P. 1
Saluran Akses Internet

Saluran Akses Internet

|Views: 32|Likes:
Published by Alvi Aniqo

More info:

Published by: Alvi Aniqo on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

Saluran-saluran Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya

Ada beberapa cara untuk mengakses Internet, slah satu diantaranya adalah dengan menghubungkan beberapa komputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubung dengan internet. Cara lain adalah dengan menggunakan saluran telekomunikasi yang kita miliki. Dalam hal ini kita terlebih dahulu menyiapkan perangkat kerasa dan perangkat lunak yang dibutuhkan dan menghubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk berlanggan. 1. ISDN ( Integrated Service Digital Network ) ISDN merupak layanan telepon digital yang berkecepatan tinggi. ISDN memberikan kemungkinan akses internet cepat dengan kecepatan hingga 128 kbps.

2. HDSL (High Data Rate Digital subscriber Lines) HDSL merupakan sistem yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi, 1,544 Mbps hingga 2,048 Mbps menggunakan saluran kawat twisted pair. Akses internet ini melalui HDSL cocok digunkan untuk gedung-gedung perkantoran karena aksesnya yang cepat dan memerlukan bandwidth rtelatif kecil (80kHz - 240 kHz) serta tidak memerlukan repeater.

SDSL ( Symetrical Digital Subscriber Line ) Disebut Symetric karena kecepatan aliran data untuk upload sma dengan download.5 km. dimana pada jarak tersebut kecepatan aliran datanya dapat mencapai 6 Mbps (rata-rata kecvepatannya 1. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line ) Disebut asymetric karena kecepatan upload dan download berbeda.3.54 Mbps .2.048 Mbps ) Saluran ini sangat cocok untuk kompleks perumahan. Jangkauan SDSL tak lebih dari 3 km. . kecepatan upstream mencapai 8 Mbps dan downstream 1 Mbps dengan jangkauan kabel maksimum 5. 4.

5. VDSL (Very High bit Rate Digital Subscriber Line) VDSL dapat mengirimkan dazta dengan kecepatan 1. .Dengan teknologi ini. VDSL memerlukan serat optik untuk trnsmisi data. bahkan tidak juga telepon.VSAT berbentuk seperti piringan yang menghadap kelangit. 6. kecepatan transmisi dapat mencapai 55 Mbps.6 Mbps pada jarak maksimum 900 m. Satelit ini berarti satelit tersebut selalu barada di tempat yang sama sejalan dengan putaran bumi pada sumbunya Dalam sistem VSAT. VSAT ( Very small Aperture Terminal) VSAT merupakan pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet dimana tidak ada infrastruktur lain seperti leased line. Serat optik memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi daripada kabel tembaga biasa. topologi yang paling populer adalah star. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap kesebuah satelit geostasioner. ISDN. ADSL. Dalam konfigurasi ini sebuah sistem hub berhubungan dengan banyak remote site yang tersebar dibanyak lokasi. Oleh karena kecepatanyya yang tinggi .

2 Kbps dan 9. karena biaya telepon dapat ditekan. Namun kecepatan radio paket hanya berkisar antara 1.7. Alternatif koneksi atau internetnlewat gelombang radio ini merupakan koneksi paling ekonomis. Radio Paket Radio paket merupakan suatu bentuk komunikasi data/ aplikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi. Untuk mengakses internet menggunakan radio paket kita harus menggunakan modem khusus untuk untuk radio. . Misalnya TNC ( Terminal Node Controller ) dan baycom Modem.6 Kbps.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->