P. 1
PENGERTIAN SANDANG

PENGERTIAN SANDANG

|Views: 4,720|Likes:
Published by h_ndoenk

More info:

Published by: h_ndoenk on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN SANDANG

Sandang adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai mahluk berbudaya.Pada awalnya manusia memanfaatkan pakaian dari kulit kayu dan hewan yang tersedia di alam.Kemudian manusia mengembangkan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian.Pakaian berfungsi sebagai pelindung dari panas dan dingin.Lama kelamaan fungsi pakaian berubah, yakni untuk memberi kenyamanan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakaian kerja, pakaian rumah, untuk tidur dan sebagainya.

Kebutuhan Manusia adalah suatu rasa yang timbul secara alami dalam dirimanusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupan. Macam –macam kebutuhan manusia

1. kebutuhan primer adalah kebutuhan utama yang gunanya untuk memelihara kelangsungan hidup contoh : sandang , pangan , papan).

2. kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua sebagai penunjang untuk memelihara kebutuhan hidupc) kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga sebagai pelengkap kehidupan yang bersifat tidakterlalu pentingkebutuhan menurut sifat kehayatan nya dibagi menjadi 2 : a ) k e b u t u h a n j a s m a n i adalah kebutuhan yang di tunjukan untuk memelihara tubuh b ) k e b u t u h a n r o h a n i adalah kebutuha manusia yang berkaitan dgn kejiwaan dalam diri manusia.

3. kebutuhan menurut subjectnya di bagi menjadi 2 : a)kebutuhan i n d i v i d u adalah kebutuhan yang timbul dalam diri seseorang atau

kebutuhanperorangancontoh ; pendidikan , pekerjaan b)kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang relative bersifat umum contoh : rumah sakitkebutuhan menurut waktunyaa ) k e b u t u h a n s e k a r a n g adalah

kebutuhan yang pemenuhannya harus di lakukan pada saat sekarangcontoh ; orang sakit harus minum obat.

Contoh gambar sandang :

PENGERTIAN PANGAN
Menurut Peraturan Pemerintah RI nomor 28 tahun 2004 pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan, dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan atau pembuatan makanan atau minuman. Pangan dibedakan atas pangan segar dan pangan olahan : a. Pangan segar Pangan segar adalah pangan yang belu mengalami pengolahan, yang dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan baku pengolahan pangan. Misalnya beras, gandum, segala macam buah, ikan, air segar.

b. Pangan olahan tertentu Makanan / pangan olahan tertentu adalah pangan olahan yang diperuntukkan bagi kelompok tertentu dalam upaya memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan kelompok tersebut.

c. Pangan siap saji Pangan siap saji adalah makanan atau minuman yang sudah diolah dan bisa langsung disajikan di tempat usaha atau di luar tempat usaha atas dasar pesanan.

Contoh gambar pangan:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->