Hutan hujan tropis adalah hutan lebat / hutan rimba belantara yang tumbuh di sekitar garis khatulistiwa / ukuator

yang memiliki curah turun hujan yang sangat tinggi.

Curah hujan antara 1000 – 2000 mm. Suhu rata-rata harian 25˚C. Terdapat perubahan iklim mikro. Sepanjang tahun hutan basah dan cukup mendapat air. Pohon – pohon utama memiliki ketinggian 20 – 40 m. Cabang pohon berdaun lebat sehingga membentuk kanopi. o Di dalam hutan selalu gelap dan tingkat kelembapannya tinggi, karena tertutup oleh kanopi hutan yang rapat. o Banyak ditumbuhi tumbuhan liana dan epifit. o Matahari bersinar sepanjang tahun. o o o o o o

Hutan hujan tropis banyak tersebar di daerah tropis dan subtropis. Misalnya saja di Indonesia, Asia Tenggara, Australia bagian utara, Papua (Irian jaya) bagian timur, Afrika Tengah, dan Amerika Tengah.

Tumbuhan : o Rotan o Anggrek o Pakis o Tumbuhan sulur o Beringin o Akasia o Cendana

Hewan : o Babi hutan o Kera o Burung o Bajing o Kucing hutan o Macan tutul o Beruang o Banteng

1. Apakah yang di maksud dengan hutan hujan tropis? 2. Mengapa di dalam hutan hujan tropis selalu gelap dan lembab? 3. Apa jenis tumbuhan yang mendominasi hutan hujan tropis? 4. Dimana sajakan penyebaran lokasi hutan hujan tropis? 5. Berapakah suhu harian rata – rata hutan hujan tropis?

1. Hutan hujan tropis adalah hutan lebat / hutan rimba belantara yang tumbuh di sekitar garis khatulistiwa / ukuator yang memiliki curah turun hujan yang sangat tinggi. 2. Hutan hujan tropis selalu gelap dan lembab karena tertutup oleh kanopi hutan yang rapat, sehingga tidak memungkinkan banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam hutan. 3. Tumbuhan yang mendominasi hutan hujan tropis adalah tumbuhan jenis liana (misalnya rotan) dan epifit (misalnya anggrek). 4. Hutan hujan tropis banyak tersebar di Indonesia, Australia bagian utara, Papua (Irian jaya) bagian timur, Afrika tengah, dan Amerika Tengah. 5. Suhu harian rata – rata hutan hujan tropis adalah 25˚C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful