P. 1
Modul 1 Perkabelan

Modul 1 Perkabelan

|Views: 50|Likes:
Published by AbdulKaderAlhabsyi

More info:

Published by: AbdulKaderAlhabsyi on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2012

pdf

text

original

Praktikum Jaringan Komputer

Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB I TUJUAN, ALAT DAN BAHAN DAN DASAR TEORI 1.1 TUJUAN

1. Mahasiswa dapat memahami terminologi dan konsep dasar jaringan. 2. Mahasiswa dapat mengetahui jenis-jenis pengkabelan jaringan. 3. Mahasiswa dapat memasang NIC (kartu jaringan), menyeting, sampai terhubung dengan komputer lainnya. 4. Mahasiswa dapat mengetahui jenis-jenis topologi jaringan. 5. Mahasiswa mengenal perangkat jaringan komputer. 6. Mahasiswa dapat menginstalasi LAN.

1.2

ALAT DAN BAHAN

1. 2. 3. 4.

Kabel UTP (1 Meter). Konektor RJ-45 (2 Buah). Tang Crimper. Kabel Tester .

5. PC 6. Sadel 7. Palu 8. Tangga

1.3

DASAR TEORI Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu area tertentu yang tidak begitu luas, misalnya di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN, yaitu jaringan Peer to Peer (P2P) dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu: 1. Komponen Fisik : Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologi jaringan 2. Komponen Software : Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.

Personal Komputer (PC) Tipe personal komputer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampu mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat.

Karter Putung | 110216110

Praktikum Jaringan Komputer
Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi

Di dalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan sebagai server mutlak harus memiliki unjuk kerja yang lebih tinggi dibandingkan komputer-komputer lain sebagai workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakan fasilitas dan mengelola operasional jaringan tersebut.
Network Interface Card (NIC)

Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (NIC) atau kartu jaringan, yaitu ISA dan PCI. Jenis kartu jaringan yang banyak digunakan saat ini adalah PCI

NIC ISA

NIC PCI

Gambar 1.1. Jenis Kartu Jaringan (NIC)

Ethernet

Dalam jaringan dengan protocol akses CSMA/CD atau Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection, jika node A yang akan mengirimkan data, maka node A akan memeriksa (scan/sensing) dahulu kondisi jalur data. Bila tidak terdapat aliran data atau jalur data kosong, maka node tersebut akan mengirimkan datanya. Namun bila node B sedang menggunakan jalur. data maka node A akan menunggu dan akan mencoba memeriksa kembali jalur data hingga kosong sehingga memungkinkan node A menggunakan jalur tersebut untuk mengirimkan data. Dalam protocol akses ini ada kemungkinan bahwa pada suatu saat terjadi pengiriman data secara bersamaan oleh beberapa node, sehingga mengakibatkan collision atau tabrakan. Dalam kondisi demikian node-node tersebut akan membatalkan pengiriman data dan akan mencobanya kembali bila jalur tidak sibuk.

Karter Putung | 110216110

Praktikum Jaringan Komputer
Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi

Gambar 1.2. Protokol Akses CSMA/CD
Untuk teknologi Ethernet digunakan format : [ x ][ y ][ z ]

Contoh: 10BaseT dimana artinya :

 

 

10 = kecepatan pengiriman data dengan satuan Mbps. Selain 10 ada juga 100, 1000. Base = teknologi yang digunakan adalah Baseband. Selain itu ada juga Broadband. T = Twisted Pair, media yang digunakan adalah kabel berpilin (twisted pair)

Ethernet Coax 10Base-5 Disebut juga sebagai teknologi thick ethernet. Dimana perangkat yang digunakan seperti pada Gambar 1.3.

Karter Putung | 110216110

AUI : Attachment User Interface . Karter Putung | 110216110 . tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan thinnet. Teknologi ini digunakan pada jaringan Token Ring (IEEE 802.Jumlah maksimum host per segmen = 100 .Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1.Jarak maksimum untuk tiap segmen = 500m .8km Dengan thick ethernet (thicknet) jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara komputer dapat diperbesar.3. dan isolasi electric .Transceiver : digunakan sebagai pengirim / penerima. Panjang kabel transceiver maksimum 50 m.5m .Digunakan untuk jaringan backbone .Jarak maksimum antar 2 station = 2. Ethernet 10 Base 5 Keterangan : . collision detection.Tap : tidak perlu memotong kabel . dengan jaringan yang berbentuk seperti lingkaran.5). panjang kabel thick ethernet maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver penghubung.Jarak minimum antar 2 station = 2. Pada thicknet digunakan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan sistem jaringan dan konektor yang digunakan adalah konektor tipe DIX.

Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1.Jarak minimum antar 2 station = 0.Jumlah maksimum station per segmen = 30 . IEEE 802. Perangkat yang digunakan seperti pada Gambar 1.4.5 m .5 – 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung . Panjang kabel thin coaxial RG 58 antara 0.Jarak maksimum antar 2 station = 925 m Gambar 1. Thin Ethernet dan Thick Ethernet Karter Putung | 110216110 . serta pemasangan komponennya lebih mudah.6.Menggunakan BNC konektor . Thin Ethernet 10 Base 2 Keterangan : .Digunakan pada LAN perkantoran .4. Thin ethernet (thinnet) memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain. Gambar 1.Jarak maksimum segmen = 185 m .5 – Jaringan Token Ring  Ethernet 10Base-2 Disebut juga sebagai teknologi thin ethernet.5.

 Gigabit Ethernet Fiber 1000Base-SX : Jaringan ethernet dengan kecepatan 1000Mbps. Untuk perangkat di sisi pengguna disebut juga Network Interface Card (NIC). Apabila menggunakan T berarti menggunakan media Twisted Pair. Dengan menggunakan media kabel Twisted Pair yaitu 2 pasang STP. Jarak maksimum per segmen adalah 100m dengan menggunakan kabel twisted pair kategori 3.7. Menggunakan media fiber optik dengan jarak maksimum per segmen 550 m. 62.  Fiber Optic 10Base-F : Teknologi yang menggunakan fiber optic dan banyak digunakan untuk menghubungkan antar gedung. 100Base-SX : Jaringan ethernet menggunakan 2 kabel fiber optik untuk transmit dan receive dengan jarak maksimum 300 m. Jaringan ini menggunakan kabel twisted pair. 100Base-BX : Jaringan ethernet menggunakan 1 kabel fiber optik tipe single mode. Ethernet 10 Base T  Fast Ethernet Twisted Pair 100Base-T2 : Data dikirimkan melalui 2 pasang kabel tembaga 100Base-T4 : Jaringan ethernet dengan kecepatan hingga 100 (fast ethernet). Jarak maksimum segmen yang diperbolehkan adalah 200 m. Jarak maksimum persegmen adalah 100m full duplex. Gambar 1. dan bila menggunakan F berarti menggunakan media Fiber Optic.  Karter Putung | 110216110 . 62. 100Base-Tx : Jaringan ehternet berkecepatan tinggi 100Mbps. Copper 1000Base-CX : Jaringan ethernet dengan kecepatan 1000Mbps. Fiber optic yang digunakan adalah tipe singlemode (10 mikron) atau multimode (50. 100Base-FX : Jaringan ethernet berkecepatan tinggi 100Mbps Jarak maksimum per segmen adalah 2000 m full duplex dengan menggunakan media 2 kabel fiber optik. menggunakan media fiber optik dengan jarak maksimum per segmen hingga 5000m.5 mikron).Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi  Ethernet Twisted Pair 10Base-T Adalah teknologi jaringan LAN yang menggunakan hub sebagai repeater.5 mikron). Fiber optik yang digunakan adalah tipe multimode (50. 1000Base-LX : Jaringan ethernet dengan kecepatan 1000Mbps.

Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Hub. Gambar 1.Switch. Switch Dan Router Perangkat yang digunakan untuk teknologi ini antara lain: .Hub. Repeater : perangkat ini bekerja pada layer 1 . Copper 1000Base-TX : Jaringan ethernet dengan kecepatan 1000Mbps. bridge : perangkat ini bekerja pada layer 2 .8.menggunakan media kabel Twisted Pair yaitu 4 pasang UTP.6 Gambar 1. Jarak maksimum per segmen adalah 100m. media tersebut adalah: Kabel (wired) dan Nirkabel (wireless). Kabel Coaxial Kabel coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Secara umum.Kabel serabut disisi samping dengan dipisahkan oleh suatu isolator.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi  Jarak maksimum per segmen adalah 25 m. Ada tiga jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini yaitu:  Kabel Coaxial Adalah kabel data yang menggunakan material tembaga dimana terdapat 2 bagian yaitu : . Perangkat Jaringan Berdasarkan Layer OSI Media Transmisi Untuk dapat menghubungkan divais yang satu dengan divais yang lain. maka dibutuhkan media transmisi. Tingkat pertama ini Karter Putung | 110216110 . perangkat yang dapat digunakan seperti pada Gambar 1. Terdapat berbagai macam media yang dapat digunakan untuk dapat menghubungkan divais dan membentuk jaringan.Kabel inti ditengah .Router : perangkat ini bekerja pada layer 3 Sehingga menurut OSI layer.8.

Makin besar kabel. Kabel ini menggunakan konektor Bayonet Nut Connector (BNC) Gambar 1. lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik. Untuk kategori 2 menggunakan RJ11 sedangkan untuk kategori 5 keatas menggunakan RJ45. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus. Banyak digunakan untuk jaringan LAN. dan tergantung dari jenis kategorinya. Konektor BNC  Kabel Twisted Pair Kabel berpilin (Twisted Pair). sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. menggunakan kabel berpasangan dimana tujuannya untuk menghilangkan efek crosstalk.10. Gambar 1. dikarenakan mampu mengirimkan bandwidth dengan jumlah yang besar. Twisted Pair Kabel ini menggunakan konektor seri Registered Jack (RJ). Tabel 1. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. makin besar kapasitas datanya. Beberapa jenis kabel Coaxial lebih besar dari pada yang lain. Karter Putung | 110216110 .Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik.9. Kategori Kabel Twisted Pair Kabel twisted pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded.

12 Kabel Shielded Twisted Pair (STP) Unshielded Twisted Pair (STP) Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) adalah kabel twisted pair yang terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi. Gambar 1.11 STP dan UTP Shielded Twisted Pair (STP) Kabel Shielded Twisted Pair (STP) kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. atau tahanan listrik yang konsisten. Karter Putung | 110216110 .Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1.

Gambar 1.13 Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) Pada jaringan twisted pair (10 Base T). Kabel straight through digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB. Digunakan baik pada kecepatan 10 Mbps maupun fast ethernet (100 Mbps). Karter Putung | 110216110 . Kategori 5 adalah kategori yang paling disarankan.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1.14 Topologi Star Saat ini ada beberapa grade. sedangkan kabel crossed digunakan untuk menghubungkan HUB ke HUB. komputer disusun membentuk suatu pola star. Twisted pair umumnya lebih handal (realible) dibandingkan dengan thin coax karena HUB mempunyai kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi. karena merupakann kategori yang paling realible dan memiliki kompabilitas yang tinggi. atau kategori dari kabel twisted pair. Setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB/SWITCH. Pengkabelan dengan menggunakan kategori 5 dapat dilakukan secara straightthrough ataupun crossed wiring. Panjang maksimum kabel Twisted Pair adalah 100 m. Namun sekarang ini HUB/SWITCH sudah menggunakan teknologi yang canggih sehingga kabel tidak perlu di crossed.

jadi antara ujung-ujung dari kabel UTP di buat dengan urutan yang sama. Karter Putung | 110216110 . Gambar 1.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Straight-through Wiring Pengkabelan ini merupakan pengkabelan antara komputer dengan switch/hub atau antar switch.15 Urutan Warna Kabel UTP Straight Through Crossover Wiring Pengkabelan ini merupakan pengkabelan antara dua buah Komputer atau juga bisa antar Switch/HUB.

jumlah sumber 1.Multimode. Menggunakan diameter core dengan ukuran 50 micron – 100 micron Karter Putung | 110216110 .16 Urutan Warna Kabel UTP Crossover  Kabel Serat Optik Jenis kabel yang satu ini tidak menggunakan tembaga (cooper). Mampu mengirimkan bandwidth lebih banyak. melainkan serat optik. Menggunakan diameter core dengan ukuran 2 – 8 micron . jumlah sumber lebih dari 1. dimana sinyal yang dialirkan berupa berkas cahaya. kabel FO dibagi menjadi dua.Singlemode. LAN dengan kecepatan tinggi.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1. yaitu: . Banyak digunakan untuk komunikasi antar Backbone. Berdasarkan jumlah sumber cahaya yang masuk pada core FO.

yang meliputi server. masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub.18Topologi Bus  Topologi Star Pada topologi Star. workstation. maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Terdapat tiga macam topologi jaringan umum digunakan. Keunggulan dari topologi Star adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server.17 Serat Optik Single Mode dan Multimode Topologi Topologi Jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponenkomponen jaringan.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. sedangka jaringan secara keseluruhan tidak mengalami gangguan. Gambar 1. Karter Putung | 110216110 . Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan. Dan juga bila terdapat gangguan di suatu jalur kabel maka gangguan hanya akan terjadi dalam komunikasi antara workstation yang bersangkutan dengan server.  Topologi Bus Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan. Kelemahan dari topologi Star adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya. hub dan pengkabelannnya. Star dan Ring. yaitu Bus.

Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan Karter Putung | 110216110 . karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. Utilitas ping akan menunjukkan hasil yang positif jika dua buah komputer saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan. tetapi jika menampilkan pesan Request time out alias RTO berarti konektivitas antar dua komputer tidak terjadi. Dengan menggunakan utilitas ini. kita dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hasil ping berupa statistik keadaan koneksi yang kemudian ditampilkan di bagian akhir.20 Topologi Ring Mengenal Perintah PING Apa itu ping?.alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus. sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya. Ping (Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). bila alamat. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain. Gambar 1.19 Topologi Star  Topologi Ring Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Gambar 1.

id Karter Putung | 110216110 . untuk perintah ping lainnya.id >> IP Address atau Hostname diletakkan setelah kata ping misal: ping 202. Misal: ping 202.20 atau ping sat. -6 Force using IPv6.149. bukan T (huruf capital). Sebagai tambahan.20 atau ping –t sat. Nah berikut ini. Untuk melihat statistic dan melanjutkan tekan Control+Break sedangkan untuk menghentikan proses tekan Control+C. Tambahan juga. Hal yang wajib diingat adalah.net. Semakin kecil kedua angka tersebut. Untuk menampilkan parameter dari perintah Ping Windows.86.20 –t atau ping sat.149.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). -4 Force using IPv4. semua opsi pada perintah ping adalah Case Sensitif. -S srcaddr Source address to use (IPv6-only). sebagai berikut: >> perintah ping(spasi)IP Address atau Hostname misal: ping –t 202.149.net. Adapun format penulisan perintah ping. Pada gambar di atas tampak perintah-perintah ping yang dapat kita gunakan. misal: t harus ditulis t (huruf kecil).86. Start->Accessories-->Command Prompt atau ketik cmd pada kolom Run (Windows+R). sebagai berikut: -R Trace round-trip path (IPv6-only).id –t Perintah ping di atas dapat ditulis di cmd dan/atau di kolom Run. ping IP Address atau Hostname Untuk menguji konektivitas. semakin bagus kualitas koneksinya. anda cukup mengetikkan “ping” atau “ping /?” atau "ping -h" (tanpa tanda petik) pada Command Prompt (cmd).86.net. aku akan mencoba menjelaskan beberapa perintah ping. perintah ping (-f) (-v TOS) (-r count) (-s count) (-j host-list) (-k host-list) hanya untuk IPv4. Caranya.

Defaultnya tanpa –n adalah 4.berarti paket data yang dikirim sebesar 100 bytes.149.149.20 .maka akan muncul hostname. Secara default paket yang dikirimkan sebesar 32 bytes.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi ping –t Melakukan perintah ping ke host tujuan secara terus menerus sampai dihentikan.86. yaitu www.id ping –n count Melakukan perintah ping dengan menentukan jumlah (count) request echo.86.20 . Misal: ping –t 202. Misal: ping –n 5 202.maka ping hanya dilakukan lima kali ping –l size Melakukan perintah ping dengan mengirimkan paket data sebesar x bytes.20 . Maximum paket yang bisa dikirimkan sebesar 65. Misal: ping –a 202.20 ping –a Melakukan perintah ping dan mencari nama host dari komputer tujuan.149.527 bytes Misal: ping – l 100 202.149. Karter Putung | 110216110 .sat.86.86.net.

waktu time outnya adalah 4000 millisecond (4 detik).pada gambar di bawah. Jika pesan yang ditampilkan adalahRequest time out. Karter Putung | 110216110 . Kalau aku biasanya mengatur size nya 0 (nol) agar tidak mengurangi bandwith dan tentunya antisipasi agar tidak kepalak pulsa. maka dengan menggunakan opsi atau parameter ini jarak antar pesan RTO adalah seperti yang telah kita atur.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Bagi para pecinta trik internet gratis.149. terutama pengguna trik ndolly. ping –w timeout Mengatur Timeout dalam milli-seconds untuk menunggu pada tiap-tiap reply.20 . Misal: ping –w 10000 202.86. gunakan opsi ping ini. Secara default. interval RTO nya 10 detik.

Ketikan perintah berikut pada command prompt kemudian catat output pada layar: ping /? ping 127. Catat output pada layar! 4.168. 2. Lakukan pemasangan kartu jaringan pada PC anda. Amati spesifikasi teknis yang tertera pada perangkat tersebut 3. Amati ciri-ciri perangkat keras jaringan seperti: kartu jaringan.1 ping 192.0. hub. ciri-ciri fisik. kabel jaringan. klik Start -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt 2.0. Pada command prompt ketik : ipconfig/all 3. switch.1.7 netstat /? Netstat –a Karter Putung | 110216110 .2 Percobaan 2 : Mengenal perangkat lunak standar untuk analisis jaringan 1. 4. Buat tabel untuk mendata karakteristik fisik perangkat keras jaringan tersebut yang meliputi:Dimensi. spesifikasi teknis.router 2. (Ikuti petunjuk dan arahan asisten) Catat langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam instalasi kartu jaringan pada PC.1 Percobaan 1 : Mengenal perangkat keras jaringan 1. dan karakteristik-karakteristik fisiklainnya.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB II PROSEDUR PERCOBAAN 2. Pada PC anda.

Gambar menunjukkan contoh pengupasan kulit kabel menggunakan alat pengupas kulit kabel. (Untuk percobaan pengkabelan dapat menggunakan urutan warna sesuai standar internasional. Kupaslah kabel dengan hati-hati pada kedua ujungnya. Karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas koneksi jaringan. 4. Urutkan kabel sesuai urutan yang diinginkan. Kemudian urailah lilitan kabel tadi dengan rapi dan berurutan sehingga antara kedua ujung kabel mempunyai urutan warna yang sama. Ukurlah jarak atau panjang kabel sesuai dengan jarak antara hub dan komputer atau komputer yang satu dengan komputer lainnya. ikuti petunjuk berikut ini: 1.5 Cm dari ujung. Potonglah kabel sesuai ukuran (ditambahi 20% dari panjang seharusnya) menggunakan alat stripper atau crimper (biasanya kedua alat ini digabungkan dalam satu alat yang disebut tang crimper). yang telah dijelaskan di atas). Karter Putung | 110216110 . 2. sehingga 8 urat kabel terlihat dari luar. 5. Kupas lapisan luar kabel UTP sepanjang ± 1. Ratakan kedua ujung kabel satu per satu dan pastikan bahwa kedua ujung kabel benar-benar rata. dimana kedua ujung A dan ujung B dari kabel dibuat sama persis urutannya seperti pada gambar dibawah.3 Percobaan 3 : Membuat kabel jaringan Untuk membuat kabel jaringan sendiri. Untuk menghubungkan PC dan Switch/Hub. 3. digunakan Straight-through.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 2. Lihat Gambar. Anda dapat juga menggunakan tang crimper dengan jenis multi fungsi.

Putih-Biru 6. Putih-Coklat 2.3 dan no. Masukkan salah satu ujung kabel (dalam posisi rapi berjajar) ke dalam konektor RJ-45 lalu dorong ujung kabel agar menempel pada ujung konektor. Misalnya Pada Ujung A urutannya adalah: 1. Hijau Pada ujung B.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Urutannya adalah: 1. Coklat 6. Putih-Biru 8.2 menjadi no. Biru 7. Karter Putung | 110216110 . Putih-Coklat 8. 6.Hijau 5.6. dilakukan untuk menghubungkan PC ke PC dengan menggunakan Crossover dimana digunakan urutan yg berbeda pada salah satu Kabel.Putih-hijau 4. Biru 7.Putih-hijau 6.Putih-orange 4. Biru 5. Selanjutnya masukkan konektor ke crimper.Orange 5. Hijau 7. Prosedur berikut. kemudian jepit dan tekan dengan cukup kuat.Orange 3.Putih-orange 2.Coklat 3. urutannya adalah : 1.Putih-orange 6.Putih-hijau 4. Coklat 3. Putih-Biru 8. Orange Atau cara singkatnya sama seperti membuat urutan pada ujung kabel A hanya saja urutan no.Putih-Coklat 2.1 dirubah menjadi no.

Untuk mengetahui keberhasilan pengkabelan yang Anda lakukan. Jika seluruh led menyala secara berurutan berarti semua kabel tersambung pada konektor dan kabel siap digunakan. 9. 8. Cek konektivitas antara 2 host tersebut dengan perintah ping! [prompt]> ping [IP_tetangga] Tuliskan output perintah di atas! 11.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 7. Lakukan hal yang sama pada ujung kabel yang lain. Koneksikan 2 buah komputer dengan kabel yang telah anda buat tersebut melalui hub/switch. ujilah kabel Anda dengan alat pengetes kabel jaringan yang disebut Cable tester. Caranya. Karter Putung | 110216110 . masukkan kedua ujung kabel yang telah tersambung pada konektor kedalam kabel tester lalu nyalakan tombol power. Koneksikan 2 buah komputer dengan kabel yang telah anda buat tersebut secara langsung. Lepaskan konektor dari crimper. 10.

Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 12. Cek konektivitas antara 2 host tersebut dengan perintah ping! [prompt]> ping [IP_tetangga] Tuliskan output perintah di atas! Karter Putung | 110216110 .

Dengan men-setting DHCP maka kita dapat membagi IP Address. HUB Pengertian: Adalah alat penghubung antar komputer.putih-hija.coklat. Juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data antar jaringan/internet.biru. 2.orange. Ciri-ciri: 1.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi BAB III Analisa Data Percobaan 1 : Mengenal perangkat keras jaringan 1.putih-biru. Karter Putung | 110216110 . Adanya fasilitas NAT (Networking Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Adress atau koneksi internet di-sharing ke IP Address lain. Adanya fasilitas DHCP (Domain Host Control Protocol). Mempunyai banyak bilangan port untuk disambungkan dengan kepala RJ-45. Ciri-ciri: 1.hijau.Ciri-ciri dari perangkat keras jaringan : Kartu jaringan Mengunakan PCI dan terpasang pada motherboard terutama di pci slot Kabel Jaringan Kabel yang digunakan adalah UTP(Unshielded Twisted Pair) dengan pair warna adalah putihorange. ROUTER Pengertian: Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet. Tidak menepis data namun ia menghantar data dari suatu komputer kepada komputer lain yang bersambung dengan hub tersebut. 2.putih coklat.

Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi SWITCH Pengertian: Adalah sebuah jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segmentasi banyak jaringan dengan forwarding (penerusan) berdasarkan alamat MAC (alamat fisik dari sebuah Ethernet Card). Jenis-jenis: 1. Layer 2 Switch à Adalah sebuah bentuk switch Ethernet yang melakukan switching terhadap paket yang melihat alamat fisiknya (MAC Address). Tabel Karter Putung | 110216110 . ISDN (Intergrated Services Digital Network) à Dikenal sebagai istilah frame relay switch over ISDN yang biasanya terdapat pada service provider bekerja seperti halnya switch tapi memiliki perbedaan yaitu interface yg digunakan merupakan ISDN Card atau ISDN Router. 2. Ciri-ciri: Network pada switch merupakan network dinamis.

Kart jaringan dapat dipasang disetiap slot pci.2029 Router:MIKROTIK ROUTERBOARD model Router BOARD 750 Switch: Air Live model 300 ARM – VPN-A 3.Spesifikasi Perankat keras jaringan PCI : Kingtech elect ronics model KE . Percobaan 2 : Mengenal perangkat lunak standar untuk analisis jaringan Output ketika memasukan perintah ipconfig /all Karter Putung | 110216110 .Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 2.Kita harus memperhatikan kala kartu jaringan sudah terpasang baik di slot pci.

Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Perintah ipconfig /all adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan semua informasi tentang jaringan yang ada pada sebuah PC ataupun laptop. DNS. dll. Karter Putung | 110216110 . sepesifikasi penting yang ditunjukan adalah IP address.

Output perintah ping 127. Perintah ping 192.168.7 merupakan perintah yang di gunakan untuk melakukan ping terhadap PC atau laptop lain yang tehubung dengan kita.0.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Output perintah ping /? Perintah ping /? adalah perintah yang di gunakan untuk menampilkan macam perintah yang bias digunakan bersamaan dengan perintah ping untuk menampilkan informasi tertentu.1 merupakan perintah yang di gunakan untuk melakukan ping terhadap PC atau laptop sendiri.7 Perintah ping 127.0.0.168.1. Karter Putung | 110216110 .0.1.7 dan ping 192.

- Output perintah netstat –a Karter Putung | 110216110 .Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Output perintah netstat /? Perintah netstat /? Merupakan perintah yang di gunakan untuk menampilkan kumpulan perintah gabungan yang bisa di gunakan bersamaan dengan perintah netstat untuk menampilkan informasi seputar koneksi atau aktifitas jaringan.

Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Output diatas merupakan output dari perintah netsat –a. diatas merupakan output yang menampilkan aktifitas dari suatu PC atau laptop. Percobaan 3 : Membuat kabel jaringan Kupas kedua ujung kabel UTP yang telah disediakan dengan tang crimper Urutkan dan luruskan kabel-kabel berwarna sesuai dengan tipe kabel yang akan di buat Karter Putung | 110216110 .

test kabel tersebut pada cable tester. maka kabel sudah siap di gunakan.10.10. Test kabel dengan mengkoneksikan PC satu dan PC lainnya. Cek konektivitas PC lain dan PC kita dengan cara masuk ke command promp dan ketikan ping [IP_PClain].1 dan yang menerima ping adalah 10.0. IP yang di gunakan pada PC yang melakukan ping adalah 10. Output perintah ping pada PC lain : Output diatas menjelaskan bahwa PC kita telah terkoneksi dengan PC lain melalui kabe tadi. IP dapat di ubah atau didapatkan secara manual dengan langkah.0. masuk Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings > pada Local Area Network pilih Properties > Double click pada (TCP/IPv4) > pilih Use the following IP address > masukan IP dengan Subnet Mask 255. jika led menyalah keseluruhan dan sesuai dengan urutan.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Potong sama rata kabel-kabel tersebut menggunakan tang crimper multi funsi Langsung masukan kabel-kabel ke dalam konektor RJ-45 dengan arah pin ke atas Terus tekan kabel hingga ujung kabel akan terlihat jelas di ujung konektor Masukan konektor yang berisi kabel tadi di crimper dengan keadaan diatas Jepit konektor dan tekan sedikit kuat Lepaskan konektor dari crimper secara pelan dan hati-hati Lakukan langkah-langkah diatas terhadap ujung kabel yang lain Ketika kabel yang dibuat selesai.10. masukan kabel di cable tester dan nyalakan power cable tester.0 *matikan firewall terlebih dahulu BAB IV TUGAS Karter Putung | 110216110 .2.10.

kelebihan. kekurangan kecepatan transfer dari setiap kabel yang dapat digunakan dalam jaringan komputer. Buatlah konfigurasi jaringan lokal anda dengan menggunakan 3 jenis topologi didalamnya. Jelaskan fungsi dan cara kerja masing-masing peralatan interkoneksi LAN di bawah ini : • Repeater • Bridge • Router • Gateway 5. 4.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 1. 2. Buatlah tabel jangkauan. Tugas Karter Putung | 110216110 . Tulislah rangkuman hasil percobaan anda. 3. Gambarkan OSI Layer dan jelaskan secara terperinci.

Sedangkan. Gambarkan OSI LAYER dan jelaskan secara terperinci Karter Putung | 110216110 . Buatlah konfigurasi jaringan local anda dengan menggunakan 3 jenis topologi didalamnya. karena node baru dan / atau periferal dapat dihubungkan ke topologi dan kata topologi dapat dihubungkan dengan topologi hybrid dengan mudah. ring.Kelebihan dari penggunaan topologi hybrid adalah cocok untuk jaringan denga volume trafik yang rendah dan juga pengontrolan manajemen lebih mudah karena bersifat terpusat dan terbagi dalam tingkatan atau jenjang. KEKURANGAN · Pengelolaan sulit · Biaya mahal dibanding topologi lainnya · Instalasi dan konfigurasi topologi sulit 2. kelemahan dalam menggunakan topologi ini ialah jika salah satu node rusak. Penyelesaian : Gambar dibawah ini merupakan bentuk jaringan local yang menggunakan 3 jenis topologi didalamnya (topologi hybrid). dan star. KELEBIHAN · Fleksibilitas · Menambah koneksi perangkat lainnya adalah mudah.Topologi hybrid tersebut terdiri dari topologi bus. maka node yang berada dijenjang bagian bawah tidak berfungsi.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 1.

Karter Putung | 110216110 . Application Layer networking software bertanggung jawab dalam mengirimkan permintaan ke suatu remote sistem. Layer ini bertanggung jawab pada saat kita perlu akses ke suatu network resources. Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya Sebutan untuk Application Layer adalah sebuah bit misleading. gateway berada pada layer ini. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Layer 7 (application layer) Menyediakan layanan untuk user dalam mengakses informasi pada network melalui suatu aplikasi. Jika seorang user mencoba untuk mengambil file/dokumen dari home direktory-nya pada server. tetapi ada perbedaan diantara mereka. suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router. Sebagai contoh. Layer ini merupakan interface untuk user dalam berinteraksi dengan aplikasi melalui sebuah jaringan. sesuai dengan namanya. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini. karena tidak mengggambarkan Actual program dimana seorang user mungkin menjalankan pada sistemnya. Layer ini adalah yang paling "cerdas". Presentation layer akan bertanggung jawab untuk mengenkripsi dan mendekripsi infomasi ini. Sebagai contoh. enkripsi dan translasi data akan terjadi pada layer ini Layer 5 (The Session Layer) Layer Session. Banyak web browser mampu melakukan fungsi ini untuk mendukung transaksi financial melalui internet. Sebagai contoh. jika kita berkomunikasi melalui internet menggunakan komunikasi yang terenkripsi. Microsoft word tidak berfungsi pada Application layer dari OSI Model. Layer 6 (The Presentation layer) Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Presentation layer memastikan bahwa format data yang diterima bisa digunakan oleh applikasiaplikasi yang berjalan pada sistem.

Layer 3 (The Network Layer) Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. impedansi.5) adalah protocol pada layer Data-link. Selain itu level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau gelombang radio. kekurangan.CAT 1 Kelebihan . Network Layer juga mendefinisikan alamat network. dan interface antar terminal. Layer 4 (The Transport Layer) Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Session layer memastikan bahwa sebuah request terhadap suatu layanan yang spesifik dibuat secara benar. jika kita mencoba mengakses suatu system dengan web browser. dan kecepatan transfer dari setiap kabel yang di gunakan dalam jaringan komputer Kabel UTP . session layer akan menjaga komunikasi ini danmemastikan bahwa data akan diterima oleh application yang benar.3). 3. koneksi pin dan jenis kabel. dan AppleTalk. Datagram Delivery Protocol (DDP). Sebagai contoh. Session layer bertanggung jawab dalam membangun dan memelihara hubungan antara dua sistem atau lebih. Buatlah tabel jangkauan. elektrik. Ethernet (802.jarak jangkau hanya 100 m dan Jangkauan 100 Meter Kecepatan 1 Mbps Karter Putung | 110216110 . Transport Layer bisa berlaku sebagai backup check untuk memastikan bahwa seluruh data telah terima dan bisa digunakan. Jika sebuah system menjalankan Multiple Network Applications. Dan Datalink layer akan menerapkan CRC untuk memeriksa ukuran tiap frame. layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. session layer pada kedua system akan bekerja sama untuk memastikan bahwa kita akan menerima halaman HTML dan bukan email. seperti tegangan. topologi jaringan dan pengkabelan. IPX. kelebihan.harga relatif paling murah di Kekurangan . spesifikasi mekanik. Sequence number membuat Transport Layer pada system penerima menyusun lagi data ke bentuk aslinya. dimana mereka merupakan contoh dari spesifikasi Network Layer karena mereka mendefinisikan sebuah mekanisme dalam berhubungan dengan resources yang berbeda tempat dan berbeda segment network dengan metode system pengalamata Layer 2 (Data Link Layer) Layer ini sedikit lebih "cerdas" dibandingkan dengan layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network. Network Layer menggambarkan bagaimana sistem pada network yang berlainan segment dapat saling berhubungan satu sama lain. Transport Layer melakukan manipulasi actual dari data dan mempersiapkannya untuk dikirim melalui network.arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring). Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir. Layer 1 (Physical Layer) Lapisan terbawah ini mengatur sinkronisasi pengiriman dan penerimaan data. frekuensi. Layer ini berfungsi juga untuk mendefinisikan media transmisi jaringan. Tokenbus (802. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level. Jika data terlalu besar untuk ukuran single frame. Seperti IP. Transport Layer akan memecahnya ke bagian yang lebih kecil/segment-segment dan menerapkan sequence number (nomor urut) dari segment tersebut.2 & 802. layer ini juga menyediakan multiplexing.4) dan Tokenring (802. kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.

CAT 5E .2 GHz 16 Mbps    COAXIAL .CAT 5 .memiliki transfer data lebuh cepat dari yang lainnya 1000 Km dan lebih 1 Gbps dan mungkin lebih tinggi Karter Putung | 110216110 . isolator luar .mudah dalam membangun instalas kecepatan transmisi relatif terbatas (1 Gbps) .CAT 3 .penerapan kabel terpengaruh serat optik yang efek lama elektromagnetik .CAT 6E .CAT 6 .Memiliki Kawat serabut yang berfungsi sebagai perlindungan atau grounding (shielded ) .Coaxial RG-58A/U (Thinnet) .CAT 7 STP antara kabel jaringan lainnya .CAT 2 .Coaxial RG-62A/U .mudah terpengaruh noise (gangguan) 4 Mbps 16 Mbps 20 Mbps 100 Mbps 1000 Mbps Mencapai 400 MHz Mencapai 500 MHz Mencapai 1.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi .ukuran diameter kabel yang lumayan besar sehingga dapat memperlambat proses pengerjaan 2000 Km 10 .memiliki 3 perlindungan dalam kabel yaitu : konduktor.CAT 4 .Coaxial RG-8 (Yellow Cable / Thicknet) .100 Mbps Fiber Optic .tidak .Hampir Sama dengan Kabel UTP 100 Meter .isolator dalam .

Gateway Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. cara kerja Bridge Setelah mengetahui ke segmen mana paket akan disampaikan. maka paket akan difordward ke semua segmen yang terkoneksi kecuali segmen alamat asalnya. Fungsi routing berguna untuk memilih rute yang terbaik dalam jaringan. cara kerja sebenarnya peralatan yang menyediakan jalur (path) ke jaringan tetangga atau jaringan internet.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 4. Jaringan Ethernet Modern menggunakan perangkat switching lebih yang canggih. bridge melanjutkan pengiriman langsung ke segmen tersebut. Jadi gateway hanya sebagai gerbang. Dan jika alamat tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal. Karter Putung | 110216110 . sehingga sinyal dapat diperluas jangkauannya dari pada kawat.Router . sedangkan gateway berfungsi seperti komputer server. Bridge berfungsi sebagai pembagi sebuah jaringan menjadi 2 atau lebih jaringan. menggantikan perangkat nirkabel dari repeater jaringan yang lebih populer untuk digunakan dengan LAN nirkabel (WLAN) di tempat kerja dan rumah. Bridge juga mengatur aliran data pada kedua jaringan agar dapat berjalan dengan teratur. repeater jaringankabel yang digunakan untuk menggabungkan segmen Ethernet kabel Cara kerja Repeater akan memperkuat sinyal data sebelum mengirimkan mereka ke segmen uplinked. Di masa lalu. Jika bridge tidak mengenali alamat tujuan paket.Bridge . atau peralatan jaringan lain yang menjalankan NAT. gateway bisa berupa Router. bridge akan menolak paket. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).repeater . cara kerja Router sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router berbeda dengan switch. Router Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast ke semua segmen kecuali segmen asalnnya.Gateway Repeater Sebuah repeater jaringan atau Network Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas batas-batas dari daerah jaringan kabel lokal (LAN) atau nirkabel (WiFi). Jelaskan fungsi dan cara kerja dari interkoneksi LAN dibawah ini . melalui sebuah proses yang disebut routing.

yaitu jaringan Peer to Peer (P2P) dan jaringan Client-Server. dari hasil percobaan kami dapat menyimpulkan Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu area tertentu yang tidak begitu luas. setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server.Praktikum Jaringan Komputer Laboratorium Teknologi Informasi & Komunikasi 5. Karter Putung | 110216110 . misalnya di dalam satu kantor atau gedung. Sedangkan pada jaringan Client-Server. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atau LAN. Pada jaringan peer to peer. Buatkah rangkuman dari hasil percobaan anda. hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->