DASAR KESEHATAN LINGKUNGAN

“EKOLOGI LINGKUNGAN”

1

Widya Rizki S. 112110101123 Kelas C

PENGERTIAN EKOLOGI LINGKUNGAN
Ekologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya ( Siahaan, 2004:16)  Menurut Heckel,ilmu ekologi diartikan sebagai keseluruhan pengetahuan yang berhubungan dengan relasi atau kaitan secara total antara organisme dengan lingkungannya yang bersifat organik maupun non organik.

2

3. Jadi ekologi mempelajari: Hubungan timbal balik antara organisme dengan tempat tinggalnya Saling mempengaruhi antara jenis organisme Interaksi antara unsur unsur penyusun tempat tinggal 3 . 1. 2.

fauna. 2. mikroorganisme. air. Makhluk hidup (komponen hayati atau biotik) meliputi: flora. manusia Tempat tinggal = rumah tangga (komponen fisik / geofisik) meliputi: tanah. udara 4 .KOMPONEN PENYUSUN EKOLOGI 1.

ekosfer dan bumi  5 . populasi.Ekologi adalah dasar ilmu lingkungan yang menghubungkan biosains (ilmu lingkungan kehayatan / life environmental science) fisikosains (ilmu lingkungan kebendaan / physical environmental science)  Ruang lingkup dan organisasi ekologi mulai dari: organisme. komunitas. ekosistem.

Autoekologi. kajian ekologi menurut habitat di mana organisme hidup misalnya ekologi laut. 6 . ekologi mikroorganisma. kajian ekologi menurut tingkatan taksa organisme. 4. ekologi padang rumput. mempelajari 1 jenis organisme dan interaksinya dengan lingkungan. Pembagian ekologi berdasarkan habitat. sifat parasitik. ekologi hutan tropika.dll. mengkaji berbagai kelompok organisme sebagai kesatuan yang saling berinteraksi dalam satu daerah tertentu. dll.PEMBAGIAN EKOLOGI 1. Sinekologi. Pembagian ekologi menurut taksonomi. misalnya ekologi tumbuhan. Sering dikenal dengan ekologi komunitas. Pembahasan pada aspek siklus hidup. adaptasi. 2. 3. dll. ekologi hewan.

perlindungan. mereka saling berinteraksi satu sama lain membentuk suatu sistem ekologi atau sering disebut EKOSISTEM  7 . pertumbuhan.PRINSIP – PRINSIP EKOLOGI Kehadiran organisme lain dan berbagai komponen lingkungan sangat dibutuhkan untuk keperluan pangan.  Hubungan antar organisme atau dengan lingkungannya akan sangat rumit dan kompleks. perkembangan. dll.

8 .

 9 .  Menurut tansley .  Ekosistem merupakan satuan fungsional dasar ekologi karena di dalamnya tercakup komponen autotrofik dan heterotrofik. ekosistem adalah lingkungan hayati dan non hayati bersama dengan populasi atau komunitasnya.EKOSISTEM Ekosistem merupakan tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.23 th 1997: Ekosistem adalah tatanan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.  Menurut undang undang pengelolaan lingkungan hidup no.

10 . jamur. merupakan organisme yang hanya memanfaatkan hanya bahan organik sebagai bahan makanannya dan bahan tersebut disintesis dan disediakan oleh organisme lain. Misalnya hewan. mikroorganisme.PEMBAGIAN EKOSISTEM  Berdasarkan fungsi :   Komponen autotrofik. merupakan organisme yang mampu menyediakan makanannya sendiri yang berupa bahan – bahan organik dan bahan-bahan anorganik dengan bantuan energi matahari dah klorofil Komponen heterotrofik.

menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati. 11 . misalnya hewan dan manusia yang makan organisme lain. sinar matahari dsb dan merupakan tempat untuk berlangsungnya kehidupan. Konsumen (organisme heterotrofik) . Berdasarkan unsur penyusun :       Senyawa anorganik. Misalnya bakteri dan jamur. umumnya berupa tumbuhan berklorofil yang dapat mensintesis makanan dari bahan anorganik. Pengurai atau decomposer (saprotrof dan osmotrof). air. berupa faktor fisik Produsen ( organisme autotrofik ). Senyawa organik Resim iklim. udara. komponen fisik dan kimia yang terdiri atas tanah.

40-80 unsur seperti C. Aliran energi. suatu sistem kehidupan yang disusun oleh tumbuhan dan berbagai jenis hewan. Daur materi . rantai makanan (di ekosistem akuatik maupun tersetrial) dan jaring-jaring makanan. a. H. S. 12 . 3. kemudian dimakan oleh hewan pemakan detritus. 2. berawal dari bahan organik yang telah mati yang dipecah oleh mikroorganisme. N. Rantai makanan detritus (detritus food chain). Rantai makana tanaman (grazing food chain). P. berawal dari tanaman hijau yang dimakan oleh herbivora selanjutnya herbivora dimakan oleh carnivora b. O. dll Rantai makanan.PROSES UTAMA DALAM EKOSISTEM 1. kemudian dimakan predatornya.

3. 4. 2. 5. 6. . 7.TIPE EKOSISTEM Menurut Tandjung ( 1999 ) ada 7 ekosistem utama : Hutan Hujan tropis Terumbu karang Mangrove Pantai Sungai Pegunungan dan gua kapur Binaan 13 1.

 1. 3. 2. Ekosistem yang hampir punah : Hutan Hujan tropis Terumbu karang Mangrove 14 .

 Hutan hujan tropis indonesia adalah penyusun utama sumber daya hayati flora darat  15 .EKOSISTEM HUTAN HUJAN TROPIS Ekosistem ini berada di wilayah tropika termasuk indonesia dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun.  Hutan hujan tropis di indonesia terdapat di kalimantan dan sumatra yang mendapat hujan setiap tahun dan mempunyai kelembaban sekitar 80%.

5. 6.FUNGSI HUTAN HUJAN TROPIS 1. 4. Pengatur tata air Penyerap karbondioksida Habita satwa Sumber plasma nutfah Penciptaan iklim mikro Bioindikator terjadinya hujan asam dan pencemaran udara yang lain Pencegah erosi banjir 16 . 2. 7. 3.

ikan. benthos. crustacea. moluska. Penyusun terumbu karang: scleractina bersimbiosis dengan algae zooxanthellae. rumput laut. dan merupakan gabungan dari berbagai macam hewan.  17 . yang membuat kerangka di luar tubuhnya sebagai pelindung yang dibuat dari bahan kapur (kalsium karbonat).EKOSISTEM TERUMBU KARANG Terumbu karang adalah tipe ekosistem yang sangat khas tropis.  Yang ada di ekosistem ini: plankton.  Fungsi ekosistem terumbu karang: pelindung pantai dari hempasan ombak.

 Di pantai Jakarta Utara terdapat kawasan hutan lindung dan cagar alam Muara Angke. Kawasan hutan itu tergolong komunitas mangrove yang disusun oleh berbagai jenis tumbuhan terutama bakau bakau (Rhizophora spp.) Dan api api (Avicennia spp. Kalimantan dan Papua..EKOSISTEM MANGROVE Sekitar 4 juta hektar hutan mangrove tersebar dibeberapa pantai antara lain Sumatra.  18 .). Sonneratia spp.  Komunitas mangrove yang tumbuh di pinggir pantai ini ke arah daratan membentuk ekosistem rawa. Jawa.

Menjaga garis pantai dan tebing sungai 2.FUNGSI EKOSISTEM MANGROVE Fisik Biologi Ekonomi 1. Habitat biota lain 1. Mempercepat accresion 3. Megelolah limbah 4. benur dan larva kerang 2. Rekreasi 19 . Mencegah banjir 1. Ladang garam 3. Sumber kayu 4. Tambak ikan dan udang 2. Tempat tinggal kera dan burung 3. Tempat tumbuh nener.

anemon laut. Daerah ini dihuni oleh beberapa jenis ganggang.EKOSISTEM PANTAI      Ekosistem pantai letaknya berbatasan dengan ekosistem darat. moluska. dan remis yang menjadi konsumsi bagi kepiting dan burung pantai. landak laut. Daerah ini dihuni oleh ganggang. porifera. dan ikan-ikan kecil. Ekosistem pantai dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut laut. kepiting. 20 . siput herbivora dan karnivora. Daerah pantai terdalam terendam saat air pasang maupun surut. dan daerah pasang surut. Daerah tengah pantai terendam saat pasang tinggi dan pasang rendah. laut. bintang laut. Daerah ini dihuni oleh beragam invertebrata dan ikan serta rumput laut. Organisme yang hidup di pantai memiliki adaptasi struktural sehingga dapat melekat erat di substrat keras. Daerah paling atas pantai hanya terendam saat pasang naik tinggi. remis dan kerang.

anak sungai. dan hilir. sehingga dapat mendukung rantai makanan. Di anak sungai sering dijumpai Man air tawar. Sebagai gantinya terjadi fotosintesis dari ganggang yang melekat dan tanaman berakar. karena akan terbawa arus. . Di hilir sering dijumpai ikan kucing dan gurame. Beberapa sungai besar dihuni oleh berbagai kura-kura dan ular. Komposisi komunitas hewan juga berbeda antara sungai. Air sungai yang mengalir deras tidak mendukung keberadaan komunitas plankton untuk berdiam diri. Organisme sungai dapat bertahan tidak terbawa arus karena mengalami adaptasi evolusioner. Khusus sungai di daerah tropis.EKOSISTEM SUNGAI     Sungai adalah suatu badan air yang mengalir ke satu arah Komunitas yang berada di sungai berbeda dengan danau. Misalnya bertubuh tipis 21 dorsoventral dan dapat melekat pada batu. dihuni oleh buaya dan lumba-lumba.

22 .

Pencemaran lingkungan akibat kegiatan industri d. Pencemaran lingkungan oleh kegiatan rumah tangga dan perorangan b. Pencemaran lingkungan a. Pencemaran lingkungan oleh kegiatan pertanian c. Pencemaran oleh kegiatan transportasi 2.MASALAH KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP 1. Pencemaran lingkungan kaitannya dengan kesehatan lingkungan 23 .

Pergeseran alokasi pemakaian sumber daya dan penyebaran pencemaran dari negara industri ke negara berkembang. d. Perubahan tingkat pertumbuhan penduduk dunia b. Pencemaran tidak mengenal batas negara (pollution knows no national boundary) Hujan asam  Lubang ozon  Efek rumah kaca danpemanasan global  24 . Limbah bahan berbahaya beracun (B3) c. Menyebarnya dampak lokal menjadi global e.3. Masalah lingkungan global Krisis ekologi terkait dengan masalah lingkungan global: a.

Kegiatan: 1. Fisik : gempa bumi. Pembangunan dibidang pariwisata Dampak positif:   Tersedianya lapangan pekerjaan Naiknya pendapatan negara Dampak negatif:  Berubahnya nilai budaya masyarakat 25 .DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN  Dampak lingkungan menurut UULH no. Biologi: pertumbuhan tanaman enceng gondok di waduk 2. Kimia: gas-gas kimia yang dikeluarkan oleh alam seperti gas co yang ada di dieng c. Kegiatan yang dilakukan manusia misalnya: a. 23 tahu 1997 : perubahan lingkunga oleh suatu kegiatan. Bersifat alamiah adalah kegiatan yang dilakukan oleh alam bersifat: a. banjir dan lain lain b.

b. Pembangunan dibidang industri Dampak positif: Tersedianya lapangan kerja  Naiknya pendapatan negara. air dan kebisingan ) 26 .dll  Dampak negatif:  Pencemaran lingkungan (udara.

soemarno.Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan.Jakarta:Erlangga http://images.ppt?nmi d=57780919 [akses online pada tanggal 06 Oktober 2012 pada pukul 09.pdf [akses online pada tanggal 06 Oktober 2012 pada pukul 09.multiply.id/internal/131661520/material/dasarekologi.H.10 WIB] http://salmanisaleh.pdf [akses online pada tanggal 06 Oktober 2012 pada pukul 09.00 WIB] http://staff.SUMBER Siahaan.com/2011/08/diktat_ilmulingkungan.files.wordpress.15 WIB] 27 .ac.2004.ui.T.com/attachment/0/RunWlgoKCt gAAHOKJSY1/zzPRINSIP%20DASAR%20EKOLOGI.N.

28 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful