P. 1
Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya

|Views: 66|Likes:
Published by leesuuin
materi mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya - Instrument Finansial
materi mata kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya - Instrument Finansial

More info:

Published by: leesuuin on Oct 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/22/2013

pdf

text

original

BANK & LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA

BANK & LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA
. . . INSTRUMENT FINANSIAL . . .

To. . .
KELOMPOK IIB
 Suciani A1C 008 071

 Rr. Dewi Paramitha
 Helsa Utami  Rizka Oktaviana  Desi Hermawati  Suriani Ahmad

A1C 008 125
A1C 008 141 A1C 009 024 A1C 009 129 A1C 010 031

SUB BAB PEMBAHASAN
 SISTEM FINANSIAL  ASET FINANSIAL  PASAR FINANSIAL  LEMBAGA-LEMBAGA FINANSIAL  PENGATURAN PEMERINTAH TERHADAP PASAR FINANSIAL DAN LEMBAGA FINANSIAL

SISTEM FINANSIAL  PENGERTIAN SISTEM FINANSIAL  SISTEM FINANSIAL  KARAKTERISTIK DASAR SISTEM  ARUS YANG TERJADI DALAM PEREKONOMIAN  PERANAN LEMBAGA FINANSIAL DALAM EKONOMI  KOMPONEN SISTEM FINANSIAL .

Sistem Finansial menyediakan mekanisme sistem perpindahan dana dari pihak yang surplus (yg mempunyai dana untuk dipinjamkan) kepada pihak defisit (peminjam dana).P E N G E RT I A N S I S T E M FINANSIAL Sistem merupakan suatu perangkat (kesatuan) yang didalamnya terdiri atas komponen .komponen yang terorganisasi menurut urutan dan menurut tugasnya dalam rangka mencapai tujuan atau misi tertentu. .

peraturan. Tugasnya yang utama adalah untuk menggerakkan dana dari penabung (unit masyarakat yang surplus) ke pihak yang memerlukan dana (unit yang defisit) untuk keperluan konsumsi dan investasi dibidang yang produktif  Unsur-unsur yang membentuk sistem finansial meliputi lembaga dan individu. hukum.SISTEM FINANSIAL  Sistem finansial merupakan salah satu subsistem dari sistem perekonomian suatu negara dan merupakan penemuan yang paling penting dalam masyarakat modern. pasar. serta teknik dan instrumen finansial .

K A R A K T E R I S T I K DA S A R SISTEM  Objektif  Lingkungan Sistem  Sumber Daya  Komponen dan Keluaran  Manajemen Sistem .

dan sebagai imbalannya. tenaga kerja dan keahlian manajemen.sumber daya yang langka dalam rangka memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. dalam suatu perekonomian terjadi arus produksi. akan terjadi arus pembayaran produk dalam bentuk uang. Dengan demikian.A RU S YA N G T E R JA D I DA L A M P E R E KO N O M I A N Fungsi mendasar suatu sistem perekonomian adalah untuk mengalokasikan sumber . Sistem perekonomian harus mengkombinasikan input (berupa tanah dan sumber daya lainnya. peralatan dan modal) dalam rangka menghasilkan output (dalam bentuk barang dan jasa). .

memperbaiki kualitas dana dalam arti mengumpulkan dana yang jumlahnya kecil dari para penabung menjadi jumlah yang besar sehingga mempunyai potensi investasi yang tinggi. lembaga finansial juga memperbaiki kualitas dana. efisiensi dan efektivitas alokasi dana yang dihimpunnya.P E R A N A N L E M BAG A F I N A N S I A L DA L A M E KO N O M I  Lembaga finansial tidak hanya menghimpun dana.  lembaga perantara finansial juga meningkatkan efisiensi pemakaian dana dengan menciptakan insrumen finansial yang lebih liquid dari aktiva yang diperoleh dan dimilikinya. .

KOMPONEN SISTEM FINANSIAL Sistem finansial dibangun dari komponen-komponen berikut:  Lembaga finansial  Instrument / Sekuritas finansial  Pasar finansial  Kesepakatan perdagangan  Peraturan / hukum  Pelaku-pelaku pasar finansial .

ASET FINANSIAL  PENGERTIAN ASET FINANSIAL  HARGA DAN RISIKO ASET FINANSIAL  FUNGSI ASET KEUANGAN .

yg nilainya tidak berhubungan dengan bentuk fisiknya.  Suatu Aset Finansial (instrumen keuangan atau sekuritas) memberi hak kepada pemilknya untuk menerima arus kas dimasa depan yang harus dibayar oleh emiten serta hak atas nilai likuidasi dari aset tersebut .PENGERTIAN ASET FINANSIAL  Aset Finansial adalah aset tak berwujud yg memiliki klaim khusus atas sejumlah manfaat di masa depan. Walaupun aset finansial tidak berwujud namun memiliki bukti transaksi dan kepemilikan.

sekalipun arus kas tersebut tidak diketahui secara pasti  Yang berhubungan langsung dengan konsep harga adalah pendapatan atau pengembalian yang diharapkan (expected return) dari suatu aset keuangan  Harga suatu aset akan berubah dalam arah yang terbalik dengan perubahan suku bunga diskonto .HARGA DAN RISIKO ASET FINANSIAL  Setiap harga aset keuangan sama dengan nilai sekarang (present value) dari arus kas yang diharapkan.

HARGA DAN RISIKO ASET FINANSIAL Tiga macam risiko yang berhubungan dengan investasi dalam aset keuangan:  Risiko daya-beli (purchasing risk): Risiko yang berkenaan dengan daya beli potensial dari arus kas yang diharapkan.  Risiko kelalaian (default risk): Ketidakmampuan emiten atau peminjam memenuhi kewajibannya.  Risiko nilai tukar (foreign exchange risk): Bagi aset-aset keuangan yang arus kas nya tidak didenominasi dalam dollar AS. terdapat risiko bahwa nilai tukar akan berubah ke arah negatif. sehingga menghasilkan jumlah dollar yang lebih kecil. .

.FUNGSI ASET FINANSIAL Aset finansial memiliki dua fungsi ekonomi utama:  Untuk mengalihkan dana dari mereka yang kelebihan dana kepada mereka yang membutuhkan dana untuk berinvestasi dalam aset-aset berwujud  Untuk mengalihkan dana dengan cara sedemikian rupa sehingga risiko yang tidak dapat dialihkan atau dibagikan antara mereka yang membutuhkan dana dan mereka yang menyediakan dana.

PASAR FINANSIAL  PENGERTIAN DAN PERAN PASAR FINANSIAL  PELAKU PASAR FINANSIAL  FUNGSI DASAR PASAR FINANSIAL  KLASIFIKASI PASAR FINANSIAL  PASAR FINANSIAL DERIVATIF  FAKTOR PENDORONG TERJADINYA GLOBALISASI PASAR FINANSIAL  KLASIFIKASI PASAR FINANSIAL GLOBAL  PERBANDINGAN ANTAR PASAR FINANSIAL .

.PENGERTIAN DAN PERAN PASAR FINANSIAL  pasar finansial ialah menyediakan fasilitas untuk menyalurkan tabungan masyrakat ke individu dan lembaga yang membutuhkan lebih banyak dana untuk dibelanjakan. dibandingkan dana yang berasal dari penghasilannya.  Peranan pasar finansial dalam menyalurkan dana ke dalam investasi sangat esensial bagi kesehatan dan vitalitas sistem perekonomian karena menyalurkan dana yang belum produktif ke dalam kegiatan yang produktif.

. lembaga pemerintah.PELAKU PASAR FINANSIAL Pasar finansial digerakkan oleh para pelaku pasar yang terdiri dari perusahaan swasta. dan juga perorangan.

FUNGSI DASAR PASAR FINANSIAL Fungsi dasar pasar finansial ialah menyediakan fasilitas untuk menyalurkan dana dari unit-unit surplus ke unit-unit defisit. .

Pasar derivatif Pasar lelang. Pasar skunder Pasar utang. Pasar ekuitas Pasar spot. Nama Jenis Pasar .C). Pasar perantara Pasar eksternal (offshore market). pasar finansial.T.KLASIFIKASI PASAR FINANSIAL Dasar Klasifikasi Jangka waktu jatuh tempo Waktu penerbitan klaim Sifat dari kalim Waktu penyelesaian transaksi Struktur organisasi Keuangan global Pasar uang. Pasar internal (pasar domestik dan pasar luar negeri) Sifat komoditi Pasar produk. bursa paralel (O. Pasar modal Pasar primer. pasar faktor-faktor produksi.

Instrumen finansial derevatif adalah kontrak yang harganya merupakan harga turunan dari aset finansial induknya. dan Persetujuan pembayaran premi atau denda (cap and floor agreement).  Fungsi utama instrument derivatif adalah sebagai sarana untuk mengendalikan resiko .PASAR FINANSIAL DER IVATIF  Pasar derivatif adalah pasar yang menyediakan fasilitas untuk jual beli instrument derevatif.  Yang termasuk dalam instrumen derevatif adalah: • • • • • Kontrak opsi Kontrak di muka (futures contracts) Kontrak yang dimajukan (forward contract) Persetujuan pertukaran atau barter (swap agreement).

 Kemajuan tekhnologi yang digunakan untuk memonitor pasar dunia.  Meningkatkan pelaku lembaga dalam pasar-pasar finansial. .FA K T O R P E N D O RO N G T E R JA D I N YA G L O BA L I S A S I PA S A R F I N A N S I A L Faktor pendorong terjadinya globalisasi pasar finansial :  Deregulasi atau liberalisasi pasar/aktivitas baru pelaku pasar pada pusat keuangan utama dunia. melakukan transaksi dan menganalisis peluang laba.

dijual dan diperdagangkan. Pasar luar negeri adalah tempat sekuritas sekuritas dari para emiten yang tidak berdomisili dalam negara tersebut. 2.sekuritas yang memiliki dua karakteristik khusus. .KLASIFIKASI PASAR FINANSIAL GLOBAL 1. Pasar eksternal juga dinamakan pasar internasional adalah tempat perdagangan sekuritas . Pasar domestik adalah tempat di mana para emiten yang berdomisili dalam sebuah negara menerbitkan sekuritas dan tempat di mana sekuritas tersebut diperdagangkan.

Salah satu fungsi pokok pasar uang adalah memenuhi kebutuhan modal kerja bagi perusahaan. Sedangkan Pasar modal adalah pasar finansial yang khusus untuk jual beli sekuritas jangka panjang seperti saham dan obligasi. bursa paralel. Selain itu.  Pasar Primer Versus Pasar Skunder Pasar primer (pasar perdana) adalah untuk penjualan sekuritas yang baru diterbitkan. sebaliknya pasar negosiasi adalah pasar yang khusus untuk pihak-pihak yang telah mengikat perjanjian.P E R BA N D I N G A N A N TA R PA S A R FINANSIAL  Pasar Uang Versus Pasar Modal Pasar uang adalah pasar finansial untuk diperdagangkan sekuritas jangka pendek.. sebagai contoh adalah bursa efek. Pasar sekunder adalah pasar un tuk jual beli sekuritas lama. yaitu sekuritas yang jatuh temponya paling tinggi satu tahun. pasar uang juga menyediakan dana untuk spekulasi pembelian sekuritas dan komoditi. .  Pasar Terbuka Versus Pasar Negosiasi Pasar terbuka adalah pasar yang terbuka untuk umum.

LEMBAGA -LEMBAGA FINANSIAL  PENGERTIAN LEMBAGA FINANSIAL  LEMBAGA PERANTARA FINANSIAL  LEMBAGA-LEMBAGA FINANSIAL BUKAN BANK .

PENGERTIAN LEMBAGA FINANSIAL Lembaga finansial adalah perusahaan yang bisnisnya berkenaan dengan salah satu atau keduanya dari kegiatan Menghimpun atau meminjamkan dana dari masyarakat dalam berbagai bentuk atau cara .

• Perantara investasi yang meliputi perusahaan pembiayaan dan perusahaan reksadana . BPR. • Lembaga finansial yang berbentuk kontrak yang meliputi perusahaan asuransi dan perusahaan dana persiun. dan lembaga simpan pinjam. Lembaga ini menerbitkan sekuritas primer. yaitu instrument utang yang dibeli dari peminjam (unit defisit) dan dalam waktu yang sama menerbitkan (menjual) sekuritas sekunder kepada penabung dan deposan (unit surplus).LEMBAGA P ERANTARA FINANSIAL  Adalah Lembaga finansial yang bisnisnya menghimpun dana dan sekaligus mendistribusikan dana tersebut. yang meliputi bank umum.  Lembaga perantara finansial dibagi dalam tiga kategori sebagai berikut : • Bank.

. 3. 2. 5. Lembaga pembiayaan Lembaga perasuransian Lembaga dana pensiun Lembaga pasar modal Lembaga pegadaian. 4.L E M BAG A .L E M BAG A F I N A N S I A L BU K A N BA N K  Ada beberapa jenis lembaga keuangan yang tergolong dalam LKBB ini yaitu: 1.

P E N G A T U R A N P E M E R I N TA H T E R H A D A P PA S A R F I N A N S I A L D A N L E M B A G A F I N A N S I A L  TUJUAN PEMBUATAN PERATURAN  BENTUK-BENTUK PERATURAN  DEREGULASI DAN KETENTUAN LIKUIDASI BANK .

TUJUAN PEMBUATAN PERATURAN  Mencegah agar emiten sekuritas tidak menipu para investor dengan menyembunyikan informasi-informasi yang relevan  Menumbuhkan persaingan yang sehat dan keadilan dalam perdagangan sekuritas financial.  Meningkatkan stabilitas lembaguritas ma keuangan.  Membatasi kegiatan perusahaan asing dalam pasar dan lembaga financial di dalam negeri  Mengendalikan tingkat kegiatan ekonomi. .

BENTUK -BENTUK PERATURAN Peraturan bisa dikategorikan dalam empat bentuk : 1. 3. Peraturan yang membatasi kegiatan lembaga-lembaga financial dan pengelolaan mereka atas aset dan kewajiban. Peraturan yang mengatur tingkat kegiatan keuangan melalui pengendalian jumlah uang beredar serta pengendalian perdagangan di pasar-pasar financial. Peraturan yang mendorong diungkapkannya informasi-informasi yang relevan 2. 4. . Peraturan yang membatasi kebebasan investor dan perusahaan sekuritas luar negeri di pasar financial domestic.

. dan harta bank yang masih ada harus di jual untuk mendapatkan uang tunai guna membayar simpanan nasabah serta kewajiban lainnya dan sisanya jika masih ada untuk pemegang saham.  Likuidasi bank merupakan istilah yang menunjukkan pencabutan izin usaha bank.DEREGULASI DAN KETENTUAN LI KUI DASI BANK  Deregulasi perbankan diperlukan apabila dalam perkembangannya regulasi ternyata menghambat pelaksanaan kegiatan perbankan. pemerintah mengeluarkan secara berurutan serangkaian paket kebijaksanaan yang berkenaan dengan deregulasi di bidang perbankan. Untuk mendukung upaya tersebut. terlalu sempit ruang gerak. serta tidak dapat melakukan inovasi karena banyak pembatasan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->