P. 1
Biologi Kelas 10 SMA Bab 01. Ruang LIngkup Biologi

Biologi Kelas 10 SMA Bab 01. Ruang LIngkup Biologi

|Views: 14|Likes:
Published by absbagas

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: absbagas on Oct 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2013

pdf

text

original

Standar Kompetensi

Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar
o

o

Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

Ruang LIngkup Biologi  Biologi mempelajari tentang makhluk hidup. dan bagaimana interaksinya dengan lingkungan Karakteristik ilmu biologi ditentukan oleh objek yang dipelajari dan permasalahan yang dikaji Objek yang dipelajari dalam ilmu biologi adalah makhluk hidup Makhluk hidup memiliki karakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan objek lain    . bagaimana interaksinya satu sama lain.

Perkembangan itu meliputi perubahan sel menjadi bentuk yang berbeda dan menjalankan suatu fungsi tertentu. Setiap sel dilindungi oleh membran yang memisahkannya dari lingkungan. sel-sel makhluk hidup akan mengalami perkembangan. 2. Makhluk Hidup disusun oleh sel Setiap makhluk hidup terdiri dari satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multiseluler). o Sejalan dengan itu. . Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan o Pertambahan tinggi ataupun pertambahan berat suatu organisme merupakan tolak ukur pertumbuhan yang teramati oleh kita.Karakteristik Makhluk hidup 1.

.Karakteristik Makhluk hidup 3. dan intensitas cahaya.. yaitu keadaan lingkungan internal yang seimbang dan konstan. 4. yang disebut metabolisme. Makhluk hidup memberikan respons terhadap rangsangan Setiap makhluk hidup peka terhadap rangsangan. warna. sehingga tubuh makhluk hidup selalu dalam keadaan homeostasis. arah. Contohnya perubahan suhu. baik yang berasal dari dalam maupun dari luar tubuh. Makhluk hidup melakukan proses metabolisme o Di dalam tubuh makhluk hidup terjadi berbagai reaksi penyusunan dan penguraian senyawa-senyawa. o Metabolisme itu terjadi terus menerus.

materi herediter dari induk diwariskan kepada keturunannya. .Karakteristik Makhluk hidup 5. Makhluk hidup melakukan reproduksi o o Makhluk hidup dapat mempertahankan jenisnya karena kemampuannya untuk melakukan reproduksi. Saat reproduksi. 6. Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan Setiap makhluk hidup mampu beradaptasi sehingga dapat bertahan meskipun keadaan lingkungan senantiasa berubah.

Makhluk hidup uniseluler. Tingkat Molekul o o o o Setiap inti sel makhluk hidup memiliki molekul organik yang berperan mengendalikan struktur dan fungsi setiap sel. 2. disusun oleh bermacam-macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Makhluk hidup multiseluler seperti tumbuhan dan hewan. Tingkat sel o o . Inti sel juga membawa informasigenetik yang diturunkan.Struktur Organisasi kehidupan 1. Selain DNA. melangsungkan metabolismenya di dalam sebuah sel. Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil. dan alga. Molekul organik tersebut adalah DNA (deoxyribonuclecic acid/asam deoksiribonukleat). dalam inti sel juga terdapat RNA (ribonuclecic acid/asam ribonukleat) yang berperan dalam mengatur sintesis protein di dalam sel. bakteri. seperti protozoa.

darah. lambung. Tingkat Jaringan o o o Jaringan merupakan kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Porifera dan Coelenterata merupakan contoh makhluk hidup tingkat jaringan paling sederhana. 4. paru-paru. Tubuh hewan terdiri dari bermacam-macam jaringan. . Porifera dan Coelenterata memiliki dua lapisan sel pembentuk tubuh (diploblastik). contohnya organ jantung. misalnya jaringan otot. yaitu lapisan terluar (elektoderm) dan lapisan terdalam (endoderm).Struktur Organisasi kehidupan 3. atauepidermis. Tingkat Organ o Merupakan kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu.

Struktur Organisasi kehidupan 5. Tingkat Sistem Organ o o Sistem organ disusun oleh organ-organ yang saling berinteraksi dlam melaksanakan fungsi didalam tubuh. Tingkat Individu o 7. sistem peredaran darah manusia. dan populasi pohon pisang. Contohnya. . populasi burung merpati. yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah. berlangsung mekanisme kompleks yang terjadi karena koordinasi dan regulasi bermacam-macam sistem tubuh. contohnya. Tingkat Populasi o o Populasi adalah kumpulan individu yang berada pada waktu dan tempat yang sama. 6. Ditingkat individu. berfungsi untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh. populasi cacing tanah. populasi rumput.

populasi cacing tanah. air. Misalnya sinar matahari. dan sebagainya. udara. tanah. komunitas padang rumput. Tingkat Komunitas o Adalah kumpulan populasi yang berada pada waktu dan tempat yang sama. yang terdiri dari populasi rumput.Struktur Organisasi kehidupan 8. o 9. populasi kupu-kupu. o . Tingkat Ekosistem o Adalah interaksi antara populasi-populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya. Misalnya. populasi belalang.

hutan gugur. Pemberian nama bioma tergantung dari tumbuhan yang dominan. bioma padang rumput. Misalnya. contohnya. bioma padang rumput karena tumbuhan yang dominan adalah rumput. dan sebagainya. . Suatu bioma memiliki iklim tertentu sehingga terdapat tipe tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi dilingkungan tersebut. Tingkat Bioma o o o Kumpulan ekosistem yang melingkupi wilayah yang luas akan membentuk bioma. bioma gurun.Struktur Organisasi kehidupan 10.

.

 Pertanyaan Pertanyaan dapat diajukan jika hasil pengamatan telah diperoleh. Telah dikuasai apabila dapat mendeskripsikan suatu objek secara kuantalitatif.Tahapan yang dilakukan dalam metode ilmiah  Pengamatan Merupakan suatu ketrampilan proses yang mendasar. Pengamatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan panca indra tanpa mengacu pada satuan pengukuran baku. .

didasarkan kepada pengamatan lebih cermat dan inferensi tentang hubungan antara beberapa kejadian yang teramati. Prediksi Merupakan pengujian nilai kebenaran dari hipotesis dan dapat diuji dalam eksperimen. . Eksperimen Eksperimen dilakukan dalam suatu lingkungan yang dikontrol dengan baik. dan masih dirumuskan dalam bentuk pernyataan. Yang kemudian akan diperoleh sekumpulan data hasil eksperimen yang akan diolah dan diinterprestasikan hingga membentuk suatu kesimpulan.Tahapan yang dilakukan dalam metode ilmiah    Hipotesis Merupakan dugaan sementara yang masih membutuhkan pengujian.

SELESAI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->