P. 1
STATISTIK PENDIDIKAN

STATISTIK PENDIDIKAN

|Views: 161|Likes:
Published by Dinda Ayu

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Dinda Ayu on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Sebagian besar orang pasti sudah lumayan familier bila mendengar kata statistika. Jika ditanya sejak kapan mereka mengenal statistika mungkin sebagian besar orang akan menjawabnya “ oh saat saya mulai sekolah, hmm mungkin sekitar SMP atau SMA”. Tetapi sadarkah anda, sebenarnya kita mengenal statistika semenjak kita lahir. Tanpa kita sadari saat lahir, kita sudah dikenalkan yang namanya statistika. Hal yang paling sederhana misalnya : berat dan panjang badan kita saat lahir. Namun karena saat itu kita masih sangat kecil dan belum bisa berpikir, dan merasakan apa-apa jadi kita tidak mengetahuinya. Seringkali kita tidak menyadari bahwa dalam kehidupan kita sehari-hari kita seringkali sudah melakukan penelitian, misalnya dalam membeli suatu barang yang berharga mahal seperti komputer, kita tentu saja melakukan penelitian ke toko-toko komputer untuk membandingkan harga, fitur, maupun jaminannya. Memilih pacar ataupun calon suami/istri mungkin juga bisa digolongkan sebagai penelitian. Namun tentu saja kedua macam penelitian ini berbeda dengan penelitian yang biasa kita baca di jurnal ilmiah, karena mungkin dalam melakukan penelitian tersebut kita seringkali tidak menggunakan metode ilmiah melainkan terkadang hanya emosi saja, terlebih lagi dalam hal mencari pacar. 1.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini adalah apa fungsi dan kegunaan statistic? 1.3 Manfaat penulisan: Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui fungsi dan manfaat statistik dalam dunia pendidikan.

unit sampel. Atau statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan. Singkatnya. menganalisis. dan probabilitas Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu. Istilah „statistika‟ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan „statistik‟ (statistic). Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.1 PENGERTIAN STATISTIKA Sebelum bicara lebih lanjut tentang statistika. sedang statistik adalah data. ESENSI STATISTIKA Ada tiga hal yang sangat penting dari statistika yaitu: . dan industri). kita perlu mencari tau apa sebenarnya statistika itu. maupun di bidang bisnis.BAB II PEMBAHASAN 2. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum). mengumpulkan. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data. menginterpretasi. sampel. ini dinamakan statistika deskriptif. sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. informasi. baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi). Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan. ekonomi. serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi. dan mempresentasikan data. statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan. statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data. Dari kumpulan data.

 Sedangkan dalam bidang industri.  Dalam dunia bisnis. Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita. Diolah menjadi informasi yang nantinya berguna dalam menentukan keputusan  Kriteria Keputusan Dalam Statistika kita sering dihadapkan pada beberapa pilihan. berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja. dll. Masing-masing pilihan memiliki nilai/ manfaat dan konsekuensi yang harus diambil atau dengan kata lain kita harus menentukan keputusan. Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya . 2. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan. selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi. dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadangkala penggunaannya tidak kita sadari yaitu: 1. para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. listrik. apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk. Sama halnya dengan pilihan. Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya atas obyek yang diteliti 2. Seperti peluang untuk menanamkan saham. Dari pilihan-pilihan tersebut akan muncul berbagai kriteria keputusan. statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. masing-masing kriteria keputusan memiliki manfaat dan akibat bagi kita. Merupakan suatu nilai numerik yang diperoleh dari keterangan masa lampau.  Sebagai mahasiswa. dll. perlu tidaknya memperluas cabang produksi. Data yang tersedia / data historis.2 MANFAAT STATISTIKA Manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam sebagai contoh sederhana:  Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska.

Menyediakan prosedur praktis untuk melakukan pengujian terhadap data yang bersifat kualitatif melalui statistik non parametrik. Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil pembangunan masa lalu dan merencanakan masa mendatang 6. prestasi belajar. baik melalui metode penaksiran.3. Para psikolog banyak menggunakan statistika untuk membaca hasil pengamatan baik melalui tes maupun obserbasi lapangan. 8. perubahan sistem kepegawaian. . efektivitas metoda pembelajaran. statistika berperan untuk: 1. Menyediakan prosedur praktis untuk menduga karakteristik suatu populasi melalui pendekatan karakteristik sampel. Menyediakan prosedur praktis dalam melakukan survey pengumpulan data melalui metode pengumpulan data (teknik sampling). Pengetahuan ini berguna dalam menghayati perilaku populasi yang sedang diamati 2. Pimpinan menggunakannya untuk pengangkatan pegawai baru.Subana dkk. baik diskrit maupun kontinyu. Pengetahuan ini berguna memperkecil resiko akibat ketidakpastian yang dihadapi di masa mendatang. 5. Para pendidik sering menggunakannya untuk melihat kedudukan siswa. Menyediakan prosedur praktis untuk meramal keadaan suatu obyek tertentu di masa mendatang berdasarkan keadaan di masa lalu dan masa sekarang. dsb. Melalui metode regresi dan metode deret waktu.14) 5. pembelian peralatan baru.3 Peranan Statistika Di dalam penelitian. atau media pembelajaran. 4. 7. 2. peningkatan kemampuan karyawan. metode pengujian hipotesis. Pengetahuan ini berguna untuk mengetahui ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran serta perbedaan dan kesamaan populasi. Memberikan informasi tentang karakteristik distribusi suatu populasi tertentu. Membantu peneliti dalam menentukan prediksi untuk waktu yang akan datang 4. Membantu peneliti dalam melakukan interpretasi atas data yang terkumpul (M. Pengetahuan ini berguna untuk mendapatkan hasil pengukuran yang terpercaya 3. metode analisis varians. 2000.

2. Statistik Deskriptif. dan descriptive statistics adalah statistik yang tingkat pekerajaannya mencakup cara-cara menghipun. sehingga data lebih komunikatif. Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen sebelum instrumen tersebut digunakan dalam penelitian c. Statistik bersifat universal mengandung pengertian bahwa ruang lingkup atau ruang gerak dan . Statistik inferensial adalah statistik yang menyediakan aturan atau cara menarik kesimpulan yang bersifat umum. rigkas dan jelas. dan menganalisi data angka. yang dikenal pula dengan istilah statistik Deduktif. statistik sederhana. Sebagai teknik untuk menyajikan data.- Sementara menurut Sugiyono (2003:12). Statisik selalu bekerja dengan angka atau bilangan ( dalam hal ini adalah data kuantitatif). statistika berperan untuk: a. misalnya melalui tabel. b. agar dapat memberikan gambaran yang teratur. Penggolongan Statistik Bedasarkan tingkatan pekerjaannya (tahapan yang ada dalam kegiatan statistik) statistik sebagai ilmu pengetahuan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu : a. atau diagram d. menyusun atau mengatur. menyajikan. b. Alat untuk menghitung besarnya anggota sampel yang diambil dari suatu populasi. Alat untuk menganalisis data seperti menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian. Statistik bersifat objektif pengertian statistik selalu bekerja menurut data yang ada. mengolah. c. Ciri Khas Statistik Pada dasarnya statistik sebagai ilmu pengetahuan ada tiga ciri khusus yaitu : a. 3. grafik. sehingga jumlah sampel yang dibutuhkan akan lebih dapat dipertanggungjawabkan b.

2. Permasalahan tentang Rata-rata (Average) b. B. metode dan prosedur yang perlu di tempuh atau dipergunakan.ST. Permasalahan tentang pemencaran atau penyebaran (Variability) c. statistik pendidikan yaitu ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari dan mengembangkan prinsip-prinsip. Permasalahan Statistik. dalam rangka megumpulkan. 5. penyusunan. Menurut Hananto Sigit.4 Fungsi dan kegunaan dalam dunia pendidikan Kemajuan atau perkembangan anak didik setelah mereka menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu sebenarnya yang bersifat kualitatif. penganalisisan bahan keterangan yang berwujud angka. 4. Telah di jelaskan bahwa istilah statistik dapat di beri pengertian sebagai data statistik . Permasalahan tentang saling hubungan (Korelasi) Suatu persoalan statistik lainnya adalah apa yang di kenal dengan nama ” dispersi ” (dispersian) atau ” Variabilitas”. penyajian.bidang garapan statistik yang berlaku untuk di semua bidang kajian. maka tidak perlu diragukan lagi bahwa . akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitatif karena dalam kegiatan pernilaian hasil pendidikan cara yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif . Pengertian statistik pendidikan. dalam bukunya statistik suatu pengaturan 1996 mengemukakan ada tiga permasalahan dasar dalam statistik yaitu : a. Sebuah persoalan lain lagi dari statistik adalah persoalan tentang ” korelasi ” atau ” asosiasi ” persoalan hubungan.

dan langkah konkret apa yang kemungkinan perlu dilakukan oleh seorang pendidik. mengikuti perkembangan atau pasang surut mengenai gejala keadaan atau peristiwa tersebut. Melakukan pengujian. ringkas dan jelas.5 FUNGSI. f.statistik dalam hal ini akan mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu. serta dapat memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa mendatang. apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lain. b. Menyusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur. d. 2. yaitu alat bantu untuk memperoleh. c. dari waktu ke kewaktu. Mengetahui. a. apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lain ataukah tidak. e.keadaan atau peristiwa. menganalisis dan menyimpulkan hasil yang telah di capai dalam kegiatan penilaian tersebut. jika terdapat perbedaan apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang berarti (menyakinkan) ataukah perbedan itu terjadi hanya secara kebetulan saja. mengamil keputusan secara tepat dan mantap. gambaran secara khusus maupun gambaran secara umum tentang suatu gejala. Memperoleh gambaran baik. Manarik kesimpulan secara logis. KEGUNAAN DAN PERANAN STATISTIKA .

Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan 4. Membantu penelitian dalam menggunakan sampel sehingga penelitian dapat bekerja efisien dengan hasil yang sesuai dengan obyek yang ingin diteliti 2. Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu 2. Statistik dapat memperluas pengalaman individu 5. Membantu penelitian untuk membaca data yang telah terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat . Kegunaan Statistika 1. A. Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti 3. Statistik dapat menentukan hubungan sebab akibat B. Statistik dapat mengukur besaran dari suatu gejala 6.Statistika digunakan untuk menunjukkan tubuh pengetahuan (body of knowledge) tentang cara-cara pengumpulan data. analisis dan penafsiran data. Fungsi statistika 1.

Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu 2. Kegunaan Statistika 1. Statistik dapat mengukur besaran dari suatu gejala 6.BAB III PENUTUP SIMPULAN Adapun yang dapat disimpulkan dari penulisan ini adalah: A. Membantu penelitian untuk membaca data yang telah terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat . Statistik dapat memperluas pengalaman individu 5. Statistik dapat menentukan hubungan sebab akibat B. Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan 4. Membantu penelitian dalam menggunakan sampel sehingga penelitian dapat bekerja efisien dengan hasil yang sesuai dengan obyek yang ingin diteliti 2. Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti 3. Fungsi statistika 1.

Metoda Statistika (Edisi ke 5). R. Budi.DAFTAR PUSTAKA Sudjana. Bandung. PT. Refika Aditama. Bandung: Tarsito Susetyo.E. Pengantar Statistika. Jakarta. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. PT Gramedia Pustaka Utama. 1992. 1992. . Walpole. 2010.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->