P. 1
LAPORAN WAWANCARA

LAPORAN WAWANCARA

|Views: 13|Likes:
Published by Rieska Kurniati

More info:

Published by: Rieska Kurniati on Oct 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

Nama Kelas

: Rieska Kurniati : XI IA-5

SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA

LAPORAN WAWANCARA BAHASA INDONESIA

LAPORAN WAWANCARA

A. Pembuka :

Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hanya berkat rahmat-Nya, Laporan ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya untuk menyelesaikan Laporan ini, yaitu: 1. Ibu Suwartinah ,selaku guru Bahasa Indonesia yang telah membantu dan membimbing saya dalam pembuatan Laporan ini. 2. Orangtua saya yang tercinta, atas gagasan dan dukungan yang mereka berikan. 3. Ibu Dra. Dahlia, selaku Narasumber yang telah meyediakan waktunya untuk diwawancarai. Laporan ini berisi wawancara dengan Ibu Dra. Dahlia tentang pandangannya mengenai pelajaran Biologi. Diharapkan laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan-nya. Akhirnya, saya selaku penulis sekaligus pewawancara ingin meminta maaf atas kesalahan yang saya lakukan dalam menulis laporan ini. B. Topik : Opini Ibu Dra. Dahlia tentang Biologi.

Pewawancara : Rieska Kurniati. Narasumber Hari/tanggal : Ibu Dra. Dahlia (Salah satu guru Biologi di SMAN-2 Palangka Raya). : Sabtu, 22 September 2012.

Tempat/pukul : Ruang kelas XI IA-5 SMAN-2 Palangka Raya.

C. Daftar Pertanyaan : 1. Sejak kapan Ibu mulai mengajar pelajaran Biologi di SMAN-2 Palangka Raya? 2. Bagaimana menurut Ibu tentang pelajaran Biologi itu sendiri? 3. Apa manfaat yang ibu peroleh selama mengajar mata pelajaran Biologi? 4. Bagaimana metode Ibu dalam proses ajar mengajar? 5. Apa resep Ibu agar para siswa siswi merasa tertarik untuk memperdalam mata pelajaran khususnya Biologi?

D. Isi Dialog : Rieska Kurniati : “Selamat siang Ibu Dahlia, bagaimana kabar Ibu hari ini? Bisakah saya meminta waktu Ibu sebentar untuk sedikit bertanya-tanya menegenai kegiatan belajar mengajar yang Ibu laksanakan di SMAN-2 Palangka Raya ?” Ibu Dahlia : “Kabar Ibu baik Rieska, Oh tentu ! kebetulan Ibu sedang tidak ada kerjaan.” Rieska Kurniati : “Terimakasih banyak Ibu, mohon maaf apabila menganggu jam istirahat Ibu. Saya mendapat tugas dari guru pembimbing Bahasa Indonesia saya untuk praktek mewawancarai seseorang secara langsung, karena itu saya memilih Ibu sebagai narasumber. Topik yang saya tentukan adalah mengenai proses belajar mengajar Ibu Dahlia selaku guru mata pelajaran Biologi di SMAN-2 Palangka Raya ini. Ibu Dahlia Rieska Kurniati : “Baiklah.” : “Pertanyaan pertama, sejak kapan Ibu mulai mengajar pelajaran Biologi di SMAN-2 Palangka Raya?” Ibu Dahlia : “Saya mengajar Biologi di SMAN-2 Palangka Raya sejak tahun 1989. Kalau tidak salah pada saat itu tanggal 1 Februari.” Rieska Kurniati Ibu Dahlia : “Bagaimana menurut Ibu tentang pelajaran Biologi itu sendiri?” : “Nah, apabila ditanya seperti itu saya jadi bingung menjawabnya karena banyak sekali hal-hal yang sangat menarik pada bidang studi Biologi. Tetapi secara garis besar menurut saya Biologi itu sangat menyenangkan, banyak hal yang luar biasa yang akan kita ketahui dari mata pelajaran ini.” Rieska Kurniati : “Apa manfaat yang ibu peroleh selama mengajar mata pelajaran Biologi?” Ibu Dahlia : “Banyak sekali. Beberapa diantaranya adalah saya dapat mengetahui mengenai struktur anatomi tubuh pribadi, tentang kesehatan seperti zat-zat apa saja yang sangat membantu dalam proses peningkatan kinerja metabolisme tubuh, juga mengenai

lingkungan sekitar kita, mulai dari organiasasi terkecil yaitu sel hingga terbesar atau disebut juga Bioma, dan yang terpenting saya dapat membagi ilmu kepada kalian semua untuk melestarikan dan melindungi lingkungan sehinggaBumi kita ini tetap dalam kondisi yang stabil juga seimbang.” Rieska Kurniati Ibu Dahlia : “Bagaimana metode Ibu dalam proses ajar mengajar?” : “Kebanyakan saya menggunakan metode belajar dengan praktik maupun diskusi berkelompok.” Rieska Kurniati : “Ini pertanyaan terakhir Bu. Apa resep Ibu agar para siswa siswi merasa tertarik untuk memperdalam mata pelajaran khususnya Biologi?” Ibu Dahlia : “Saya akan memberi tugas praktik seperti mengamati lingkungan sekitar juga berbagi informasi mengenai Bioteknologi masa kini sehingga siswa-siswi merasa tertarik untuk belajar bersama dalam proses pembelajaran.” Rieska Kurniati : “Karena semua sudah lengkap dan jelas, wawancaranya saya cukupkan sampai sini dahulu. Terimakasih banyak Ibu sudah bersedia meluangkan waktu untuk wawancara ini. Yang kita harapkan bersama tentu proses belajar mengejar di SMAN2 Palangka Raya ini akan terus mengembangkan rasa keingintahuan para siswa-siswi sehingga mereka terarik untuk memperdalam bidang studi khususnya Biologi. Baiklah, sekali lagi terimakasih Ibu.” Ibu Dahlia : “Sama-sama. Semoga sukses dengan kegiatan selanjutnya.”

E. Penutup a. KESIMPUALAN :

Ibu Dahlia mengajar di SMAN-2 Palangka Raya sejak tanggal 1 Februari tahun 1989. Ia berpendapat bahwa Biologi itu sangat menarik, banyak hal yang luar biasa yang akan kita ketahui dari mata pelajaran ini. Manfaat Biologi menurut Ibu Dahlia adalah kita dapat mengetahui mengenai struktur anatomi tubuh pribadi, tentang kesehatan seperti zat-zat apa saja yang sangat membantu dalam proses peningkatan kinerja metabolisme tubuh, juga mengenai lingkungan sekitar kita mulai dari organiasasi terkecil yaitu sel hingga terbesar atau disebut juga Bioma, dan yang terpenting kita dapat belajar bersama untuk melestarikan dan melindungi lingkungan sehinggaBumi kita ini tetap dalam kondisi yang stabil juga seimbang. Metode ajar mengajar yang Ibu Dahlia terapkan adalah metode belajar dengan praktik maupun diskusi berkelompok. Memberi tugas praktik seperti mengamati lingkungan sekitar juga berbagi informasi mengenai Bioteknologi masa kini adalah resep rahasia Bu Dahlia dalam mengajar, sehingga siswasiswi merasa tertarik untuk belajar bersama dalam proses pembelajaran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->