PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM

)

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PENGABDIAN MASYARAKAT PKM - M
Ir. Krisnamurti. M.T Jember, 26 September 2011

Bisa didownload di: http://dikti.kemdiknas.go.id Dengan judul: 1. Penerimaan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2011 dibiayai 2012 2. Pengunduran Batas Waktu Penerimaan Proposal PKM 2011 untuk didanai tahun 2012 Atau pada alamat: http://jurnalrekayasa.blogspot.com/ Cover pedoman PKM 2011

TUJUAN PKM :
Mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni

Bidang PKM dan Muara Kegiatannya .

.

Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa-M KRITERIA 1 2 3 4 5 6 7 Inti Kegiatan Materi Kegiatan Strata Pendidikan Jumlah Anggota Biaya (Rp) Laporan Akhir Luaran PKM-M Karya kreatif.000. 10. S1 3 .Hasil Kerja Jasa.000. inovatif dalam membantu masyarakat Semua bidang ilmu atau yang relevan Diploma. dan artikel . Desain Barang.5 orang Biaya Maksimum Rp.

Kriteria Program Kreativitas Mahasiswa-KC KRITERIA 1 2 3 Inti Kegiatan Materi Kegiatan Strata Pendidikan PKM-KC Karya kreatif. Barang. 10.Hasil Kerja Sistem.5 orang Biaya Maksimum Rp. Prototipe dan Artikel .000.000. inovatif dalam IPTEKS Semua bidang ilmu atau yang relevan Diploma. Desain. S1 4 5 6 7 Jumlah Anggota Biaya (Rp) Laporan Akhir Luaran 3 .

Usulan proposal dibuat rangkap 5 (lima) eksemplar : Arsip Fakultas Teknik (1 Ekspl. Softcopy proposal dimasukan dalam satu CD dengan format pdf & word : PKM-X-nn-NamaPT-NamaDepanKetua-Judul_3_kata_Pertama dengan X : kode untuk PKM (P/T/K/M) nn : tahun anggaran pendanaan kegiatan NamaPT : Nama singkatan perguruan tinggi Contoh: PKMP-06-UNDIP-Bambang-Optimasi Proses Separasi--PKMK-06-UNY-Hermawan-Sistem Deteksi Tanpa--3. Arsip Universitas Jember (2 ekspl.dp2m@dikti. Rekap (dalam format excel) daftar seluruh usulan proposal dikirim via email ke alamat : pkm. Surat pengantar resmi dari perguruan tinggi dengan dilampirkan print out dan CD rekap daftar seluruh proposal dari Perguruan Tinggi .).).com dengan subjek rekap PKM2012_nama PerguruanTinggi 4.go.id cc : usulanpkm@gmail.) 2.USULAN TERDIRI DARI: 1. Dikirim ke Dikti (2 Ekspl.

Format ini akan diisi oleh Petugas Kemahasiswaan di Kantor Pusat Universitas Jember berdasarkan data usulan mahasiswa. Dan juga akan dilengkapi surat pengantar dari PR III .

Tidak ada kegiatan penelitian dalam PKM-M. perlu ditetapkan masyarakat sasaran dan persoalannya.M • Program membantu masyarakat : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 1. peningkatan kesejahteraan masyarakat. pengetahuan perbaikan lingkungan.PKM . 5. masyarakat tetap mampu meneruskan program tersebut . 2. dll. keterampilan. • • • • peningkatan kecerdasan. 3. Diharapkan setelah kegiatan PKM-M selesai dilaksanakan. pelatihan keterampilan kelompok masyarakat. Sebelum menyusun proposal. 4. Pengetahuan atau teknologi yang akan digunakan sudah harus dikenal atau dikuasai.

• teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja. • penguatan kelembagaan masyarakat. • membangun keterampilan usaha. Disyaratkan: adanya komitmen bekerjasama secara tertulis dari komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi khalayak sasaran . • pengenalan dan pemahaman aspek hukum & adat. • penataan dan perbaikan lingkungan.M : Merupakan program bantuan • ilmu pengetahuan. • sosialisasi penggunaan obat secara rasional. yang sementara ini dinilai kurang produktif.Karakteristik PKM . • upaya penyembuhan buta aksara • dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal.

Mahasiswa pengusul berasal dari berbagai program studi atau dari satu program studi yang sama. Pengajuan usulan dilakukan perguruan tinggi secara kolektif. Setiap usulan yang mencantumkan dana dari pihak lain harus menyertakan Surat Pernyataan Pembiayaan (dengan meterai yang berlaku) dari instansi yang menyediakan dana tersebut. 5. Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM yang disetujui untuk didanai. 2. Keanggotaan mahasiswa dalam kelompok berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda.PERSYARATAN DAN ATURAN PENYUSUNAN USULAN 1. . 7. Setiap usulan PKM-M wajib menyertakan SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJASAMA (dengan meterai yang berlaku) dari pihak mitra yang disebutkan. Seorang dosen pembimbing/pendamping hanya disetujui DITLITABMAS membimbing maksimum 3 (tiga) judul/kelompok pelaksana PKM. 4. Peserta adalah kelompok mahasiswa aktif S1 atau Diploma. 6. 3. namun masih satu perguruan tinggi. 8.

Gambar (grafik maupun foto) diberi judul dengan penomoran sesuai urutan kemunculannya. ii. dan seterusnya). jumlah halaman maksimum yang diperkenankan untuk setiap usulan adalah 20 (dua puluh) (termasuk lampiran) 1. 3. Bagian kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman angka arab dimulai nomor halaman 1 (satu) dan diketik di kanan atas.Aturan Penulisan Usulan Usulan ditulis mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria dalam buku Pedoman. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel sesuai urutan kemunculannya menggunakan angka Arab. 7. halaman pengesahan. nama/daftar anggota kelompok. . dan jelas. 6. 2. 4. Gunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. 5. diberi nomor halaman menggunakan angka Romawi kecil dan diketik di sebelah kanan bawah (i. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka Arab. sederhana.

IDENTIFIKASI MASALAH YANG ADA DI MASYARAKAT TSB 3. SIAPKAN ALTERNATIF SOLUSINYA 4. TENTUKAN METODE PELAKSANAANNYA • Macam metode (pelatihan.POIN PENTING PROPOSAL PKM .M 1. dst) • Jadwal waktu kegiatan • Tempat • Jumlah dan segmen masyarakat yang dilibatkan • Narasumber • Materi kegiatan • Alat ukur keberhasilan kegiatan . TENTUKAN MASYARAKAT/WILAYAH SASARAN 2. penyuluhan.

Gambaran teknologi yang akan diterapkembangkan. Daftar Pustaka (untuk PKM-M tidak perlu ada) L. Luaran Yang Diharapkan F. Kegunaan G. Jadwal Kegiatan J. LAMPIRAN A. D. Biodata Ketua serta Anggota Kelompok (harus ditandatangani) B. Tujuan E. Judul Program B. Metode Pelaksanaan I. Latar Belakang Masalah C.Sistematika Penyusunan Proposal PKMM A. Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Koperasi atau Kelompok Tani (PKM-M) E. Perumusan Masalah D. Rancangan Biaya K. Biodata Dosen Pendamping (harus ditandatangani) C. Hal-hal lain yang dianggap perlu . Denah detil Lokasi Mitra Kerja F. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran H.

JUDUL PKMM MENARIK SESUAI DENGAN ISI KEGIATAN .

Wuluhan Kab. Barru Usaha pemanfaatan kulit biji jambu mete skala rumah tangga di Sulawesi Tenggara Pelatihan keterampilan penanganan trouble shooting pada pesawat penerima televisi bagi kelompok kerja Karang Taruna dan remaja putus sekolah di Kelurahan Oesapa Kota Kupang 8 9 10 Pelatihan pemanfaatan enceng gondok sebagai solusi produktif bagi penanggulangan pencemaran sungai di Surabaya Peningkatan kemampuan Pemerintah Nagari dalam menyusun Peraturan Negari (Legal Drafting) di Kab Tanah Datar Sumbar Penggunaan kelembagaan dengan model co-management dalam rangka menuju pengelolaan perikanan berkelanjutan di Kec Panimbang. Jember melalui pembentukan community paper Pelatihan membuat kamar mandi dan WC dengan lantai plat beton tulangan bambu pada rumah panggung daerah pantai di Kec Balusu Kab.No 1 2 3 4 5 6 7 JUDUL Pelatihan pembuatan karya suvenir dari bahan limbah kayu pada anak-anak panti asuhan di Kota Padang Pendirian taman bacaan Al-Quran dan pendampingan belajar anak sebagai wujud nyata pengabdian mahasiswa pada masyarakat Pelatihan dan produksi tas mote dalam rangka meningkatkan peran usaha sektor informal Pemberdayaan masyarakat Desa Lojejer Kec. Kab Pandeglang .

No 11 12 13 JUDUL Pengembangan kemampuan mendongeng bagi guru TK di Kec Gunungpati Kota Semarang Model reklamasi lahan kritis pada area bekas penggalian bata Pemberdayaan potensi tuna daksa pada panti sosial melalui program kurikulum pembinaan kelompok usaha bersama Upaya pelestarian situs Gliseran sebagai sumber sejarah dengan meningkatkan partisipasi masyarakat sekitar situs berdasarkan UU No. 5 tahun 1992 Pemberdayaan siswa pemantau jentik sebagai upaya pencegahan kejadian luar biasa demam berdarah Pelatihan membuat asesoris rumah tangga dari kerajinan anyaman daun lontar pada remaja putri putus sekolah di Kec Marioriawa Kab Soppeng Upaya pelestarian salak gula pasir melalui pelatihan dan pembinaan petani dengan teknik pencangkokan di desa Siberan Pelatihan pengolahan sampah biomassa skala rumah tangga sebagai briket arang dalam upaya menghasilkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan Pelatihan keterampilan teknik las acetylen untuk bekal alih profesi menjadi wirausaha mandiri bagi pengemudi becak di kota Surakarta 10 minggu mencari cinta (program intervensi bagi penghuni Panti Wherda dan Panti Asuhan) 14 15 16 17 18 19 20 .

profil dan kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan PKM-M.LATAR BELAKANG  Gambarkan secara kuantitatif potret. sosial. Gambarkan pula kondisi dan potensi wilayah dari segi fisik. ekonomi maupun lingkungan yang relevan dengan kegiatan yang akan dilakukan  .

 Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang akan dicari penyelesaiannya.  Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi.RUMUSAN MASALAH Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diselesaikan.  Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan  . dan lingkup yang menjadi batasan kegiatan PKM. asumsi.

 Rumusan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur  .TUJUAN PROGRAM Rumuskan tujuan yang akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan PKM-M selesai.

memberikan suatu pemecahan masalah yang ada di masyarakat serta memberi nilai tambah untuk masyarakat . .LUARAN Luaran yang diharapkan harus jelas.

KEGUNAAN  Sebutkan manfaat yang akan diperoleh bagi khalayak sasaran. pada saat atau setelah kegiatan PKM selesai . dari sisi ekonomi maupun Ipteks.

Gambaran Umum Masyarakat Sasaran Kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian harus diberikan secara konkrit. Hindari adanya kegiatan percobaan/penelitian dalam usulan PKM-M . Penjelasan mengenai kondisi masyarakat sasaran yang akan menerima kegiatan pengabdian agar diuraikan secara faktual. dan berikan gambaran solusi yang ditawarkan termasuk teknologi yang akan digunakan. Uraikan permasalahan yang dihadapi masyarakat yang membutuhkan bantuan penyelesaiannya.

METODE PELAKSANAAN Uraikan metode yang digunakan dalam pelaksanaan program secara rinci.  metode untuk PKM-M merupakan teknik atau cara menyelesaikan permasalahan dan sekaligus untuk mencapai tujuan program.  .

Catatan : lama pelaksanaan PKM maksimal 5 bulan . gunakan kata “bulan ke-1. pelaksanaan dan penyusunan laporan dalam bentuk Bar-chart. Usahakan tidak menggunakan nama bulan secara eksplisit dalam penjadwalan rencana kegiatan. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Pelaksanaan Program. bulan ke-2”. untuk menggambarkan urutan waktu pelaksanaan. bukan bulan Maret. dan seterusnya. dan seterusnya. Sebagai contoh. bulan April.JADWAL KEGIATAN PROGRAM     Buatlah jadwal kegiatan PKM yang meliputi rinci kegiatan persiapan.

tidak akan dinilai. . dosen pendamping ataupun tenaga pembantu lainnya). dosen pendamping ataupun tenaga pembantu lainnya) tidak diperkenankan bagi pihak manapun (tim pelaksana. wajar dan jelas peruntukannya. maupun pihak lain yang bersedia berkontribusi. Rekapitulasi biaya terdiri atas: – Bahan habis pakai – Peralatan penunjang PKM – Perjalanan – Lain-lain Rincian biaya harus lengkap. Usulan yang melampaui pagu biaya tersebut.RANCANGAN BIAYA      Berikan rincian biaya PKM baik yang didanai Kemendiknas. maksimum Rp 10 (sepuluh) juta). Honorarium (tim pelaksana.

.

6.Form Penilaian PKMM No 1 Kriteria Kreativitas: Perumusan Masalah Ketepatan solusi (fokus dan atraktif) Ketepatan masyarakat sasaran Potensi Program: Manfaat untuk masyarakat Evaluasi Pelaksanaan Program Penjadwalan Kegiatan dan Personalia Lengkap. wajar dan jelas peruntukannya TOTAL 5 100 Skor yang diberikan : 1. 2 . rinci. 5. 7 . 3. waktu dan personalianya sesuai Bob5ot Skor Nilai (Bobot x Skor) 10 25 15 25 15 2 3 4 5 5 Penyusunan Anggaran Biaya Lengkap. jelas.

.

kulit muka warna merah) USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM ……………………………………………………………………………… BIDANG KEGIATAN: PKM-M Diusulkan oleh: __________ ___________ ___________ ___________ (Nama Ketua Kelompok) (Nama-nama Anggota Kelompok) (Penulisan Nama Ketua maupun Anggota harus menyertakan NIM dan tahun angkatan) UNIVERSITAS JEMBER JEMBER 2010 .(ukuran A-4.

.

Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis 6. . Dosen Pendamping (_______________________) NIP. Jurusan d. (Drs. Alamat Rumah dan No Tel. Universitas/Institut/Politeknik e. Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan.Hum) NIP. Jangka Waktu Pelaksanaan Menyetujui Ketua Jurusan (____________________) NIP. NIM c. Judul Kegiatan 2./HP f. Nama Lengkap dan Gelar b. . Sumber lain (sebutkan . . bulan __________. Alamat Rumah dan No Tel. Ketua Pelaksana Kegiatan a. NIP c. . Bidang Kegiatan (Pilih salah satu) 3. Andang Subaharianto. Dosen Pendamping a. 19650417 199002 1 001 : : : : : Rp : Rp orang : . . ______________ Ketua Pelaksana Kegiatan (______________________) NIM. Alamat email 5. Nama Lengkap b. Dikti b. ) 8. Bidang Ilmu (Pilih salah satu) : : ( ) PKMP ( ) PKMT : ( ( ( ( ) ) ) ) Kesehatan MIPA Sosial Ekonomi Pendidikan : : : : : : ( ) PKMK ( V ) PKMM ( ) Pertanian ( V ) Teknologi dan Rekayasa ( ) Humaniora 4./HP 7. M. .FORMAT HALAMAN PENGESAHAN USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA 1. Biaya Kegiatan Total a.

Dokumentasi Kegiatan . Ketercapaian Target Luaran (dinilai berdasar LogBook dan IKJP) 4.5. Metode 3. Struktur dasar laporan kemajuan adalah sebagai berikut: 1.Struktur Laporan Kemajuan Laporan Kemajuan dibuat maksimum 10 (sepuluh) halaman dengan spasi 1. Penggunaan Biaya 6. menggunakan huruf tipe times new roman style dan font 12. Permasalahan dan Penyelesaiannya a) Administratif b) Teknis c) Organisasi Pelaksana d) Keuangan e) Lain-lain 5. Target Luaran 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful