P. 1
Cara Kerja Mesin 2 TAK

Cara Kerja Mesin 2 TAK

|Views: 11|Likes:
Published by Sumanto Lintang

More info:

Published by: Sumanto Lintang on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2012

pdf

text

original

Cara Kerja Mesin 2 TAK

Jika mesin 4 tak memerlukan 2 putaran crankshaft dalam satu siklus kerjanya, maka untuk mesin 2-tak hanya memerlukan satu putaran saja. Hal ini berarti dalam satu siklus kerja 2 tak hanya terdiri dari 1 kali gerakan naik dan 1 gerakan turun dari piston saja.

Langkah pertama

Piston bergerak dari TMA ke TMB. 1. Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang bilas semakin meningkat. 2. Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas. Posisi masing-masing lubang tergantung dari desain perancang. Umumnya ring piston akan melewati lubang pembuangan terlebih dahulu. 3. Pada saat ring piston melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan. 4. Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.

busi menyala untuk membakar gas dalam ruang bakar. Beberapa saat sebelum piston sampai di TMA. bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas. 4. Saat melewati lubang pemasukan dan lubang pembuangan. maka akan menghisap gas hasil percampuran udara. sekaligus memompa gas dalam ruang bilas masuk ke dalam ruang bakar. 2. . Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi sampai gas terbakar dengan sempurna. Piston terus menekan ruang bilas sampai titik TMB. piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar. 3.5.  Langkah kedua Piston bergerak dari TMB ke TMA. Percampuran ini dilakukan oleh karburator atau sistem injeksi. Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA. 1. Pada saat piston bergerak TMB ke TMA.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->