P. 1
Pengertian Penelitian, Implikasi Dan Ruang Lingkup Penelitian

Pengertian Penelitian, Implikasi Dan Ruang Lingkup Penelitian

|Views: 1,250|Likes:

More info:

Published by: Rosita Syarifah Saman on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN PENELITIAN, IMPLIKASI DAN RUANG LINGKUP PENELITIAN

Rosita Syarifah, S.SiT

Metodologi (Methodology):     Sekumpulan peraturan. Metodologi = metode = cara = teknik = prosedur . kegiatan dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu Studi atau analisis teoretis mengenai suatu cara/metode Cabang ilmu logika yang berkaitan dengan prinsip umum pembentukan pengetahuan (knowledge) Secara praktis.

ani-stikim-06 6 Oktober 2006 . atau menemukan makna kembali secara berulang-ulang. menemukan makna.Pengertian Research (Penelitian)    Re = kembali/berulang-ulang Search = mencari. menjelajahi. Research = mencari. menjelajahi.

diterima nalar  Empiris : dapat diamati oleh indera manusia  Sistematis : langkah-langkah tertentu yang logis    Mendapatkan data : empiris dan valid (reliabel: konsisten. dan obyektif : disepakati bersama) Tujuan dan kegunaan tertentu : Penemuan : data betul-betul baru  Pembuktian : data untuk membuktikan keragu-raguan  Pengembangan : memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada  .Pengertian Metode Penelitian  Cara ilmiah : didasarkan pada ciri-ciri keilmuan Rasional : masuk akal. ada logika.

hipotesis. redefinisi terhadap masalah.  Subsatnsinya menyangkut masalah kebidanan  ani-stikim-06 6 Oktober 2006 . penelitian merupakan sebuah metode untuk menemukan kebenaran. merumuskannya.Midwifery Research (Penelitian Kebidanan) Woody (1927).

dan kepentingan masyarakat pada umumnya. data.Tujuan Penelitian dan Kegunaan Penelitian. Kegunaan penelitian adalah manfaat dari hasil penelitian berupa informasi. dan koefisien dari penelitian tersebut bagi berbagai pihak seperti pemerintah.   Tujuan penelitian adalah pernyataanpernyataan harapan yang ingin dicapai atau diketahui melalui penelitian. Dengan perumusan masalah yang masih bersifat abstrak . perkembangan ilmu dan penelitian. sponsor penelitian.

mendeskripsikan.) maupun pasif (diketahuinya.     Tujuan penelitian adalah suatu indikasi ke arah data/ informasi apa yg akan dihasilkan melalui penelitian. Tujuan umum merupakan pernyataan spesifik yang menggambarkan luaran yang akan dihasilkan dari penelitian. membuktikan. dsb.) Jenis tujuan penelitian . dsb. jangka panjang dan abstrak Tujuan khusus penelitian Merupakan pernyatan dalam bentuk kongkrit dan dapat diukur Berupa uraian atau langkah-2 untuk mencapai tujuan umum penelitian Tujuan khusus berkaitan dgn masalah penelitian & menunjukkan variabel yg akan diteliti Boleh dalam kalimat aktif (mengetahui. menilai. bersifat global.

      Mendapatkan informasi IPTEK tertentu Mengembangkan metode/ alat/ teori/ konsep baru yangg lebih efektif/ efisien dibanding yang ada Menilai factor-faktor yang berhubungan/ berpengaruh terhadap suatu kejadian Mengevaluasi program. kegiatan atau menjelas kan fakta terkait dgn peraturan/ prosedur Membandingkan efektivitas/ efisiensi biaya pengobatan 2 kelompok atau lebih responden Merumuskan tujuan Tujuan penelitian dinyatakan dalam/dengan kalimat pernyataan (bentuk deklaratif) Tujuan lebih spesifik atau kongkrit dibandingkan .

Tujuan khusus  1. Mengidentifikasi angka kematian ibu post partum di daerah X  2. Mengidentifikasi status ekonomi di daerah X  3. mengidentifikasi pengaruh status ekonomi terhadap tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X .Contoh : Tujuan umum  Mempelajari factor – factor yang mempengaruhi tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X.

Pengetahuan. Ilmu & Filsafat       Filsafat adalah induk ilmu pengetahuan Dalam bahasa Yunani Philosophia (Filsafat) : Philos – Philien – Philia = Cinta / Mencintai Sophia = Kebijaksanaan / Kearipan / Pengatahuan Philosophia = Cinta kepada kebijaksanaan Cinta kepada kearipan Cinta kepada pengetahuan (Lover of Wisdoms) Orang yang mencintai kebijaksanaan / kearipan / pengetahuan disebut “ Philosophof / Filsof ” .

ilmu batas kajiannya adalah fakta. mempunyai objek kajian. batas kajiannya adalah logika/daya pikir manusia. Filsafat. menjawab pertanyaan “What” Ilmu (science). . menjawab pertanyaan 5W+1H Pengetahuan dapat berkembang menjadi ilmu apabila memenuhi syarat. Filsafat menjawab pertanyaan “Why” dan “Why”. hasil tahu manusia.    Pengetahuan (knowledge). metode pendekatan. mendapat pengakuan secara umum/menyeluruh.

= Sintesa Sintesa = metode yang menghubungkan pengertianpengertian yang ada menjadi kesatuan hingga diperoleh satu argumentasi .Pendekatan Metode (Cara kerja yang teratur dan sistematis)  Deduksi : penyimpulan dari umum ke khusus  Induksi : penyimpulan yang khusus ke yang umum  Dialektika : Thes-----.Anti Thes-----.

PENGETAHUAN yang mempunyai ciri-ciri tertentu  Teori Tentang Ada  Apa yang ingin diketahui ?  Seberapa jauh yang ingin diketahui ?  EPISTEMIOLOGI  Teori Tentang Mengetahui  Bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut ?  AKSIOLOGI  Teori Tentang Nilai  Apa nilai dari pengetahuan tersebut?  ONTOLOGI . ILMU .

namun perlu dibantu oleh alat-alat dan percobaanpercobaan. Tokoh : August Comte (1798-1857) .METODE-METODE UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN    Empirisme (Pengalaman) Berpendirian pengetahuan diperoleh dari pengalaman indera Tokoh : John Locke (1632-1704) dengan teori Tabula Rasa Rasionalisme Berpendirian bahwa pengetahuan diperoleh dari akal Tokoh : Rene Decscartes (1596-1650) & Spinoza (1632-1677) Positivisme Berpendirian: penghayatan indera sangat penting dalam memperoleh pengetahuan yang benar.

Tokoh : Kepler . Intuisi adalah suatu sarana untuk mengetahui secara langsung danseketika Tokoh : henry Bergson (1859-1941) intuisi lebih tinggi sifatnya dari penghayatan akal Metode Ilmiah Pengetahuan didapat didasarkan oleh perpaduan olah pikir (akal) dan pengalaman.METODE-METODE UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN    Fenomenalisme (Gejala) Pengetahuan diperoleh dari hukum sebab akibat --akal yang memberi bentuk materi Tokoh : Edmund Husserl (1859-1938) Intuisionisme Pengetahuan didapat berdasarkan kemampuan & rasa kita menyerap suatu pengetahua.

Penalaran .Ingatan . KELEBIHAN METODE ILMIAH  Tersusun secara logis & sistematis   Kebenaran teruji secara empiris   Siklus uji terus menerus   Terbuka & tersurat  KELEMAHAN METODE ILMIAH   Landasan Epistemiologi : Panca Indera Persepsi .

RUANG LINGKUP PENELITIAN KEBIDANAN        Ibu hamil Ibu bersalin Ibu meneteki BBLR. Anak. Balita. Remaja WUS PUS Lansia . Neonatus. Bayi. Anak prasekolah.

  Ruang lingkup penelitian bertujuan untuk memberikan batasan penelitian sehiingga jelas batasan yg ditelitinya dan mengajak pembaca untuk mengetahui lingkup penelitian yg dibacanya Ruang lingkup berisikan variabel bebas dan terikat . penggunaan data tempat dan waktu. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->