P. 1
makalah penelitian

makalah penelitian

|Views: 216|Likes:
Published by Andi Heist Rider

More info:

Published by: Andi Heist Rider on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2015

pdf

text

original

TUGAS MATA KULIAH METODE ANALISIS TRANSPORTASI

Dosen: Dr. Ir. H. R.M Sutarno, SH, M.Sc, M.Ag

MAKALAH “KONSEP PENELITIAN”

Disusun oleh :

Kuncoro Wijayanto/24212009 Andi Hardianto/24212008

PROGRAM STUDI TRANSPORTASI

SAPPK
INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

2012

1

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Konsep Penelitian” Makalah ini berisikan tentang “Konsep Penelitian” atau yang lebih khususnya membahas pengaruh suatu konsep dalam penelitian terhadap hasil penelitian tersebut. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi dan membawa manfaat kepada kita semua tentang sebuah konsep penelitian. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Bandung 18 September 2012

Penyusun

2

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Konsep merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan secara abstrak suatu objek. Melalui konsep, diharapkan akan dapat menyederhana-kan pemikiran dengan menggunakan satu istilah. Konsep adalah ide abstrak untuk mengklasifikasi objek-objek yang biasanya dinyatakan dalam suatu istilah kemudian dituangkan ke dalam contoh dan bukan contoh, sehingga seseorang dapat mengerti suatu konsep dengan jelas. Sedangkan Penelitian adalah penerapan pendekatan ilmiah dalam mengkaji suatu masalah. Ini adalah salah satu cara manusia untuk memperoleh pengetahuan (menjadi tahu tentang sesuatu). Cara lain yang lebih tradisional adalah: melalui pengalaman (orang menjadi tahu setelah mengalami sendiri), otoritas (diberi tahu oleh orang yang memiliki otoritas di bidang itu), cara befikir deduktif (proses berfikir yang bertolak dari pernyataan yang bersifat umum ke pernyataan yang bersifat khusus/spesifik), dan cara berfikir induktif (proses berfikir yang beangkat dari pengamatan hal-hal yang spesifik untuk kemudian menarik kesimpulan yang besifat umum). Berdasarkan beberapa pemahaman „penelitian‟ dapat diartikan sebagai suatu pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan dalil atau hukum. Penelitian dapat juga diartikan sebagai transformasi yang terkendali atau terarah dari situasi yang dikenal dari kenyataan-kenyataan yang ada padanya dan hubungannya, seperti mengubah unsur dari situasi orisinil menjadi keseluruhan yang bersatu-padu. Penelitian sebagai sebuah metode untuk menemukan kebenaran yang juga merupakan sebuah pemikiran kritis. Konsep yang abstrak disebut juga konstruk ( construct ) karena dikonstruksikan dari konsep yang lebih rendah tingkatan abstraksinya. Jadi konsep adalah abstraksi mengenai suatu fenomena yang dirumuskan atas dasar generalisasi dari sejumlah karakteristik kejadian, keadaan, kelompok atau individu tertentu. Peranan konsep dalam dunia penelitian sangat besar karena menghubungkan dunia teori dan dunia observasi, antara abstraksi dan realitas. Judul makalah “Konsep Penelitian” sengaja kami pilih karena menarik perhatian kami sebagai penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia penelitian.

3

B. Identifikasi Masalah Berkaitan dengan judul makalah tersebut, maka makalah dapat kami identifikasikan sebagai berikut : 1. 2. Apa Pengertian Konsep Penelitian ? Apa pengaruh Konsep Penelitian terhadap hasil penelitian ?

C. Pembatasan Masalah Identifikasi masalah yang telah disebutkan diatas tidak semua permasalahan tersebut diuraikan dalam pembahasan makalah ini, hal tersebut mengingat terbatasnya waktu dan tenaga, oleh karena itu penulis membatasi berbagai persoalan yang erat kaitannya dengan judul. Namun, apabila ada uraian lain yang disisipkan pada pembahasan makalah ini hanya sebagai pelengkap untuk menjelaskan pokok permasalahan yang berkaitan dengan judul. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Pengertian mengenai Konsep sebuah Penelitian menurut beberapa pakar.

2. Pengaruh Konsep Penelitian pada sebuah Penelitian.

D. Tujuan Berdasarkan masalah yang diajukan, maka penelitian ini bertujuan: 1. 2. Menjelaskan Definisi Konsep Penelitian. Mengetahui pengaruh konsep penelitian terhadap hasil suatu penelitian.

E. Manfaat 1. Manfaat Teoritis Secara teoritis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak, khususnya pada pihak-pihak yang berkompeten dengan permasalahan yang diangkat, serta dapat memperkaya wawasan Konsep Penelitian, serta dapat dijadikan rujukan dalam penelitian selanjutnya. 2. Manfaat Praktis Secara praktis, hasil dari penelitian ini untuk menambah atau memperkaya informasi mengenai Konsep Penelitian , baik sebagai data banding atau informasi pelengkap dari penelitian yang memiliki fokus yang sama.

4

BAB II PEMBAHASAN

A. Konsep Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, artinya sesuatu yang dipahami. Aristoteles dalam "The classical theory of concepts" menyatakan bahwa konsep merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia. Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep dinyatakan juga sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Berbagai pengertian konsep dikemukan oleh beberapa pakar. Konsep didefinisikan sebagai suatu arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Konsep diartikan juga sebagai suatu abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk berpikir. Pengertian konsep yang lain adalah sesuatu yang umum atau representasi intelektual yang abstrak dari situasi, obyek atau peristiwa, suatu akal pikiran, suatu ide atau gambaran mental. Suatu konsep adalah elemen dari proposisi seperti kata adalah elemen dari kalimat. Konsep adalah abstrak di mana mereka menghilangkan perbedaan dari

segala sesuatu dalam ekstensi, memperlakukan seolah-olah mereka identik. Konsep adalah universal di mana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap extensinya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007: 588) Pengertian konsep adalah gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang digunakan oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain. Menurut Soedjadi (2000:14) pengertian konsep adalah ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata. Menurut Singarimbun dan Effendi (1995;34) pengertian konsep adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan barbagai fenomena yang sama.” Konsep merupakan suatu kesatuan pengertian tentang suatu hal atau persoalan yang dirumuskan. Dalam merumuskan kita harus dapat menjelaskannya sesuai dengan maksud kita memakainya.

5

James A.Banks (1977:85) Konsep adalah suatu kata abstrak atau frase yang bermanfaat untuk mengklasifikasikan atau menggolongkan suatu kelompok berbagai hal, golongan, peristiwa. Sedangkan Menurut Woodruf (1987) mendefinisikan konsep sebagai adalah suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda). Pada tingkat konkrit, konsep merupakan suatu gambaran mental dari beberapa objek atau kejadian yang sesungguhnya. Pada tingkat abstrak dan komplek, konsep merupakan sintesis sejumlah kesimpulan yang telah ditarik dari pengalaman dengan objek atau kejadian tertentu. Jadi Pengertian Konsep dapat dibagi menjadi 3 yaitu: 1).Konsep dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, 2). Konsep merupakan suatu pengertian tentang suatu objek, 3). Konsep adalah produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).

B. Penelitian Penelitian atau riset berasal dari bahasa inggris research yang artinya adalah proses pengumpulan informasi dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi atau mengembangkan sebuah penyelidikan atau kelompok penyelidikan. Menurut Indriantoro & Supomo (1999: 16) Penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang menimbulkan suatu pertanyaan atau masalah . Menurut Fellin, Tripodi dan Meyer (1969) penelitian adalah suatu cara sistematik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat di sampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain. Pada dasarnya riset atau penelitian adalah setiap proses yang menghasilkan ilmu pengetahuan. Pengertian Penelitian menurut Kerlinger (1986:29) adalah proses penemuan yang mempunyai karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis atau jawaban sementara. 6

Beberapa karakteristik penelitian sengaja ditekankan oleh kerlinger agar kegiatan penelitian memang berbeda dengan kegiatan profesional lainnya. Penelitian berbeda dengan kegiatan yang menyangkut tugas-tugas wartawan yang biasanya meliput dan melaporkan berita atas dasar fakta. Pekerjaan mereka belum dikatakan penelitian, karena tidak dilengkapi karakteristik lain yang mendukung agar dapat dikatakan hasil penelitian, yaitu karakteristik mendasarkan pada teori yang ada dan relevan dan dilakukan secara intensif dan dikontrol dalam pelaksanaannya. Pada umumnya penelitian diartikan sebagai upaya menemukan pengetahuan. Ini memang sudah menjadi wajar karena pengetahuan merupakan sesuatu hal yang dicari dan yang ingin dimiliki manusia. Tetapi dalam pengembangnya penelitian didefinisikan sebagai sebuah upaya menemukan jawaban secara ilmiah dari sebuah masalah yang sedang dihadapi oleh manusia. Dengan demikian pengetahuan yang bersifat ilmian yang diperoleh melalui proses pendekatan ilmiah adalah penelitian. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa makna dari Penelitian adalah: 1. Proses pembentukan dari sebuah teori yang diajuka 2. Proses pencarian dan penemuan jawaban secara ilmiah 3. Proses mencari jawaban atau hal – hal yang ingin diketahui jawabannya. 4. Kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan 5. Kegiatan ilmiah guna menemukan ilmu baru. Jadi dari uraian diatas bahwa penelitian merupakan proses yang berjalan secara terus menerus, sistematis, mengikuti aturan-aturan metodologi berdasarkan teori-teori yang ada dan tidak akan pernah merupakan hasil akhir karena sering kali penelitian seseorang ditundukkan oleh penelitian orang lain yang mampu membantah kebenaran hasil penelitian sebelumnya.

C. Sebuah Konsep Penelitian “Konsep Penelitian adalah generalisasi dari suatu kelompok fenomena yang sama yang dibangun dari suatu teori-teori untuk menjelaskan variabel yang diteliti dan merupakan kerangka acuan peneliti dalam mendesain instrumen penelitian” (Bungin,B ;2008,P.57) Menurut Setiadi (2007:117) suatu konsep penelitian adalah suatu hubungan atau kaitan antara konsep satu terhadap konsep lainnya dari masalah yang sedang diteliti. Kerangka konsep tersebut digunakan untuk menghubungkan ataupun menjelaskan secara panjang lebar tentang suatu topik yang sedang dibahas. 7

Menurut Notoadmodjo (2005:26) konsep penelitian adalah suatu hubungan atau kaitan antara konsep-konsep atau variabel-variabel yang akan diamati (diukur) melalui penelitian yang akan dilakukan. Berdasarkan beberapa definisi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan Konsep Penelitian adalah gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna terhadap proses yang berjalan secara terus menerus dan tidak akan pernah merupakan hasil akhir karena sering kali penelitian seseorang ditundukkan oleh penelitian orang lain yang mampu membantah kebenaran hasil penelitian sebelumnya.

D. Pengaruh suatu Konsep Penelitian terhadap suatu Penelitian Suatu konsep sangat menentukan karena suatu riset tergantung dari seberapa jelas peneliti mengkonseptualisasikan sesuatu dan seberapa jauh orang lain dapat memahami konsep yang digunakan. Konsep Penelitian berfungsi sebagai kerangka acuan, pedoman, dan panduan analisis untuk melaksanakan seluruh rangkaian analisis hingga mencapai tujuan penelitian sebagaimana yang tercantum dalam penyusunan Proposal Penelitian, Tesis atau Disertasi. Konsep Penelitian yang disusun berdasarkan hasil eksplorasi teori-teori yang dijadikan landasan teoritik dikenal juga dengan sebutan “Kerangka Pemikiran”, “Kerangka Berpikir” atau “Kerangka Konseptual”. Dengan pemahaman itu, maka penyusunan konsep penelitian harus merupakan tampilan kembali konsep gagasan terhadap fenomena yang dikritisi serta kontruksi pemahaman variabel-variabel penelitian yang diperoleh dari eksplorasi teori-teori yang dijadikan landasan teoritik .

8

BAB III KESIMPULAN

Dikaitkan dengan teknik penelitian, terutama untuk tujuan analisis data dan perhitungan statistik, yang dimaksud dengan konsep adalah abstraksi yang dibentuk dengan menggeneralisasikan hal-hal yang khusus. Selanjutnya, definisi konseptual adalah batasan pengertian tentang konsep yang masih bersifat abstrak yang biasanya merujuk pada definisi yang ada pada buku-buku teks. Maka “konsep penelitian” sangat berpengaruh dalam suatu penelitian, dimana konsep digunakan untuk menjelaskan makna dan maksud dari penelitian yang dipakai, untuk menjelaskan kata-kata yang mungkin masih abstrak pengertian dalam penelitian tersebut, baik buruknya suatu hasil penelitian sangat terpengaruh pada konsep awal suatu penelitian, dikarenakan suatu konsep dalam suatu penelitian adalah kerangka awal pemikiran dalam suatu proses penelitian. Maka, apabila suatu konsep dalam suatu penelitian bermasalah, maka akan memberi dampak negatif pada hasil suatu penelitian maupun proses dalam penelitian tersebut.

9

DAFTAR PUSTAKA

Banks, James A. (1977) Teaching Strategies for the Social Studies: Inquiry, Valuing, and Decision-Making. Phippines,: Addison-Wesley Publishing Company. Bungin,B. (2008). Metode Penelitian Kualitatif :Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta; RajaGrafindo Persada. Fellin, Tripodi dan Meyer (1969) . The Assessment of Social Research. Illinois, FE Peacock Publisher Indriantoro, N. & Supomo, B. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis. Jogjakarta: BPFE UGM. Kerlinger, Fred N. (1986). Foundations of Behavorial Research. New York; Hold,Rinehart and Winston Notoatmodjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta Setiadi. (2007). Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan.Jogjakarta: Graha Ilmu Singarimbun & Efendi (1995). Metode Penelitian Survai. LP3ES Indonesia Soedjadi, dkk. (2000). Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->