau pada crimping tool. 4. Biru. Putih-Hijau. 3. 2. Dengan tetap menekan perbatasan antara kabel yang terbungkus dan kabel yang tidak terbungkus. Pastikan jarak antara ujung kabel sampai batas pengelupasan kabel tidak lebih dari 1 cm. coba masukan kabel ke konektor RJ-45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ-45. 6. rapikan dan luruskan untuk mempermudah pengurutan warna. kabel pertama juga harus masuk ke lubang pertama. uraikan tiap kabel kecil-kecil didalamnya. Jika sudah rata. Pemotongan dilakuan supaya dibagian ujungnya rata. Kalau . Mengupas bagian luar kabel (jaket) menggunakan pisau pada crimping tool (sebuah mata pisau yang berhadapan dengan cekungan untuk tempat kabel). konektor RJ-45. LANGKAH KERJA DAN PEMBAHASAN 1. Menyiapkan peralatan crimping yaitu kabel UTP. Coklat). Putih-Coklat. kira-kira sepanjang 2 cm. Untuk melihat urutan lubang. Merapikan kabel yang telah diurutkan tadi. Hijau. bisa melihat gambar dibawah ini: 7. Orange. Pemasanganya harus sesuai dengan urutan kabel. Karena pada praktikum kali ini kita membuat UTP-Cable cross. 5. Untuk ujung pertama susun dengan standar T568B yaitu urutan warnanya (Putih-Orange.

12. tekan crimping tool supaya konektor bisa mengunci kabel. Lalu amati apa yang terjadi. Penggujiannya menggunakan LAN Tester. Jika semua kabel telah menyentuh ujung konektor.masih belum coba terus ditekan sambil dipastikan posisi kabel tidak berubah. Jika nyala lampu sesuai dengan gambar dibawah ini. Pastikan kabel tidak bisa bergoyang lagi. Putih-Biru. Putih-Coklat. Putih-Orange. namun penyusunan kabel secara T568A (Putih-Hijau. . saatnya kita mengecek apakah kabel kita telah benar pemasangannya. Setelah disusun. 9. Pastikan pula jaket juga masuk didalam konektor. pastikan semua masuk diujung. Biru. Orange. Coklat). 8. Hijau. 11. dari pengupasan jaket kabel sampai pelurusan kabel. Pastikan juga bahwa bagian pembungkus kabel sebagian masuk kedalam konektor RJ-45. caranya dengan memasukkan kabel UTP pada alat penguji dan tekan tombol ON nya. 10. Setelah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ-45 selanjutnya masukan konektor RJ-45 tersebut ke crimping tool untuk di pres. kabel yang kita cramping telah benar. potong ujung kabel supaya rata dan masukkan sampai diujung konektor. Lalu cramping kabel menggunakan cramping tool. Kemudian kita lakukan hal yang sama pada ujung kabel yang satunya. Setelah semua ujung kabel tercramping. Ketika konektor dalam kondisi didalam crimping tool kita bisa memastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian dapet RJ-45 dengan cara mendorong kabel kedalam RJ-45.

sampai ujung kabel benar benar menyentuh konektor RJ-45. Untuk cramping kabel UTP paling penting adalah pada pengurutan kabel dan penekanan pada saat di Crimp. 2. T568B yaitu urutan warnanya (Putih-Orange. Orange. Jenis kabel UTP ada dua. Warna pengurutan kabel ada dua. Coklat). KESIMPULAN Dari praktikum kali ini dapat ditarik kesimpulan: 1. . Coklat). PutihHijau. Putih-Coklat. saat pin kedua nyala. T568A (Putih-Hijau. 3. Gunanya untuk menghubungkan perangkat yang sejenis. Orange. misalnya PC ke Hub. Hub ke Hub dan sebagainya. pin keenam ujung kedua nyala dan begitu seterusnya. bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel. PC ke Switch dan sebagainya. Putih-Biru. Putih-Coklat. b. kesalahan dominan terletak pada kurang menempelnya kabel pada ujung konektor. Biru. misalnya PC ke PC.Gambar tersebut berarti jika ujung kabel pertama nyala pada pin pertama disaat yang sama ujung kedua menyala pin ketiga. yaitu: a. Putih-Orange. VI. Hijau. b. Hijau. Putih-Biru. Biru. StraightThrough : Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabel nya. Crossover : menggunakan EIA/TIA 568A pada salah satu ujung kabelnya dan EIA/TIA 568B pada ujung kabel lainnya. yaitu: a. Berguna untuk menghubungkan perangkat yang device nya berbeda. Namun jika tidak ada yang nyala kemungkinan pemasangan kita salah.

frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.  Kabel UTP Category 5e mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps). Baseband. Twisted pair. semakin tinggi katagorinya semakin rapat lilitannya dan parameter lainnya seperti berikut ini:  Kabel UTP Category 1 Digunakan untuk komunikasi telepon (mentransmisikan data kecepatan rendah). mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps. 10BaseT kependekan dari 10 Mbps. Jelaskan tentang Medium Dependent Interface ( automatic mediumdependent interface crossover . Sebutkan dan jelaskan jenis kabel UTP.VII. Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP ini yang menunjukkan kualitas. TUGAS 1. . 1.  Kabel UTP Category 2 Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps (Megabits per second)  Kabel UTP Category 3 Digunakan pada 10BaseT network. jumlah kerapatan lilitan pairnya.Auto-MDIX ). mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps  Kabel UTP Category 5 mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 100 Mbps. sehingga tidak cocock untuk mentransmisikan data.  Kabel UTP Category 4 Sering digunakan pada topologi token ring. 2.

. Sebuah MDI (Medium Dependent Interface) mendeskripsikan interface (fisik dan elektrik) pada sebuah jaringan komputer dari sebuah implementasi lapisan fisik ke medium fisik yang digunakan untuk membawa transmisi. Fitur ini biasanya diaktifkan secara default pada kebanyakan switch. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut. Pada interface jaringan terbaru. MDIX merupakan fitur pada switch yang membuat kita dapat menggunakan patch cable (straight-through) daripada kabel crossover untuk koneksi antar switch. Fitur dari Auto MDI/MDIX ini akan mendeteksi tipe kabel yang terkoneksi secara otomatis dan membuatnya bekerja. dan dengan otomatis memilih konfigurasi MDI atau MDIX untuk menghubungkan secara tepat. Auto MDIX merupakan fitur yang mengeliminasi kebutuhan kabel crossover ketika menghubungkan dua buah port yang mirip (Lapisan OSI) secara bersamaan. port auto-MDIX mendeteksi apakah koneksi membutuhkan kabel crossover. frekwensi signal 400 MHz 2. Kabel UTP Category 6 Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps).  Kabel UTP Category 7 gigabit Ethernet (1Gbps). frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz.

4.com/en/US/products/ps6017/products_command_referenc e_chapter09186a00808829a1.pdf http://www.ac.DAFTAR PUSTAKA http://kuliahonline.php?file=%2F3%2FPengantar_J aringan_Komputer%2FBAB_I_2010_bahan_ajar_1.html (diunduh 21 September 2012) .id/file.d3ti.cisco.uns.mipa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful