P. 1
Abs Trak

Abs Trak

|Views: 5|Likes:
Published by Budinta Lubizz
xkl
xkl

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Budinta Lubizz on Oct 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

ABSTRAK Karbohidrat adalah senyawa polimer dari monosakarida dengan rumus molekul Cn(H2O)m.

Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mempelajari perbedaan antara monosakarida,disakarida,dan polisakarida.Serta sifat-sifat karbohidrat.Bahan utama yang digunakan adalah glukosa,maltosa dan laktosa dengan peralatan utama adalah tabung reaksi.Prosedur yang dilakukan adalah larutan masing-masing sebanyak 1%,dimasukkan kedalam tabung reaksi.Kemudian ditambahkan 2 tetes larutan naftol 5% dan 3 tetes larutan asam sulfat pekat,lalu diamati warna biru yang ada pada sampel yang menunjukkan adanya karbohidrat.Hasil yang didapat dari percobaan adalah tidak ditemukannya cincin biru dalam ketiga larutan. Kata kunci : karbohidrat,glukosa,maltosa,laktosa

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakaang Karbohidrat adalah senyawa polimer dari monosakarida dengan rumus molekul Cn(H2O)m.Didalam karbohidrat merupakan hasil sintesa dari molekul CO2 dan H2O dengan bantuan sinar matahari dan hijau daun klorofil (klorofil) yang dikenal dengan proses fotosintesa.Karbohidrat ini merupakan sumber energi atau makronutrien utama bagi makhluk hidup.(Tim Dosen Biokimia,2011). Karbihidrat dibagi menjadi monosakarida,disakarida,dan polisakarida.dengan pembagian karbohidrat ini akan mengamati perubahan warna,apakah mengandung karbohidrat serta dapat membedakan jenis-jenis karbohidrat. 1.2 Perumusan Masalah Rumusan masalah dalam percobaan membuktikan adanya kandungan karbohidrat dalam bahan percobaan dengan mengamati perubahan warna apabila ditambahkan reagen tertentu. 1.3 Tujuan Percobaan Adapun tujuan percobaan adalah mempelajari perbedaan antara monosakarida,disakarida dan polisakarida serta sifat-sifat karbohidrat. 1.4 Manfaat Percobaan Manfaat percobaan adalah mengetahui perbedaan beberapa macam karbohidrat,agen untuk membuktikan adanya karbohidrat serta mengetahui kebenaran adanya karbohidrat dalam percobaan. 1.5 Ruang Lingkup Percobaan Percobaan ini dilakukan di Laboratorium Kimia Organik Fakultas Teknik,Universitas Sumatera Utara.Dengan bahan yang digunakan adalah: Asam sulfat pekat (H2SO4),2naftol,laktosa,glukosa,dan maltosa.Sedang peralatannya adalah : Tabung reaksi,gelas ukur,rak tabung,neraca analit dan stopwatch.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Karbohidrat adalah senyawa organik terbesar diseluruh makhluk hidup,dengan rumus Cn(H2O)m.Secara kimia,senyawa-senyawa adalah turunan aldehid dan keton dari poli alkohol.Karbohidrat berfungsi sebagai penyedia energi utaama.Protein dan lemak juga berperan juga bagi tubuh kita,tetapi karena sebagiab besar makanan terdiri atas karbohidrat,maka karbohidratlah yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh.Amilum atau pati,selulosa,glikogen,gula,atau sukrosa dan glukosa merupakan beberapa senyawa karbohidrat yang penting dalam kehidupan manusia.Molekul karbohidrat terdiri atas atom-atom karbon,hidrogen,dan oksigen.Jumlah atom hidrogen dan oksigen merupakan perbandingan 2:1 seperti pada molekul air.Dahulu orang berkesimpulan bahwa adanya air dalam karbohidrat.Karena hal ini maka dipakai kata karbohidrat,yang berasal dari kata ”Carbon” dan “Hidrat” atau air.Walaupun pada kenyataannya senyawa karbohidrat tidak mengandung molekul air,kata karbohidrat tetap digunakan.Senyawa karbohidrat tidak hanya ditinjau dari rumus empirisnya saja,tetapi yang penting adalah rumus strukturnya (Mc Glivery dan Goldstein,1966). Berdasarkan jumlah karbohidrat sederhana yang dihasilkan pada proses hidrolisis,karbohidrat dapat dibedakan menjadi monosakarida,disakarida,dan polisakarida. (Rahmadi,2007).

1.Monosakrida Monosakarida adalah satuan senyawa karbohidrat yang paling sederhana sehingga tidak dapat dihidrolisis menjadi karbohidrat yang lebih sederhana lagi.Monosakrida yang terkecil adalah gliser aldehida.Contoh : Glukosa,galaktosa,ribosa,dan lain-lain

2.Disakarida Disakarida terjadi karena penggabungan 2 molekul monosakarida dengan pelepasan air.Pada hidrolisis akan terbentuk monosakarida-monosakarida penyusunnya.Contoh: Sukrosa,laktosa,dan maltosa. 3. Polisakarida Polisakarida mempunya massa rumus yang sangat besar dan tidak larut dalam air.

Polisakarida mempunyai rumus karbohidrat yang disususn oleh lebih dari delapan unit monosakarida dengan rumus umum : (C6H10O5)n.Senyawa-senyawa penting polisakarida : Amilum(pati),gliikogen,dan selulosa. Amilum merupakan polimer glukosa dalam bentuk ikatan alfa.Selulosa merupakan penyusun utama dinding sel tumbuhan,yang terdiri atas satuan a.glukosa.(Rahmadi,2007). Berdasarkan gugus fungsi yang dikandungnya,karbihidrat terbagi atas: 1. Aldosa,karbohidrat yang mengandung gugus fungsi aldehid. 2. Ketosa,karbohidrat yang mengandung gugus fungsi keton. Penamaan gabungan (berdasakan jumlah atom C dan gugus fungsi) biasa dilakukan terhadap karbohidrat.Sebagai contoh,glukosa adalah heksosa yang mengandung gugus fungsi aldehid,sehingga merupakan suatu aldoheksa (aldosa enam karbon).Sedangkan ribosa merupakan suatu aldopentosa (aldosa lima atom karbon).Sementara itu,untuk ketosa diberi nama akhiran ulosa sehingga fruktosa yang merupakan heksosa yang mengandung gugus fungsi keton merupakan suatu heksulosa (keton enam karbon). (MSB,2009). Selain sebagai sumber energi,karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan makanan,pemberi rasa manis pada makanan,pembantu pengeluaran feses dengan cara mengatur gerak perstaltik usus,penghemat protein,terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.Karbohidat juga berfungsi sebagai pengatur metbolisme lemak,karena karbohidrat mampu mencegah oksidasi lemak yang tidak sempurna (MSB,2009).

3.2 Peralatan Percobaan 1. Tabung reaksi Fungsi: sebagai wadah sampel 2.Pipet tetes Fungsi: untuk mengambil sampel dalam jumlah kecil 3. Gelas ukur Fungsi: untuk mengukur volume sampel 4.Rak tabung Fungsi: untuk meletakkan tabung-tabung reaksi 5. Neraca analit Fungsi:untuk mengukur massa sampel 6.Stopwatch Fungsi:untuk menghitung waktu pengocokan.

3.3 Flowchart percobaan

Mulai

Dimasukkan laktosa 1% ketabung reaksi

Dimasukkan larutan glukosa 1% ke tabung reaksi

Dimasukkan larutan maltosa 1% ke tabung reaksi

Ditambahkan air 1 ml

Ditambahkan air 1 ml

Ditambahkan air 1 ml

Ditambahkan 2 tetes naftol 5%

Ditambahkan 5 tetes asam sulfat pekat

Apakah terjadi pembentukan warna ungu?

YA Ada karbohidrat

TIDAK Tidak ada karbohidrat

Selesai Gambar 3.3 Flowchart percobaan karbohidrat

BABA III METODOLOGI PERCOBAAN

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->