P. 1
Sehat Dalam Islam

Sehat Dalam Islam

|Views: 97|Likes:
Published by Wenni Esye

More info:

Published by: Wenni Esye on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2015

pdf

text

original

SEHAT DALAM ISLAM Kesehatan merupakan salah satu nikmat Allah yang harus kita syukuri, bagi seorang

mukmin, kesehatan merupakan rahmat dan nikmat yang tak terhingga nilainya. Islam merupakan agama rahmat. Setiap ajaranya mengandung nilai-nilai yang universal dan transdental. Dalam islam kesehatan mendapatkan perhatian yang begitu penting. Karena dengan sehat manusia dapat beraktivitas Islam memiliki perbedaan yang nyata dengan agama-agama lain di muka bumi ini. Islam sebagai agama yang sempurna tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Sang Khalik-nya dan alam surga, namun Islam memiliki aturan dan tuntunan yang bersifat komprehensif, harmonis, jelas dan logis. Salah satu kelebihan Islam yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah perihal perspektif Islam dalam mengajarkan kesehatan bagi individu maupun masyarakat. “Kesehatan merupakan salah satu hak bagi tubuh manusia'' demikian sabda Nabi Muhammad SAW. Karena kesehatan merupakan hak asasi manusia, sesuatu yang sesuai dengan fitrah manusia, maka Islam menegaskan perlunya istiqomah memantapkan dirinya dengan menegakkan agama Islam. Satu-satunya jalan dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Allah berfirman: Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakitpenyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Q.S Yunus: 57) Imam al-Syatibhi dalam kitabnya fi Ushul al-Ahkam,mengatakan bahwa tujuan kehadiran agama islam dalam rangka menjaga agama, jiwa, akal, jasmani, harta dan keturunan. Setiap usaha dalam rangka memenuhi lima hal tersebut, walaupun tidak disebutkan dalam al-quran dan As-sunah dapat dibenarkan dalam ajaran islam Guna melaksanakan lima tujuan islam tersebut maka kesehatan memegang peranan penting . tanpa adanya kondisi sehat dalam badan maka berbagai upaya untung memenuhi kewajiban pokok akan sulit dilaksanakan. Oleh karena itu islam menekankan pentingnya kesehatan. Dengan demikian kita dapat kita mengatakan bahwa kesehatan merupakan modal pokok dan utama dalam mencapai tujuan agama. Oleh karena itu islam memberikan petunjuk ynag jelas dan utuh, koperhensif dan integrated tentang cara-cara memelihara kesehatan. 1). DEFINISI SEHAT Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual.

Dari ajaran beliau mengenaiperihal orang yang sakit ialah : Satu. dan ekonomi) dalam mempertahankan kesehatannya. Kesehatan jasmani merupakan bentuk dari keseimbangan manusia dengan alam.UU No. kesehatan rohani (ruh). social. intelektua. jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. dan sosial sehingga umat manusia mampu menjadi umat yang pilihan. Dalam pengertian ini maka kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik. Kesehatan ruhani dimana ada keseimbangan dan hubungan yang baik secara spiritual antara khalik (pencipta) dan makhluk. dan kesehatan social. Dalam pengertian yang paling luas sehat merupakan suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan internal (psikologis. mental dan sosial dan di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral kesehatan. Oleh karena itu nabi mengatakan “kebersihan sebagaian dari iman”. maupun spiritual yang produktip dan sempurna untuk menjalankan aktivitas kemakhlukan. memberikan sebuah pandangan yang tegas mengenai kesehatan. Bila ketiga unsur ini terpenuhi maka akan tercipta sebuah keadaan baik pisik. dimana kesehatan yang bersipat psikologis! Dimana ada keharmonisan antara sebuah indipidu dengfan indipidu laian maupun dengan sistem yang berlaku pada sebuah tatanah masyarakat. kita diwajibkan untuk berwudhu. Kesehatan bukan hanya sebuah anjuran tapi juga merupakan kewajiban. 2). ISLAM DAN KESEHATAN Islam dan seluruh ajaranya. semuanya mengandung ajaran tentang kesehatan yaitu pentingnya menjaga kebersihan. Ketika membasuh muka. spiritual dan penyakit) dan eksternal (lingkungan fisik. yang terakhit adalah kesehatan sisial. Semua ibadah-ibadah dalam islam mengandung ajaran tentang pentingnya menjaga kesehatan. Dalam islam seseorang dikatakan sehat apabila memenihi tiga unsur. rokhani. Karena penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sebuah kondisi akan dikatakan sehat bila lingkunga sekitar bersih. Dan telah dibuktikan saat ini oleh para peneliti. Kemudian nabi Muhammad mengajarkan pada kita mengenai kesehatan. yang mengandung arti kewajiban bagi para setiap muslim yang sakit untuk berobat . yang diwujudkan dari aktivitas makhluk dalam memenuhi semua perintah khalik.1992 tentang Kesehatan menyatakan bahwa: Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan. mental. Yaitu kesehatan jasmani (nafs). Sebelum solat. Perintah untuk berobat. dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.23. Makna spiritual dari wudhu ialah sebelum menghadap Allah di haruslah mempunyai kebersihan jasmani dan ruhani. berkumur. Tujuan Islam mengajarkan hidup yang bersih dan sehat adalah menciptakan individu dan masyarakat yang sehat jasmani. mengusap tangan. Sehat menurut batasan World Health Organization adalah keadaan sejahtera dari badan. jiwa. tidak sedikit dari ucapannya mengandung unsur medis mutakhir.

pola hidu yang tidak baik.maka Allah memberikan petunjuk melalui perantara nabi dengan segala aktivitas dan ucapan-ucapan nabi yang telah dirancang sedemikin rupa untuk bisa diikuti manusiai secara utuh dan mempunyai sipat yang eternaliabel Dalam berbagai hadist. mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian serta madu. KESEHATAN JASAMANI Manusia adalah makhluk yang selalu ingin memenuhi seluruh kebutuhnya. eksploitasi laut yang tidak bertanggung jawab. maupun lingkungan. Setiap penyakit ada obatrnya. mencabut bulu ketiak. perut adalah sarang penyakit. nabi menyulas soal kebersihan sangat detail. Teori ini menjadi sebuah harapan bagi para penderita . tidak makan kecuali setelah lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. tidak pernah tidur dengan tangan masih ada bekas makanan dan gigi ada bekas makanan. “wahai Aisyah menahan diri adalah obat. bersiwaq hingga bagaimana cara dia makan. meneliti. . Mekan berklebih. karena nabi berkata pada istrinya. . membersihkan ruas jari. Ia mengajarkan kepada umatnya. bila tubuh manusia dalam keadaan sehat mereka bisa melakukan aktivitas Ibadah (hubungan manusia dengan tuhanya). dan biasakan setiap anggota badan sesuai kemampuannya. Mencegah dari segala macam yang membahayakan kita dan menyebabkan kita menderita kesakitan didunia dan meenerima azab di akherat. serta sebagai pencegahan dan penyembuhan. Rasul mengajak dan menyurah kita kepada segala hal yang menjadi kebaikan dan kebahagiaan kita. serta aktivitas dunia ( hubungan manusia dengan alam).dan motivator untuk mencari. tidak berduka cita. baik kebersihan fisik. penggundulan hutan untuk bahan bangunan. Tiga. mulai memotong kuku. Menyembuhkan orang sakit merupakan keharusan dalam agama. Kesehatan merupakan hal yang mutlak dalam menjalani aktuvitas kehidupan manusia. Hal ini mengindikasikan betapa pentingnya kesehatan. dan sangat menginginkan agar kita semua menjadi penghuni surga yang kekal. untuk soal makan saja. keinginan manusia yang tidak terbatas kadang membuat manusia menjadi rakus. menginginkan kita semua tidak tertimpa sakit. kesemuanya itu akan membuat keseimbangan alam terganggu. terhapus dari dosa.” Beberapa anjuran dalam soal makan dan supaya terhindar dari penyakit. 3).Dua. Bahkan. Oleh karena itu dibutuhkanlah sebuah metode untuk menjaga kesehatan manusia. nabi merincinya. Rasulullah SAW sangat menginginkan umatnya mendapatlan kemudahan dalam menjalani kehidupanya di dunia. misalnya melarang meniup makanan atau bernapas dalam gelas. dan mempelajari berbagai penyakit. berpuasa dan berolahraga. aktivitas Sosial (hubungan manusia dengan manusia).

Dalam taurat dan undang-undang manusia. masalah kebersihan sangatlah diteliti dengan seksama. Hal ini disebabkan karena dalam perintah Allah pada manusia bayngak yang berupa aktivitas pisik yang memerkukan kondisi yang prima. Kemudian eksploitasi terhadap hutan yang akan menyebabkan banjir dan bencana lain. dan kesisteman yang berlaku. Dalam islam bersih dan suci adalah dasar dalam segala sendi peraturan islam. keyakinan yang teguh. Dengan demikian tampaklah jelas ajaran islam yang sangat mementingkan kesehatan jasmani dan fisik yang diolakukan denga cara menjaga kebersihan. Bila kesisteman ini terhanggu makan akan terjadi defeat dari keseimbangan yang telah lama berlangsung. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa kesehatan jasmani berhubungan dengan alam. rantai dan siklus kehidupan terganggu. Hal ini agar menjadi kebiasaan yang tidak disadari untuk umat islam. ketaatan bating yang tak terhingga. seperti solat yang mampu meregangkan otot. 5). yang pastinya akan menebabkan penyakit p[ada tubuh manusia tersebut karena manusia tersebut telah menyalahi keseimbangan yang ada. Dan diharapkan mampu menimbulakan pengaruh positive terhadap peningakatan derajat kesehatan. Nabi pernah bersabda “Sesungguhnya badanmu mempunyai hak atas dirimu” Hadist tersebut sebagai teguran pada sahabat yang beribadah yang bermaksud melampaui batas. KESEHATAN ROHANI . ibadah haji dan ibadah lainya. Sebuah ketaatan yang luar biasa bila seseorang mampu menjalankan semua perintah-perintah tersebut. ibadah haji yang merupakan puncak dari ibadah yang membuat tubuh kuat. karena membutuhkan kesadaran yang tinggi. olahraga. dabn merupakan bentuk pendidikan Allah. sehingga sendi-sendi bisa lentur dan menyehatkan. dan tidak memperhatikan tentang kesehatan atas dirinya. karena rukun-rukunnya yang melatih kondisi stamina tubuh Aturan-aturan islam tentang kebersihan yang merupakan promosi preventive. Misalkan manusia makan berlebih dan menjadi kebiasaan. kebiasaan itu akan membuat sistem pencernaan manusia terganggu. manusia merupakan bagaian drai alam.Disadari maupun tidak. Ajaran islam untuk menjaga kesehatan fisik terlihat dalam beberapa perintah Allah. karna setiap gerakan solat seperti mempunyai kunci tubuh. wudhu yang menurut penelitian bisa merangsang syarap-syaraf pada daerah yang terusap air wudhu. Dan semuanya terintegrasi dalam setiap aktivitas ibadah. puasa. puasa yangmenyehatkan. Aturan-aturan kebersihan dalam segala agama dan ibadat. Seperti salat. Kesehatan pisisk merupakan keadaan yang seangat pentingdalam mendukung aktivitas lainya. menjaga asupan makanan.

Gurubesar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengatakan manusia ada tiga unsur. (Al-Hujurat :13) .( Al-Ra’d: 28) Menurut Prof Dr. Menurut Aristoteles menyebutkan manusia adalah Zoon Politicon. seperti hati yang selalu bertaubat (at-taqwa). yaitu manusia yang selalu membutuhkan kehadiran orang lain.dan hal ini merupakan penyakit rohani yang paling kronis. PenyakitPenyakit kejiwaanpun banyak jenisnya dan bertingkat-tingkat.(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Penyakit-penyakit akal yang disebabkan karena salah penggunaanya seperti licik atau curang. hati yang selalu menjaga dari hal-hal keduniaan (al-zuhd). yaitu unsur jasad (jasadiyyah). dalam konsep islam manusia dikat dalam sebuah persaudaraan yang akan mendatangkan muamalah (saling menguntungkan). Bila sistem ini dilanggar maka manusia akan mengubah rasa ke-makhlukanua denga rasa kesok-sempurnaanya. dan unsur roh (ruh) yang dalam Al-quran disebut khalqan akhar. ada kalanya manusia melanggar nilai-nilai keseimbangan antara khalik-makhluk. Nasaruddin Umar M. unsur nyawa (nafs). Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. Oleh karna iniulah dalam islam dikenal istilah Ukhuwah(persaudaraan). Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. kesehatan social Hidup bermasyarakat dalam arti yang seluas-luasnya adalah merupakan salah satu analuri manusia. sehingga ada fitrah yang langgar. dalam hal ini Allah Dengan islamnya. Karena hanya dalam sistem keagamaanlah manusia bisa berhubunagan dengan kekuatan itu. Namun selain itu ada pula ada cirri-ciri jiwa yang sehatyang dalam al-quran disebur Qalbun Salim. Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa . cara yang ditempuh manusia untuk mendapatkan kekuatan itu adalah dengan mengikuti sistem agama. hal ini memungkinkan rasa persaudaraan lebih tinggi Hai manusia. Hubungan antara makhluk dengan tuhanya akan berjlan baik bila sang makhluk menaati apa yang diperintahkan Allah. hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. hati yang selalu butuh pertolongan Allah (al-Faqir). Ingatlah. benci.Nabi Muhammad mengisyaratkan bahwa ada keluhan fisik yang terjadi karena adanya gangguan mental.A. hati yang selalu ada manfaatnya (al-shumi). fanatisme dan lainlain.bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Seseorang baru disebut manusia jika memiliki ketiga unsur ini. Manusia pada dasarnya membutuhkan sebuah kekuatan yang diluar kekuatan alam yang ada untuk bisa memenuhi segala kebutuhanya. Sikap angkuh. dendam.

mencuci kemaluan dengan air (bukan dengan tissue) setelah buang air kecil atau buang air besar. Bila sebelumnya pada tahun 1947 WHO memberikan batasan sehat hanya dari 3 aspek saja. Rasulullah SAW dikenal memiliki kondisi fisik yang prima. pelayanan kesehatan. telah ada piagam madinah. sosek. sistem pencernaan yang selama 11 bulan bekerja. sunnah untuk bersiwak membuktikan bahwa Islam sangat perduli terhadap kebersihan fisik. . Akan tetapi ibadah dalam Islam bukanlah arena untuk menyiksa diri. shalat malam selalu di tegakkan. Langkah dimulai dari pembinaan terhadap manusia sebagai subjek sekaligus objek persoalan kesehatan itu sendiri. Kebersihan misalnya. 1984) menyatakan bahwa aspek agama (spiritual) merupakan salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya. Secara individual dengan landasan nilai tauhid tadi Islam mengajarkan agar setiap muslim bergaya hidup sehat. Dalam piagam itu ditegaskan orang harus menjaga hubungan dengan masyarakat. yaitu sehat dalam arti fisik (organobiologik). Suatu ketika datang kepada Rasulullah SAW beberapa sahabat. Sementara. Dengan berwudhu.Ajaran islam tentang perlunya membangun kesehatan masyarakat yang sehat. laksana mesin mendapatkan kesempatan untuk diistirahatkan. dan genetik. aku bangun tetapi juga tidur katanya. Ada yang mengutarakan niatnya untuk berpuasa tanpa berbuka. ibadah puasa secara pasti telah memberikan pengaruh sangat baik terhadap kesehatan perut. Bila ditilik semuanya tetaplah bemuara pada manusia. Dan perilaku yang diharapkan dari manusia yang bertauhid adalah perilaku yang merupakan realisasinya dari ketaatan terhadap perintah dan larangan Allah. perilaku. Dengan puasa. Faktor lingkungan (fisik. sangat ditekankan oleh Islam dan dinilai sebagai cerminan dari Iman seseorang. Manusialah yang paling memiliki kemampuan untuk memperlakukan dan menata lingkungan hidup. menelantarkan badan dan mengabaikan kesehatan.Sehingga kendati kegiatan sehari-harinya sangat padat. mandi janabah. Ini merupakan cara efektif untuk menghindari sakit. tertdapat pada hampir seluruh misi. Pada zaman RasuluAllah. makan secukupnya (bahkan sadanya). Beliau menderita sakit sesaat menjelang wafat. Rasulullah SAW sendiri berpuasa tapi juga berbuka. seorang muslim akan secara langsung membersihkan tangan (yang biasanya menjadi pangkal masuknya penyakit ke dalam mulut) dan muka. Beliau jarang sakit. Kewajiban membersihkan hadats kecil. Nilai-nilai tersebut mampu merubah persepsi-persepsi tentang kehidupan manusia di dunia yang pada gilirannya tentu saja secara merubah perilaku manusia. ada pula yang ingin shalat malam tanpa tidur. Empat faktor utama yang mempengaruhi kesehatan adalah lingkungan (yang utama). sehat dalam arti mental (psikologik/psikiatrik) dan sehat dalam arti sosial. semuanya dapat terlihat dalam ajaran islam. biologi) yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap status kesehatan tetap saja ditentukan oleh manusia. Islam menanamkan nilai-nilai tauhid dan manifestasi dari tauhid itu sendiri pada diri manusia. Rasulullah SAW menolak keinginan itu seraya mengingatkan bahwa badan kita punya haq (untuk beristirahat). Islam sejak dari awal sangat mementingkan hidup sehat melalui tindakan promotif-preventifprotektif. Kemudian. sedikit istirahat. Organisasi Kesehatan se-Dunia (WHO.

bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin.maka sejak 1984 batasan tersebut sudah ditambah dengan aspek agama (spiritual). Pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi. Jadi istilah mental hygiene dimaknakan sebagai kesehatan mental atau jiwa yang dinamis bukan statis karena menunjukkan adanya usaha peningkatan. kesehatan mental menurut saya adalah terhindarnya orang dari gejala . Terhindarnya orang dari gejala . serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem . jiwa atau kejiwaan.2001:21). Kesehatan mental adalah terhindarnya orang dari gejala-gejala gangguan jiwa ( neurose ) 2. PENGERTIAN KESEHATAN MENTAL Istilah "KESEHATAN MENTAL" di ambil dari konsep mental hygiene. sehingga membawa kepada kebahagian diri dan orang lain.problem biasa yang terjadi.sungguh antara fungsi .gejala penyakit jiwa(psychose).gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala . Kata mental di ambil dari bahasa Yunani. 4. 3. Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana dia hidup dan berinteraksi. 2.dengan orang lain maupun dengan masayarakat dimana seseorang itu berada dan bisa mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi.fungsi jiwa.dan merasakan secara positif kebahagian dan kemampuan dirinya sendiri Kesehatan Mental Pengertian mengenai kesehatan beragam ungkapnya. dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana ia hidup. yang oleh American Psychiatric Association dikenal dengan rumusan. pengertiannya sama dengan psyche dalam bahasa latin yang artinya psikis.problem biasa yang terjadi. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri. Zakiah Daradjat(1985:10-14) mendefinisikan kesehatan mental dengan beberapa pengertian : 1. serta terhindar dari gangguan . dan merasakan secara positif kebahagian dan kemampuan dirinya. Berikut ini adalah beberapa pengertian tersebut: 1. bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin untuk mewujudkan suatu keharmonisan yang sungguh .gangguan dan penyakit jiwa.fungsi jiwa. Terwujudnya keharmonisan yang sungguh . serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem . Dengan berpijak pada pengertian di atas. .sungguh antara fungsi .gejala gangguan jiwa serta mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri. (Notosoedirjo & Latipun.

Terdapat perbedaan yang nyata antara tubuh dan jiwa sehingga penyakit diyakini berada pada suatu bagian tubuh tertentu. 1991) memiliki 5 asumsi. 4. cacat dan kelemahan. 1993). Adapun pengertian tentang kesehatan : • Dalam indeks buku The International Dictionary Of Medicine and Biology (Freund. Model kesehatan barat dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu model biomedis atau sering disebut sebagai model medis ( Joesoet. Freund. Helman. 2. bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin. serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem biasa yang terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan diri. memberikan makna kepada fenomena-fenomena alam yang pada dasarnya bersifat chaos. 1991.3. Kesehatan mental adalah keserasian atau kesesuaian antara seluruh aspek psikologis dan dimiliki oleh seorang untuk dikembangkan secara optimal agar individu mampu melakukan kehidupan-kehidupan sesuai dengan tuntutan-tuntutan atau nilai-nilai yang berlaku secara individual.1991) mendefinisikan kesehatan sebagai suatu kondisi yang dalam keadaan baik dari suatu organisme atau bagiannya yang dirincikan oleh fungsi yang normal dan tidak adanya penyakit. 1994.Bahwa penyakit dapat direduksi pada gangguan fungsi tubuh. 4. apoteker atau tenaga peramedis lainnya. fisioterapi. 5. • Pembahasan mengenai konsep kesehatan lebih difokuskan pada model-model kesehatan yang muncul. Asumsi ini merupakan kelanjutan dari asumsi bahwa tubuh adalah suatu mesin yang perlu mendapatkan pemeliharaan. Jadi dalam hal ini Kesehatan mental dapat dirangkum. Model psikosometik menyatakan penyakit berkembang melalui saling terkait secara berkesinambungan antara factor fisik dan mental yang saling memperkait satu sama lain melalui . Kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsifungsi jiwa. 1990) yang dimaksud dengan model adalah cara merekontruksi realita.1990). mental ( rohani ) dan social. Model biomedis (Freud. 3. 1990) dan model psikosomatis (Tamm. • WHO mendefinisikan kesehatan sebagai keadaan (status) sehat utuh secara fisik.Konsep bahwa obyek yang perlu diatur dan dikontrol. Kesehatan Mental.Keyakinan bahwa setiap penyakit disebabkan oleh suatu agen khusus yang secara potensial dapat didefinisikan. Meskipun mereka bersama-sama mengabdi pada bidang kesehatan. Jakarta. entah secara biokimia atau neurofisiologi. Kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi. Menurut Eisenberg (Helman. 1993) sedangkan model kesehatan timur umumnya disebut model kesehatan holistic (Joesoet. 1990) yang menekankan pada keseimbangan (Helman.(Smeet. sehingga membawa kepada kebahagiaan diri dan orang lain serta dari gangguan-gangguan dan penyakit jiwa. 1994). Model-model kesehatan itu antara lain model barat dan model timur. Tamm. 1990. kelompok maupun masyarakat luas sehingga yang sehat baik secara mental maupun secara sosial. Pengertian mengenai kesehatan beragam ungkapnya Pengertian sehat atau kesehatan menurut dokter mungkin sedikit banyak akan berbeda dengan perawat. CV HAJI SAMAAGUNG . Ini adalah pengertian menurut : Dr.Melihat tubuh sebagai suatu mesin. 1990. Zakiah Daradjat. model spikiatris (Helman. 1. bukan hanya suatu keadaan yang bebas dari penyakit.

. sedangkan penyakit illness adalah suatu yang dimiliki manusia yaitu respon subjektif pasien dan segala suatu yang meliputinya. Memiliki interaksi diri atau keseimbangan fungsi-fungsi jiwa dalam menghadapi problema hidup termasuk stress. 4. Ada dua macam psikopatologi : 1. yang ditingkatkan ini penderita tidak lagi sadar akan dirinya. Seseorang dapat berusaha memelihara kesehatan mentalnya dengan menegakkan prinsipprinsipnya dalam kehidupan. tapi juga harus dilihat dari segi spiritual dan agama. sedih. kelainan kepribadian. Sementara dari H. 7. Neurosis adalah gangguan jiwa yang penderitanya masih menyadari atas kondisi dirinya yang tengah terganggu. 2. melainkan patut pula dilihat sejauh mana seseorang itu mampu menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri dan lingkungannya. Inilah yang kemudian disebut Dadang Hawari sebagai dimensi sehat itu. deviasi seksual. Memiliki perasaan benar dan sikap yang bertanggung jawab atas perbuatan-perbuatannya. Sebagai ilmu pengetahuan cabang dari ilmu psikologi yang bertujuan mengembangkan potensi manusia seoptimal mungkin dan menghindarkannya dari gangguan dan penyakit kejiwaan. Tarmidzi membagi psikopatologi menjadi 6 macam. Sebaliknya illness . dan retardasi mental. 3. Menemukan minat dan kepuasan atas pekerjaan yang dilakukan 6. Dengan demikian penyakit adalah suatu yang dimiliki organ. serta sanggup mengaktualisasikan potensi dirinya untuk mencapai kebahagiaan. Sedangkan psikosis adalah penyakit jiwa yang parah . Holisme dalam arti yang sempit melihat organisme manusiawi sebagao suatu system kehidupan yang semua kompenennya saling terkait dan saling tergantung. mampu mengharmoniskan fungsi-fungsi jiwanya. psikologis dan sosial saja. 2. yaitu : 1. bimbang dan sebagainya. Istilah kesehatan mental sendiri memperoleh pengertian yang beragam seiring perkembangannya : 1. Kleininan’s (Freund. selain 2 yang sudah disebutkan diatas dia mengemukakan yang lainnya : Psikomatik. Mampu mengaktualisasikan secara optimal guna berproses mencapai kematangan. Sebagai kondisi atau keadaan sebagaimana gambaran diatas. Sementara menurut arti luas pandangan holistis menyadari bahwa system tersebut merupakan suatu bagian integral dari system-sistem yang luas dimana organisme individu berinterksi terus menerus dengan lingkungan fisik dan sosialnya yaitu tetap terpengaruh oleh lingkungan. Jadi seseorang yang sehat mentalnya tidak hanya sebatas pengertian terhindarnya dia dari gangguan dan penyakit jiwa baik neurosis maupun psikosis. Menurut Cassell. yaitu : Bio-psiko-sosialspiritual. Seseorang dikatakan sehat tidak cukup dilihat hanya dari segi fisik. sanggup mengatasi problem hidup termasuk kegelisahan dan konflik batin yang ada. Memiliki falsafah atau agama yang dapat memberikan makna dan tujuan bagi hidupnya. Manusia sebagai mahkluk yang memiliki banyak keterbatasan kerap kali mengalami perasaan yang takut. cemas. Psikosis.jaringan yang kompleks. Mempunyai self image atau gambaran dan sikap terhadap diri sendiri yang positif. Mampu bersoiallisasi dan menerima kehadiran orang lain 5. Neurosis 2. Mawas diri atau memiliki control terhadap segala kegiatan yang muncul 8. Dalam psikologi gangguan atau penyakit jiwa akrab di isitilahkan dengan psikopatologi. 1991) mendefinisikan disease mengacu peda kondisi biofisik – masalah seperti yang dilihat dari perspektif praktisi biomedis.

6. dan obat-obatan yang mengubah prilaku. obat bius.Gangguan penggunaan zat-zat Penggunaan alkohol berlebihan. dan prilaku kacau dan aneh. perlakuan kejam pada anak. atau berganti antara saat gembira dan depresi. 9. emosi pada kanak-kanak.Gangguan jiwa organik Terdapat gejala psikologis langsung terkait dengan luka pada otak atau keabnormalan lingkungan biokimianya sebagai akibat dari usia tua dan lain-lain.Kondisi yang tidak dicantumkan sebagai gangguan jiwa.Gangguan Afektif Gangguan suasana hati (mood) yang normal. 3. masa kanak-kanak atau remaja. penderita mungkin mengalami depresi yang berat. kokain.Gangguan Skisofrenik Serangkaian gangguan yang dilandasi dengan hilangnya kontak dengan realitas. 10.Gangguan Psikoseksual Termasuk masalah identitas seksual (impotent.Gangguan yang terlihat sejak bayi. sehingga pikiran. ingatan.Gangguan Paranoid Gangguan yang ditandai dengan kecurigaan dan sifat permusuhan yang berlebihan disertai perasaan yang dikejar-kejar. 5. Kategori atau Penggolongan Kesehatan Mental 1. pramatang. 4. gembira yang abnormal. dan bereaksi terhadap simtom-simtom dan ketidakmampuannya.mengacu pada bagaimana orang yang sakit dan anggota keluarganya atau jaringan social yang lebih luas merasakannya. 11. tetapi tidak terdapat dasar organic dan factor-faktor psikologis. Meliputi keterbelakangan mental. 8. persepsi.Gangguan Somatofarm Gejalanya bersifat fisik.Gangguan Kecemasan Gangguan dimana rasa cemas merupakan gejala utama atau rasa cemas dialami bila individu tidak menghindari situasi-situasi tertentu yang ditakuti. hiperaktif. Mencakup banyak masalah yang dihadapi orang-orang yang membutuhkan pertolongan seperti perkawinan.Gangguan Disosiatif Perubahan sementara fungsi-fungsi kesadaran.Gangguan kepribadian Pola prilaku maladaptik yang sudah menahun yang merupakan cara-cara yang tidak dewasa dan tidak tepat dalam mengatasi stres atau pemecahan masalah. . frigiditas) dan tujuan seksual. gangguan dalam hal makan. anfetamin. 7. 2. kesulitan orang tua. ejakulasi. 12. atau identitas yang disebabkan oleh masalah emosional.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->