Penyebab Terjadinya Masalah No 1 1 Daya tangkap siswa kurang 2 Siswa kurang berminat terhadap materi yang di ajarkan

No

Identifikasi Masalah 2

Memilih Masalah 3 Siswa materi pelajaran yang diserap murid masuk dalam ingatan jangka pendek alias STM (short time memory).

Merumuskan Masalah 4 Bagaiman dengan metode coveratif learning dalam upaya meningkatkan daya ingat siswa pada materi hukum keppler

Siswa keterampilan perhitungan matematis masih kurang baik, sehingga 1 menyebabkan guru terhambat dalam mengajar Materi Fisika . kurangnya interaksi guru sehingga murid 2 dapat menurunkan motivasi anak belajar murid apatis karena tidak ada keaktifan 3 terlihat dalam proses pembelajaran.

3 4

Banyak siswa yang tidak mengulang kembali pelajaran tidak mengerjakan Siswa sering yang telah di ajarkan Pekerjaan Rumah

4 murid kesulitan memahami konsep materi pelajaran munculnya trauma murid kepada guru 5 yang mengajar 6 materi pelajaran yang diserap murid masuk dalam ingatan jangka pendek alias STM (short time memory).

7 prestasi pembelajaran Fisika cenderung menurun Guru 1 Guru tidak siap mengajar, dalam arti terkadang guru belum memahami konsep materi yang diajarkan. Guru Guru tidak siap mengajar, dalam arti terkadang guru belum memahami konsep materi yang diajarkan.

dalam arti Guru tidak siap mengajar. 2 Kesulitan memahami pelajaran.1 Guru tidak siap mengajar. guru sering kesulitan dalam memunculkan minat belajar anak 3 Kurang optimal dalam penerapan metode pembelajran yang ada. konsep materi yang diajarkan. 4 Kesulitan memilih dan menentukan alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan 5 Kesulitan menanamkan konsep yang benar pada siswa dan sering bersifat verbalistik 1 Kurikulum Jadwal tatap muka untuyk pelajaran fisika sering di siang hari PBM/ KBM 2 Jumlah Jam tatap muka yang kurang 3 Kurikulum yang selalu berganti ganti Media 1 Kurang tersedinya alat peraga yang memadai . dalam arti terkadang guru belum memahami konsep terkadang guru belum memahami materi yang diajarkan.

Observasi a. Lembaran ceklis Instrumen Lembar observasi Disesuaikan dengan langkag-langkah perencanaan .

LKS (jika diperlukan) e. Soal tes g. RPP f. Angket untuk siswa (jika diperlukan) d. Media dokumentasi .b. Absensi Siswa h. Catatan lapangan (kertas kosong yang mencatat hal yang timbul di luar perencanaan) tetapi terjadi saat action c.

belajar Tingkah Laku Guru: Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.Rencana Menyelesaikan Masalah Rencana / Planing 6 Tindakan / Acting 8 7 5 1. 3. 1.kelas wujud perhatian lingkungan Guru memberikan pertanyaan awal/pembuka pembelajaran tentang materi yang akan dipelajari Siswa memperhatikan demonstrasi menjatuhkan Mengulas persamaan gaya gravitasi dan konsep medan gravitasi. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar Tingkah Laku Guru: Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi kelompok bekerja dan 4. Langkah Kedua Menyajikan informasi Tingkah Laku Guru: Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demontrasi atau lewat bahan bacaan. 2. Kegitan Akhir (10 Menit) . Kegiatan Awal ( 10 Menit ) Menggunakan metode coveratif · Melakukan kegiatan untuk learning untuk meng upayakan menyelesaikanPertama yaitu Model Guru menciptakan suasana kelas yang religi.Hal tersebut terjadi karena gaya  Siswa menyaksikan animasi solar sytem untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa   Guru memberikan apresepsi orbit planet di jjj 2. Kegiatan Inti (60 Menit) 3. Langkah masalah kemampuan daya ingat siswa Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa meminta salah seorang siswa untuk memimpin Tingkah Laku Guru: Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar. memeriksa kerapian siswa. Membimbingsecara efisien doa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful