P. 1
WERSTUK RINDY

WERSTUK RINDY

|Views: 95|Likes:
Published by Rindy Aditia

More info:

Published by: Rindy Aditia on Oct 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

WERSTUK Tanaman Alang-alang (Imperata cylindrica

)

Disusun oleh : RINDY ADITIA RAHMADANI 080914021

DEPARTEMAN BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA 2012

damar. coixol. dan menghilangkan haus. agresif rhizomatus umumnya dianggap tanaman hama merusak karena kemampuannya untuk berhasil membubarkan. diuretic (meluruhkan kemih). arundoin. Tetapi jka akarnya masih tertancap kuat di dalam tanah.BAB I PENDAHULUAN Tumbuhan alang-alang (Imperata cylindrica) atau ilalang lebih banyak kita kenal sebagai tumbuhan pengganggu atau gulma. Selama ini masyarakat yang risih dengan ilalang biasanya membakar tanaman dan rerimbunan lain. Tumbuhan ini seperti padi tapi tidak memiliki biji. fernerol. Alang-alang sangat mudah ditemukan dimana saja karena pertumbuhannya yang sangat pesat. Ia akan tumbuh lagi dan meninggi. dan kemudian bersaing dengan dan memindahkan vegetasi yang diinginkan dan mengganggu ekosistem melalui berbagai lingkungan dan kondisi. alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas). Dengan kandungan seperti itu. Di daerah tropis dan subtropis. malic acid. citrit acid. upaya ini sebernarnya sia-sia. atau membabatnya habis. Hasil penelitian tentang tanaman ini menyebutkan bahwa kandungan dalam Alang-alang memiliki banyak khasiat antara lain. Tumbuhan ini banyak tumbuh liar di tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. hemostatik (menghentikan pendarahan). sakharosa. asam kersik. jika tahu cara mengolahnya. Ternyata tumbuhan yang satu ini banyak manfaatnya. cylindrin. kandungan manitol. menjajah. anemonin. menyebar. glukosa. simiarenol. Tanaman ini termasuk familia Poaceae dan telah digolongkan sebagai salah satu dari sepuluh gulma terburuk di dunia. dan logam alkali. .

Sifat hemostatik yang bias menghentikan pendarahan. selain itu pada umumnya di sekitar lokasi alang-alang telah tersedia infrastruktur walaupun masih sangat terbatas. Keadaan ini memungkinkan terjadinya kebakaran. Dengan makin menciutnya lahan pertanian subur karena beralih fungsi. Lahan Alang-alang merupakan lahan yang tidak produktif dan tersebar cukup luas di Indonesia. Pemanfaatan lahan alang-alang untuk usaha pertanian relatif lebih baik jika dibandingkan dengan membuka hutan. perladangan berpindah. Alang-alang merupakan gulma yang mempunyai kemampuan tumbuhan yang sangat mengagumkan. dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi mimisan dan pendarahan dalam. Lahan Alang-alang berkembang di daerah yang memiliki musim penghujan cukup panjang. . maka salah satu upaya dalam meningkatkan dan mempertahankan ketahanan pangan adalah dengan melalui perluasan areal pertanian terutama di luar jawa yang lahannya masih cukup luas meskipun tanahnya kurang subur. karena selain biaya lebih murah juga akan memperbaiki lingkungan serta mempertahankan fungsi hidrologis hutan. Alang-alang dapat berkembang biak melalui biji atau rhizome (akar rimpang). tetapi masih memiliki bulan kering yang cukup. atau cara pengelohan tanah yang kurang baik seperti yang terjadi di daerah-daerah transmigrasi. Alang-alang merupakan tumbuhan pioner pada lahan terbuka akibat penebangan. Sifatnya yang muda terbakar mengakibatkan terjadinya titik api yang dapat membakar kawasan hutan disekitarnya dan menyebabkan terjadi pencemaran udara. jebakaran hutan. Salah satu areal yang cukup potensial untuk pengembangan pertanian adalah lahan alang-alang yang sejauh ini merupakan lahan terbuka yang dibiarkan dan belum dimanfaatkan.Sifat diuretic yang mengeluarkan cairan tubuh tak berguna ini juga berguna untuk mengontrol tekanan darah yang cenderung tinggi.

5 m.memiliki Perawakan herba. dengan tulang daun yang lebar dan pucat di tengahnya. dengan anak bulir berambut panjang (putih) lk. Tumbuhan ini menyukai tempat yang memperoleh banyak cahaya dan tidak dapat tumbuh bila mendapat naungan penuh. merayap. menjulang naik ke atas tanah dan berbunga. Sifat fisik tanah yang dikehendaki yaitu tanah kapur yang memililik tubuh tanah kering. kerapkali dengan karangan rambut di bawah buku. B. HABITAT Imperata cylindrica (Alang-alang) merupakan tanaman kosmopolit. 2005). Meskipun . serupa ranjau duri. Batang pendek. 1 cm. merayap di bawah tanah. berambut panjang di pangkalnya.2 – 1. Helaian daun berbentuk garis (pita panjang) lanset berujung runcing. bertepi sangat kasar dan bergerigi tajam. rumput. Tinggi 0. miskin akan zat hara dan air. terdapat di 1-2700 m di atas permukaan laut.BAB II HABITUS A. HABITUS Imperata cylindrical (Alang-alang) .mudah dijumpai pada daerah kering yang cerah sinar matahari. dengan pangkal yang menyempit dan berbentuk talang. Imperata cylindrica cepat kering dan mudah terbakar pada musim kemarau dan cepat tumbuh kembali pada musim hujan.Ujung (pucuk) tunas yang muncul di tanah runcing tajam. sebagai alat melayang bulir buah bila masak (Admihadja. 6-28 cm panjangnya. panjang 12-80 cm. di tempattempat lain mungkin lebih. Merupakan jenis tumbuhan Rumput menahun dengan tunas panjang dan bersisik. sebagian kerapkali (merah) keunguan. Karangan bunga dalam malai.

2010). dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin. banyak disinari matahari sampai agak teduh. Dalam jumlah yang kecil persebarannya hingga ke Amerika Utara. 1986 ). Namun karena sifatnya yang invasif tersebut. Alang-alang dapat berkembangbiak dengan cepat.5. tumbuhan ini juga toleran terhadap kondisi-kondisi panas yang tinggi dan tempat-tempat mengandung sulfur dekat kawah(Rismunandar. Berlawanan dengan anggapan umum. spesies ini tumbuh dengan sehat pada tempat bertanah basah yang tinggi kesuburannya. Afrika.0—7. dan Selatan. Imperata cylindrica (Alang-alang) merupakan tumbuhan asli dari daerah tropis Dunia Lama dan tersebar luas di seluruh kawasan tropis dan sub-tropis Asia Tenggara. Di tempat-tempat semacam itu alang-alang dapat tumbuh dominan dan menutupi areal yang luas. di banyak tempat alangalang sering dianggap sebagai gulma yang sangat merepotkan (Wikipedia.tumbuh pada kisaran tipe tanah dan tingkat kesuburan yang luas. gersang atau berbatu-batu. Tengah. alang-alang tidak suka tumbuh di tanah yang miskin. Persebarannya juga mencapai kawasan beriklim sedang-hangat di New Zealand dan Jepang. dengan kondisi lembab atau kering. 2010). Di tanah-tanah yang becek atau terendam. atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah yang gembur. BAB III .Sampai taraf tertentu. bekas ladang. Pucuk-pucuk ilalang yang tumbuh setelah kebakaran disukai oleh hewan-hewan pemakan rumput. tepi jalan dan lain-lain. alang-alang pun tak mau tumbuh. sehingga lahan-lahan bekas terbakar semacam ini sering digunakan sebagai tempat untuk berburu (Wikipedia. kebakaran vegetasi dapat merangsang pertumbuhan alang-alang. Rumput ini senang dengan tanah-tanah yang cukup subur. sawah yang mengering. atau yang senantiasa ternaungi. subkontinental India dan Australia. pH tanah untuk menumbuhkan spesies ini berkisar antara 4. Gulma ini dengan segera menguasai lahan bekas hutan yang rusak dan terbuka.

BAB IV . 19 Gramineae ) – 1b – 2b – 17a ( Genus 16 : Imperata ) (Imperata cylindrica).DETERMINASI Adapun kunci determinasi dari tanaman Imperata cylindrica (Alang-alang) adalah sebagai berikut: 1b – 2b – 3b – 4a – 5a ( Fam.

1958). .KLASIFIKASI Adapun klasifikasi dari tanaman Imperata cylindrica (Alang-alang) adalah sebagai berikut: Divisio Class Ordo Familia Genus Species : Angiospermae (Spermatophyta) : Monocotyledonae : Poales (Glumiflorae) : Gramineae (Poaceae) : Imperata : Imperata cylindrica (Steenis.

sehingga alang-alang sulit dicabut. sekam tidak tersusun spiral. batang tidak keras. dan dari ujungnya dapat tumbuh tunas baru.Panjangnya ± 5 cm. berdaging.Lidahlidah atau ligula pada batas antara pelepah dan helaian daun lelihatan jelas. berguna untuk menahan air hujan agar tidak terjadi kemungkinan pembusukan. tingginya dapat mencapai 0. 1958). 2001).2(—3 m).2. bentuk bulat (teres).1—1.BAB V DESKRIPSI 1. terdapat 1—4(—8) nodus di . Rimpang yang tumbuh secara agresif. Batang (caulis) Batang rumput (calmus). 1.1. 1. yang muncul dari nodus atau bukubuku batang. pengolahan. system perakaran ini ditunjang oleh rimpang yang kuat. rimpangnya bersisik (Steenis. pengangkutan dan penimbunan (Tjitrosoepomo. tumbuhan tahunan (perennial) yang kuat dengan percabangan terbenam dalam tanah (yang panjangnya dapat mencapai 1 m).Batang tumbuh pendek dan bercabang dan memanjang di dalam tanah. Akar (Radix) Sistem perakaran pada alang-alang berupa system serabut. Rumpun tumbuh tegak. Organa Nutritiva Organa nitritiva adalah semua bagian tumbuhan yang secara langsung atau tidak langsung berguna untuk menegakkan kehidupan tumbuhan yaitu berguna untuk penyerapan.

yang terletak di atas adalah bunga sempurna dan yang terletak di bawah adalah bunga mandul. 1958). permukaan licin (laevis). lurus. pipih. terdapat lapisan ligula. daging daun tipis seperti kertas (papyraceus). terdapat bulu-bulu panjang yang halus di bagian pangkal daun (Tirosoepomo. bunga banci. ada lidah-lidah atau ligula pada perbatasan upih daun dengan helaian daun. warna daun hijau dengan permukaan atas lebih gelap dari permukaan bawah. pada satu tangkai terdapat dua bulir. terdiri dari upih daun (vagina) dan helaian daun (lamina). 1. Organa Reproduktiva Organa reproduktiva merupakan organ dari tumbuhan yang digunakan sebagai alat perkembangbiakan. sifat permukaan atas licin (laevis). rumpun tidak bercabang. panjang anak bulir sekitar 3-4 mm. Bunga (flos) Perbungaan berupa bulir majemuk. upih daun berwarna putih keunguan. daun memiliki bentuk menggaris-lanset. bangun daun bangun pita (ligulatus). ujung daun runcing (acutus). 2. spikelet berpasangan. 2. letak bersusun. silindris. pangkal daun lebih lebar dan di bagian ujungnya menyempit.1.3. pada pangkal bulir terdapat rambut alus panjang dan padat.Tepi daun diselubungi rambut. tapi daun rata (integer). panjang 6-28 cm. warnanya putih. solid dan biasanya terdapat bulu di tiap buku-bukunya (Steenis. kepala sari putih atau ungu. panjangnya 1 mm. benang sari seringkali dua. 1985).warnanya putih. Tumbuhan ini dapat berkembangbiak denga cara generatif dengan biji. tulang-tulang daun sejajar atau lurus (rectinervis). agak menguncup.tiap rumpun. . Daun (Folium) Daun tidak lengkap yang disebut daun pipih. mudah diterbangkan angin.

pada kaki terdapat rambut-rambut putih mengkilat yang berkarang. . kedua-duanya bertangkai. Mempunyai rumus bunga sebagai berikut (Wijayakusuma. (Steenis. 1993). panjang sekitar 1 mm. tersebar dan yang akhirnya menjadi tumbuhan baru.tangkai putik dua.Biji yang sudah tua mudah diterbangkan angin. 2.2. berpasangpasangan pada ujung sumbu malai. Biji (Semen) Biji jarang. 1958). warnanya coklat tua. warna ungu.3. muncul pada ujung anak bulir. kepala putik panjang. berup bulir-bulir kecil bertangkai pendek tidak berjarum. Buah (Fruktus) Buah berjenis buah bulir. 2. berguna untuk melayang (Steenis. . 1958).Buah yang masak warna coklat.

Daun berbentuk pita. atau melalui rimpangnya yang lekas menembus tanah dan tersebar luas di seluruh kawasan tropis dan sub-tropis Asia Tenggara. . Rimpang atau rhizoma merupakan hasil dari modifikasi antar batang dan daun. dengan benih-benihnya yang tersebar cepat bersama angin. Alang-alang merupakan tumbuhan asli dari daerah tropis. akar berupa rimpang yang kuat. demam. sakit kuning. darah tinggi.antara lain mimisan. sub-kontinental India dan Australia. dan Selatan. bunga berupa bulir majemuk. daun. hanya terdiri upih dan helai daun. Tengah. batuk.Selain sebagai pakan ruminansia.BAB VI RINGKASAN Imperata cylindrica merupakan tanaman menahun yang tumbuh tegak pada daerah kering dan cerah matahari.berguna untuk alat perkembangbiakan. tergolong sebagai tanaman gulma yang mengganggu bagi tanaman pangan.Daun tidak lengkap. sesak. Persebarannya juga mencapai kawasan beriklim sedanghangat di New Zealand dan Jepang. Dalam jumlah yang kecil persebarannya hingga ke Amerika Utara. dapat berbiak dengan cepat.dan tempat menyimpan cadangan makanan. dan akar berguna dalam menanggulangi masalah kesehatan. Afrika. bunga. batang bulat dan tertutup oleh pelepah daun.

Blog%20Archive%20»%20Khasiat%20_%20Manfaat%20Akar%20 Alang-alang%20(Imperata%20cylindrica). dkk. Jakarta : Pustaka Kartini. http://forum. Di akses 10 oktober 2012 Anonimus.1957. 2005.Bandung : PT. Anonimus.Van.com.DAFTAR PUSTAKA Adimihardja.html. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian.2010.edu/v3/index. 1986.2010. Bogor. Mendayagunakan Tanaman Rumput. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.php?PHPSESSID=90ac37ad075cddd832a 6c554397f3094&. Titrosoepomo. Morfologi Tumbuhan.Pradnya Paramita Steenis. Di akses 10 oktober 2012 . 1993. Pradnya Paramita.. Teknologi Pengelolaan Lahan Kering.1985. Flora untuk Sekolah di Indonesia. Hembing.upi. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Di akses 10 oktober 2012 Rismunandar.wikipedia. Wijayakusuma.Gembong.www. Bandung : PT. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->