Akuntansi Pemerintahanan

Nama Kelompok
1. 2. 3. 4. Didiek Permadi Rizky Pristian Ayu Prahutri Poltak Manurung

Penilaian Teori. Tujuan dan Standar James L. Ini belum tercermin baik dalam standar akuntansi pemerintah dalam Berbahasa Inggris negara-negara maju atau dalam akuntansi sektor publik internasional standar. Penulis juga mengusulkan beberapa prinsip akuntansi yang luas untuk meningkatkan akuntabilitas politik dan ekonomi. dan sifat barang publik dan pembiayaan pajak. Artikel ini berpendapat untuk bertahap simetris pendekatan akrual dan kombinasi pemerintah secara luas dan dana pelaporan. 2 . Tujuan ini. Semua ini sangat dipengaruhi oleh praktek sektor swasta. menimbulkan perbedaan dengan komersial akuntansi. Chan • Pemerintah akuntansi dan pelaporan keuangan bertujuan untuk melindungi dan mengelola public uang dan akuntabilitas debit. yang mendukung basis akrual dan pelaporan konsolidasi.

• Akuntansi dianggap sebagai senjata melawan penipuan dan limbah dalam pemerintahan. Pelaksana dengan uang kurang memerlukan yang berbeda akuntansi-biaya akuntansi-untuk meningkatkan efisiensi dan ekonomi. baik dalam relatif dan absolute istilah (World Bank. Lebih uang membutuhkan akuntansi keuangan yang lebih. Tanpa akuntansi yang handal angka.• Skala dan fungsi modernpemerintah. 1997). Donor Negara dan organisasi internasional telah menyadari nilai akuntansi dalam menjaga suarasistem keuangan. • berbahasa Inggris negara-negara maju memilik bersatu untuk juara jenis baru Pemerintah akuntansi. • Profesi akuntansi telah menemukanpotensi untuk memperluas kemampuan dan layanan untuk sektor publik. mereka tidak tahu di mana uang apalagi seberapa baik dihabiskan. 3 . • Dua global jaringan-Perbandingan Internasional Akuntansi Pemerintahan Penelitian (CIGAR) dan International Publik Manajemen Jaringan (IPMN)memiliki menciptakan forum untuk pertukaran terlihat hidup kalangan akademisi dan praktisi di seluruh perbatasan dan di dunia maya.

hal itu menimbulkan akuntabilitas politik. Ketika pemerintah terlibat dalam transaksi pasar. Informasi Akuntansi dapat digunakan untuk memonitor dan menegakkan ketentuan kontrak ekonomi.apakah membeli atau menjual jasa. pinjaman atau meminjam uang-itu adalah tunduk pada ekonomi akuntabilitas. sosial dan politik. 4 .Dari Akuntabilitas terhadap Akuntansi • Kenaikan global akuntansi pemerintah karena permintaan yang lebih besar untuk akuntabilitas dalam demokrasi dan pasarekonomi. Demokratis dan pasar transaksi membutuhkan dan mendorong norma timbal balik-harapan pertukaran manfaat sebanding nilai-upon yang akuntabilitas didasarkan. Ketika pungutan pajak untuk membiayai pelayanan publik.

Tujuan Akuntansi Pemerintahan • Tujuan dasarnya adalah untuk melindungi masyarakat treasury dengan mencegah dan mendeteksi korupsi dan korupsi. tapi korupsi tidak terbatas pada mereka (Rose-Ackerman. p. 38) mengamati bahwa berat 'berhutang. Ini merupakan masalah akut di miskin. (2001. 5 . mengembangkan negara. pemantauan. 1999). dan dipelihara oleh insentif (Rose-Ackerman. 1978). dan pelaporan tentang penggunaan umum sumber daya. negara-negara miskin kekurangan praktek dan diperlukan untuk penganggaran prosedur. Korupsi di Pemerintah ada dalam berbagai bentuk. Giting laporan terbaru oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan International Development Association.

dari exectitive ke legislatif. Dalam pemerintahan dikelola dengan baik. dan pemerintah kepada rakyat. • Tujuan canggih pemerintah akuntansi adalah untuk membantu pemerintah melaksanakan nya akuntabilitas publik. Manajemen keuangan meliputi kegiatan seperti pengumpulan pajak dan lainnya pendapatan. kegiatan ini dianggarkan atau direncanakan. Publik accotuitability ada di tiga tingkat principalagent Hubungan: akuntabilitas btireaucrac} kepada kepala eksekutif. membayar tagihan. 6 .• Tujuan antara pemerintah akuntansi adalah untuk memfasilitasi keuangan yang sehat manajemen. meminjam ing dan membayar utang.

7 . Anggaran adalah ekspresi kebijakan publik dan politik preferensi. di mana akuntansi manajemen mengacu pada penganggaran dan kontrol. seringkali sulit untuk mengatakan di mana penganggaran berakhir dan akuntansi dimulai. keuangan dan akuntansi manajemen tidak bisa begitu rapi terkotak di sektor publik. Ini adalah instrumen y polic fiscal pendapatan dan pengeluaran untuk mencapai makro ekonomi tujuan. Ini memberikan tolok ukur untuk kinerja diukur sebagian oleh sistem akuntansi. daripada akuntansi semata-mata pelayanan manajer. Mengingat dekat mereka hubungan.Pemerintah versus Komersial Akuntansi Dalam rangka untuk melayani tiga diidentifikasi tujuan akuntansi.

Argumen utama untuk akrual terletak pada menyeimbangkan sheet. ini 'pernyataan operasi' alasan untuk akrual di sektor publik tidak terlalu persuasif.Akrual Dasar Akuntansi Kasus untuk dasar akrual dalam bisnis (Termasuk perusahaan milik negara) akuntansi kuat: ada pendapatan (dan karena itu tidak ada keuntungan) dapat diakui dalam rekening dan dilaporkan dalam laporan laba rugi sampai perusahaan memiliki disediakan barang dan jasa. Karena apa yang membuat pemerintah selain dari bisnis pajak pembiayaan untuk produksi barang publik. 8 .

• 'radikal' akrual. • 'Moderat' akrual untuk tambahan menunjukkan jangka panjang s aset keuangan dan kewajiban jangka panjang. 9 . yang akan menunjukkan undangkan hak manfaat sebagai kewajiban. • 'Kuat' akrual untuk lebih membawa berbagai kategori aset modal ke saldo sheet.• 'ringan' akrual untuk menunjukkan hanya jangka pendek Aset keuangan dan kewajiban jangka pendek.

• Pengumpulan data. • laporan keuangan nsolidated cocok dengan pemerintah bersatu anggaran. pemerintah secara luas laporan bisa menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum. memberikan Pemerintah umpan balik yang lebih efektif mekanisme. • Laporan keuangan menunjukkan rentang akuntabilitas dalam pemerintahan. Dengan mengurangi volume informasi. 10 .Pemerintah-Wide Pelaporan Daya tarik utama dari pemerintah secara luas pelaporan keuangan adalah bahwa hal itu mungkin mengurangi Informasi analisis dan evaluasi biaya pengguna. analisis dan diperlukan untuk menghasilkan orang-orang summarization laporan memiliki efek baik memaksa pemerintah untuk meningkatkan kualitas data. Ada beberapa manfaat lain yang Benar dibangun pemerintah secara luas .

namun oleh dewan relatif independen. Sementara mengakui pentingnya cashthe darah dalam pemerintahan seperti pada bisnis. 11 . standar akuntansi pemerintah tidak lagi diatur oleh pejabat pemerintah. memberikan kontribusi untuk perusahaan lebih visibilitas dan pengaruh. Di beberapa negara.standar akuntansi kontemporer bertujuan pelacakan konsekuensi jangka panjang dari keputusan dan tindakan. ada beberapa terkenal kelembagaan dan inovasi konseptual dalam akuntansi pemerintah. Itu penekanan telah bergeser dari kontrol birokrasi akuntabilitas pelaporan kepada publik.Ringkasan dan Proposal Selama 25 tahun terakhir.

• • • • • Selain itu. namun tidak terbatas. kewajiban. dan untuk memfasilitasi pengambilan keputusan. Prinsip-prinsip ini tidak meresepkan akuntansi pilihan. Sebaliknya. mengesampingkan perbedaan pendapat pada pilihan akuntansi. dan tunduk diri untuk audit independen. pendapatan dan pengeluaran atau biaya. Sistem akuntansi harus mampu melacak tingkat dan perubahan aset. seluruh tubuh standar rinci harus dibingkai oleh satu set prinsip yang lebih luas yang bertujuan untuk meningkatkan fiskal pemerintah akuntabilitas. seperti: Tujuan dari akuntansi pemerintah yang untuk menjaga kas umum dan pr nakal untuk secara akurat mengukur dan berkomunikasi finansial pemerintah Kondisi sehingga menunjukkan keuangan akuntabilitas. Agovernment harus mempersiapkan dan menerbitkan nya anggaran. memberikan pengungkapan penuh keuangan. menjaga keuangan lengkap catatan. Sistem akuntansi harus mengukur kas dan konsekuensi keuangan lainnya masa lalu transaksi dan peristiwa. relatif terhadap jumlah yang dianggarkan. 12 . termasuk. mereka menyediakan dasar bagi berunding dan pengaturan pemerintah standar akuntansi. pelaksanaan anggaran. Bentuk dan isi laporan keuangan harus dipandu oleh hak dan perlu tahu pengguna yang dimaksudkan.