P. 1
Prinsip - Prinsip Belajar

Prinsip - Prinsip Belajar

|Views: 63|Likes:
Published by Yesicha Ryona

More info:

Published by: Yesicha Ryona on Oct 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2012

pdf

text

original

PRINSIPPRINSIP B

WINTER
Template

01

EL

PENGERTIAN PRINSIP BELAJAR
M. Sobry Sutikno

02

Petunjuk atau cara yang perlu diikuti untuk melakukan kegiatan belajar. Prinsip belajar akan menjadi pedoman bagi siswa dan guru dalam belajar.
Dr. DIMYATI & DRS. MUDJIONO

Prinsip belajar berkenaan dengan: perhatian dan motivasi belajar, keaktifan belajar, keterlibatan dalam belajar, pengulangan belajar, tantangan semangat belajar, pemberian balikan dan penguatan belajar, serta adanya perbedaan individual dalam perilaku belajar.

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR 03
Belajar perlu memiliki pengalaman dasar

Belajar harus bertujuan yang jelas dan terarah
Belajar memerlukan situasi yang problematis Belajar harus memiliki tekad dan kemauan yang keras dan tidak mudah putus asa Belajar memerlukan bimbingan, arahan, serta dorongan Belajar memerlukan latihan Belajar memerlukan metode yang tepat Belajar membutuhkan waktu dan tempat yang tepat

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR

04

BERKAITAN DENGAN :
Keterlibatan / Pengalaman

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
Implikasi bagi siswa :
1. Siswa akan semakin memberikan perhatiannya serta mengembangkan motivasi belajarnya.

05

2. Siswa akan semakin aktif dalam mencari semua hal yang mendukung pembelajaran. 3. Siswa akan memiliki banyak pengalaman dan belajar dari pengalamannya itu. 4. Siswa akan semakin giat mengerjakan tugas-tugas ataupun latihanlatihan yang diberikan gurunya.

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
Implikasi bagi siswa :

06

5. Kesadaran akan diri siswa akan adanya kebutuhan untuk selalu memperoleh, memproses, dan mengolah pesan. 6. Siswa akan selalu memiliki pengetahuan tentang hasil (knowledge of result) yang sekaligus penguat (reinforce) bagi dirinya sendiri. 7. Siswa akan menentukan cara belajar dan sasaran belajar bagi dirinya sendiri.

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
Implikasi bagi guru :

07

1. Guru menggunakan metode secara bervariasi, dan meningkatkan motivasi guru dalam belajar. 2. Guru menggunakan multimedia dalam KBM, mengadakan tanya jawab dan diskusi. 3. Kemampuan guru untuk bertindak sebagai manajer/pengelola KBM. 4. Guru mampu memilihkan antara kegiatan pembelajaran yg berisi pesan yg membutuhkan pengulangan atau yg tidak.

PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
Implikasi bagi guru :

08

5. Guru memberikan tantangan melalui tugas-tugas mandiri pada siswa dalam KBM. 6. Guru dapat menentukan bentuk, cara, serta kapan balikan dan penguatan diberikan kepada siswa. 7. Guru dituntut untuk dapat menyadari perbedaan antar individu setiap siswanya, serta memberikan perhatian yang merata kepada semua keunikan yang melekat pada tiap siswa.

KESIMPULAN :

09

Pembelajaran tidak mengabaikan karakteristik pebelajar dan prinsipprinsip belajar. Oleh karena itu dalam program pembelajaran guru perlu berpegang bahwa pebelajar adalah “primus motor” dalam belajar. Dengan demikian guru dituntut untuk memusatkan perhatian mengelola, menganalisis, dan mengoptimalkan hal-hal yang berkaitan dengan :

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Perhatian dan motivasi siswa, Keaktifan siswa, Optimalisasi keterlibatan siswa, Melakukan pengulangan-pengulangan belajar, Pemberian tantangan agar siswa bertanggung jawab, Memberikan balikan dan penguatan terhadap siswa, Mengelola proses belajar sesuai dengan perbedaan individual siswa.

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->