TOPOLOGI JARINGAN

OLEH ALVI ANIQO NURI SALSABILA (VIII-E/04) SMPN 26 SURABAYA 2012-2013

Pengertian
Topologi jaringan atau arsitektur jaringan adalah gambaran perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network yang umumnya menggunakan kabel (sebagai media transmisi), dengan konektor, Ethernet card, dan perangkat pendukung lainnya. Dede Sopandi (2004) membagi topologi jaringan berdasarkan fungsinya, yakni: topologi fisik dan topologi logic.

MACAM-MACAM TOPOLOGI Bus Ring Star Mesh Tree .

Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.TOPOLOGI BUS Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. . Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator.

Bila hal tersebut terjadi. maka node tersebut akan mengecek terlebih dahulu apakah jaringan sedang kosong atau tidak . maka akan terjadi collision (tabrakan data).Apabila pada saat yang bersamaan ada paket lain yang sedang dikirm oleh node lain. Jika node melihat jaringan sedang kosong dari lalu lintas data.CARA KERJA TOPOLOGI BUS Apabila suatu node ingin mengirim paket data ke node lain. Walau data dikirim ke semua node tapi hanya node tujuan saja yang dapat menerima paket data tersebut. maka paket data segera dikirim ke semua node menggunakan alamat broadcast. node dan jaringan akan berhenti mengirimkan paket data. masing-masing node akan menunggu “giliran” untuk mengirimkan kembali paket data yang mengalami collision. Setelah berhenti. .

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI BUS Kelebihan Topologi Bus • Topologi yang banyak di gunakan di awal penggunaan jaringan computer karena topologi yang paling sederhana di banding dengan topologi lainnya. • Sinyal yang di kirimkan oleh satu computer akan di kirim keseluruh jaringan dari ujung satu sampai ujung lainnya. • Oleh karena hanya satu computer saja yang dapat mengirimkan data dalam satu saat jumlah computer sangat berpengaruh dalam unjuk kerja. • Semakin banyak jumlah computer semakin banyak computer akan menunggu giliran untuk bias mengirim data dan efeknya untuk kerja jaringan akan menjadi lambat.dan di terima oleh satu computer yang di tuju. Kekurangan Topologi Bus • Hanya satu computer yang dapat mengirimkan data yang berupa sinyal elektronik ke semua computer dalam jaringan tsb. • Komputer di hubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel. • Jika kabel terputus maka semua jaringan computer terganggu dan .

GAMBAR TOPOLOGI BUS Topologi Bus .

TOPOLOGI RING Topologi cincin atay yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. . Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

Token yang sampai di node pengirim kemudian “ditempel” dengan paket data yang dikirim. maka node tersebut harus menunggu kehadiran token bebas. Dan pada akhirnya token kembali bebas lagi.CARA KERJA TOPOLOGI RING Apabila suatu node ingin mengirim paket data kenode lain. Setelah sampai di node penerima. Node lain tidak dapat mengirim paket data karena token sudah dipakai. . Selanjutnya data mengalir ke node penerima. paket data tersebut akan di-copy-kan dan paket data akan mengalir kembali ke node pengirim.

• Dalam proses instalasi dan rekonfigurasi secara fisik maupun ligik mudah karena terhubung satu dan hanya satu dengan oerangkat lainnya. Kekurangan Topologi Ring • Sinyal akan semakin melemah apabila jarak yang di tempuh untuk mencapai tujuan semakin jauh. . • Identifikasi kerusakan mudah karena sinyal data selalu bergerak lurus dari perangkat pengirim sampai perangkat tujuan. • Untuk mengatasinya maka dilengkapi repeater. • Tidak berfungsinya satu link akan mempengaruhi link lainnya.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI RING Kelebihan Topologi Ring • Menghubungkan secara langsung dua perangkat dalam jaringan.

GAMBAR TOPOLOGI RING Topologi Cincin .

switch.TOPOLOGI STAR Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Keuntungan dari topologi ini sangat banyak sekali diantaranya memudahkan admin dalam mengelola jaringan. Pada topologi star. kontrol yang terpusat pada hub terkadang . Contoh alat yang di pakai disini adalah hub. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Kekurangannya diantaranya pemborosan terhadap kabel. satu hub berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan. kemudahan mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan. dll. memudahkan dalam penambahan komputer atau terminal. Tetapi dengan banyak nya kelebihan bukan dengan artian topologi ini tanpa kekurangan.

Hanya segmen tersebut yang mengalami gangguan. manakala ada kabel atau segmen yang putus. Karena setiap node terhubung dengan hub. . tidak akan mengganggu jaringan.CARA KERJA TOPOLOGI STAR Cara kerja Topologi Star mirip dengan Topologi Bus. Yang membedakannya adalah adanya hub atau switch sebagia sentral jaringan.

kerusakan HUB berakibat lumpuhnya seluruh link dalam jaringan sehingga computer tidak dapat . • Kabel yang di butuhkan hanya sebanyak computer dalam jaringan dan I/O cukup hanya satu di setiap computer.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI STAR Kelebihan Topologi Star • Topologi star tidak langsung terhubung satu sama lain tetapi melalui perangkat pusat pengendali yang di sebut HUB. • Memiliki sifat robustness yaitu jika satu link rusak maka hanya pada computer yang berada pada link tsb. Kelemahan Topologi Star • Kondisi HUB harus tetap dalam kondisi baik.kabel link dan port I/O lebih sedikit dan biaya lebih sedikit dari pada topologi mesh.

GAMBAR TOPOLOGI STAR Topologi star .

TOPOLOGI MESH Mesh topology dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. . Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk diimplementasikan. Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya. Sebuah „fullyconnected mesh‟ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi.

CARA KERJA TOPOLOGI MESH .

• Data dapat di kirim langsung ke computer tujuan tanpa harus melalui computer lainnya lebih cepat. . maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya. • Memiliki sifat Robust. yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B. Butuh banyak kabel sehingga butuh banyak biaya. • Mudah dalam proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI MESH Mesh Kelebihan Topologi • Dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan. Kekurangan Topologi Mesh • Setiap perangkat harus memiliki I/O port. • Instalasi dan konfigurasi lebih sulit karena computer yang satu dengan yang lain harus terkoneksi secara langsung.Satu link di gunakan kusus untuk berkomunikasi dengan computer yang di tuju.

GAMBAR TOPOLOGI MESH Topologi Mesh .

. Pada gambar bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.TOPOLOGI TREE Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.sentral pusat atau yang berada pada bagian paling atas merupakan sentral yang aktiv sedangkan sentral yang ada di bawahnya adalah sentral yang pasif.

CARA KERJA TOPOLOGI TREE .

dan secondary HUB • Topologi tree ini memiliki keunggulan lebih mampu menjangkau jarak yang lebih jauh dengan mengaktifkan fungsi Repeater yang dimiliki oleh HUB.central HUB. • Tetapi HUB dibagi menjadi dua. termasuk di dalamnya adalah tata letak ruangan. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI TREE Kelemahan Topologi Tree • Kabel yang digunakan menjadi lebih banyak sehingga diperlukan perencanaan yang matang dalam pengaturannya .Kelebihan Topologi Tree • Seperti topologi star perangkat terhubung pada pusat pengendali /HUB. .

GAMBAR TOPOLOGI TREE Topologi pohon .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful