P. 1
Pengertian Dan Kegunaan GPS

Pengertian Dan Kegunaan GPS

|Views: 703|Likes:
Published by kreksya

More info:

Published by: kreksya on Oct 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2014

pdf

text

original

Pengertian Dan Kegunaan GPS GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi

yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi, kecepatan, percepatan ataupun waktu yang teliti. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter (orde nol) sampai dengan puluhan meter. Penerima GPS memperoleh sinyal dari beberapa satelit yang mengorbit bumi. Satelit yang mengitari bumi pada orbit pendek ini terdiri dari 24 susunan satelit, dengan 21 satelit aktif dan 3 buah satelit sebagai cadangan. Dengan susunan orbit tertentu, maka satelit GPS bisa diterima di seluruh permukaan bumi dengan penampakan antara 4 sampai 8 buah satelit. GPS dapat memberikan informasi posisi dan waktu dengan ketelitian tinggi. Teknologi GPS mulai dikembangkan sekitar tahun 70-an oleh pihak militer Amerika Serikat melalui Departemen pertahanan USA yang digunakan untuk kepentingan militer. Seiring dengan perkembangan system ini, GPS telah digunakan secara luas di pelbagai bidang diluar kepentingan militer dan dikembangkan tidak hanya di negara Amerika Serikat saja, melainkan di seluruh dunia. Untuk mengetahui posisi dari GPS, diperlukan minimal 3 satelit. Pengukuran posisi GPS didasarkan oleh sistem pengukuran matematika yang disebut dengan Triliterasi yaitu pengukuran suatu titik dengan bantuan 3 titik acu. Tiga jenis alat GPS :
• •

GPS Navigasi, memiliki tingkat kesalahan dibawah 10 m dimana rata-rata GPS tipe ini GPS Geodesi single frekuensi, digunakan untuk pemetaan, tingkat kesalahan dibawah 1 GPS tipe Geodetik dual frekuensi, GPS ini memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan

memiliki kesalahan 3 sampai dengan 6 meter. m.

tingkat kesalahannya di bawah 1 cm. GPS Geodesi dual frekuensi digunakan untuk mengukur pergerakan tanah.

com/go/index/index. Setting parameter Receiver sesuai dengan yang ada di peta. yang ordenya hanya mm dalam setahun. 2. 3. 4. Pelacak kendaraan Kegunaan lain GPS adalah sebagai Pelacak kendaraan. seperti menuntun arah bom. seperti TV dan radio. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui teman dan lawan untuk menghindari salah target ataupun menentukan pergerakan pasukan. Hindari pengukuran denkat gedung transmisi tegangan tinggi.Kegunaan teknologi GPS secara umum : 1. Militer GPS digunakan untuk keperluan perang.php?action=app. Sistem Informasi Geografis Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis. stasiun pemancar besar Pengoperasian alat tergantung Receivernya dan metode apa yang digunakan. baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik. http://priscomline. Setup harus selalu dicek saat ke lapangan maupun setelah pergantian baterai dilakukan.newsDet&idN=24 . GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa. dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada di mana saja kendaraan/aset bergeraknya berada saat ini. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi dengan menambahkan peta. Pemantau gempa Bahkan saat ini. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar kesalahan posisi dapat dikurangi : • • • • • Perlu adanya DATUM yang dipakai pada peta kerja. Navigasi GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta. atau mengetahui posisi pasukan berada. 5. seperti mengukur jarak perbatasan ataupun sebagai referensi pengukuran. sehingga dapat digunakan untuk memandu pengendara mengetahui jalur yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan selain itu juga dapat menunjukkan posisi dimana kita berada.

pdf .ac.http://www.id/hzabidin/wp-content/uploads/2007/05/gps-dan-gis.id/downloads/GPS.pdf http://geodesy.or.itb.gd.coremap.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->