PENGERTIAN PENELITIAN, IMPLIKASI DAN RUANG LINGKUP PENELITIAN

Rosita Syarifah, S.SiT

Metodologi (Methodology):     Sekumpulan peraturan. kegiatan dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu Studi atau analisis teoretis mengenai suatu cara/metode Cabang ilmu logika yang berkaitan dengan prinsip umum pembentukan pengetahuan (knowledge) Secara praktis. Metodologi = metode = cara = teknik = prosedur .

Pengertian Research (Penelitian)    Re = kembali/berulang-ulang Search = mencari. menjelajahi. ani-stikim-06 6 Oktober 2006 . menemukan makna. menjelajahi. Research = mencari. atau menemukan makna kembali secara berulang-ulang.

Pengertian Metode Penelitian  Cara ilmiah : didasarkan pada ciri-ciri keilmuan Rasional : masuk akal. dan obyektif : disepakati bersama) Tujuan dan kegunaan tertentu : Penemuan : data betul-betul baru  Pembuktian : data untuk membuktikan keragu-raguan  Pengembangan : memperdalam dan memperluas pengetahuan yang ada  . diterima nalar  Empiris : dapat diamati oleh indera manusia  Sistematis : langkah-langkah tertentu yang logis    Mendapatkan data : empiris dan valid (reliabel: konsisten. ada logika.

merumuskannya. redefinisi terhadap masalah.Midwifery Research (Penelitian Kebidanan) Woody (1927). penelitian merupakan sebuah metode untuk menemukan kebenaran.  Subsatnsinya menyangkut masalah kebidanan  ani-stikim-06 6 Oktober 2006 . hipotesis.

data. dan koefisien dari penelitian tersebut bagi berbagai pihak seperti pemerintah. sponsor penelitian. perkembangan ilmu dan penelitian.   Tujuan penelitian adalah pernyataanpernyataan harapan yang ingin dicapai atau diketahui melalui penelitian. dan kepentingan masyarakat pada umumnya.Tujuan Penelitian dan Kegunaan Penelitian. Dengan perumusan masalah yang masih bersifat abstrak . Kegunaan penelitian adalah manfaat dari hasil penelitian berupa informasi.

dsb. Tujuan umum merupakan pernyataan spesifik yang menggambarkan luaran yang akan dihasilkan dari penelitian.     Tujuan penelitian adalah suatu indikasi ke arah data/ informasi apa yg akan dihasilkan melalui penelitian. membuktikan. dsb. jangka panjang dan abstrak Tujuan khusus penelitian Merupakan pernyatan dalam bentuk kongkrit dan dapat diukur Berupa uraian atau langkah-2 untuk mencapai tujuan umum penelitian Tujuan khusus berkaitan dgn masalah penelitian & menunjukkan variabel yg akan diteliti Boleh dalam kalimat aktif (mengetahui. mendeskripsikan. menilai.) maupun pasif (diketahuinya.) Jenis tujuan penelitian . bersifat global.

kegiatan atau menjelas kan fakta terkait dgn peraturan/ prosedur Membandingkan efektivitas/ efisiensi biaya pengobatan 2 kelompok atau lebih responden Merumuskan tujuan Tujuan penelitian dinyatakan dalam/dengan kalimat pernyataan (bentuk deklaratif) Tujuan lebih spesifik atau kongkrit dibandingkan .      Mendapatkan informasi IPTEK tertentu Mengembangkan metode/ alat/ teori/ konsep baru yangg lebih efektif/ efisien dibanding yang ada Menilai factor-faktor yang berhubungan/ berpengaruh terhadap suatu kejadian Mengevaluasi program.

Contoh : Tujuan umum  Mempelajari factor – factor yang mempengaruhi tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X. Mengidentifikasi angka kematian ibu post partum di daerah X  2. mengidentifikasi pengaruh status ekonomi terhadap tingginya angka kematian ibu post partum di daerah X . Tujuan khusus  1. Mengidentifikasi status ekonomi di daerah X  3.

Ilmu & Filsafat       Filsafat adalah induk ilmu pengetahuan Dalam bahasa Yunani Philosophia (Filsafat) : Philos – Philien – Philia = Cinta / Mencintai Sophia = Kebijaksanaan / Kearipan / Pengatahuan Philosophia = Cinta kepada kebijaksanaan Cinta kepada kearipan Cinta kepada pengetahuan (Lover of Wisdoms) Orang yang mencintai kebijaksanaan / kearipan / pengetahuan disebut “ Philosophof / Filsof ” .Pengetahuan.

menjawab pertanyaan 5W+1H Pengetahuan dapat berkembang menjadi ilmu apabila memenuhi syarat. ilmu batas kajiannya adalah fakta. mempunyai objek kajian. menjawab pertanyaan “What” Ilmu (science). metode pendekatan. hasil tahu manusia.    Pengetahuan (knowledge). Filsafat menjawab pertanyaan “Why” dan “Why”. mendapat pengakuan secara umum/menyeluruh. Filsafat. . batas kajiannya adalah logika/daya pikir manusia.

Anti Thes-----.= Sintesa Sintesa = metode yang menghubungkan pengertianpengertian yang ada menjadi kesatuan hingga diperoleh satu argumentasi .Pendekatan Metode (Cara kerja yang teratur dan sistematis)  Deduksi : penyimpulan dari umum ke khusus  Induksi : penyimpulan yang khusus ke yang umum  Dialektika : Thes-----.

PENGETAHUAN yang mempunyai ciri-ciri tertentu  Teori Tentang Ada  Apa yang ingin diketahui ?  Seberapa jauh yang ingin diketahui ?  EPISTEMIOLOGI  Teori Tentang Mengetahui  Bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut ?  AKSIOLOGI  Teori Tentang Nilai  Apa nilai dari pengetahuan tersebut?  ONTOLOGI . ILMU .

Tokoh : August Comte (1798-1857) . namun perlu dibantu oleh alat-alat dan percobaanpercobaan.METODE-METODE UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN    Empirisme (Pengalaman) Berpendirian pengetahuan diperoleh dari pengalaman indera Tokoh : John Locke (1632-1704) dengan teori Tabula Rasa Rasionalisme Berpendirian bahwa pengetahuan diperoleh dari akal Tokoh : Rene Decscartes (1596-1650) & Spinoza (1632-1677) Positivisme Berpendirian: penghayatan indera sangat penting dalam memperoleh pengetahuan yang benar.

Intuisi adalah suatu sarana untuk mengetahui secara langsung danseketika Tokoh : henry Bergson (1859-1941) intuisi lebih tinggi sifatnya dari penghayatan akal Metode Ilmiah Pengetahuan didapat didasarkan oleh perpaduan olah pikir (akal) dan pengalaman. Tokoh : Kepler .METODE-METODE UNTUK MEMPEROLEH PENGETAHUAN    Fenomenalisme (Gejala) Pengetahuan diperoleh dari hukum sebab akibat --akal yang memberi bentuk materi Tokoh : Edmund Husserl (1859-1938) Intuisionisme Pengetahuan didapat berdasarkan kemampuan & rasa kita menyerap suatu pengetahua.

 KELEBIHAN METODE ILMIAH  Tersusun secara logis & sistematis   Kebenaran teruji secara empiris   Siklus uji terus menerus   Terbuka & tersurat  KELEMAHAN METODE ILMIAH   Landasan Epistemiologi : Panca Indera Persepsi .Ingatan .Penalaran .

RUANG LINGKUP PENELITIAN KEBIDANAN        Ibu hamil Ibu bersalin Ibu meneteki BBLR. Bayi. Balita. Anak prasekolah. Remaja WUS PUS Lansia . Neonatus. Anak.

penggunaan data tempat dan waktu.  Ruang lingkup penelitian bertujuan untuk memberikan batasan penelitian sehiingga jelas batasan yg ditelitinya dan mengajak pembaca untuk mengetahui lingkup penelitian yg dibacanya Ruang lingkup berisikan variabel bebas dan terikat . .