BAB.

IV

MENGORGANISASIKAN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM PEMASARAN Bab ini membahas begaimana pemasaran diorganisasikan ,bagaimana ia berhubungan dengan fungsi perusahaan lainnya ,dan bagaiman astrategi perusahaan harus dimmplementasikan agar berhasil dalam pasar. Departemen pemasaran modern berevolusi melalui beberapa tahap.mulai sebagai departemen penjualan dan kemudian menjalankan fungsi tambahan ,seperti periklanan dan riset pemesaran . saat fungsi tambahan itu bertambah penting ,banyak perusahaan menciptakan departemen pemasaran untuk mengelolahnya .Orang penjualan dan pemasaran biasanya bekerja sama dengan baik .pada akhirnya ,kedua departemen itu dilebur menjadi satu departemen pemasaran modern yang diketuai oleh wakil direktur utama bidang pemasaran dan penjualan,namun dpartemen pemasaran modern tidak otomatis menciptakan perusahaan pemasaran modern kecuali bila semua departemen lain dan karyawan menerima dan melaksanakan oerientasi pelanggan . Departemen pemasaran modern diorganisasikan dalam sejumlah cara .organisasi pemasaran fungsional adalah organisasi dimana fungsi pemasaran diketahui ole manajer terpisah yang melapor kepada wakil direktur utama bidang pemasaran. Organisasi manajemen produk adalah organisasi dimana produk dibebankan pada manajer produk ,yang bekerja sama dengan spesialis fungsional untuk mengembangkan dan mengimplementasikan rencana mereka . Organisasi menejemen pasar adalah organisasi dimana pasar-pasar utama ditugaskan kepada manajer pasar ,yang bekerja sama dengan spesialis fungsional untuk mengembangkan dan mengimplementasikan rencana mereka. Beberapa perusahaan besar menggunakan kombinasi organisasi manajemen produk dan pasar yang disebut organisasi matriks .akhirnya ,perusahaan multidivisional hartus memutuskan apakah membentuk departemen pemasaran perusahaan seperti departemen pemasaran divisional. Pemasaran harus bekerja sama secara serasi dengan departemen lain dari perusahaan.Dalam mengejar kepentingan pelanggan, pemasaran sering mengalami pertentangan dengan litbang, teknik, pembelian , produksi, persediaan, keuangan, akuntansi, kredit dan fungsi lainnya.Konflik ini dapat dikurangi bila direktur utama perusahaan menjalankan perusahaan keorientasi pelanggan dan bila wakil direktur utama bidang pemasaran belajar untuk bekerja secar efektif dan eksekutif lain.Menerepkan orientasi pemasaran modern membutuhkan dukungan direktur utama, satuan tugas pemasaran, bantuan konsultan pemasaran luar, departemen pemasaran perusahaan, seminar pemasaran didalam

Organisasi Manajemen Produk dan Merek Perusahaan yang memproduksi berbagai produk dan merek biasanya membentuk suatu organisasi manajemen produk atau merek. Orang yang bertanggung jawab untuk fungsi pemasaran harus mengembangkan strategi yang efektif dan juga berhasil mengimplementasikannya. program dan kebijakan. produk dan pasar pelanggan. Cara Mengorganisasikan Departeman pemasaran Departeman pemasaran modern memiliki berbagai bentuk. Manajemen Produk/Organisasi Manajemen Pasar Perusahaan yang memproduksi banyak produk yang mengalir ke berbagai pasar mengalami suatu dilema. Organisasi Geografis Perusahaan yang menjual dalam pasar nasional sering mengorganisasikan tenaga penjualannya dan kadang fungsi. mengorganisasi. yang membutuhkan manager produk yang mengenal pasar-pasar yang sangat berbeda.fungsi lain. yang mengkoordinasikan kegiatan mereka. dan sistem perencanaan pemasaran berorientasi pasar. bukan lini. Organisasi perusahaan/divisional Dengan bertambah besarnya perusahaan multi produk/multi pasar. dengan tugas yang sama dengan manajer produk. daerah geografis.perusahaan. Implementasi Pemasaran .Manajemen pasar adalah posisi staf. Organisasi fungsional Bentuk organisasi pemasaran yang paling umum terdiri dari spesialis pemasaran fungsioanl yang melapor pada wakil direktur utama bidang pemasaran. Semua organisasi pemasaran harus mengakomodasi empat dimensi kegiatan pemasaran : fungsi .Manager pasara mengembagkan rencana jangka panjan dan tahunan untuk pasar mereka. mereka sering mengubah kelompok produk atau pasar yang lebih besar menjadi devisi-devisi yang terpisah. Implementasi pemasaran adalah proses mengubah rencana menjadi penugasan tindakan yang efektif membtuhkan keahlian dalam mengalokasi memonitor. bakat pemasaran yang disewa dari luar dan dipromosikan kedalam.Mereka dapat menggunakan sistem manajemen produk. dan berinteraksi pada tingkat fungsi pemasaran . Organisasi Manajemen Pasar Banyak perusahaan menjual produk mereka ke bergabai pasar yang berbeda.Sejalan dengan batas geografis.

Impelementasi pemasaran adalah proses yang mengubah rencana pemasaran menjadi penugasan tindakan dan memastikan bahwa pengusan tersebut dilaksankan dengan cara yang mencapai tujuan rencana yang telah dinyatakan tersebut. 3. Keahlian Impelentasi Pemasaran 1. Keahalian Mengalokasi Keahlian Memonitor Keahlian Mengorganisasikan Keahlian Berinteraksi . 2. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful