P. 1
Tugas Pengertian Klasifikasi Sistem

Tugas Pengertian Klasifikasi Sistem

|Views: 131|Likes:
Published by IeCun Lowbee

More info:

Published by: IeCun Lowbee on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2012

pdf

text

original

TUGAS PENGERTIAN KLASIFIKASI SISTEM

Oleh : Siti Muizzun Nisak (1011305015)

JURUSAN TEKNIK PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA 2012

KLASIFIKASI SISTEM
A. Sistem Alami dan Buatan 1. Sistem Alami Adalah sistem yang terjadi akibat dari adanya proses alam, tanpa adanya campur tangan manusia dalam proses pembuatannya. Contoh : Sistem peputaran bumi. 2. Sistem Buatan Adalah suatu sistem yang telah dirancang dengan sedemikian rupa oleh manusia guna mempermudah segala sesuatu yang dibutuhkan.

B. Sistem Sosial adalah serangkaian bagian- bagian yang saling berhubungan dalam mencapai tujuan dalam suatu lingkungan yang kompleks. dimana adanya interaksi sistem dengan lingkungannya tidak dapat dibatasi dan berlangsung secara terus menerus (kontinyu). sistem ini cenderung mempunyai sifat terbuka.

C. Sistem Manusia- Mesin adalah kombinasi antara satu atau beberapa manusia dengan satu atau beberapa mesin dimana sebagian tugas sebaiknya dilaksanakan oleh manusia dan lainnya dilakukan oleh mesin untuk dapat menghasilkan output dari input yang diperoleh. interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memroses informasi pada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur/ manual sistem. D. Sistem Manusia adalah sebuah wujud fisik yang dikelilingi oleh lingkungan (surrounding). Yang membatasi sistem dengan lingkungan adalah pembatas (boundary).

E. Sistem Mesin adalah suatu sistem yang berupa alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia.

F. Sistem Terbuka dan Tertutup 1. Sistem Tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Namun, dalam kenyataannya tidak ada sistem yang telah benar- benar tertutup. yang ada hanyalah Relatively Closed System. 2. Sistem Terbuka merupakan kebalikan dari sistem tertutup, yakni suatu sistem yang terpengaruh oleh lingkungan luarnya.

G. Sistem Permanen dan Sementara 1. Sistem Permanen adalah sistem yang dibuat dengan eksistensi jangka panjang. biasanya sistem ini berumur lebih dari sepuluh tahun. 2. Sistem Sementara (Temporer) adalah suatu sistem yang dibuat dengan jangka waktu (eksistensi) yang relativ bersifat sementara/ pendek. Sistem ini biasanya dibuat minimal dalam jangka waktu satu periode saja.

H. Sistem Stasioner dan Non Stasioner 1. Sistem Stasioner adalah suatu sistem yang sengaja dibuat dengan pertimbangan yang tidak dapat dirubah sampai kapanpun. 2. Sistem Nonstasioner adalah sistem yang dibuat secara permanen dengan pertimbangan dapat dirubah setiap saat, jika memang diperlukan adanya suatu perubahan selama proses berlangsung.

I. Subsistem dan Supersistem 1. Subsistem adalah suatu sistem yang berada dalam sistem yang besar (supersistem) dan terdiri dari beberapa subsistem pendukung. 2. Supersistem adalah suatu sistem yang didukung oleh adanya komponen- komponen subsistem untuk kelancaran prosessnya.

J. Sistem Konseptual adalah sistem yang menggunakan sumberdaya konseptual, umumnya berupa data dan informasi untuk mewakili suatu sistem fisik.

K. Sistem Adaptif dan Nonadaptif 1. Sistem Adaptif adalah sistem yang memberikan respon terhadap lingkungannya. 2. Sistem Nonadaptif adalah system yang tidak memberikan respon terhadap lingkungannya. keduanya sangat erat kaitannya dengan system stabil dan system dinamis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->