P. 1
Maksimum Dan Minimum

Maksimum Dan Minimum

Views: 207|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Reza Fahlevi on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/05/2014

pdf

text

original

Maksimum dan Minimum Penggunaan konsep ini sering sekali di lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memaksimalkan

dan meminimumkan fungsi tertentu, sehingga bila demikian metode kalkulus menyediakan sarana yang ampuh untuk memecahkan masalah seperti itu Andaikan kita mengetahui fungsi f dan domain ( daerah asal ) S Apakah f memiliki nilai maksimum atau minimum pada S. Anggap bahwa nilai-nilai tersebut ada. Kita ingin mengetahui lebih lanjut dimana S nilai-nilai itu berada. Akhirnya kita dapat menentukan nilai-nilai maksimum atau minimum. Definisi : Andaikan S, daerah asal f , memuat titik c. Kita katakan bahwa : I. f(c) adalah nilai maksimum f pada S jika f(c ) ≥ f(x) untuk semua x di S; II. f(c ) adalah nilai minimum f pada S jika f(c ) ≤ f(x) untuk semua x di S; III. f(x) adalah nilai ekstrim f pada S jika ia adalah nilai maksimum atau nilai minimum dan untuk mengetahui apakah suatu f mempunyai nilai maksimum ataupun minimum pada S, terdapat suatu teorema yang bagus untuk mengetahuinya, walaupun bukti yang teliti sangat sukar, TEOREMA A : (Teorema eksistensi Maks-min), jika f continue pada selang tertutup (a,b), maka f mencapai nilai maksimum dan nilai minimum. Perhatikan kata kunci : f harus kontinu dan himpunan S harus berupa selang tertutup

Untuk mengetahui dimana terjadinya nilai-nilai ekstrim, biasanya fungsi yang ingin di maksimumkan, atau diminimumkan akan mempunyai suatu selang I sebagai daerah asalnya, tetpi selang tersebut boleh berupa sembarang tipe. Beberapa dari selang ini memuat titik-titik ujung; beberapa tidak. Misalnya , I = (a.b) memuat titik ujung keduanya; (a,b) hanya memuat titik ujung kiri; (a,b) tidak memuat titik ujung satupun.

namun itu diturunkan dari fakta bahwa pada titik stasioner . titik stasioner. karena garis singgung mendatar . . grafik f mendatar . dan titik singular ) merupakan titik-titk kunci dari teori maks-min. kita sebut c titik singular.Dan nilai-nilai ekstrim sebuah fungsi yang didefinisikan pada selang tertutup sering kali terjadi pada titik-titik ujung ( lihat gambar 1 ) Jika c sebuah titik pada mana f’(c) = 0 . sebarang titik dalam daerah asal fungsi f yang termasuk salah satu dari tipe ini disebut sebuah titik kritis. Nilai-nilai ekstrim dapat terjadi di titik singular (lihat gambar 3) Ketiga jenis titik ini (titik ujung.nilai-nilai ekstrim seringkali terjadi pada titik stasioner (perhatikan gambar 2) Dan jika c adalah titik dalam dari I dimana f’ tidak ada . kita sebut c titik stasioner .

yakni c berupa salah satu : I. maka c haruslah suatu titik kritis. Kita katakan bahwa: I. Titik singular dari f(f’( c ) tidak ada ). hitunglah f pada setiap titik kritis. Titik stasioner dari f(f’( c ) = 0 ) . F adalah turunan pada I jika setiap pasang bilangan x1 dan x2dalam I. Sub bab 2 Kemonotonan dan kecekungan Definisi : Andaikan f terdefinisi pada selang I ( terbuka. tertutup. F monoton murni pada I jika ia naik pada I atauturun pada I. . F adalah naik pada I jika untuk setiap pasang bilangan x1 dan x2 dalam I. X1 <>2 = f(x1) <>2) II. II.TEOREMA B : (teorema titik kritis). III. jika f(c) adalah titik ekstrim . Andaikan f didefinisikan pada selang I yang memuat titik c. Contoh soal : Carilah nilai maksimum dan minimum dari f(x) = -3x3 + x3 pada [-1. yang terbesar adalah nilai maksimum yang terkecil adalah nilai minimum. atau tak satupun ).2] Penyelesaiannya . X1 <>2 = f(x1) > f(x2) III. carilah titik-titik kritis dari f pada I Langkah 2 . Titik ujung dari I . Mengingat teorema A dan B untuk menghitung nilai maksimum dan minimum suatu fungsi kontinu f pada selang tertutup I Langkah 1 .

I. . serupa . jika f’(x) <> TEOREMA A (teorema kemonotonan). Andaikan f continue pada selang I dan dapat didiferensialkan pada setiap titik dalam dari I. kemudian jika f’(x) > 0. garis singgung naik ke kanan ( lihat gambar 2).TURUNAN PERTAMA DAN KEMONOTONAN Jika kita ingat kembali bahwa turunan pertama f’(x) memberi kemiringan dari garis singgung pada grafik f di titik x. maka f naik pada I. Jika f’(x) > 0 untuk semua titik dalam x dari I .

b).b). jika garis berliku searah jarum jam. andaikan f terdefinisial dua kali pada selang terbuka (a. Kedua definisi lebih baik dinyatakan dalam istilah fungsi dan turunannya. maka f cekung ke atas pada (a. grafik dalam gambar 6 berikut menunjukan sejumlah kemungkinan. kita sebut (c. Jika f’(x)<0> TURUNAN KEDUA DAN KECEKUNGAN Sebuah fungsi mungkin naik dan tetap mempunyai grafik yang sangat bergoyang ( gambar 4 ). jika f’ turun pada I. Jika garis singgung berliku dengan tetap berlawanan arah jarum jam . f cekung ke bawah pada I Diagram dalam gambar 5 berikut akan membantu dalam memperjelas gagasan ini. f(x) )suatu titik balik dari grafik f jika f cekung ke atas pada satu sisi dan cekung ke bawah pada sisi lainnya dari c. Definisi Andaikan f terdefinisi pada selang terbuka I = (a. maka grafik cekung ke bawah. . Jika f” (x) > 0 untuk semua x dalam (a. jika f’ naik pada I.b).b). kita katakana bahwa grafik cekung ke atas . Jika f” (x) <> TITIK BALIK Untuk mencari titik balik kita dapat memisalkan f continue di c. f (dan grafiknya) cekung ke atas disana. TEOREMA B (teorema kecekungan ). I.II. II.

cari dimana f naik dan dimana turun . f’(x) = 9x2 – 18x – 27 = 9(x+1)(x-3) Kita perlu menentukan dimana (x+1)(x-3) > 0 dan juga dimana (x+1)(x-3)<0.Contoh soal : Jika f(x) = 3x3 – 9x2 – 27x+ 1. Penyelesaiannya : Kita mulai dengan mencari turunan f. .

jadi untuk fungsi f dengan daerah asal S = (a. terlihat pada gambar 2. .Sub bab 3 Maksimum dan minimum lokal Jika ada suatu fungsi f pada himpunan S adalah nilai f terbesar yang di capai pada keseluruhan himpunan S. sedangkan f(c ) kita sebut sebagai suatu nilai maksimum lokal terlihat seperti gambar 1 Dan tentu saja nilai maksimum global otomatis juga nilai maksimum lokal.b) adalah nilai maksimum global. kadang itu semua di acu sebagai nilai maksimum global .

daerah asal f. Jika f’ (x) > 0 untuk semua x dalam (a. kita katakan bahwa . F(c ) nilai minimum lokal f jika terdapat selang (a. III. memuat titik c.b) dan f’( x) <> . II. F(c ) nilai maksimum lokal f jika terdapat selang (a.b) yang memuat c sedemikian sehingga f(c) adalah nilai minimum f pada (a.b) yang memuat titik kritis c. b) Π S.Andaikan f kontinu pada selang terbuka (a. TEOREMA A (uji turunan pertama untuk ekstrim lokal) . I.b) yang memuat c sedemikian sehingga f(c ) adalah nilai maksimum f pada (a.b) Π S.Berikut definisi formal dari maksimum lokal dan minimum lokal Definisi Andaikan S. I. F(c ) nilai ekstrim lokal f jika ia berupa nilai maksimum lokal atau minimum lokal Lalu dimana nilai-nilai ekstrim terjadi kita dapat melihat gambar 3.

TEOREMA B (uji turunan kedua untuk Ekstrim lokal ).II. F(c ) adalah nilai minimum lokal f. Andaikan f’ dan f” ada pada setiap titik dalam selang terbuka (a. Jika f’ (x) <> III. Contoh soal : Carilah nilai ekstrim local dari fungsi f(x) = x2 – 10x + 9 pada ( . Jika f” (c ) > 0. maka f(c ) bukan nilai ekstrim lokal f. ada untuk semua x. f naik pada [5.∞ . Kerena f’(x) = 2(x-5) <> 0 untuk x> 5. I. dan andaikan f’(c ) = 0. jangan asal dalam menyelesaikannya sehingga melupakan setiap langkah-langkah . Jika f’ (x) bertanda sama pada kedua pihak c.∞ ) Penyelesaiannya : F’(x) = 2x – 10 . Jika f” (c ) <> II. jadi satu-satunya titik kritis untuk f adadlah penyelesaiannya tunggal dari f(x) = 0 yakni x = 5. lalu f(5) sebagai satu-atunya titik tidak kritis maka f(5) = -16 Sub bab 4 Lebih banyak masalah maks-min Untuk menyelesaikan setiap masalah maks-min di sarankan melakukan cara dengan sebuah metode .b) yang memuat c.∞ ). Terdapat uji lain untuk maksimum dan minimum lokal yang kadang-kadang lebih mudah diterapkan.

biasanya sebuah selang. jalur bebas cetak di atas dan di bawah 8 cm serta di samping kanan dan kirinya 6 cm.1 dan x = 2. Langkah 3 gunakan kondisi-kondisi masalah untukmenghilangkan semua kecuali satu dari variable-variabel ini dan karenanya menyatakan Q sebagai fungsi dari satu variable. ∞) kita simpulkan bahwa A mencapai nilai minimumnya pada x = 29.1 nilai ini membuat y = 19. Langkah 2 tuliskan rumus untuk besaran Q yang harus dimaksimumkan ( diminimumkan ) dalam bentuk variable-variabel tersebut. lalu kita tolak x = 2.∞ ). lalu berapa ukuran surat undangan tersebut yang memerlukan kertas sesedikit mungkin Penyelesaiannya . Langkah 5 tentukan titik-titik kritis( titik ujung. Andaikan surat undangan tersebut mempunyai lebar x dan tinggi y luasnya adalah A =xy. Paling sering.81. Kita akan mencari persamaan yang mengaitkan x dan y sehinga salah satu dari variable ini dapat dihilangkan dari ungkapan A.pengerjaannya. Karena dA/dx <> 0 untuk x dalam 29. Ada sebuah surat undangan memuat 100 cm persegi bahan cetak.6 sehingga ukuran surat undangannya yang akan memakai kertas paling sedikit adalah 29. titik singular ). Langkah 4 tentukan himpunan nilai-nilai x yang mungkin.1 cm kali 19. titik-titik kritis kuknci beruap titik-titik stasioner di mana dQ/dx = 0 Langkah 6 gunakan teori untuk memutuskan mana yang maksimum atau minimum Contoh soal .81 karena tidak masuk dalam selang (16. misalnya x. sehingga (x-12)(y-16) = 100. titik stasioner. adapun metode tersebut : Langkah 1 buat sebuah gambar untuk masalah dan berikan variable-variabel yang sesuai untuk besaran-besaran kunci. ini menghasilkan x = 29. lalu kita peroleh Y = (100/(x-16)) + 12 dengan penggantian ungkapan ini untuk dalam A=xy memberikan A = (100x/(x-16)) + 12x Nilai-nilai x yang dibolehkan adalah 16 <> Sekarang dA/dx =[ ((x-16)100 – 100x )/ (x-16)2 ]+12 = (12x2 – 384x + 1472 ) / ( x-16)2 titik-titik kritis hanya diperoleh dengan menyelesaikan dA/dx = 0. contoh soal : cari limit x→ ∞ ( 4x2 – 6x + 8 ) / ( 7 + x – 2x2 ) = limit x→ ∞ (4x2/x2 – 6x/x2 + 8/x2 ) / ( 7/x2 + x/x2 – 2x2/ x2 ) = limit x→ ∞ ( 4 – 6/x + 8/x2 ) / ( 7/x2 + 1/x – 2) = (4-0+0) / (0+0-2) = -2 . ukuran bahan adalah x-12dan y-16 dan luasnya adalah 100 cm persegi.6 cm.1 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->