P. 1
Tegangan PSU Yang Ada Didalam Kapasitor Bisa Di Bilang Adalah Darah Dari Keseluruhan CPU

Tegangan PSU Yang Ada Didalam Kapasitor Bisa Di Bilang Adalah Darah Dari Keseluruhan CPU

|Views: 181|Likes:
Published by Eko Purwanto

More info:

Published by: Eko Purwanto on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

Tegangan PSU yang ada didalam Kapasitor bisa di bilang adalah darah dari keseluruhan CPU.

daya tegangan yang dihasilkan akan menyuplai tenaga kesemua alat alat dari CPU tersebut.. antara lain prosesor, hardisk, motherboard dan juga vga card atau dvd drive jika CPU tersebut ditambahi beberapa pheriperal yang lain. pengetahuan mengenai tegangan PSU akan sangat berguna untuk seorang teknisi komputer. dibawah ini saya sertakan gambar pemetaan tegangan pada colokan power suplay yang masuk ke motherboard

Socket dan gambar tegangan PSU pada mother board

langsung shutdown kipas muter.Socket skema tegangan PSU pada dihardisk sata PG signal pada tegangan PSU PC anda sering restart? timbul masalah aneh seperti ga bisa reset. tapi ga bisa boot tapi voltage OK ga drop dan psu baru? mungkin sinyal PG anda bermasalah .

PG sering disebut juga PWR_OK signal adalah pin no 8 dengan kabel warna abu abu pada socket tegangan PSU . tetap akan memberikan sinyal “PG palsu”. maka PC akan mati PG signal ‘berkedip’ maka PC restart bisa dibilang bahwa PG signal dihubungkan dengan tombol reset di PC. biasanya rail 5v atau 12v ketika psu pertama kali dinyalakan. misal disambar petir atau brown out. pada psu abal abal. voltase dari PG signal biasanya 2. PG signal tidak ada. karena menunggu voltase stabil. hasilnya kacau juga PG signal mencegah PC beroprasi pada voltase yang diluar spek sehingga PC tidak rusak. maka sinyal PG akan ‘blink’ menyebabkan PC akan reset untuk melindungi hardwarenya jika PG signal mengalami kerusakan maka akan menyebabkan PC jadi tidak stabil PG signal mati. berapapun ancurnya voltage output. sinyal ini hanya diturunkan dari voltase output psu. tidak ada mekanisme untuk mengecek voltage output dari psu di psu demikian.6 – 6V jika PSU mengalami gangguan. Power good adalah mekanisme internal psu untuk mengecek voltase output dari psu. maka sinyal PG pasti memiliki delay dari saat PSU dinyalakan delai PG menurut spesifikasi ATX adalah 100ms – 500ms jika diluar itu kemungkinan akan membuat beberapa mainboard kesulitan dinyalakan. voltase output kacau sehingga jika langsung digunakan untuk menyalakan PC. ini menyebabkan . tanpa di cek dulu. biasanya ini menghasilkan nilai delai PG mendekati 0ms.

Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard. Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On. biasanya kalau motherboard baru. high ripple siap membakar PC anda. kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. kerusakan biasanya ada di processor. . ROM. under voltage. Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard. coba anda bersihkan pakai tiner. coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti. Periksa Jumper Clear CMOS. asal powernya masih cukup. lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard. Nyala Tapi Tidak Tampil Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Setelah terlepas. over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. apakah panasnya berlebih atau tidak. apakah di posisi Clear atau Free. Kalau ada. Oke Langsung aza ya! gejala dan cara mengatasi motherboard yang rusak : Mati Total Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply. Periksa Processor.‘kompatibilitas’ psu abal abal sangat tinggi bisa menyalakan semua PC. tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak. memory dan VGA. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik. BIOS) beserta chip kontroler lainnya dan biasa disingkat dengan kata mobo. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas. Setelah bersih anda keringkan. periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Periksa juga apakah switch on nya berfungsi. posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear. hasilnya over voltage. Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati. pasangkan kembali kabel power. sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam. Memperbaiki Motherboard yang Rusak (Gejalanya) 08:49 AriTOP21 193 comments Papan induk (motherboard) adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti microprocessor dan memory (RAM.

Periksa apakah ada virusnya. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru. floppy disk. apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Dalam keadaan mati. dll. berarti power supply ada masalah. kemudian pasang kembali. Coba anda install ulang Windows. biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat. dalam keadaan mati / off coba anda tekan. untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU. yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt. bersihkan kipas tersebut. cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih. Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard. Saya biasa memakai Norton Anti virus. karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. 2010 pada 9:17 pm . time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti. Periksa VGA Card. Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus. KERUSAKAN MAINBOARD Dalam ide-ide di Maret 16. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik. cdrom. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.Periksa memory. CMOS Checksum Failure (Baterai Low) Gejala kerusakan & Solusinya : Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS. Jika VGA card menggunakan kipas. anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor. anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya. ganti baterai tersebut) Seting tanggal. biasanya terlihat. cabut VGA Card. Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri Periksa Power Supply. saya selalu membersihkannya dari debu. Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer. coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak. memory. Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”. saya sarankan ganti saja. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru. program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. biasanya ada masalah di memory. apakah itu motherboard. coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas. lakukan setting ulang pada BIOS).

Cara membuang sis tenaga listrik tersebut yaitu dengan mengadakan hubung singkat antara kaki kondensator. Sambil berniat membersihkan debu-debu pada mainboard. sebuah kondensator yang permukaaannya sudah menggembung. Untuk kondensator elektrolit basah dari radio tabung. Setelah sisa listrik itu dibuang dari kondensator elektrolit. WAH INI PENYAKITNYA…. mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif dan negatif.47 µF (mikroFarad) sampai ribuan mikroFarad dengan voltase kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt. ditandai oleh kaki yang panjang positif sedangkan yang pendek negatif atau yang dekat tanda minus ( . Setelah dinyalakan beberapa saat kemudian lantas off dan tidak bisa dinyalakan lagi dengan menekan tombol power. saya buka casing untuk memulai membersihkan. Untuk menyalakan harus mencabut colokan listrik terlebih dahulu kemudian memasang ulang. tapi kejadiannya sama.. dapat dipastikan bahwa kondensator tersebut telah rusak .Rate This Pernahkah Anda mengalami kerusakan komputer lantas diambil tindakan dengan mengganti MAINBOARD? Beberapa hari yang lalu salah satu komputer tidak bisa dioperasikan. Nilai kapasitasnya dari 0. Kondensator elektrolit atau Electrolytic Condenser (sering disingkat Elco) adalah kondensator yang biasanya berbentuk tabung. sebagaimana Doanco mengatakan dalam blognya : Pengujian kondensator elektrolit dengan Ohmmeter sebaiknya dilepaskan dari rangkian pesawat. (wikipedia : 16 maret 2010) Untuk mengetahui kondisi kelayakan sebuah kondensator dapat dilihat secara fisik dan dapat dilakukan pengukuran . Ternyata saya melihat ada salah satu electtrolite condensator yang permukaannya gembung. (baca selengkapnya) Secara fisik. listrik yang yang tersimpan di dalam kondensator tersebut harus dibuang lebih dahulu sehingga tak merusak Ohmmeter yang digunakan untuk mengujinya.) adalah kaki negatif. Mati sebelum masuk ke windows. maka selanjutnya kita dapat menggunakan Ohmmeter untuk mengujinya.

Elco pengganti saya hubungkan dengan kabel dan diletakkan pada posisi yang tidak menggangu komponen lain dengan cara menempelkan dengan lem. . Cara kanibal mainboard seperti ini pernah saya lakukan 3 tahun yang lalu (milik teman) dan hingga sekarang komputer tersebut masih bisa digunakan. langkah 2 bersihkan dari debu.ram memory. langkah 1 kita telanjangi dulu mainboarnya dari prosesor. hal ini bertujuan agar saya tidak melakukan penyolderan pada mainboard.Untuk mengganntinya. solusi yang akan saya bahas kali ini adalah salah satu dari sekian banyak cara. Info ini mungkin bermanfaat sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengganti dengan mainboard yang baru. Cara Memperbaiki Mainboard Mati Total Banyak cara untuk memperbaiki mainboad komputer yang mati total. pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara memperbaiki mainboard mati total tanpa sebab (bukan karena human error/ kecerobohan si pemakai). pada komputer Anda yang mengalami kerusakan. baterai cmos. saya lakukan dengan cara mematahkannya. Elco pengganti saya dapatkan dari mainboard bekas.

( 15 liter air cukup untuk merendam 3buah mainboard). langkah 4 campurkan cairan kimia HC. semoga bermanfaat bagi rekan2 teknisi .tiga tetes. sesudah itu kita jemur 1hari.6G40. Secara teori proses diatas pada intinya adalah untuk memulih kan kinerja komponent . .dan untuk proses akhir barulah kita kering kan dengan hairdryer.terutama IC dan jalur2 micro lainya yang selama pemakaian terjadi pemuaian (tentunya anda masih ingat pelajaran fisika tentang pemuaian dan penyusutan?).aduk rata hingga benar tercampur. ini sajalah yang dapat saya tulis pada kali ini .cairan HC 6G40 berperan penting dalam mempercepat proses peyusutan jalur2 micro pada componet dan pcb.langkah 3 siapkan air 15 liter dalam wadah / ember plastik ( jangan yang dari logam). langkah 5 rendam mainboard kedalam air tsb selama 4hari.SALAM BERBAGI dari saya .setelah proses terakhir barulah mainboar siap bekerja kembali. setelah 4hari / 4x 24 jam main boar kita masukan ke dalam lemari es selama 12 jam.sebatas yang saya tahu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->