MAKALAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI BIO-NANOTEKNOLOGI: PEMANFAATAN NANOTEKNOLOGI DALAM BIOLOGI

OLEH: AMIN ROBI SETIAWAN 111810401008

JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS JEMBER TAHUN 2012

Setiap rantai selalu terdiri dari empat kode : A(adenine).000 operasi matematika.dimana A berpasangan dengan T dan G berpasangan dengan S Molekul DNA berhasil “diubah” dan “disesuaikan” oleh prof Ehud Saphiro menjadi sebuah computer terkecil di dunia. Jika computer biasa menggunakan prosesor bahasa biner.Latar Belakang Aplikasi nanotechnology pada bidang biologi dan biokimia yang digunakan bagi pengembangan bahan alam termasuk di dalamnya untuk menghasilkan sebuah bahan/alat yang baru.1.bentuk mata . Berat kode genetic dalam DNA adalah 5x10-10 gram . maka empat kode nukleotida dari sepotong DNA mampu mengolah sekitar 70. DNA terdiri atas milyaran pasang basa yang tersusun dalam bentuk rantai heliks.dari mulai warna rambut. bentuk hidung. masih banyak lagi yang perlu penjelasan lebih rinci.000. Semua informasi tentang tubuh.jika direnggangkan panjangnya mencapai 3 meter. Kutipan di atas merupakan salah satu dari pengembangan bionanoteknologi.000 kali lebih cepat dari computer konvensional tercanggih yang ada pada saat ini.I. DNA (Deoxyribonucleicacid) adalah sebuah “molekul raksasa”yang tersembunyi dalam inti sel hidup. G(guanine).warna kulit hingga bentuk dan fungsi sel terkodekan dalam bagian yang disebut dengan gen dalam DNA. S(sitosin). Hal tersebut menjadi latar belakang dari penulisan dan penyusunan makalah ini.sedangkan lebarnya adalah2x10-4 milimeter. PENDAHULUAN 1. . T(timin).000. Hal ini merupakan penemuan spektakuler dan tercatat dalam Guiness Book World of Record sebagai “The Smallest Biological Computing Device”. Dengan ukuran itu. Sehingga komputer supermini ini 100.

definisi dari bio-naoteknologi.3.2. Bagaimana manfaat nanoteknologi dalam biologi? 1.2.3. Bagaimana manfaat nanoteknologi bagi kehidupan? 1. kelebihan bio-nanoteknologi dalam pengembangan sains.2. yaitu pemanfaatan nanoteknologi untuk pengembangan bioteknologi. Apa definisi Bio-nanoteknologi? 1.3.2.3.3. peran nanoteknologi dalam biologi.1.1. II.4. Adapun istilah lain yang sering dikaitkaitkan dengan bio-nanoteknologi adalah nano-bioteknologi. 1. Rumusan Masalah Adapun permasalahan yang akan dibahas pada makalah ini adalah: 1.3.1. PEMBAHASAN Bio-nanoteknologi merupakan gabungan antara biologi dan nanoteknologi yang cenderung untuk menghasilkan teknologi khususnya nanoteknologi dari bahan biologis. Namun demikian keduanya saling berkaitan seperti pada skema berikut: . Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menjelaskan: 1.4.3. Apa saja kelebihan bio-nanoteknologi dalam pengembangan sains? 1.2.2. 1.2. manfaat nanoteknologi bagi kehidupan. 1.

Sistem penghantaran obat dengan nanotech lebih mengacu pada upaya memaksimalkan bioavailabilitas diantara reseptor spesifik dalam jangka waktu tertentu. Metode baru dalan nanoengineered adalah pegembangan material untuk perangkat ultrasonik dan MRI yang lebih baik. Materi yang dikembangkan mungkin lebih efektif dalam merawat penyakit seperti kanker. sehingga mampu meningkatkan bioavailabilitas dari obat. Nanomedicine.Nanoteknologi sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. adalah salah satu penerapan nanotechnology. Nanomedical melakukan pendekatan pada sistem penghantaran obat dengan pengembangan partikel dalam skala nano.  Perangkat elektronik juga tidak lepas dari teknologi nanopartikel. Berikut merupakan contoh pemanfaatan nanoteknologi dalam kehidupan :   Teknologi Nanosolar. meskipun sampai saat ini penelitian mengenai komputer DNA masih belum jauh lebih baik dari komputer konvensional karena penelitian masih terbatas pada prosesor saja. Bioavailabilatas mengacu kepada keberadaan molekul obat dalam tubuh dan hubungannya dengan nanotech diharapkan mampu untuk melakukan hal yang lebih baik. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir telah ditemukan komputer dengan prosesor yang terbuat dari DNA atau yang biasa disebut Komputer DNA. Pendekatan bidang ini didasarkan pada penggunaan nanomaterial bidang pengobatan sebagai nanoelektronik biosensor dan mungkin dimasa depan sebagai aplikasi dari molekular nanoteknologi. Hal ini akan dicapai oleh target molekul dengan perangkat nanoengineered. yaitu pemanfaatan partikel nano sebagai panel tenaga surya. .

Nanocoating.). Kemasan makanan antimikroba misalnya. dan sensor penguji kadaluwarsa berupa nanosensor yang sensitif terhadap gas yang ditimbulkan makanan basi. transfers heat well. insulates well. Anti-corrosion. deteksi mikroba pada pangan oleh protein luminescent yang mampu menempel pada Salmonella dan E. Selain itu penemuan mikroskop dengan teknologi nano juga merupakan hal yang menakjubkan.coli. Disamping itu partikel nano dimanfaatkan pula untuk membuat Nanocompossite. Sedangkan dalam pertanian telah ditemukan nano-farm yang merupakan pupuk dan pestisida dari bahan nanopartikel. salah satunya adalah komputer nano yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya. dan Anti-fouling. nanoteknologi juga banyak digunakan. Keterkaitan antara biologi dan nanoteknologi sangat banyak. Selain itu terdapat pula kemasan anti-UV yang terbuat dari nanopartikel TiO2. Nanofluids-lubricants yaitu nanopartikel yang berada pada fluida yang mampu meningkatkan thermal properties (performs well at high/low temperatures. dll. Pemanfaatan nanoteknologi juga merambah pada masalah pangan dan pertanian.  Dalam bidang industri. Prosesor dari DNA . mampu mencegah pertumbuhan jamur/bakteri yang dapat membusukkan makanan karena memiliki nanopartikel perak (Ag) yang memiliki sifat antimikroba.

mikroskop yang mereka temukan merupakan suatu peralatan yang berguna untuk melihat struktur material berdasarkan distribusi electron atom-atom permukaan ketika diberi medan listrik yang besar antara permukaan sampel dengan sebuah jarum yang ukurannya dalam nanometer. Sedangkan Scanning Tunelling Mikroscope (STM).Jika komputer DNA akan dirancang memiliki kecepatan 100. Mikroskop biasa tidak dapat melihat dalam ukuran skala nano. . Ini disebabkan ukuran atom atau molekul yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya yang tampak pada panjang gelombang antara 500700nm. Keluarnya elektron ini dapat diamati dengan bantuan komputer sehingga distribusi elektron yang juga menunjukan distribusi atom dapat diperoleh. Jarum ini didekatkan pada permukaan sampel lalu diberi beda potensial yang tinggi untuk menghasilkan medan listrik yang besar antara jarum dan permukaan sampel. Maka mikroskop teknologi nano yang telah ditemukan oleh dua ahli fisika Heinrich Rohrer dan Gerd Karl Binnig memiliki keunggulan tersendiri. Karena medan listrik yang besar ini maka elektron-elektron dari atom-atom pada permukaan logam berusaha melompat keujung jarum tadi. Karena muatan selalu berkumpul diujung yang tajam.000 kali lebih cepat daripada komputer konvensional dan dengan biaya yang lebih murah. maka jarum ini mesti sekecil-kecilnya agar dihasilkan medan listrik yang besar.

Sistem kerja Scan Tunneling Microscopy Alat Scan Tunneling Microscopy .

Alat ini berguna untuk menggambarkan kedudukan atom di permukaan sampel untuk menentukan lekak lekuk permukaan bahan. Gambar yang dihasilkan dengan STM ini mampu mencapai ketelitian sampai 1/25 dari ukuran diameter atom tunggal sehingga membuat gambar yang dihasilkan dapat terlihat dengan jelas meskipun objek aslinya hanya berorde beberapa nanometer saja. serta penentuan ukuran molekul dan agregat pada permukaan sebuah material. Mikroskop ini benar-benar menyentuh permukaan struktur permukaan atom secara akurat. Bentuk 3 dimensi yang dihasilakan oleh STM Pada tahun 1985 Benning mengusulkan ide yang lebig sederhana lagi yaitu untuk bahan yang memiliki konduktifitas rendah dibuatlah Atomic Force Microscope (AFM). Jarum AFM mempunyai pegas yang bisa meregang dan merapat sesuai dengan permukaan atom. gambar tiga dimensi yang dihasilkan oleh STM ini mampu menangkap permukaan sebuah material dengan baik yang sangat berguna terutama pada penelitian dasar material nano seperti kekasaran permukaan. observasi cacat pada permukaan. Dimana ujung jarum AFM disentuhkan dan digerakkan perlahan-lahan sepanjang permukaan struktur dari atom molekul dapat dilihat pada gambar. . Dengan ketelitian seperti itu.

Jarum AFM yang digerakan sepanjang permukaan stuktur atom. elektro kimia. metalurgi. . alat Atomic Force Microscope Dengan kedua alat inilah para para peneliti akhirnya mampu merekayasa untuk menyusun atom-atom dalam skala nano yang sangat dibutuhkan dalam teknologi nano. bahkan biologi molecular mampu diungkap oleh alat STM dan ATM ini. Berbagai temuan yang spektakuler di banyak bidang mulai dari semikonduktor.

4.III. Nanoteknologi memiliki kontribusi besar dalam biologi. Alat. 3. . KESIMPULAN Dari pemaparan di atas dapat disimpyulkan bahwa: 1. begitu pula sebaliknya. Bio-nanoteknologi merupakan gabungan antara biologi dan nanoteknologi yang cenderung untuk menghasilkan teknologi khususnya nanoteknologi dari bahan biologis 2.alat yang telah ditemukan dengan teknologi nano memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan teknologi konvensional. dengan ditemukannya peralatan dari bahan nanopartikel. Manfaat nanoteknologi sangat besar bagi seluruh aspek kehidupan.

jnanobiotechnology. Nanotechnology. Journal of Nanobiotechnology. .DAFTAR PUSTAKA Yang.com Poli. David E. Biomed Central.E. Redmond. .Teknologi Masa Depan ”Nanoteknologi”. Microsoft® Student DVD. Bish S. Manado: UNIVERSITAS SAM RATULANGI. Luzzi.2007.M. 2006. http://www.2007. et al. Polymeric nanoparticle-encapsulated curcumin (nanocurcumin): a novel strategy for human cancer therapy. Peidong. WA: Microsoft Corporation.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful