P. 1
Hak Asasi Manusia

Hak Asasi Manusia

|Views: 65|Likes:
Published by Muhammad Nazib

More info:

Published by: Muhammad Nazib on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

Hak Asasi Manusia Pengertian HAM HAM merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia sebagai

anugerah Tuhan yang melekat pada setiap dirimanusia sejak lahir. Istilah HAM dalam beberapa bahasa ; Perancis ( D roits de L’homme), Inggris (Human Right ),Belanda ( Menselijeke Rechten ) dan Spanyol (Derechos del Hombre) . Adapun pengertian HAM dari beberapa tokohatau dokumen, dapat dipelajari sebagai berikut: 1. Secara harfiah HAM ialah hak yang dimiliki oleh seseorang karena orang itu manusia. HAM adalah hak-hak dasar yang dimilikimanusia sejak lahir. 2. John Locke (Two Treaties on Civil Government ) HAM adalah hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati melekat pada setiap manusia dan tidak dapatdiganggu gugat (bersifat mutlak). Karena manusia adalah makhluk social, hak –hak itu akan berhadapan denganhak orange lain, oleh sebab itu ; - Hak asasi harus dikorbankan untuk kepentingan masyarakat, sehingga lahir kewajiban - Hak asasi semakin berkembanga meliputi berbagai bidang kebutuhan, antara lain hak di bidang politik,ekonomi, dan sosial budaya. 3. Koentjoro Poerbapranoto

Hak asasi adalah hak yang bersifat asasi. Artinya, hak-hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya yang tidakdapat dipisahkan dari hakikatnya sehingga sifatnya suci. 4. UU RI No. 39 tahun 1999 tentang HAM Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhlukTuhan Yang maha Esa dan merupakan anugaerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi olehNegara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabtmanusia. 5. Jan Materson (Anggota Komisi HAM PBB) Human rights could be generally defines as those rights which are inherent in our nature and without which wecan not live as human being

Macam–Macam HAM Berdasarkan Deklarasi Universal HAM (Universal Declaration of Human Rights), hak asasi dapat dibagi menjadi dua,yaitu ; a. Hak sipil dan Politik, yang meliputi ; - Hak hidup - Hak untuk bebas dari penyiksaanHak kebebasan dan keamanan pribadi - Hak diperlakukan secara manusiawiHak kebebasan bergerak dan memilih tempat tinggal
-

Hak mempunyai kedudukan yang sama di hadapan hukum

- Hak atas kebebasan berfikir

- Hak untuk berpendapat, berkumpul secara damai,berserikat - Hak untuk ikut serta dalam pemerintahan - Hak untuk memilih dan di[ilih dalam Pemilu - Hak untuk mendapat pelayanan atas dasarpersamaan b. Hak bidang ekonomi, sosial, dan budaya meliputi ; - Hak untuk menentukan nasibnya sendiri - Hak persamaan bagi laki-laki dan perempuan untukmenikmati hak-hak ekonomi, social dan budaya - Hak atas pekerjaan - Hak jaminan social - Hak atas standar kehidupan yang layak - Hak bebas dari kelaparan - Hak menikmati standar tertinggi keshatan fisik danmental - Hak atas pendidikan - Hak untuk ambil bagian dalam kebudayaan, meikmatimanfaat dari kemajuan ilmu pengetahuan danpenerapannya, memeperoleh manfat dari perlindunganatas kepentingan moral, dan material dari karya ilmupengetahuan, sastra, atau seni yang diciptakan.

Dari beberapa pendapat para ahli, dapat dikataka bahwa pada dasarnya HAM meliputi hak untuk hidup, hak untukmerdeka, dan hak untuk memiliki sesuatu. Dalam perkembangan selanjutnya, terdapat macam-macam hak asasi yangdapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.

Hak asasi pribadi ( personal rights),

. mustahil kita dapat hidup sebagai manusia. Hak asasi politik (political rights).4).adalah hak asasi yang dimilki manusia secara pribadi.5). seperti hak untuk memilih dalam Pemilu. dan memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan Sejarah HAM Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan. seperti hak memiliki pendidikan di SMA atau SMK. hak untuk dipilih dalam Pemilu dan hak untuk berorganisasi. Hak asasi dalam tata cara peradilan ( procedural rights). Hak asasi dapat dirumuskan sebagai hak yang melekat dengan kodrat kita sebagai manusia yang bila tidak ada hak tersebut.5).3). adalah hak untuk memeperoleh perlakuan tata caraperadilan dan perlindungan. Hak asasi social budaya (social and culture rights). 6. 3. Hak asasi ekonomi ( property rights). Hak ini dimiliki oleh manusia semata – mata karena ia manusia. adalah hak asasi untuk memiliki sesuatu. adalah hak untuk memilih pendidikan dan mengembangkanbudaya. seperti hak untuk memebli ataumenjual sesuatu dan hak untuk menyewakan sesuatu. adalah hak untuk ikut serta dalam pemerintahan. 4. dan hak kebebasan untuk bergerak . 2. sepertihak untuk mendapatkan perlindungan dan jaminan hukum. 5. seperti hak untuk memilihagama dan menjalankan ibadah. Hak asasi mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan ( rights of legal equality). dansebagainya. hak untuk menyatakan pendapat. seperti hak untuk mendapatkan perlakuan yang benar dalam penangkapan danpenggeledahan.

menghormati. Sebelum dibahas lebih mendalam mengenai hak asasi manusia di Indonesia. harkat dan martabat kemanusiaannya. diawali sejak manusia ada di muka bumi. Karena itu. Sejarah mencatat berbagai peristiwa besar di dunia ini sebagai suatu usaha untuk menegakkan hak asasi manusia. kita wajib untuk memperhatikan. ada juga kewajiban asasi manusia. Hal itu disebabkan oleh hak – hak kemanusiaan yang sudah ada sejak manusia itu dilahirkan dan merupakan hak kodrati yang melekat pada diri manusia. Dalam menggunakan Hak Asasi Manusia. yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan demi terlaksana atau tegaknya hak asasi manusia (HAM). Kesadaran akan hak asasi manusia . yaitu Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan hak yang tidak dapat diabaikan. bersifat universal. Sebagai manusia. Maka hak asasi manusia itu tidak tergantung dari pengakuan manusia lain. ia makhluk Tuhan yang mempunyai martabat yang tinggi.selain ada hak asasi manusia. dan menghargai hak asasi yang juga dimiliki oleh orang lain. Hak ini dibutuhkan manusia selain untuk melindungi diri dan martabat kemanusiaanya juga digunakan sebagai landasan moral dalam bergaul atau berhubungan dengan sesama manusia. Hak asasi manusia ada dan melekat pada setiap manusia. atau Negara lain. masyarakat lain. Hak asasi diperoleh manusia dari Penciptanya. Oleh karena itu. Pada setiap hak melekat kewajiban. artinya berlaku di mana saja dan untuk siapa saja dan tidak dapat diambil oleh siapapun. harga diri .bukan karena pemberian masyarakat atau pemberian negara. terlebih dahulu kita membahas sekelumit sejarah perkembangan dan perumusan hak asasi manusia di Dunia. Perkembangan atas pengakuan hak asasi manusia .

seperti Socrates (470-399 SM) dan Plato (428-348 SM) meletakkan dasar bagi perlindungan dan jaminan diakuinya hak – hak asasi manusia. Tonggak pertama bagi kemenangan hak-hak asasi terjadi di Inggris. Hak Asasi Manusia di Yunani Filosof Yunani. 1. Perjuangan tersebut tampak dengan adanya berbagai dokumen kenegaraan yang berhasil disusun dan disahkan. Perkembangan tersebut antara lain dapat ditelusuri sebagai berikut. .ini berjalan secara perlahan dan beraneka ragam. Tindakan sewenang-wenang Raja John tersebut mengakibatkan rasa tidak puas dari para bangsawan yang akhirnya berhasil mengajak Raja John untuk membuat suatu perjanjian yang disebut Magna Charta atau Piagam Agung. Konsepsinya menganjurkan masyarakat untuk melakukan sosial kontrol kepada penguasa yang zalim dan tidak mengakui nilai – nilai keadilan dan kebenaran. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut : ü MAGNA CHARTA Pada awal abad XII Raja Richard yang dikenal adil dan bijaksana telah diganti oleh Raja John Lackland yang bertindak sewenang–wenang terhadap rakyat dan para bangsawan. Aristoteles (348-322 SM) mengajarkan pemerintah harus mendasarkan kekuasaannya pada kemauan dan kehendak warga negaranya. 2. Hak Asasi Manusia di Inggris Inggris sering disebut–sebut sebagai negara pertama di dunia yang memperjuangkan hak asasi manusia.

à Apabila seseorang tanpa perlindungan hukum sudah terlanjur ditahan. Piagam Magna Charta itu menandakan kemenangan telah diraih sebab hak-hak tertentu yang prinsip telah diakui dan dijamin oleh pemerintah. Tak seorang pun dari warga negara merdeka dapat ditahan atau dirampas harta kekayaannya atau diasingkan atau dengan cara apapun dirampas hak-haknya. à Polisi ataupun jaksa tidak dapat menuntut seseorang tanpa bukti dan saksi yang sah.Magna Charta dicetuskan pada 15 Juni 1215 yang prinsip dasarnya memuat pembatasan kekuasaan raja dan hak asasi manusia lebih penting daripada kedaulatan raja. kecuali berdasarkan pertimbangan hukum. dan kebebasan Gereja Inggris. à Seseorang yang bukan budak tidak akan ditahan. raja berjanji akan mengoreksi kesalahannya. Ø Raja berjanji kepada penduduk kerajaan yang bebas untuk memberikan hak-hak sebagi berikut : à Para petugas keamanan dan pemungut pajak akan menghormati hakhak penduduk. Piagam tersebut menjadi lambang munculnya perlindungan terhadap hak-hak asasi karena ia mengajarkan bahwa hukum dan undang-undang derajatnya lebih tinggi daripada kekuasaan raja. ditangkap. Isi Magna Charta adalah sebagai berikut : Ø Raja beserta keturunannya berjanji akan menghormati kemerdekaan. . dinyatakan bersalah tanpa perlindungan negara dan tanpa alasan hukum sebagai dasar tindakannya. hak.

ü HOBEAS CORPUS ACT Hobeas Corpus Act adalah undang.undang yang mengatur tentang penahanan seseorang dibuat pada tahun 1679. Ø Alasan penahanan seseorang harus disertai bukti yang sah menurut hukum. Isinya adalah sebagai berikut : Ø Seseorang yang ditahan segera diperiksa dalam waktu 2 hari setelah penahanan. . Ø Warga negara tidak boleh dipaksakan menerima tentara di rumahnya.ü PETITION OF RIGHTS Pada dasarnya Petition of Rights berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai hak-hak rakyat beserta jaminannya. Petisi ini diajukan oleh para bangsawan kepada raja di depan parlemen pada tahun 1628. ü BILL OF RIGHTS Bill of Rights merupakan undang-undang yang dicetuskan tahun 1689 dan diterima parlemen Inggris. yang isinya mengatur tentang : Ø Kebebasan dalam pemilihan anggota parlemen. Ø Tentara tidak boleh menggunakan hukum perang dalam keadaan damai. Isinya secara garis besar menuntut hak-hak sebagai berikut : Ø Pajak dan pungutan istimewa harus disertai persetujuan.

Ø Hak warga Negara untuk memeluk agama menurut kepercayaan masingmasing .Ø Kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat. ketika manusia telah memiliki hak-hak dasar secara perorangan. undang-undang dan pembentukan tentara tetap harus seizin parlemen. liberty. locke berpendapat bahwa . dan kebebasan untuk menikmati kebhagiaan. suatu deklarasi kemerdekaan yang diumumkan secara aklamasi oleh 13 negara bagian. merupakan pula piagam hak – hak asasi manusia karena mengandung pernyataan “Bahwa sesungguhnya semua bangsa diciptakan sama derajat oleh Maha Pencipta. Dalam keadaan bersama-sama. Ø Pajak. Ø Parlemen berhak untuk mengubah keputusan raja. Pemikiran John Locke mengenai hak – hak dasar ini terlihat jelas dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat yang dikenal dengan DECLARATION OF INDEPENDENCE OF THE UNITED STATES. kemerdekaan.seperti hak atas hidup. hidup lebih maju seperti yang disebut dengan status civilis. Revolusi Amerika dengan Declaration of Independence-nya tanggal 4 Juli 1776. Hak Asasi Manusia di Amerika Serikat Pemikiran filsuf John Locke (1632-1704) yang merumuskan hak-hak alam. John Locke menggambarkan keadaan status naturalis. Bahwa semua manusia dianugerahi oleh Penciptanya hak hidup. kebebasan. dan milik (life. 3. and property) mengilhami sekaligus menjadi pegangan bagi rakyat Amerika sewaktu memberontak melawan penguasa Inggris pada tahun 1776.

Declaration of Independence di Amerika Serikat menempatkan Amerika sebagai negara yang memberi perlindungan dan jaminan hak-hak asasi manusia dalam konstitusinya. ü Kebebasan memilih agama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya (freedom of religion). Kebebasan. . dan Italia. Kebebasan – kebebasan tersebut juga merupakan hak (kebebasan) bagi umat manusia untuk mencapai perdamaian dan kemerdekaan yang abadi. Empat kebebasan Roosevelt ini pada hakikatnya merupakan tiang penyangga hak-hak asasi manusia yang paling pokok dan mendasar. Jepang. kendatipun secara resmi rakyat Perancis sudah lebih dulu memulainya sejak masa Rousseau. Amanat Presiden Flanklin D. ü Kebebasan dari kekurangan dan kelaparan (freedom from want).kebebasan tersebut dimaksudkan sebagai kebalikan dari kekejaman dan penindasan melawan fasisme di bawah totalitarisme Hitler (Jerman). ü Kebebasan dari rasa takut (freedom from fear). Roosevelt tentang “empat kebebasan” yang diucapkannya di depan Kongres Amerika Serikat tanggal 6 Januari 1941 yakni : ü Kebebasan untuk berbicara dan melahirkan pikiran (freedom of speech and expression).manusia yang berkedudukan sebagai warga negara hak-hak dasarnya dilindungi oleh negara. kemudian Woodrow Wilson dan Jimmy Carter. Kesemuanya atas jasa presiden Thomas Jefferson presiden Amerika Serikat lainnya yang terkenal sebagai “pendekar” hak asasi manusia adalah Abraham Lincoln.

. Naskah tersebut dikenal dengan DECLARATION DES DROITS DE L’HOMME ET DU CITOYEN yaitu pernyataan mengenai hak-hak manusia dan warga negara. kesamaan. semua hak-hak asasi manusia dicantumkan seluruhnya di dalam konstitusi Prancis yang kemudian ditambah dan diperluas lagi pada tahun 1793 dan 1848. Hak Asasi Manusia di Prancis Perjuangan hak asasi manusia di Prancis dirumuskan dalam suatu naskah pada awal Revolusi Prancis. egalite. Hak Asasi yang tersimpul dalam deklarasi itu antara lain : 1) Manusia dilahirkan merdeka dan tetap merdeka. Perjuangan itu dilakukan untuk melawan kesewenangwenangan rezim lama. Rousseau. Pernyataan yang dicetuskan pada tahun 1789 ini mencanangkan hak atas kebebasan. serta Montesquieu. 4) Warga Negara mempunyai hak yang sama dan mempunyai kedudukan serta pekerjaan umum. Lafayette merupakan pelopor penegakan hak asasi manusia masyarakat Prancis yang berada di Amerika ketika Revolusi Amerika meletus dan mengakibatkan tersusunnya Declaration des Droits de I’homme et du Citoyen. 3) Manusia merdeka berbuat sesuatu tanpa merugikan pihak lain. dan persaudaraan atau kesetiakawanan (liberte. fraternite). 5) Manusia tidak boleh dituduh dan ditangkap selain menurut undang-undang.4. Juga dalam konstitusi tahun 1793 dan 1795. Voltaire.J. 2) Manusia mempunyai hak yang sama. Kemudian di tahun 1791. revolusi ini diprakarsai pemikir – pemikir besar seperti : J.

13) Adanya kemerdekaan hak milik. Karya itu berupa UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHTS atau Pernyataan Sedunia .6) Manusia mempunai kemerdekaan agama dan kepercayaan. 8) Adanya kemerdekaan surat kabar. Sidangnya dimulai pada bulan januari 1947 di bawah pimpinan Ny. 15) Adanya hak hidup dan mencari nafkah. mulai tahun 1946. 10) Adanya kemerdekaan berserikat dan berkumpul. 12) Adanya kemerdekaan rumah tangga. Eleanor Rossevelt. PBB membentuk komisi hak asasi manusia (commission of human right). 14) Adanya kemedekaan lalu lintas. Hak Asasi Manusia oleh PBB Setelah perang dunia kedua. 7) Manusia merdeka mengeluarkan pikiran. tanggal 10 Desember 1948 Sidang Umum PBB yang diselenggarakan di Istana Chaillot. disusunlah rancangan piagam hak-hak asasi manusia oleh organisasi kerja sama untuk sosial ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terdiri dari 18 anggota. 9) Adanya kemerdekaan bersatu dan berapat. dan melaksanakan kerajinan. 5. 11) Adanya kemerdekaan bekerja. Paris menerima baik hasil kerja panitia tersebut.berdagang. Baru 2 tahun kemudian.

48 negara menyatakan persetujuannya. setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu. Bahwa setiap orang mempunyai Hak : ü Hidup ü Kemerdekaan dan keamanan badan ü Diakui kepribadiannya ü Memperoleh pengakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum untuk mendapat jaminan hokum dalam perkara pidana. Dari 58 Negara yang terwakil dalam sidang umum tersebut. dan 2 negara lainnya absen. yang terdiri dari 30 pasal.tentang Hak – Hak Asasi Manusia. seperti diperiksa di muka umum. dianggap tidak bersalah kecuali ada bukti yang sah ü Masuk dan keluar wilayah suatu Negara ü Mendapatkan asylum ü Mendapatkan suatu kebangsaan ü Mendapatkan hak milik atas benda ü Bebas mengutarakan pikiran dan perasaan ü Bebas memeluk agama ü Mengeluarkan pendapat . 8 negara abstain. Universal Declaration of Human Rights antara lain mencantumkan.

Bagi bangsa Indonesia. Hak Asasi Manusia di Indonesia Hak Asasi Manusia di Indonesia bersumber dan bermuara pada pancasila. Bermuara pada Pancasila dimaksudkan bahwa pelaksanaan hak asasi manusia tersebut harus memperhatikan garis-garis yang telah ditentukan dalam ketentuan falsafah Pancasila. 6. melaksanakan hak asasi manusia bukan berarti melaksanakan dengan sebebas-bebasnya. namun semua anggota PBB secara moral berkewajiban menerapkannya. yakni Pancasila.ü Berapat dan berkumpul ü Mendapat jaminan sosial ü Mendapatkan pekerjaan ü Berdagang ü Mendapatkan pendidikan ü Turut serta dalam gerakan kebudayaan dalam masyarakat ü Menikmati kesenian dan turut serta dalam kemajuan keilmuan Majelis umum memproklamirkan Pernyataan Sedunia tentang Hak Asasi Manusia itu sebagai tolak ukur umum hasil usaha sebagai rakyat dan bangsa dan menyerukan semua anggota dan semua bangsa agar memajukan dan menjamin pengakuan dan pematuhan hak-hak dan kebebasan. Yang artinya Hak Asasi Manusia mendapat jaminan kuat dari falsafah bangsa. Meskipun bukan merupakan perjanjian. melainkan harus .kebebasan yang termasuk dalam pernyataan tersebut.

Berbagai instrumen hak asasi manusia yang dimiliki Negara Republik Indonesia.yakni: ü Undang – Undang Dasar 1945 ü Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia ü Undang – Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Di Indonesia secara garis besar disimpulkan. kebahagiaan. . kita tidak memperhatikan hak orang lain. dan bernegara Negara Republik Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia sebagai hak yang secara kodrati melekat dan tidak terpisah dari manusia yang harus dilindungi. dan kebebasan bergerak. berbangsa.maka yang terjadi adalah benturan hak atau kepentingan dalam hidup bermasyarakat. Hal ini disebabkan pada dasarnya memang tidak ada hak yang dapat dilaksanakan secara multak tanpa memperhatikan hak orang lain. dan ditegakkan demi peningkatan martabat kemanusisan. dan kecerdasan serta keadilan. dihormati. hak-hak asasi manusia itu dapat dibeda-bedakan menjadi sebagai berikut : Ø Hak – hak asasi pribadi (personal rights) yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat. Setiap hak akan dibatasi oleh hak orang lain. Jika dalam melaksanakan hak.memperhatikan ketentuan-ketentuan yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa Indonesia. kebebasan memeluk agama. yaitu Pancasila. kesejahteraan.

Berikut sejarah HAM dalam berbagai sumber atau dokumen. diantaranya : 1. hak pilih (dipilih dan memilih dalam pemilu) dan hak untuk mendirikan partai politik. penangkapan. dan peradilan. Ø Hak – hak asasi politik (political rights) yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan. Nabi Musa memerdekakan bangsa Yahudidari perbudakan Raja Fir’aun (Mesir) agar terbebas dari kesewenangan rajayang merasa dirinya sebagai Tuhan . Ø Hak – hak asasi sosial dan kebudayaan ( social and culture rights).Ø Hak – hak asasi ekonomi (property rights) yang meliputi hak untuk memiliki sesuatu. penggeledahan.d.1000 SM (Hukum Hammurabi) Perjuangan Nabi Ibrahim melawan kelaliman Raja Namrud yang memaksakanharus menyembahpatung (berhala). Ø Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights). 2500 s. Misalnya peraturan dalam hal penahanan. Misalnya hak untuk memilih pendidikan dan hak untukmengembangkan kebudayaan. hak untuk membeli dan menjual serta memanfaatkannya. Ø Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan ( rights of legal equality). Secara konkret untuk pertama kali Hak Asasi Manusia dituangkan dalam Piagam Hak Asasi Manusia sebagai lampiran Ketetapan Permusyawarahan Rakyat Republik Indonesia Nomor XVII/MPR/1998.

bijaksana. tidak boleh memaksa.Pada masa kebangkitan Romawi telah banyak lahir filsuf terkenal dengan visitentang hak asasi seperti :Socrates dan Plato yang banyak dikenal sebagaipeletak dasar diakuinya hak-hak asasi manusia. Kitab Suci Al-Qur’an Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW . menerapkan kasihsaying.yaitu Mahkamah Keadilan untuk melindungi orang-orang miskin danMajelis Rakyat atau Ecdesia .d.322 SM (Corpus Luris) Kaisar Romawi pada masaFlavius Anacius Justinianusmenciptakan peraturanhukum modern yang terkodifikasi dalamCorpus Lurissebagai jaminan ataskeadilan dan hak asasi manusia.2. berbuat adil. dan sebagainya. Dibawa oleh Nabi Isa Almasih sebagai peletak dasar etika Kristiani dan idepokok tingkah laku manusia agar senantiasa hidup dalam cinta kasih kepadaTuhan maupun sesama manusia. Solontelah menyusun undang-undang yang menjaminkeadilan dan persamaan bagi setiap warganya. 600 SM Di Athena (Yunani) . 3. 30 SM s. didukung olehPericles(tokohnegarawan Athena). 527 s. banyak mengajar tentangtoleransi. 5. Perjuangan Solon. serta Aristoteles yang mengajarkan tentang pemerintahan berdasarkan kemauan dan cita-citamayoritas warga.d. memberikan rahmat kepada seluruh alam semesta. . Untuk itu dia membentuk Heliaie.632 M (Kitab Suci Injil) 4. Karena gagasannya inilahSolondianggap sebagaipengajar Demokrasi.

Tentara tidak boleh diberi penginapan di rumah-rumah Orang tidak boleh ditangkap tanpa tuduhan yang sah 1679 Hobeas Corpus Act (MasaPemerintahanChaarles II di Inggris) ditangkapnyalengkap dengan alasana penangkapan itu. Raja tidak boleh memungut pajak kalau tidak dengan izin dari Great Council. (Alasan penahanan seseorangharus disertai bukti yang sah menurut hukum) Orang yang ditangkap harus diperiksa selambat-lambatnya dua hari setelahditangkap. . antara lain mencakup . Orang tidak boleh ditangkap. . dipenjara. 7. hakim harus dapat menunjukkan orang yang - 9. 15 Juni1215 (Magna Charta) (MasaPemerintahanLockland di Inggris) Pembatasan kekuasaan raja dan hak asasi manusia.Kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat .Jika diminta. disiksa atau disita miliknya tanpa cukup alasan menurut hukum Negara. 1689 Bill of Rights (MasaPemerintahanWillian III di Inggris 8. 1629 (Petition of Rights MasaPemerintahanCharles I di Inggris) Pajak dan hak-hak istimewa harus dengan izin parlemen penduduk(warganegara tidak boleh dipaksakan menerima tentara di rumahnya) . Undang-undang dan pembentukan tentara tetap harus seizingparlemen . tentara tidak boleh menjalankan hukum perang - .Kebebasan dalam pemilihan anggota parlemen .6.Dalam keadaan damai.Pajak.

Indonesia (1945). Uni Soviet (1936). kesamaan (Egalite) danpersaudaraan atau kesetiakawanan(fraternite).. 04 Bahwa semua orang diciptakan sama. and pursuit of happiness/ property).dan ha mengejar kebahagian/ milik (life.Manusia dilahirkan bebas dan mempunyai hak-hak yang sama . pencantuman HAM dalam konstitusi diikuti olehBelgia (1831). liberty. 12.1918 Rights of Self Determination Tahun-tahun berikutnya. hak-hak yang tidak dapat dicabut dari dirinya ialah . ha kebebasan.1941 Atlantic Charter (dipelopori olehFranklin D.Roosevelt) . Pernyataan HAM dan warga Negara sebagai hasil Revolusi Perancis dibawah pimpinan Jenderal Laffayete . anatara lain menyebutkan : .Hak-hak itu adalah hak kebebasan ( Iiberte) . Naskah yangdiusulkan oleh Presiden Theodore Woodrow Wilson memuat 14 pasaldasar untuk mencapai perdamaian yang adil 13. dsb. Januari. Mereka dikaruniai oleh Tuhan. hak hidup.Amerika Serikat dianggap sebagai Negara pertama yang mencantumkanhak asasi dalam konstitusi (dimuat secara resmi dalam Constitution of USA tahun 1787) atas jasa Presiden Thomas Jefferson 14 Juli 1789 Declaration des Droits de L’homme et du Citoyen (Perancis) 11.Hak warga negara untuk memeluk agama menurut kepercayaan masingmasing - Parlemen berhak untuk mengubah keputusan raja Juli 1776 Declaration of Indefendence ( AS) 10.

maka sesungguhnya telah banyak memuat pasal tentang hak asasi manusia.Piagam tersebut menyerukan kepad semua anggota dan bangsa di duniauntuk menjamin dan mengakui hak-hak asasi manusia dimuat di dalamkonstitusi Negara masing-masing PERAN SERTA DALAM UPAYA PEMAJUAN. PENGHORMATAN.Kebebasan dari kemiskinan dan kekurangan (Freedom of Want) . Pada waktu penyusunan Undang-Undang Dasar 1945 sudah adaperdebatan tentang hak asasi manusia harus masuk atau tidak dalam UUD 1945. Perkembangan HAM di Indonesia Berbicara mengenai perkembangan hak asasi manusia di Indonesia. Jika kita meneliti UUD 1945.Kebebasan berbicara. Pernyataan sedunia tentang hak-hak asasi manusia yang terdiri dari 30 pasal. tidak bisa dilepaskan dari konstitusi yangada dan pernah berlaku di Indonesia. danberorganisasi (Freedom of Speech) - Kebebasan untuk beragama dan beribadah (Freedom of Religion) . mengeluarkan pendapat. berkumpul. DANPENEGAKAN HAM DI INDONESIA 1.Kebebasan seseorang dari rasa takut (Freedom of Fear) 10Desember1948 Universal Declaration of Human Rights 14. kemudian disneutkanempat kebebasan (the four Freedoms) antara lain .Muncul pada saat berkobarnya Perang Dunia II .Artinya para penyusun UUD 1945 telah . karena legalitas hak asasi manusia sangat tergantung pada kebijakan Negaraada atau tidaknya mengatur hak asasi manusia. .

Dalam sejarah politik dan ketatanegaraan Republik Indonesia. Tetapi panitia ad hoc tersebut tidak membahasdalam sidang Umum MPRS tahun 1968 karena lebih mementingkan pembahasan berkaitan dengan peristiwapemberontakan G 30 S/PKI. Namun setelahDektrit Persiden 5 Juli 1959. 68 Tahun 1958 tentang Hak Politik Wanita . waktu Indonesiamemberlakukan UUD Sementara 1950.menyadari betapa pentingnya hak asasi manusia dalam kehidupanberbangsa dan berNegara.UU No. 18 Tahun 1956 tentang Organisasi Buruh . Pada rezim Soeharto ada beberapa konvensi dan kebijakan yang diambil sebagai wujudpenegakan dan penghormatan hak asasi manusia. XIV/MPRS/1966 dibentuk panitia ad hoc yang kemudian berhasil menyusunRancangan Piagam HAM dan Hak serta Kewajiban Warga Negara. 80 Tahun 1957 tentang Pengupahan bagi laki-laki dan perempuan untuk pekerjaan yang sama nilainya Bergantinya rezim Soekarno ke Soeharto ada upaya penegakan dan penghormatan terhadap hak asasimanusia. supel dan fleksibel. Presiden Soekarno kembali memberlakukan UUD 1945. Pada era Presiden Soekarno.UU No. namun karena keterbatasan waktu dalam penyusunan UUD 1945.UU No. hak-hak asasi manusia juga dimasukan dalam konstitusi. Demikian pula. melalui Ketetapan MPRS No. 7 Tahun 1984 tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan .UU No. pada waktu Indonesia memberlakukanKonstitusi RIS 1949. maka uraian rincitentang hak asasi manusia tidak mungkin dengan mengingat UUD 1945 bersifat singkat. hak asasi manusia juga dimuat dalam UUD Sementara 1950.konvensi mengenai hak asasi manusia yang telah disyahkan adalah : . antara lain : .

26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM Pada tanggal 15 Agustus 1998.UU No.Keputusan presiden No.Persiapan pengesahan perangkat internasional di bidang HAM .UU No. Untuk mencapai tujuan tersebut. 29 Tahun 1999 tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi rasial .UU RI No. 19 Tahun 1999 tentang penghapusan kerja paksa . XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia. penghormatan dan pemajuan hak asasi manusia telah menemukan momentumnyadimana MPR telah merumuskan dengan ketetapan MPR No. 39 Tahun1999 tentang Hak Asasi Manusia . 36 Tahun 1990 tentang hak anak. 8 Tahun 1999 tentang kebebasan menyatakan pendapat . budaya dan agama..Deseminasi informasi dan pendidikan di bidang HAM . 5 Tahun 1999 yang menentang penyikasaan dan perlukan kejam lainnya . Disampingitu ada beberapa konvensi tentang hak asasi manusia yang disahkan.UU No.Keputusan presiden No. yaitu : . 43 Tahun 1993 yang menentang apartheid dalam olahraga . 83 Tahun 1998 tentang kebebasan berserikat dan perlindungan hak untuk berorganisasi .UU No. ada 3 hal yangdilakukan.UU No. Pada era rezim Habibie. antara lain : . Presiden Habibie meluncurkan Rencana Aksi Nasional HAM yang bertujuanuntuk memberikan jaminan bagi peningkatan pemajuan dan perlindungan HAM di Indonesia denganmempertimbangkan nilai adat istiadat.Keputusan Presiden No.

27 Tahun 2004 tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi .UU No. ketanagakerjaan .UU No.Dibentuk badan perlindungan Swadaya masyarakat .UU No. Hak asasi manusia yang di tuangkan secar khusus pada bab XA tentang HAk Asasi Manusia.Pembentukan lembaga baru yaitu Mentri Negara Urusan HAM . penyiaran.Penentuan skala prioritas pelaksanaan HAMPada Masa Gus Dur. Hal inidapat dilihat dari adanya : . . ada beberapa peraturan perundangan yang mengatur tentang HAM.Dibentuk pengadilan Hak Asasi Manusia .Upaya penyempurnaan Rencana Aksi Nasional HAM . HAM dalam UUD 1945 Pernyataan hak asasi manusia yang dituangkan kedalam pasal-pasal UUD 1945 terbagi menjadi 2. yang meniputi pasal28A sampai dengan pasal 28 J. yaitu: . upaya pemajuan HAM lebih ditingkatkan dan mendapat perhatian cukup serius.Dibentuk peraturan perundangan tentang perlindungan anak.Dibentuk peraturan perundangan tentang pemberantasan tindak pidana terorisme . Di . 12 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Internasional Hak Sipil dan Politik . Sosial dan Budaya. 2. yaitupenuangan bab khusus tentang hak asasi manusia dan penuangan pada bab atau pasal-pasal lainnya.. 11 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Konvensi Internasional Hak ekonomi.Di bentuk lembaga Komnas HAM Pada masa pemerintahan Megawati.

yaitu hak asasi manusia yang berkaitan dengan: 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) 8) 9) Hidup dan kehidupan Informasi dan komunikasi Keluarga Rasa aman dan perlindungan dari perlakuan yangmerendahkan Pendidikan. Rumusan Hak Asasi Manusia yang termasuk dalam UUD 1945 tersebut dapat di bagi dalam beberapa aspek. timbuh. ilmu pengetahuan dan teknologi derajat dan martabat Pekerjaan Kesejahteraan Sosial Beragama dan menjalankan ajaran agama Persamaan dan keadilan manusia4 10) Bersikap.samping itu terdapat ketentuan hak asasi manusia di luar Bab tentang Hak AsasiManusia. dalam UUD 1945 juga memuat hak-hak khusus. berpendapat dan berserikat 11) Kewajiban menghargai hak orang lain Selain hak-hak tersebut di ats. seperti : hak anak ataskelangsungan hidup. dan berkembang dan hak anak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. yaitu : 1) 2) 3) 4) Hak hidup Hak untuk tidak berbudak Hak untuk tudak di siksa Hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hokum . dicantumkan hak-hak yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.Bahkan. yaitu bab X tentang Warga Negara dan Penduduk pada pasal 27 sampai dengan 32.

39 tahun 1999 tentang HAM Bila ketentuan dalam pasal-pasal UU No. dan memajukannya. . setiap orang wajibtunduk kepada pembatasan yang di tetapkan undag-undang dengan maksud untik menjamin pengakuan sertapenghormatan atas hak dan kebebasan.5) 6) 7) Hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani Hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlakusurut Hak Bergama 3.melindungi. setiap hak assasi manusia seseorang menimbulakn kewajiban dasar dan tanggung jawab untukmenghormati hak asasi orang lain secara timbale balik serta menjadi tugas pemerintah untuk menghormati. Dalam menjalankan hak dan kebebasannya. UU RI No. maka dapat ditemukanmacam-macam hak asasi manusia sebagai berikut : 1) Hak untuk hidup 2) Hak atas rasa aman 3) Hak keluarga dan melanjutka keturunan 4) Hak atas kesejahteraan 5) Hak mengembnagkan diri 6) Hak turut serta dalam pemerintahan 7) Hak memperoleh keadilan 8) Hak wanita 9) Hak atas kenenasan pribadi 10) Hak anak Disisi lain. menegakkan. 39 tahun 1999 dikaji secara mendalam.

Fungsi pengkajian dan penelitian Berdasarkan UU No. . penegakan dan pemajuan hak asasi manusia. . organisasi masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya harus bersifat obyektif dan hanya berpihak padakebenaran. setiap orang.4.Fungsi lembaga pengontrolKomnas HAM dan LSM adalah suatu lembaga pengontrol penegakan hak asasi manusia yang independen yangmemiliki eempat fungsi yaitu 1. Fungsi pemantau 2. segala pelanggaran jangan dikaitkan dengan hak asasi manusia harus dipisahkan denganpelanggaran kriminal murni. lembaga swadaya masyarakat. Fungsi mediasi 3. kelompok.Sosialisasi hak asasi manusia Pendidikan public harus dijalankan. masyarakat harus diberikan peyuluhan sehingga pemahaman tentang hak asasimanusia itu benar.organisasi politik. atau lembaga kemasyarakatan lainnyaberhak berpartiaipasi dalam prlindungan.39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia dijelaskan bahwa. Fungsi pendidikan dan penyuluhan 4. Peran serta dalam Upaya Penegakan HAM di Indonesia Beberapa faktor yang mempengaruhi upaya penegakan hak asasi manusia di Indonesia adalah: .khususnya terkaitdengan hak asasi manusia. Partisipasi tersebutdapat dilakukan dalam bentuk: .Efektifitas penegasan hak asasi manusia Penegakan hukum sebagai operator di lapangan harus memiliki komitmen moral yang jelas.

pendidikan.a. dan penyebarluasan informasi mengenai hak asasi manusia d. Mengajukan usulan mengenai perumusan dan kebijakan yang berkaitan dengan HAM kepada komnas HAM c. Kerusuhan Timor-Timur Pasca JajakPendapat1999 (97 korban) Agresi Militer Pengadilan HAM ad HocJakarta tahun 2002-2003 Peristiwa Abepura. Bersama dengan lembaga atau pemerintah melakukan sosialisasi Contoh Kasus pelanggaran HAM Kasus yang sudah diajukan siding peradilan 1. 3. Melakukan penelitian.678 korban) Penyerbuan kantor PDI Pengadilan Koneksitas 2002 PenembakanMahasiswa Trisakti1998 (31 korban) Penembakan aparat terhadapmahasiswa yang sedang berunjuk rasaPengadilan Militer bagi pelakulapangan 5. ta tim mawar Kasus 27 Juli 1996 (1. 4. Peristiwa TanjungPriok 1984 (74 korban) Penyerangan terhadap massa yangberunjuk rasaPengadilan HAM ad hocJakarta tahun 2003-2004 Penculikan Aktivis1998 tahun 1984-1998 (23 korban) Pnghilangan secara paksa oleh Militerterhadap para aktivis pro-demokrasiPengadilan Militer untukanggo 2.Papua2000 (63 korban) Penyisiran membabi buta terhadappelaku yang diduga menyerangMapolsek AbepuraPengadilan HAM di Makasar 7. Menyampaikan laporan atas terjadinya pelanggaran hak asasi manusia kepada komnas HAM b. . 6.

Kasus yang belum tersentuh proses hukum 1. residivis. Aceh selalumenjadi daerah operasi militer dengan intensitas kekrasan yangtinggi PenembakanMisterius (Petrus) 1982-1985 (1. 6. 5. . Sejak saat ituTimor-Timur selalu menjadi daerah operasi militer rutin yangrawan terhadap tindak kekerasan aparat RI Kasus-kasus di Acehpra DOM 1976-1989 (Ribuan korban) Semenjak dideklarasikannya GAM Hasan Di Tiro. 4. atau mantancriminal. Pembantaianmassal 1965 tahun1965-1970(1. 7.5 jt korban) korban sebagian besar adalah anggota PKI atau ormas yang berafiliasidengan PKI. Kasus-kasus diPapua1966 (Ribuan korban) Operasi instensif dilakukan TNI untuk menghadapi OPM. Sebagian lagiberkaitan dengan masalah penguasaan sumber daya alam antaraperusahaan tambang internasional. sementara orang lain dijadikankambing hitam. aparat pemerintah menghadapipenduduk lokalNo Nama Kasus Tahun Korban Peristiwa Kasus Timor-TimurPasca Referendum1974-1999 (RatusanRibu korban) Dimulai dari agresi militer TNI (Operasi Seroja) terhadappemerintahan Fretelin yang sah di Timor-Timur.678 korban) Korban sebagian besar tokoh criminal. sebagian besar dilakukan di luar proses hukum yang sah 2. BUkti keterlibatan militer dibidang perburuhan Kasus dukun santetdi Banyuwangi 1998 (Puluhan korban) Adanya pembantaian terhadap tokoh masyarakat yang dianggapdan ditusuh dukun santet 3. Operasi ini bersifat illegal dan dilakukan tanpa identitasinstitusi yang jelas Kasus Marsinah 1995 (1 korban) Pelaku utamanya tidak tersentuh.

Faktor kondisi social-budaya 1) Strfikasi dan status social.8. b. dan ekonomi masyarakatIndonesia yang multi kompleks (heterogen) 2) Norma adat atau budaya local kadang bertentangan dengan HAM. DAN PENEGAKAN HAM DI INDONESIA 1. upacara-upacara sacral. terutama jika sudah bersinggungandengan kedudukan seseorang.puluhanluka-luka) Insiden ini terjadi karena keinginan PT. Hambatan Penegakan HAM a. dan sebagainya 3) Masih adanya konflik horizontal di kalangan masyarakat yang hanya disebabkan oleh hal-hal sepele. pergaulan. usia. Faktor komunikasi dan informasi . namunmasyarakat menilak upaya tersebut. London Sumatera untukmelakukan perluasan area perkebunan mereka. yaitu tingkat pendidikan.PENGHORMATAN. HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM UPAYA PEMAJUAN. pekerjaan. keturunan. Kasus Bulukumba 2003 (2 tewas.

Faktor kebijakan pemerintah 1) 2) Tidak semua penguasa memiliki kebijakan yang sama tentang Ada kalanya demi kepentingan stabilitas nasional. persoalan Peran pengawasan legislative dan control social oleh pentingnya jaminan hak asasi manusia hak asasi manusia sering diabaikan 3) masyarakat terhadap pemerintah sering diartikan oleh penguasa sebagai tindakan ‘pembangkangan` d. Sarana dan prasarana komunikasi dan informasi yang belum Sistem informasi untuk kepentingan sosialisasi yang masih dan gunung yang membatasi komunikasiantardaerah terbangun secara baik yang mencakup seluruhwilayah Indanesia sangat terbatas baik sumberdaya manusianyamaupun perangkat ( software danhardware) c. Faktor aparat dan penindakannya (Law Enforcement ) 1) Masih adanya oknum aparat yang secara intitusi atau pribadi mengabaikan prosedur kerja yang sesuaidengan hak asasi manusia .1) 2) 3) Letak geografis Indonesia yang luas dengan luas. hutan. Faktor perangkat perundangan 1) 2) Pemerintah tidak segera meratifikasikan hasil-hasil konvensi Kalaupun ada. peraturan perundang-undangan masih sulit untuk internasional tentang hak asasi manusia diimplementasikan e. sungai.

yaitu bahwa adanya hak-hak asasi manusia bersifat fundamental dan memiliki keberlakuanuniversal. dan Nepotisme) 2.2) Tingkat pendidikan dan kesejahteraan sebagian aparat yang dinilai masih belum layak sering membukapeluang `jalan pintas` untuk memperkaya diri 3) Pelaksanaan tindakan pelanggaran oleh oknum aparat masih diskriminatif.mengabaikan HAM lainnya. yang meliputi hak-hak sipil danpolitik. Prinsip objektivitas atau Non-Selektivitas. dan tindakanpeyimpangan berupa KKN (korupsi. hak perseorangan. yang hanya menonjolkan satu jenis HAM saja. yaitu penolakan terhadap pendekatan/penilaian terhadappelaksanaan hak-hak asasi pada suatu Negara oleh pihak luar. dan cultural. hak ekonomi. hak masyarakat/bangsa secara keseluruhanmerupakan satu kesatuan. yaitu bahwa kemajuan ekonomi dan social melalui keberhasilanpembangunan nasional dapat membantu tercapainya tujuan meningkatkan demokrasi dan perlindungan HAM. social. yaitu berbagai jenis atau kategori HAM.yaitu: - Prinsip universalitas . tidak konsekuen. Prinsip Kesatuan HAM (Indivisibility). - - - . dalam pidato itu ditandaskan beberapa prinsip. Tantangan Penegakan HAM Tentang penegakan hak asasi manusia di Indonesia untuk masa-masa yang akan datang telah di gagas olehpemerintah Indonesia ( presiden Soeharto) pada saat akan menyampaikan pidatonya di PBB dalam KonferensiDunia ke-2 (Juni 1992) Dengan judul “ deklarasi Indonesia tentang Hak Asasi Manusia”. Prinsip Pembangunan nasionalm. kolusi.

5). yaitu bahwa penerapan dan perlindungan HAM merupakan kompetensi dantanggung jawab nasional. Pembentukan dan penguatan institusi pelaksanaan RANHAM 2). Diseminasi dan pendidikan Hak Asasi Manusia. 3).Besarnya jumlah korban diberbagai belahan dunia melahirkan perhatian yang mendalam terhadap peristiwapenistaan terhadap nilai kemanusiaan dalam perang besar itu. Prinsip Negara hukum. Persiaapan instrumen Hak Asasi Manusia Internasional. - - 3. yaitu bahwa jaminan terhadap HAM dalam suatu negara dituangkan dalam aturan-aturan hukum. Penerapan norma dan standar Hak Asasi Manusia. baik hukum tertulis maupun hukum tidak tertulis. Keprihatiaan tersebut kemudian mendorongkesadaran umat manusia untuk . Intrumen Hukum Internasional HAM Perhatian dunia internasional terhadap Hak Asasi Manusia tampak meningkat setelah perang dunia II ( 1939-1945). 4). yaitu keseimbangan anatara hak perseorangan dan masyarakat dan bangsa. Prinsip Kompetensi Nasional. Pemantuan. evaluasi. sesuaidengan kodrat manusia sebagai makhluk individual dan makhluk social sekaligus. Persiaapan harmonisasi peraturan perundang-undangan. INSTRUMEN HUKUM DAN PERADILAN INTERNASIONAL HAM 1. Rencana Aksi Nasional HAM Indonesia (2004-2009) Mengacu pada 6 (enam) program utama : 1).- Prinsip keseimbangan. dan 6).dan pelaporan.

8) 1999 Konvensi tentang penghasupan segala bentuk Diskrimansi Rasial. yaitu adanya kemungkinan seorang warga Negara hakdan hak-hak politik (persamaanhak antara pria dan wanita) - mengdukan pelanggaran HAM kepada the human rights commite PBB setelah melalui upaya pengadilan di negaranya. yaitu memuat hakOptional protocol .Selanjutnya.yaitu 1) 1958 Lahirnya konvensi tentang hak-hak politik perempuan 2) 1966 Covenants of Human Right stelah diratifikasi oleh Negara-negara PBB.dan merendahkan martabat manusia. 4) 1984 Konvensi tentang penghasupan segala bentuk Diskrimansi terhadap perempuan. Beberapa instruman hukum tentang HAM internasional pasca-Universal Declaration of human rights tahun 1948. 7) 1998Konvensi menentang penyiksaan dan pengakuan atau hukuman lain yang kejam.mengedepankan pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia. 3) 1976 Konvensi internasional tentang Hak-hak Khusus.tidakmanusiawi.social and cartular rights. yang isinya mencakup: - The international on civil and political rights.tonggak sejarah bagi diakuinya prinsip-prinsip kebebasaan sipil dan hak asasi dalam konteksinternasional tampak nyata dibentuknya perserikatan bangsa-bangsa yang kemudian melahirkan deklarasi universalHak Asasi Manusia (Universal Declaration of human rights) tahun 1948. 5) 1990 Konvensi tentang Hak-hak anak 6) 1993 Konvensi anti-aperheid Olahraga. dan budaya. yaitu berisi syarat-syarat dan nilai-nilai bagi system demokrasi ekonomi. . - The international covenant of oconomi.sosial.

etnis atau agama dengan cara: . Oleh karena itu. Genosida yaitu tindakan atau perbuatan yang bertujuan untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atausebagian bangsa . duniainternasional tidak berhak menuntutnya. Sementara.Wewenang ICC terbatas pada kejahatankejahatan yang paling serius dan menyangkut masyarakatinternasional. dan dapat mengadakan sidang di Negara lain bila diperlukan. seorang penguasa yangotoriter biasanya dapat melakukan kejahatan kemanusiaan dengan leluasa tanpa tersentuh oleh lembagaperadilan. Karena itu. melainkan menjadi persoalan bersama yangmendapat perhatian internasional.2.pengakuan dan perlindungan terhadap hak asasi manusiamerupakan tanggung jawab bersama yang bersifat lintas negara. Banyak kejahatan kemanusiaan yang merupakan pelanggaran HAM dilakukan oleh rezim otoriter di sebuahnegara. pelaku kejahatan kemanusiaan tidak dapat berdalih bahwakarena dia adalah warga negaranya tertentu dan melakukan kejahatan di wilayah negara sendiri. Biasanya pemerintah otoriter tidak hanya menguasai lembaga. antara lain: a. ras. Artinya persoalan hak asasi manusia tidakhanya merupakan persoalan suatu Negara secara tersendiri. lembaga negara lainnya dan juga masyarakat tidak memiliki kekuatan yang menandaiuntuk melakukan kontrol terhadap kekuasaannya.berkedudukan diDen Haag. Peradilan INternasional HAM Sebagai suatu nilai yang diakui secara universal.Belanda. Perlindungan terhadap hak asasi manusia internasional yang menggunakan instrument hukum adalahmahkamah kejahatan internasional atau yang dikenal dengan International Criminal Court (ICC). ICC dibentuk pada tanggal 1 juli 2002 berdasarkan pada aroma statute of the criminal (1998).

Mengakibatkan penderitaan fisik dan mental yang berat pada kelompok . .Membunuh anggota kelompok . Kejahatan terhadap kemanusiaan yaitu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang sistematik kepada penduduk sipil. Pemusnahan. Penggusuran. dikenal dakwaan kejahatan perang dan genosida. Penganiayaan. Tindakan lain yang tidak berperikemanusiaanPerampasan kemerdekaan 3.Memaksa anak-anak untuk pindah kekelompok lainb. Pelanggaran dan Proses Peradilan HAM Internasional a. Penghilangan orang dengan paksa. Perkosaan. Kejahatan apartheid. dia adalah warga belanda pertamayang diadili dalam kasus ini. antaralainsebagai berikut :Pembunuhan. Perbudakan. Pelanggaran hak asasi manusia Beberapa kasus yang pernah terjadi tentang pelanggaran hak asasi manusia di dunia adalah sebagai berikut: • Warga Negara diadili kasus Genosida irak Frans van Anraat. Penyiksaan.Mencegah kelahiran dalam kelompok . b. kepada keiompok.Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang mengakibatkan kemusnahan . yang dituduh menjual bahan kimia dari amarika serikat dan jepang kepada irakyang digunakan untuk membuat gas syaraf dan gas mustard yang digunakan dalam perang melawan irantahun 1980-1988 dan terhadap warga kurdi irak..

ditahan.Jaksa penuntut mengatakan PBB menggambarkan van Anraat seagai salah satu perantara penting dalampembelian bahan-bahan kimia oleh irak. Laporan-laporan menyatakan saat itu dia member informasi kepada dinas rahasia Belanda mengenaiprogram senjata Saddam Hussein. Setelah irak diinvasi pada bulan Maret 2003. Penahanan telah dilakukanatas Kang Kek leu alias Duch . dan eksekusi. • Kasus Genosida. Banyak yang menilai. Terkait kasus genosida tersebut. namun dalam sebuah wawancara yang dilakukan tahun 2003. tokoh Khmer merah paling senior. Noun Chea pun telahberulang kali membantah ikut bertanggung jawab atas kematian ribuan warga Negara tersebut. penyakit. tersangka yang ditetapkan baru satu orang. Noun Cheamemiliki peran penting sebagai pembuat keputusan dalam rezim tersebut. vanAnraat menyangkal tahu menahu soal serangan itu. Rezim itu bermaksud menciptakan masyarakat agraria. PBB mencurigai pengusaha itu adalah pemasok utama bahanbahan kimia bagi rejim irak. Dia akan diajukan kepengadilan genosidayang mendapat dukungan PBB. namun ternyata malah menimbulkan kematianlebih dari satu juta orang karena kelaparan. dengan mengirim26 kali ke Negara itu. Meskidemikian. kerja paksa. pada awal tahun ini dia menyatakan kesiapannya untuk menghadapi pengadilan. dia kembali ke Belanda danditangkap pada bulan Desember 2004 di Amsterdam. Pengadilan akan dimulai pada tahun depan. Penahannannya adalah bagian dari tindak lanjutpenyelidikan kasus Genosida dikamboja beberapa tahun yang lalu. tokoh Khmer merah paling senior ditahan Nuon Chea.

meliputi kesaksian dari saksi mata. Amerika pada 22 oktober 2002. dengan jelasmenerangkan rincian dan kejadian sebagian pratiksi selama ditahan yang disiksa dan dipukul . pria. saat ini sedangmengumpulkan dan menata serangkaian bukti penindasan.000perempuan. Duch dituduh menjadi kerala penjara S21 di Phnom Penh. Para praktisi Falun Gong juga bergantung dengan pemerintah berbagai Negara mendesak mahkamahinternasional PBB untuk mengadili Jiang Zemin. kajahatankemanusiaan dan kejahatan genosida. untuk pertama kalinya praktisi Falun Gong menuntut jiang zemin di pengadilan pederalChicago.pada juli lalu. Ia telah dituntut dibawah hukum HAM atas penganiayaan dankejahatan genosida (kejahatan pemunahan bangsa atau ras) yang dilakukannya. Karena itu ia harus bertanggung jawab atas kematian lebih dari 800 praktisi. Philip Grand menyatakan jian zemin dengankepentingannya sendiri telah melakukan penindasan terhadap pengikut Falun Gong. Ketua organisasi itu. dan juga telah mendirikan lembaga yang khusus menangani kasus Falun Gong yakni “kantor 610” yang mirip gestaponya Adolf Hitler. Praktisi yang tersebar diseluruh dunia. Tiga alasan utama dalam tuntutannya terhadap Jiang Zemin adalah : penyiksaan kejam. • Mengadili Jiang Zemin Secara hukum. Dipenjara itulah diperkirakan telah terjadi penyiksaan secara brutal lebih dari 17. dananak-anak.

dan sebuah daftar nama almarhum yang paling jelas yang terakhir inidiketahui. dan saksi antar pemerintah yang sesuai kewenangan dengan undang-undang untukmempermudah kerjasama dengan Negara.Dalam melakukan penyelidikan. Proses peradilan hak asasi manusia internasional Prose paradilan HAM internasionai meliputi beberapa tahapan. antara lain: 1) Pemeriksaan pendahuluan Penuntut umum. foto-foto almarhum. korban. setelah adanya laporan atau pengaduan dari salah satu Negara peserta mengenai suatukejahatan. tugas dan wewenang penuntut umum adalah: Mengumpulkan dan memeriksa bukti-bukti Meminta kehadiran dan bertanya kepada orang yang sedang Mengadakan kerjasama dengan setiap Negara atau organisasi Membuat persiapan atau kesepakatan yang tidak bertentangan diselidiki. Apalagi penuntut umum menyimpulkanbahwa ada dasar yang beralasan untuk menindak lanjuti dengan penyidikan kepada majelis pra-peradilandengan dilengkapi bahan-bahan yang telah dikumpulkan. kemudian melakukan evaluasi atas laporan tersebut. b. penuntut umum boleh melanjutkan penyidikan dan dapat mengubah atau mencabutsetiap dakwaan 2) Pemeriksaan pengadilan . organisasi antar pemerintah atau orang Menjaga kerahasiaan dokumen dan informasi yang diperoleh Sebelum pemeriksa.hinggameninggal.

Dalam pasal 61 International Criminal Court (ICC) ditentukan sebagai berikut: Pada waktu pemeriksaan, penuntut umum harus mendukung Dalam proses pemeriksaan tersangka diperbolehkan: o o o Menolak dakwaan Membantah bukti yang di ajukan oleh penuntut umum Mengajukan bukti setiap dakwaan dengan bukti yang cukup

Dalam pimpinan mengangkat majelis pemeriksayang

bertanggung jawab terhadap pelaksana setiappersidangan berikutnya Terdakwa harus hadir selama pemeriksaan.bila terdakwa hadir dipengadilan terus-menerus menunggupersidangan, Majelis pemeriksa dapat mengeluarkan terdakwa dan membuat penetapan baginya untukmematuhi persidangan dan memberikan intruksi kepada pengacaranya dari luar sidang dengan teknologikomunikasi Dalam mulai persidangan, majelis pemeriksa membacakan kepada terdakwa dakwaan yang sebelumnyatelah dikonfirmasikan oleh majelis pra-peradilan. Majelis pemeriksa memberi kesempatan kepadaterdakwa untuk menyatakan pernyataan bersalah atau tidak bersalah. Hakim ketua memberi petunjuk pelaksanaan persidangan termasuk menjamin bahwa persidangandilaksanakan secara adil dan tidak memihak Majelis pemeriksa memiliki wewenang untuk: o Mengatur mengenai diterimanya suatu bukti

o -

Mengambil suatu tindakan yang perlu untuk menjaga

ketertiban selama berlangsungnya pemeriksaan Bila majelis pemeriksa berpendapat bahwa diperlukan adanya fakta-fakta yang lebih lengkap untukkepentingan keadilan, terutama korban, maka dapat: o o Menuntut penuntut umum mengajukan bukti tambahan Memerintahkan agar pemeriksaan dilanjutkan termasuk keterangan saksi-saksi Putusan majelis pemeriksa harus berdasarkan evaluasi bukti dari seluruh persidangan 3) Upaya Banding Berdasarkan pasal 74 International Criminal Court (ICC), putusan pengadilan dapat diajukan banding olehpenuntut umum atau orang yang dihukum dengan alasan-alasan sebagai berikut: -

Kesalahan prosedur Kesalahan fakta Kesalahan hokum Alasan lain yang mempengaruhi keadilan

-

Jawaban Pertanyaan
1.

Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan. Hak asasi dapat dirumuskan sebagai hak yang melekat dengan kodrat kita sebagai manusia yang bila tidak ada hak tersebut, mustahil kita dapat hidup sebagai manusia. Hak ini dimiliki oleh manusia semata – mata karena ia manusia, bukan karena pemberian masyarakat atau pemberian negara. Maka hak asasi manusia itu tidak tergantung dari pengakuan manusia lain, masyarakat lain, atau Negara lain. Hak asasi diperoleh manusia dari Penciptanya, yaitu Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan hak yang tidak dapat diabaikan. Sebagai manusia, ia makhluk Tuhan yang mempunyai martabat yang tinggi. Hak asasi manusia ada dan melekat pada setiap manusia. Oleh karena itu, bersifat universal, artinya berlaku di mana saja dan untuk siapa saja dan tidak dapat diambil oleh siapapun. Hak ini dibutuhkan manusia selain untuk melindungi diri dan martabat kemanusiaanya juga digunakan sebagai landasan moral dalam bergaul atau berhubungan dengan sesama manusia. Pada setiap hak melekat kewajiban. Karena itu,selain ada hak asasi manusia, ada juga kewajiban asasi manusia, yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan demi terlaksana atau tegaknya hak asasi manusia (HAM). Dalam menggunakan Hak Asasi Manusia, kita wajib untuk memperhatikan, menghormati, dan menghargai hak asasi yang juga dimiliki oleh orang lain. Kesadaran akan hak asasi manusia , harga diri , harkat dan martabat kemanusiaannya, diawali sejak manusia ada di muka bumi. Hal itu disebabkan oleh hak – hak kemanusiaan yang sudah ada sejak manusia itu dilahirkan dan merupakan hak kodrati yang melekat pada diri manusia.

Sejarah mencatat berbagai peristiwa besar di dunia ini sebagai suatu usaha untuk menegakkan hak asasi manusia. Konsepsinya menganjurkan masyarakat untuk melakukan sosial kontrol kepada penguasa yang zalim dan tidak mengakui nilai – nilai keadilan dan kebenaran. Tonggak pertama bagi kemenangan hak-hak asasi terjadi di Inggris. Hak Asasi Manusia di Inggris Inggris sering disebut–sebut sebagai negara pertama di dunia yang memperjuangkan hak asasi manusia. Hak Asasi Manusia di Yunani Filosof Yunani. Sebelum dibahas lebih mendalam mengenai hak asasi manusia di Indonesia. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut : • MAGNA CHARTA . Perjuangan tersebut tampak dengan adanya berbagai dokumen kenegaraan yang berhasil disusun dan disahkan. Perkembangan tersebut antara lain dapat ditelusuri sebagai berikut. Aristoteles (348-322 SM) mengajarkan pemerintah harus mendasarkan kekuasaannya pada kemauan dan kehendak warga negaranya. terlebih dahulu kita membahas sekelumit sejarah perkembangan dan perumusan hak asasi manusia di Dunia. 1. seperti Socrates (470-399 SM) dan Plato (428-348 SM) meletakkan dasar bagi perlindungan dan jaminan diakuinya hak – hak asasi manusia. Perkembangan atas pengakuan hak asasi manusia ini berjalan secara perlahan dan beraneka ragam. 2.

Piagam tersebut menjadi lambang munculnya perlindungan terhadap hak-hak asasi karena ia mengajarkan bahwa hukum dan undang-undang derajatnya lebih tinggi daripada kekuasaan raja. Isi Magna Charta adalah sebagai berikut : Ø Raja beserta keturunannya berjanji akan menghormati kemerdekaan. Magna Charta dicetuskan pada 15 Juni 1215 yang prinsip dasarnya memuat pembatasan kekuasaan raja dan hak asasi manusia lebih penting daripada kedaulatan raja. hak. dan kebebasan Gereja Inggris. Tak seorang pun dari warga negara merdeka dapat ditahan atau dirampas harta kekayaannya atau diasingkan atau dengan cara apapun dirampas hak-haknya. Piagam Magna Charta itu menandakan kemenangan telah diraih sebab hakhak tertentu yang prinsip telah diakui dan dijamin oleh pemerintah.Pada awal abad XII Raja Richard yang dikenal adil dan bijaksana telah diganti oleh Raja John Lackland yang bertindak sewenang–wenang terhadap rakyat dan para bangsawan. Tindakan sewenang-wenang Raja John tersebut mengakibatkan rasa tidak puas dari para bangsawan yang akhirnya berhasil mengajak Raja John untuk membuat suatu perjanjian yang disebut Magna Charta atau Piagam Agung. Ø Raja berjanji kepada penduduk kerajaan yang bebas untuk memberikan hak-hak sebagi berikut : .Para petugas keamanan dan pemungut pajak akan menghormati hak-hak penduduk. kecuali berdasarkan pertimbangan hukum. .

. Isinya secara garis besar menuntut hak-hak sebagai berikut : Ø Pajak dan pungutan istimewa harus disertai persetujuan. Petisi ini diajukan oleh para bangsawan kepada raja di depan parlemen pada tahun 1628. • HOBEAS CORPUS ACT Hobeas Corpus Act adalah undang. ditangkap.undang yang mengatur tentang penahanan seseorang dibuat pada tahun 1679. Isinya adalah sebagai berikut : .Apabila seseorang tanpa perlindungan hukum sudah terlanjur ditahan. Ø Warga negara tidak boleh dipaksakan menerima tentara di rumahnya. Ø Tentara tidak boleh menggunakan hukum perang dalam keadaan damai. bukti dan saksi yang sah. raja berjanji akan mengoreksi kesalahannya. • PETITION OF RIGHTS Pada dasarnya Petition of Rights berisi pertanyaan-pertanyaan mengenai hak-hak rakyat beserta jaminannya.- Polisi ataupun jaksa tidak dapat menuntut seseorang tanpa Seseorang yang bukan budak tidak akan ditahan. dinyatakan bersalah tanpa perlindungan negara dan tanpa alasan hukum sebagai dasar tindakannya.

Ø Pajak. Hak Asasi Manusia di Amerika Serikat Pemikiran filsuf John Locke (1632-1704) yang merumuskan hak-hak alam. Pemikiran John Locke mengenai hak – hak dasar ini terlihat jelas dalam Deklarasi . undang-undang dan pembentukan tentara tetap harus seizin parlemen.Ø Seseorang yang ditahan segera diperiksa dalam waktu 2 hari setelah penahanan. 3.seperti hak atas hidup. • BILL OF RIGHTS Bill of Rights merupakan undang-undang yang dicetuskan tahun 1689 dan diterima parlemen Inggris. liberty. and property) mengilhami sekaligus menjadi pegangan bagi rakyat Amerika sewaktu memberontak melawan penguasa Inggris pada tahun 1776. Ø Kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat. yang isinya mengatur tentang : Ø Kebebasan dalam pemilihan anggota parlemen. Ø Parlemen berhak untuk mengubah keputusan raja. kebebasan. dan milik (life. Ø Alasan penahanan seseorang harus disertai bukti yang sah menurut hukum. Ø Hak warga Negara untuk memeluk agama menurut kepercayaan masing-masing .

locke berpendapat bahwa manusia yang berkedudukan sebagai warga negara hakhak dasarnya dilindungi oleh negara. Roosevelt tentang “empat kebebasan” yang diucapkannya di depan Kongres Amerika Serikat tanggal 6 Januari 1941 yakni : . John Locke menggambarkan keadaan status naturalis. hidup lebih maju seperti yang disebut dengan status civilis. kendatipun secara resmi rakyat Perancis sudah lebih dulu memulainya sejak masa Rousseau.Kemerdekaan Amerika Serikat yang dikenal dengan DECLARATION OF INDEPENDENCE OF THE UNITED STATES. Declaration of Independence di Amerika Serikat menempatkan Amerika sebagai negara yang memberi perlindungan dan jaminan hak-hak asasi manusia dalam konstitusinya. dan kebebasan untuk menikmati kebhagiaan. kemudian Woodrow Wilson dan Jimmy Carter. ketika manusia telah memiliki hak-hak dasar secara perorangan. kemerdekaan. merupakan pula piagam hak – hak asasi manusia karena mengandung pernyataan “Bahwa sesungguhnya semua bangsa diciptakan sama derajat oleh Maha Pencipta. Kesemuanya atas jasa presiden Thomas Jefferson presiden Amerika Serikat lainnya yang terkenal sebagai “pendekar” hak asasi manusia adalah Abraham Lincoln. Amanat Presiden Flanklin D. Bahwa semua manusia dianugerahi oleh Penciptanya hak hidup. Revolusi Amerika dengan Declaration of Independence-nya tanggal 4 Juli 1776. suatu deklarasi kemerdekaan yang diumumkan secara aklamasi oleh 13 negara bagian. Dalam keadaan bersamasama.

4.Kebebasan memilih agama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya (freedom of religion). dan Italia. Kebebasan.Kebebasan untuk berbicara dan melahirkan pikiran (freedom of speech and expression). Pernyataan yang dicetuskan pada tahun 1789 ini mencanangkan hak atas kebebasan. kesamaan. Empat kebebasan Roosevelt ini pada hakikatnya merupakan tiang penyangga hak-hak asasi manusia yang paling pokok dan mendasar. Perjuangan itu dilakukan untuk melawan kesewenang-wenangan rezim lama. .. fraternite). Lafayette merupakan pelopor penegakan hak asasi manusia masyarakat Prancis yang berada di Amerika ketika Revolusi Amerika meletus dan dan persaudaraan atau kesetiakawanan (liberte.Kebebasan dari kekurangan dan kelaparan (freedom from want). Hak Asasi Manusia di Prancis Perjuangan hak asasi manusia di Prancis dirumuskan dalam suatu naskah pada awal Revolusi Prancis. Kebebasan – kebebasan tersebut juga merupakan hak (kebebasan) bagi umat manusia untuk mencapai perdamaian dan kemerdekaan yang abadi. . . . Naskah tersebut dikenal dengan DECLARATION DES DROITS DE L’HOMME ET DU CITOYEN yaitu pernyataan mengenai hak-hak manusia dan warga negara. egalite. Jepang.kebebasan tersebut dimaksudkan sebagai kebalikan dari kekejaman dan penindasan melawan fasisme di bawah totalitarisme Hitler (Jerman).Kebebasan dari rasa takut (freedom from fear).

3) Manusia merdeka berbuat sesuatu tanpa merugikan pihak lain. 4) Warga Negara mempunyai hak yang sama dan mempunyai kedudukan serta pekerjaan umum. 2) Manusia mempunyai hak yang sama.mengakibatkan tersusunnya Declaration des Droits de I’homme et du Citoyen. Hak Asasi yang tersimpul dalam deklarasi itu antara lain : 1) Manusia dilahirkan merdeka dan tetap merdeka. Voltaire. 10) Adanya kemerdekaan berserikat dan berkumpul. revolusi ini diprakarsai pemikir – pemikir besar seperti : J. Juga dalam konstitusi tahun 1793 dan 1795. Kemudian di tahun 1791. Rousseau. 7) Manusia merdeka mengeluarkan pikiran.J. 6) Manusia mempunai kemerdekaan agama dan kepercayaan. 8) Adanya kemerdekaan surat kabar. 5) Manusia tidak boleh dituduh dan ditangkap selain menurut undangundang. 9) Adanya kemerdekaan bersatu dan berapat. semua hak-hak asasi manusia dicantumkan seluruhnya di dalam konstitusi Prancis yang kemudian ditambah dan diperluas lagi pada tahun 1793 dan 1848. . serta Montesquieu.

setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia. Baru 2 tahun kemudian. Hak Asasi Manusia oleh PBB Setelah perang dunia kedua. 5. 48 negara menyatakan persetujuannya. 15) Adanya hak hidup dan mencari nafkah. dan melaksanakan kerajinan.berdagang. 13) Adanya kemerdekaan hak milik. Eleanor Rossevelt. 14) Adanya kemedekaan lalu lintas. Dari 58 Negara yang terwakil dalam sidang umum tersebut.11) Adanya kemerdekaan bekerja. Karya itu berupa UNIVERSAL DECLARATION OF HUMAN RIGHTS atau Pernyataan Sedunia tentang Hak – Hak Asasi Manusia. Oleh karena itu. mulai tahun 1946. PBB membentuk komisi hak asasi manusia (commission of human right). 12) Adanya kemerdekaan rumah tangga. dan 2 negara lainnya absen. Sidangnya dimulai pada bulan januari 1947 di bawah pimpinan Ny. disusunlah rancangan piagam hak-hak asasi manusia oleh organisasi kerja sama untuk sosial ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terdiri dari 18 anggota. Paris menerima baik hasil kerja panitia tersebut. yang terdiri dari 30 pasal. . tanggal 10 Desember 1948 Sidang Umum PBB yang diselenggarakan di Istana Chaillot. 8 negara abstain.

Turut serta dalam gerakan kebudayaan dalam masyarakat .Menikmati kesenian dan turut serta dalam kemajuan keilmuan Majelis umum memproklamirkan Pernyataan Sedunia tentang Hak Asasi Manusia itu sebagai tolak ukur umum hasil usaha sebagai rakyat dan bangsa dan menyerukan semua anggota dan semua bangsa agar memajukan dan menjamin pengakuan dan pematuhan hak-hak dan kebebasan.Kemerdekaan dan keamanan badan .Bebas mengutarakan pikiran dan perasaan . dianggap tidak bersalah kecuali ada bukti yang sah .Mendapatkan pekerjaan .Mendapatkan pendidikan .Mendapat jaminan social .Memperoleh pengakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum untuk mendapat jaminan hokum dalam perkara pidana.Universal Declaration of Human Rights antara lain mencantumkan.Hidup .Berapat dan berkumpul .kebebasan . Bahwa setiap orang mempunyai Hak : .Mengeluarkan pendapat .Bebas memeluk agama .Mendapatkan suatu kebangsaan . seperti diperiksa di muka umum.Diakui kepribadiannya .Mendapatkan hak milik atas benda .Masuk dan keluar wilayah suatu Negara - Mendapatkan asylum .Berdagang .

dihormati. Jika dalam melaksanakan hak. Bermuara pada Pancasila dimaksudkan bahwa pelaksanaan hak asasi manusia tersebut harus memperhatikan garis-garis yang telah ditentukan dalam ketentuan falsafah Pancasila. berbangsa. . kebahagiaan.yang termasuk dalam pernyataan tersebut. kita tidak memperhatikan hak orang lain.maka yang terjadi adalah benturan hak atau kepentingan dalam hidup bermasyarakat. yaitu Pancasila. 6. Setiap hak akan dibatasi oleh hak orang lain. Hal ini disebabkan pada dasarnya memang tidak ada hak yang dapat dilaksanakan secara multak tanpa memperhatikan hak orang lain. dan bernegara Negara Republik Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia sebagai hak yang secara kodrati melekat dan tidak terpisah dari manusia yang harus dilindungi. dan ditegakkan demi peningkatan martabat kemanusisan. melaksanakan hak asasi manusia bukan berarti melaksanakan dengan sebebas-bebasnya. melainkan harus memperhatikan ketentuanketentuan yang terkandung dalam pandangan hidup bangsa Indonesia. kesejahteraan. Bagi bangsa Indonesia. Meskipun bukan merupakan perjanjian. Yang artinya Hak Asasi Manusia mendapat jaminan kuat dari falsafah bangsa. namun semua anggota PBB secara moral berkewajiban menerapkannya. Hak Asasi Manusia di Indonesia Hak Asasi Manusia di Indonesia bersumber dan bermuara pada pancasila. dan kecerdasan serta keadilan. yakni Pancasila.

hak-hak asasi manusia itu dapat dibeda-bedakan menjadi sebagai berikut : Ø Hak – hak asasi pribadi (personal rights) yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat. Ø Hak – hak asasi politik (political rights) yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan. hak pilih (dipilih dan memilih dalam pemilu) dan hak untuk mendirikan partai politik. Ø Hak – hak asasi ekonomi (property rights) yang meliputi hak untuk memiliki sesuatu.yakni: . hak untuk membeli dan menjual serta memanfaatkannya.Undang – Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Di Indonesia secara garis besar disimpulkan. . Ø Hak – hak asasi sosial dan kebudayaan ( social and culture rights).Berbagai instrumen hak asasi manusia yang dimiliki Negara Republik Indonesia. Misalnya hak untuk memilih pendidikan dan hak untukmengembangkan kebudayaan. dan kebebasan bergerak.Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia . kebebasan memeluk agama.Undang – Undang Dasar 1945 . Ø Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan ( rights of legal equality).

Misalnya peraturan dalam hal penahanan. Nabi Musa memerdekakan bangsa Yahudidari perbudakan Raja Fir’aun (Mesir) agar terbebas dari kesewenangan rajayang merasa dirinya sebagai Tuhan 2. Secara konkret untuk pertama kali Hak Asasi Manusia dituangkan dalam Piagam Hak Asasi Manusia sebagai lampiran Ketetapan Permusyawarahan Rakyat Republik Indonesia Nomor XVII/MPR/1998. Jelaskan Pula dari awal masuknya penegakkan HAM di Indonesia berdasarkan Sumber yang anda abaca.1000 SM (Hukum Hammurabi) Perjuangan Nabi Ibrahim melawan kelaliman Raja Namrud yang memaksakanharus menyembahpatung (berhala).yaitu Mahkamah Keadilan untuk melindungi orangorang miskin danMajelis Rakyat atau Ecdesia . Berikut sejarah HAM dalam berbagai sumber atau dokumen. Perjuangan Solon. . dan peradilan. Untuk itu dia membentuk Heliaie. penggeledahan. Karena gagasannya inilahSolondianggap sebagaipengajar Demokrasi. 2500 s. Solontelah menyusun undang-undang yang menjaminkeadilan dan persamaan bagi setiap warganya. 4. diantaranya : 1. didukung olehPericles(tokohnegarawan Athena).Ø Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights).d. 600 SM Di Athena (Yunani) . penangkapan.

dipenjara. 6.632 M (Kitab Suci Injil) Dibawa oleh Nabi Isa Almasih sebagai peletak dasar etika Kristiani dan idepokok tingkah laku manusia agar senantiasa hidup dalam cinta kasih kepadaTuhan maupun sesama manusia. bijaksana. Orang tidak boleh ditangkap. 30 SM s.322 SM (Corpus Luris) Kaisar Romawi pada masaFlavius Anacius Justinianusmenciptakan peraturanhukum modern yang terkodifikasi dalamCorpus Lurissebagai jaminan ataskeadilan dan hak asasi manusia. banyak mengajar tentangtoleransi.Pada masa kebangkitan Romawi telah banyak lahir filsuf terkenal dengan visitentang hak asasi seperti :Socrates dan Plato yang banyak dikenal sebagaipeletak dasar diakuinya hak-hak asasi manusia. Raja tidak boleh memungut pajak kalau tidak dengan izin dari Great Council.d. 527 s. berbuat adil. disiksa atau disita miliknya tanpa cukup alasan menurut hukum Negara. antara lain mencakup .3. 15 Juni1215 (Magna Charta) (MasaPemerintahanLockland di Inggris) Pembatasan kekuasaan raja dan hak asasi manusia. tidak boleh memaksa. serta Aristoteles yang mengajarkan tentang pemerintahan berdasarkan kemauan dan cita-citamayoritas warga. . memberikan rahmat kepada seluruh alam semesta. Kitab Suci Al-Qur’an Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW . 5. dan sebagainya. menerapkan kasihsaying. 4.d.

tentara tidak boleh menjalankan hukum perang . 9. 1629 (Petition of Rights MasaPemerintahanCharles I di Inggris) . (Alasan penahanan seseorangharus disertai bukti yang sah menurut hukum) .Orang tidak boleh ditangkap tanpa tuduhan yang sah 8. hakim harus dapat menunjukkan orang yang ditangkapnyalengkap dengan alasana penangkapan itu. 1689 Bill of Rights (MasaPemerintahanWillian III di Inggris Kebebasan dalam pemilihan anggota parlemen Kebebasan berbicara dan mengeluarkan pendapat Pajak.Dalam keadaan damai. 1679 Hobeas Corpus Act (MasaPemerintahanChaarles II di Inggris) . Undang-undang dan pembentukan tentara tetap harus seizingparlemen Hak warga negara untuk memeluk agama menurut kepercayaan masing-masing Parlemen berhak untuk mengubah keputusan raja 10.Orang yang ditangkap harus diperiksa selambat-lambatnya dua hari setelahditangkap.Pajak dan hak-hak istimewa harus dengan izin parlemen .04 Juli 1776 Declaration of Indefendence ( AS) .Tentara tidak boleh diberi penginapan di rumah-rumah penduduk(warganegara tidak boleh dipaksakan menerima tentara di rumahnya) .Jika diminta.7.

Indonesia (1945). and pursuit of happiness/ property).1941 Atlantic Charter (dipelopori olehFranklin D.Amerika Serikat dianggap sebagai Negara pertama yang mencantumkanhak asasi dalam konstitusi (dimuat secara resmi dalam Constitution of USA tahun 1787) atas jasa Presiden Thomas Jefferson 11.Roosevelt) Muncul pada saat berkobarnya Perang Dunia II .dan ha mengejar kebahagian/ milik (life. Naskah yangdiusulkan oleh Presiden Theodore Woodrow Wilson memuat 14 pasaldasar untuk mencapai perdamaian yang adil 13. ha kebebasan. mengeluarkan pendapat. hak-hak yang tidak dapat dicabut dari dirinya ialah . kesamaan (Egalite) danpersaudaraan atau kesetiakawanan(fraternite). liberty. 14 Juli 1789 Declaration des Droits de L’homme et du Citoyen (Perancis) Pernyataan HAM dan warga Negara sebagai hasil Revolusi Perancis dibawah pimpinan Jenderal Laffayete .Manusia dilahirkan bebas dan mempunyai hak-hak yang sama . Uni Soviet (1936). Kebebasan berbicara.Hak-hak itu adalah hak kebebasan ( Iiberte) . danberorganisasi (Freedom of Speech) . berkumpul. kemudian disneutkanempat kebebasan (the four Freedoms) antara lain .Bahwa semua orang diciptakan sama. Mereka dikaruniai oleh Tuhan.Januari. anatara lain menyebutkan : . hak hidup. 12. pencantuman HAM dalam konstitusi diikuti olehBelgia (1831).1918 Rights of Self Determination Tahun-tahun berikutnya. dsb.

Peristiwa TanjungPriok 1984 (74 korban) Penyerangan terhadap massa yangberunjuk rasaPengadilan HAM ad hocJakarta tahun 2003-2004 2. jelaskan? Kasus yang sudah diajukan siding peradilan 1. yang menjadi trend dan sorotan terhadap penegakan HAM. Berikan contoh-contoh (minimal 2) kasus di Indonesia yang pernah terjadi.- Kebebasan untuk beragama dan beribadah (Freedom of Kebebasan dari kemiskinan dan kekurangan (Freedom of Want) Kebebasan seseorang dari rasa takut (Freedom of Fear) Religion) 14. Penculikan Aktivis1998 tahun 1984-1998 (23 korban) Pnghilangan secara paksa oleh Militerterhadap para aktivis prodemokrasiPengadilan Militer untukanggota tim mawar 3.678 korban) Penyerbuan kantor PDI Pengadilan Koneksitas 2002 . Kasus 27 Juli 1996 (1. 10 Desember1948 Universal Declaration of Human Rights Pernyataan sedunia tentang hak-hak asasi manusia yang terdiri dari 30 pasal.Piagam tersebut menyerukan kepad semua anggota dan bangsa di duniauntuk menjamin dan mengakui hak-hak asasi manusia dimuat di dalamkonstitusi Negara masing-masing 5.

Aceh selalumenjadi daerah operasi militer dengan intensitas kekrasan yangtinggi . Kasus Timor-TimurPasca Referendum1974-1999 (RatusanRibu korban) Dimulai dari agresi militer TNI (Operasi Seroja) terhadappemerintahan Fretelin yang sah di Timor-Timur. Kerusuhan Timor-Timur Pasca JajakPendapat1999 (97 korban) Peristiwa Abepura.5 jt korban) korban sebagian besar adalah anggota PKI atau ormas yang berafiliasidengan PKI. sebagian besar dilakukan di luar proses hukum yang sah 2. aparat pemerintah menghadapipenduduk lokalNo Nama Kasus Tahun Korban Peristiwa 3.Papua2000 (63 korban) Penyisiran membabi Agresi Militer Pengadilan HAM ad HocJakarta tahun 2002-2003 buta terhadappelaku yang diduga menyerangMapolsek AbepuraPengadilan HAM di Makasar Kasus yang belum tersentuh proses hukum 1.4. 6. Kasus-kasus di Acehpra DOM 1976-1989 (Ribuan korban) Semenjak dideklarasikannya GAM Hasan Di Tiro. Sejak saat ituTimor-Timur selalu menjadi daerah operasi militer rutin yangrawan terhadap tindak kekerasan aparat RI 4. Kasus-kasus diPapua1966 (Ribuan korban) Operasi instensif dilakukan TNI untuk menghadapi OPM. Pembantaianmassal 1965 tahun1965-1970(1. Sebagian lagiberkaitan dengan masalah penguasaan sumber daya alam antaraperusahaan tambang internasional. PenembakanMahasiswa Trisakti1998 (31 korban) Penembakan aparat terhadapmahasiswa yang sedang berunjuk rasaPengadilan Militer bagi pelakulapangan 5.

residivis. Operasi ini bersifat illegal dan dilakukan tanpa identitasinstitusi yang jelas 6. .puluhanluka-luka) Insiden ini terjadi karena keinginan PT. Kasus Marsinah 1995 (1 korban) Pelaku utamanya tidak tersentuh. namunmasyarakat menilak upaya tersebut. 2. PenembakanMisterius (Petrus) 1982-1985 (1. Kasus dukun santetdi Banyuwangi 1998 (Puluhan korban) Adanya pembantaian terhadap tokoh masyarakat yang dianggapdan ditusuh dukun santet 8.678 korban) Korban sebagian besar tokoh criminal. London Sumatera untukmelakukan perluasan area perkebunan mereka. Tindakan sewenangwenang Raja John tersebut mengakibatkan rasa tidak puas dari para bangsawan yang akhirnya berhasil mengajak Raja John untuk membuat suatu perjanjian yang disebut Magna Charta atau Piagam Agung. BUkti keterlibatan militer dibidang perburuhan 7. Kasus Bulukumba 2003 (2 tewas. MAGNA CHARTA Pada awal abad XII Raja Richard yang dikenal adil dan bijaksana telah diganti oleh Raja John Lackland yang bertindak sewenang– wenang terhadap rakyat dan para bangsawan. Jelaskan tentang hal ini apa yang menjadi awal kemunculan serta apa kosenkuensi atau dampak dari lahirnya piagam ini. sementara orang lain dijadikankambing hitam. atau mantancriminal.5. Piagam magna charta merupakan salah satu tonggak dari penegak HAM.

ditangkap. Raja berjanji kepada penduduk kerajaan yang bebas untuk  memberikan hak-hak sebagi berikut : Para petugas keamanan dan pemungut pajak akan menghormati hak hak penduduk.Magna Charta dicetuskan pada 15 Juni 1215 yang prinsip dasarnya memuat pembatasan kekuasaan raja dan hak asasi manusia lebih penting daripada kedaulatan raja. Piagam Magna Charta itu menandakan kemenangan telah diraih sebab hak-hak tertentu yang prinsip telah diakui dan dijamin oleh pemerintah. Tak seorang pun dari warga negara merdeka dapat ditahan atau dirampas harta kekayaannya atau diasingkan atau dengan cara apapun dirampas hak-haknya. dan kebebasan Gereja Inggris. . kecuali berdasarkan pertimbangan hukum. Seseorang yang bukan budak tidak akan ditahan.  hak. dinyatakan bersalah tanpa perlindungan negara dan tanpa alasan hukum sebagai dasar tindakannya. Polisi ataupun jaksa tidak dapat menuntut seseorang tanpa bukti dan  saksi yang sah. Isi Magna Charta adalah sebagai berikut : Raja beserta keturunannya berjanji akan menghormati kemerdekaan. Piagam tersebut menjadi lambang munculnya perlindungan terhadap hak-hak asasi karena ia mengajarkan bahwa hukum dan undang-undang derajatnya lebih tinggi daripada kekuasaan raja.

Apabila seseorang tanpa perlindungan hukum sudah terlanjur ditahan. raja berjanji akan mengoreksi kesalahannya. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->