1

Pekarangan dan Apotik Hidup

Henest Paskah Pratama Surbakti XI IPA 1

Sma Negeri 2 Medan
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai apotik hidup dan warung hidup yang dapat dimanfaatkan dari lahan k kosong di pekarangan sekolah.

Jika para siswa belajar dalam kondisi yang menyenangkan dengan kelas yang bersih.” Mungkin sudah banyak penelitian tentang “Hubungan Antara Prestasi Siswa dengan Lingkungan Belajarnya”. maka didapatlah fakta bahwa proses belajar mengajar itu memerlukan ruang dan lingkungan pendukung untuk dapat membantu siswa dan guru agar dapat berkonsentrasi dalam belajar. Mengapa begitu? Karena belajar memerlukan kondisi psikologi yang mendukung. dalam foto ini adalah sekolah di Amerika Melirik sekolah-sekolah di negara tetangga kita. Jika kita mencari korelasi antara lingkungan sekolah yang nyaman dengan prestasi siswa di sekolah. . tentunya kita sudah ketinggalan jauh dengan fasilitas dan lingkungan sekolah mereka yang nyaman. Bahkan pemerintah sendiri sangat kurang memahami akan kebutuhan generasi penerus mereka ini. sebut saja di Singapura. atau Australia. niscaya tingkat prestasi para siswa juga akan naik. Malaysia. udara yang bersih. dan sedikit polusi suara. Mungkin itu sebabnya siswa-siswi di negara-negara tetangga kita lebih berkualitas secara rata-rata daripada di Indonesia. Terlebih. siswa di sana juga mendapatkan kewajiban yang mengikat untuk sama-sama merawat lingkungan di sekitar sekolah. tapi sedikit sekali penerapannya di Indonesia. Entah kurang memahami atau mungkin sibuk dengan urusan pribadi mereka masingmasing? Sekolah di negara maju.Lingkungan Sekolah yang Nyaman Memacu Siswa Untuk Berprestasi “Kebersihan sebagan dari Iman.

Inilah yang menjadikan jumlah oksigen berkurang. bersih. Selain itu lapangan bermain juga dapat digunakan untuk kegiatan bermain siswa. padahal nutrisi yang kita makan sehari-hari disampaikan oleh darah ke seluruh tubuh kita. Hal ini juga sesuai dengan dasar-dasar pendidikan yang memang dibutuhkan oleh siswa. lingkungan dengan taman bermain yang tercukupi akan membuat tumbuh kembang anak menjadi baik dan menyenangkan.Lingkungan Pekarangan Sekolah yang Nyaman Bagi para siswa. bagi para siswa di tingkat Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Karena itulah dibutuhkan banyaknya pohon rindang di lingkungan pekarangan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah. Lapangan bermain Fasilitas lapangan bermain adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tidak itu saja. dan kegiatan perayaan/pentas seni yang memerlukan tempat yang luas. khususnya yang berhubungan dengan ketangkasan dan pendidikan jasmani. terlebih jika harga tanah ikut melonjak naik. dan cukup pepohonan. Oksigen adalah salah satu pendukung kecerdasan anak. kegiatan upacara/apel pagi. . tentunya kegiatan belajar mengajar memerlukan lingkungan pekarangan sekolah yang nyaman. Kadar oksigen yang sedikit pada manusia akan menyebabkan suplai darah ke otak menjadi lambat. Bukankah lebih baik bermain-main sambil belajar. Pepohonan rindang Semakin pesatnya pertumbuhan sebuah daerah menyebabkan pepohonan rindang habis ditebangi untuk dijadikan bangunan. daripada belajar sambil main-main? Apa saja syarat-syarat lingkungan sekolah yang nyaman? 1. 2.

maka semakin beradab pula orang-orang di tempat itu. karena beberapa kasus terjadi malah diakibatkan pemerintah itu sendiri. atau bahkan lingkungan sekolah yang letaknya berdekatan dengan tempat pembuangan sampah atau sungai yang tercemar sampah sehingga menimbulkan ketidaknyamanan akibat bau-bau tak sedap. 4. Lingkungan sekitar sekolah yang mendukung Adanya kasus di beberapa daerah. Contohnya. sebuah sekolah yang sudah berada di lingkungan yang mendukung. 6. Tempat pembuangan sampah Sampah adalah salah satu musuh utama yang mempengaruhi kemajuan suatu peradaban. Mungkin banyak sekali syarat-syarat lingkungan sekolah yang nyaman. tapi keenam poin di atas sudah cukup untuk menjadikan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan bagi siswa dan gurunya. ataupun bangunan baru yang dibangun dengan asalasalan. Lingkungan sekitar sekolah yang seperti itu akan dapat menyebabkan siswa cenderung tidak nyaman belajar. seperti ventilasi yang cukup dan luas masing-masing ruang kelas yang ideal. 5. perlunya ditumbuhkan kesadaran bagi seluruh warga sekolah untuk turut menjaga lingkungan. . atau bahkan penurunan kualitas kecerdasan akibat polusi tersebut. dan memberikan contoh kepada siswa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. tapi tiba-tiba harus merasakan imbas dari pembangunan proyek di sekitar sekolah itu akibat pemerintah yang tidak mengindahkan sistem tata kota yang sudah ada. Caranya adalah dengan menyediakan tempat pembuangan sampah berupa tong-tong sampah dan tempat pengumpulan sampah akhir di sekolah. Karena bangunan sekolah sudah semestinya dibangun dengan kokoh dan memiliki syarat-syarat bangunan yang sehat. Sistem sanitasi dan sumur resapan air Sistem sanitasi yang baik adalah syarat terpenting sebuah lingkungan layak untuk ditinggali. Kasus-kasus tersebut adalah kasus yang perlu penanganan langsung dan serius dari pemerintah. Selain itu diperlukan juga sistem sumur resapan air untuk mengaliri air hujan agar tidak menjadi genangan air yang dapat menjadikan kotor lingkungan sekolah. misalnya lingkungan sekolah yang dekat dengan pabrik yang bising dan berpolusi udara. Bangunan sekolah yang kokoh dan sehat Banyak sekali adanya kasus tentang bangunan sekolah yang roboh di Indonesia. Ini juga adalah kewajiban pemerintah untuk mengatasinya. Semakin bersih suatu tempat. Entah itu karena bangunannya sudah tua. atau bahkan membahayakan apabila didiami oleh jentik-jentik nyamuk. maka seluruh warga sekolah akan dapat lebih tenang dalam mengadakan proses belajar mengajar. Dengan sistem sanitasi yang bersih. Terbukti dari kesadaran penduduk-penduduk di negara maju yang sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena itulah sudah saatnya pemerintah memperhatikan generasi penerusnya ini. Dalam masalah sampah di sekolah. atau lingkungan sekolah yang berada di pinggir jalan raya yang selalu padat.3.

mencoba menulis apa saja .. Lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. tapi juga kondisi lingkungan sekolahnya yang mendukung. Dengan mengamati kondisi lingkungan abiotik maupun lingkungan biotik kita dapat mengajak siswa untuk belajar memahami sekaligus melestarikan alam selain itu suasana belajar lebih dinikmati dibandingkan dengan hanya belajar dikelas.. Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam kegiatan belajar salah satu sumber belajar yang tidak pernah kering adalah lingkungan sekitar kita.. anak-anak menjadi lebih sehat dan dapat berpikir secara jernih. sehingga dapat menjadi anak-anak yang cerdas dan kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.beberapa kegiatan belajar yang dilaksanakan disekitar lingkugan sekolah : .Kondisi Sekolah di Pedalaman Indonesia Kesimpulan : Prestasi belajar di sekolah tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana anak-anak giat belajar dan dapat memahami pelajaran di sekolah.

Memanfaatkan lingkungan disekitar sekolah sebagai sumber belajar akan memberikan nuansa yang berbeda kepada peserta didik karena selain mengembangkan kecerdasan akademik juga dapat mengembangkan kecerdasan emosional melalui kerja sama antar kelompok. Selain lingkungan alam juga dapat dimanfaatkan lingkungan sosial yang ada disekitar sekolah misalnya mengadakan wawancara atau angket kepada masyarakat yang tinggal disekitar sekolah. Setelah mengadakan .

Melihat. mendengar. sebab dari sinilah perlakukan-perlauan yang terus menerus dan terstruktur masif diberikan kepada anak. Tentang baka. Adalah sebagai berikut : MAWAR [ROSA SP] > Bagian yang digunakan adalah akar dan daunnya Khasiat : .Anti bakteri. Lingkungan itu meliputi 1) fisik seperti bangunan. Sebab seringkali kita tidak menyadari bahwa bunga-bunga yang sedang kita nikmati kecantikannya juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. dan pembiasaan nilai-nilai kehidupan yang terlaksana di sekolah itu. maka sejak itu pula pemahaman bahwa perilaku manusia dipengaruhi juga oleh lingkungan menjadi dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. banyak orang yang sukses terkadang disebabkan oleh faktor bakat meski 1% dan yang lain itu adalah kerja keras begitu Saichiro Honda mengatakan. alat. Ada beberapa macam jenis-jenis bunga untuk apotek hidup yang sangat besar manfaat dan kegunaannya sebagai obat. Sekolah yang telah memberikan lingkungan yang menunjang bagi kesuksesan pendidikan maka sekolah itu secara langsung dan tidak langsung memberikan sentuhan perlakuan kepada anak. sarana. Secara psikologi. . tanaman yang ditanam pun tidak harus berwarna hijau. PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN Perubahan perilaku pada dasarnya dipengaruhi oleh pendidikan yang ia terima sepanjang hayatnya. Namun ingat. memang lingkungan juga berperan penting dalam perilaku manusia khususnya sekolah. antinyeri. norma. baik lingkungan pendidikan formal atau non formal.pengamatan mereka dapat kembali ke kelas untuk berdiskusi dan menyimpulkan hasil kegiatan mereka. lingkungan memang berperan tetapi faktor genital juga memberikan pengaruh. Lahan yang dibutuhkan untuk membuat apotek hidup tidak harus luas. dan itu sangat-sangat mudah ia dapatkan dari lingkungan. Pilihlah beberapa tanaman yang berkhasiat. namun jelas bakat sangat berperan juga. sehingga anak diharapkan dapat merubah perilakunya sesuai yang diharapkan. dan meraba merupakan komponen penting dalam pendidikan. yang bunganya juga bisa mempercantik taman. dan anti radang dari akar dan daun yang segar atau dikeringkan. pendidikan ini bukan saja sebatas yang formal seperti sekolah atau kursus-kursus namun dalam arti luas artinya segala sesuatu yang diterima manusia melalui panca indera itu menjadi bagain dari pendidikan. Jenis-jenis Bunga untuk Apotek Hidup Apotik hidup adalah istilah yang mengacu pada lahan yang ditanami berbagai macam tumbuhan yang dipercaya berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit secara tradisional. merasa. Semenjak terlahirnya teori behaviouristik oleh Pavlov. dan gurunya kemudian 2) non fisik yaitu kurikulum. namun beralasan. setidaknya pada bakat. Jadi wajar apabila Soekarno pernah berkata lantang “Berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku mengubah dunia!” ungkapan itu tampak PD memang.

Juga khasiat tanaman itu sampai menjadi obat.Obat luar : Dengan cara rimpang segar ditumbuk halus lalu tempelkan pada luka. Itu merupakan upaya pelestarian. . Mengapa daun pepaya bisa . Selain itu. Sayangnya.. Untuk sampai mengantar pada pemanfaatan tanaman obat memang bukan langkah yang mudah. Padahal. . bersahabat dengan alam bukanlah pola hidup praktis. kita sudah bersahabat dengan alam. Sudah cukup lama seruan itu disampaikan dengan gencar. Lahan apotek hidup masih berhenti pada lahan. Sementara berbagai macam iklan menggembar-gemborkan cara hidup yang praktis dan efisien. Asal kita harmonis dengan alam. Terhadap apotek hidup pun orang tidak lepas dari pola pikir itu. Akibatnya. bukannya meracik tanaman obat. belum sampai pada tingkat untuk mengupayakan agar tanaman obat itu benar-benar digunakan. . kita langsung mencari obat buatan pabrik. Ada yang berhasil karena dibarengi dengan tindakan nyata. Masyarakat modern cenderung berpikir ilmiah. begitu ada anggota keluarga yang sakit. « Ke Alam Mencari Obat Batuk & Flu Ketimun Muda Pembawa Berkah » Ciptakan Apotek Hidup di Sekolah Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup sebenarnya merupakan hal yang sederhana karena alam telah mengajarkan hal itu. banyak di antara program itu kurang dibarengi dengan kesadaran yang sungguh-sungguh ingin bersahabat dengan alam dalam hubungan mutualistis. kemudian disertakan dalam program PKK. Perlu kita pahami bersama. pemanfaatan tanaman obat perlu juga dibarengi dengan program yang mampu mengubah pola hidup masyarakat. Itu yang seharusnya terjadi. direbus hingga air tinggal setengahnya.Keputihan : Rimpang kering ditim bersama beras ketan dan diminum airnya. lalu diminum. upaya untuk menjalin persahabatan dengan alam tentu butuh perjuangan. Pola hidup praktis dan efisien itu mewarnai cara hidup kita.Akar mawar juga bisa digunakan sebagai obat untuk keputihan. dengan cara direbus dan diminum airnya. Diciptakan lahan untuk penanaman obat-obatan. Bentuk persahabatan antara manusia dengan alam misalnya terlihat dalam penciptaan apotek hidup.Daun mawar segar direbus dan air rebusannya dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan rematik.Obat hepatitis akut : Dengan cara meminum air rebusan rimpang segar selama 47 hari. disaring. . KANA [CANNA INDICAL] > Bagian yang digunakan adalah akar rimpang atau umbi akar dan bunga kering Khasiat : .Wasir : Rimpang segar diiris. namun pola hidup yang mau mengolah dan memberdayakan. tidak mengeksploitasi. . dan minum airnya.Obat haid : Bunganya yang kering direbus. Penanaman apotek hidup perlu dibarengi dengan program pembuatan atau cara peracikan dari tanaman itu. sehingga lebih cepat meluas.

banyak yang tidak ngeh dengan apotik atau warung hidup. Penanaman pohon untuk bahan apotek hidup dilakukan di halaman sekolah dan pemeliharaannya dilakukan oleh siswa dengan pengawasan dan bimbingan guru yang tahu soal itu. Ini adalah apotik dan warung hidup disekitar halaman tempatku tinggal : . padahal penting sekali untuk dibudidayakan agar pengetahuan tentang khasiat tumbuhan dapat diketahui. Apotik hidup adalah tanaman berkhasiat yang dapat digunakan untuk pengobatan dan kesehatan tubuh yang dapat ditanam di sekitar halaman rumah. sehingga keahlian menanam. masyarakat baru akan tersugesti manakala bisa menerima penjelasan ilmiah di balik fakta itu. memelihara. diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Tidak menutup kemungkinan produksi obat buatan siswa juga diorientasikan untuk dijual di masyarakat. lebih punya kecenderungan berpikir ilmiah. saya melihat. mengapa jeruk nipis juga bisa menyembuhkan batuk. Dengan demikian. Di samping itu. di sekolah setingkat itu kebanyakan telah ada laboratorium untuk praktik ilmiah. 4. Untuk itu semua perlu dijalin kerja sama dengan para pakar tanaman obat dan pabrik jamu. o Pemanfaatan secara nyata obat-obatan buatan siswa untuk kesembuhan siswa yang sakit di UKS. Artinya. pemanfaatan apotek hidup secara ilmiah juga dapat dilakukan karena sasarannya juga masyarakat ilmiah. program apotek hidup tepat diterapkan di sekolah SMK/SMU. murid setingkat SMK/SMU sudah cukup luas. Tindakan itu harus dilakukan terus-menerus dan menggenerasi dengan baik. obat-obatan dari pabrik diganti dengan obat-obatan buatan siswa. 2. Akibatnya mereka lebih suka mengadakan penelitian. juga lahan kosong disekitar halaman rumah bisa dimanfaatkan.menyembuhkan batuk. Upaya pemanfaatan apotek hidup secara nyata. Dengan mempertimbangkan hal di atas. praktik peracikan atau pembuatan obat dari tanaman obat atau apotek hidup. 3. Di dalam upaya melakukan itu semua. Sebab dari aspek pengetahuan. meracik tanaman menjadi obat bisa dilakukan semua siswa. selain tanaman itu berkhasiat juga berfungsi untuk penghijauan dan membuat oksigen serta hawa disekitar rumah menjadi segar. 5. o Lambat laun. dan sebagainya. (Simon Sudarman) Ngobrol dengan anak anak sekarang. hal ini melalui: o Pengoptimalan fungsi laboratorium sekolah untuk tempat penelitian.

Warung hidup adalah tanaman yang dapat dimakan sebagai kebutuhan dapur. bisa ditanam dalam pot pot dalam berbagai ukuran.Daun Ginseng yang berfungsi untuk stamina kuat juga bisa buat lalapan Lidah Buaya. Serai. selain untuk obat batuk dan luka bakar juga bisa untuk menguatkan rambut dan bisa dibuat minuman. daun ginseng. daun dewa. Contoh tanaman untuk apotik hidup : Kunyit. kalau daun sirih bisa ditanam merambat . Lengkuas. jika halaman tidak memadai. ada sisa . Sirih. jika punya halaman rumah yang agak luas atau lahan yang bisa ditaruh pot pot untuk menanam pelengkap bumbu dapur itu. dan lain lain. tak ada salahnya jika ketika memasak. Kumis kucing. jadi bisa dibuat palang besi seperti atap agar sirih bisa menjalar dan menyerupai atap.

akar daun bawang bisa ditanam di pot. bukan? Sekar dan pohon sawi yang baru tumbuh . biji tomat kedalam tanah atau pot disekitar rumah kita. selain berfungsi untuk pagar juga daun dan buahnya bisa dimanfaatkan. atau menaburkan biji cabe rawit. dipinggirnya bisa kita tanami singkong. Selain itu jika halaman rumah kita agak luas.

tumbuh subur .Sekar Bersama Pohon sawo yang ditanam di pot besar. bisa berbuah juga dan buahnya muanissss Pohon cabe rawit ini dari hasil ditaburkan bijinya .

dengan tanaman talas yang daunnya lebar pun sangat indah menghiasi halaman rumah kita. . buahnya juga tak kalah berguna. Jika putra putri kita atau generasi muda tahu akan khasiat aneka ragam hayati. selain daunnya bisa disayur. dihutan atau sedang pelatihan ditempat yang diluar jangkauan masyarakat. selain daunnya bisa untuk lalapan. suatu saat mereka terdampar di pulau kosong.Hasil Panen cabe rawit Malah pohon pepaya bisa ditanam disudut halaman. atau tugas di luar pulau. Kecintaan pada aneka hayati di sekitar kita tak perlu mahal mahal dan harus ratusan ribu untuk memiliki nya. Selain itu bisa juga membantu untuk penelitian karya ilmiah atau sebagai salah satu ajang save our earth and our environment melalui menanam pohon ditiap rumah dengan kapasitas yang ada. talasnya juga bisa dimakan untuk cemilan atau aneka masakan. kan bisa dengan mudah menemukan segala tumbuhan yang bisa dimanfaatkan disaat urgent.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful