JARINGAN KOMPUTER – Halaman (1

)

KONSEP DASAR JARINGAN KOMPUTER
Model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi telah diganti oleh sekumpulan komputer yang berjumlah banyak dan terpisah tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem ini disebut sebagai jaringan komputer (Computer Network). Jaringan komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu jaringan bila keduanya saling bertukar informasi.

1.1 Konsep Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, dan menggunakan bersama perangkat keras. Jaringan komputer dapat diartikan pula sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri dari lebih dari satu komputer yang saling berhubungan. (Tanenbaum, 1997) Dalam sebuah jaringan komputer umumnya saling berhubungan banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Server adalah komputer yang berfungsi sebagai “pelayan” pengiriman data dan/atau penerima data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung.

Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama. Untuk menentukan perangkat keras jaringan komputer terdapat dua hal yang sangat penting. Selain itu. 3. Jaringan juga membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.2 Perangkat Keras Jaringan Proses penetapan perangkat keras jaringan komputer relatif lebih mudah dibanding dengan perangkat lunak. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. pemantauan proyek. misalnya masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimana pemanfaatan jaringan komunikasi menjadi lebih efektif dan efisien. 4. 1. Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan. Banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi. missalnya : (Komputer. 2003) 1. 5. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda. 2. Walaupun terdapat berbagai jenis jaringan komputer yang berbeda. dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif. dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Walaupun demikian terdapat beberapa kendala. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. disamping sistem penjadwalan.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (2) Tujuan Membangun Jaringan Komputer Suatu jaringan komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (reciever) melalui media komunikasi. namun semuanya memiliki karakteristik perangkat keras tertentu yang sifatnya umum. serta masih terdapatnya berbagai macam gangguan saat data di transmisikan. yaitu teknologi transmisi dan jarak. konferensi online dan groupware. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan. Secara garis besar teknologi transmisi . Manfaat Jaringan Komputer Jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri.

Berdasarkan jarak dan area kerjanya jaringan komputer dibedakan dalam tiga kelompok : . Ujung kabel yang ke komputer mengunakan konektor BNC. LAN untuk menguraikan cara bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan di kenal dengan istilah Topologi.1 LAN LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan secara bersama-sama dan saling bertukar informasi. STAR dan RING.2. Topologi menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan sedangkan topologi logika menguraikan perilaku komputer dalam jaringan dari sudut pandang operator. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua komputer yang ada pada jaringan tersebut. Kabel koaksial tersebut di hubungkan dengan satu dengan yang lainnya dengan konektor ini. Dengan topologi ini komputer di hubungkan secara berantai (daisy -chain) dengan perantaraan suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial. Pada setiap network adapter (LAN Card) di pasang konektor BNC tipe T yang bercabang. komputer lainnya kemungkinan akan . Jarak merupakan hal yang penting untuk membangun sebuah jaringan komputer.Local Area Network (LAN) . LAN digunakan untuk menghubungkan simpul yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh seperti dalam sebuah bangunan atau gedung dengan radius maksimum 10 kilometer. Pada umumnya jaringan menggunakan satu atau lebih topologi fisik. misalnya 10 Mbps.Metropolitan Area Network (MAN) . misalnya jaringan telekomunikasi. Topologi fisik meliputi : BUS. Topologi ini mudah di pasang dan murah namun bila terjadi sesuatu terhadap salah satu komputer.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (3) dibedakan menjadi dua yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-topoint. Sedangkan point-to-point terdiri dari sejumlah pasangan komputer yang ada dalam jaringan komputer. dalam hal ini manusianya yaitu topologi fisik. Dalam LAN umumnya kecepatan pengiriman data sangat tinggi. 100 Mbps bahkan ada yang sampai dengan 1000 Mbps. Ujung ujung dari kabel koaksial harus di tutup dengan tahanan (termination resistor) untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan ganguan yang menyebabkan kemacetan jaringan. Pada umumnya LAN dimiliki oleh suatu perusahaan tanpa adanya campur tangan lain.Wide Area Network (WAN) 1. Topologi BUS adalah topologi umum dalam LAN.

Gambar 1. Dan setiap komputer mempunyai kabel sendiri sendiri sehingga lebih mudah mencari kesalahan dalam jaringan. Topologi RING hampir sama dengan topologi BUS. Satu titik yang dimaksudkan dalam hal ini adalah suatu perangkat jaringan dengan nama HUB/SWITCH.1 Topologi Jaringan Dalam topologi STAR sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi. Jaringan dengan topologi ini lebih mahal dan lebih sulit untuk pemasangan. hanya saja ujung dari topologi ini dihubungkan dengan ujung yang lain hingga menyerupai lingkaran. 5e dan juga kategori 6.sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semua komputer yang berhubungan dengan hub/switch tersebut. Kecepatan yang bisa di capai hanya sampai dengan 10 Mbps.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (4) terganggu. Kabel yang digunakan biasanya mengunakan kabel UTP kategori 5. Semua komputer dihubungkan ke hub/switch tersebut. Hub/Switch berfungsi untuk menerima sinyal . Topologi Ring ini di perkenalkan oleh IBM untuk mendukung protokol token ring yang di ciptakan IBM . Semua kontrol dalam topologi STAR dipusatkan pada satu titik yang dinamakan stasion primer dan terminal lain sebagai stasion sekunder.

jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepone yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lain dengan media router.2. 1.2 MAN MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknology yang sama dengan LAN. data. Jangkauan MAN antara 10 sampai dengan 50 km.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (5) Keuntungan kerugian dari jenis topologi : Topologi Keuntungan Kerugian BUS Hemat kabel Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil Layout kabel sederhana Kepadatan lalulintas tinggi Mudah dikembangkan Jika pemakai banyak Tidak butuh kendali pusat kecepatan menurun Diperlukan repeater untuk jarak jauh RING Hemat kabel Peka kesalahan Dapat melayani lalulintas Pengembangan jaringan yang padat lebih kaku kerusakan pada media pengirim dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan lambat. informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh si pengirim (transmitter) dan si penerima (reciever) agar komunikasi dapat .2. misalnya mengirim pesan. karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. 1.3 PROTOKOL Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer. karena menunggu token STAR Flexibel Boros kabel Penambahan pengurangan Kontrol terpusat (HUB) tidak menggangu terminal menjadi elemen kritis lain Kontrol terpusat 1. Pada sebagian besar WAN. MAN merupakan pilihan membangun jaringan antar kantor dalam suatu kota.3 WAN WAN adalah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas.

. Fungsi Protokol Secara umum fungsi protokol adalah menghubungkan sisi pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar dengan kehandalan yang tinggi. . .semantix. kode-kode koreksi dan lain-lain.Flow control Fungsi dari Flow Control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke reciever.Transmission Service .Encapsulation Fungsi dari encapsulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address.syntax .Connection Control Fungsi dari Conection Control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan reciever.Error Control Dalam pengiriman data tak lepas dari kesalahan.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (6) berlangsung dengan benar. Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama. merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal. dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan. Sedangkan fungsi protokol secara detail sebagai berikut : (Komputer. . baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Hal – hal yang harus diperhatikan dalam protokol adalah : .Fragmentasi dan reassembly Fungsi dari fragmentasi dan reasembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap. 2003) . Fungsi error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan. .timing. . digunakan untuk mengetahui maksud dari informasi yang dikirim dan mengkoreksi kesalahan yang terjadi dari informasi tersebut. . digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.

ST SC. Bila . Tabel berbagai jenis protokol ethernet. Dimana setiap node (host) menerima setiap data yang dikirim oleh node lain. 1.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (7) Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.4. ST RJ-45 SC. Protokol yang dipakai untuk jaringan LAN adalah protocol Ethernet. jenis kabel. jarak maksimum dan konektor yang sering dipakai dalam LAN : Jenis 10BaseT 100BaseTX 10Base2 10Base5 10BaseFL 100BaseFX 1000BaseTX 1000BaseSL 10000BaseLX Frek Kabel (Mbps) 10 Cat 3. Mengunakan mekanisme (metode akses) yang di sebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collison Detection). AUI SC. Star 100 Meter Star 100 Meter Bus 185 Meter Bus Star Star Star Star Star 500 Meter 2000 Meter 412 Meter 100 Meter 550 Meter Konektor RJ-45 RJ-45 BNC DIX. kecepatan . FDDI. Jika tidak ada pengiriman data (network sepi). Protokol Ethernet mengunkan standard spesifikasi IEEE 802. Ethernet Protokol Ethernet merupakan protokol LAN yang paling banyak dipakai karena berkemapuan tinggi dengan biaya yang rendah.5 UTP 100 Cat 5 UTP 10 Thin COAX RG-58 10 Thin COAX RG-8 10 Fiber Optik 100 Fiber Optik 1000 Cat 6 UTP 1000 Fiber Optik multi mode 1000 Fiber Optik single mode TopoJarak logi Maks. Kecepatan yang bisa capai dari 10 Mbps. Fast ethernet 100 Mbps dan Gigabit Ethernet 1000 Mbps. Token Ring. Jika network sibuk . dan ATM. suatu Host (komputer) memeriksa apakah network (jaringan) ada pengiriman data. ST Cara kerja dari Protokol Ethernet yakni sebelum mengirim data.3. bekerja berdasarkan brodcast network. ST 3000 Meter SC. host akan menunggu sampai network sepi. topologi. baru host tersebut melakukan pengiriman data.

Setiap lingkaran jaringan FDDI dapat mencapai panjang 200 KM dengan jumlah workstation maksimum sebesar 500 buah. kedua host mengirimkan sinyal jam ke network dan semua host berhenti mengirimkan data dan kembali menunggu.2 meter untuk kabel jenis UTP. MSAU memiliki ring input port (RI). Token Ring menggunakan metode yang disebut Beaconing untuk mencari kesalahan jaringan. Kecepatan Token Ring bisa mencapai 4 Mbps dan 16 Mbps (untuk saat ini tergolong lambat). Jaringan FDDI mempunyai kecepatan 100 Mbps melalui media fiber optik.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (8) 2 host pada saat yang bersamaan melakukan pengiriman data. terjadilah tabrakan (collision). 2. Backoff algorithm digunakan untuk mengatur pengiriman ulang setelah terjadi tabrakan. Ring Output port dan sejumlah port untuk berhubungan dengan komputer. host-host menunggu dan mengirimkan data kembali. Jarak maksimum antar workstation adalah 2 km. Kemudian secara random. Lobe dalam Token Ring adalah kabel untuk menghubungkan suatu komputer ke port MSAU dengan panjang maksimum 45. Token Ring Diciptakan oleh perusahaan IBM menggunakan topologi Ring. Jika hal ini terjadi. Kedua lingkaran tersebut dapat di gunakan untuk pengiriman data namun hanya lingkaran primary yang biasanya di pakai sebagai jaringan utama. Dalam pengunaannya komputer yang dihubungkan ke jaringan token Ring melalui suatu hub khusus untuk Token Ring yang disebut Multi -Station Access Unit (MSAU). FDDI juga menyediakan sarana penggunaan kabel copper yang sering juga disebut Copper stranded Distributed Data Interface (CDDI).5/125 pm. . FDDI Fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang di ciptakan ANSI adalah protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary.5 meter untuk jenis UTP dan 100 Meter untuk jenis STP 3. Fiber optic yang umumnya di pergunakan oleh FDDI adalah kabel multi -mode fiber optik tipe 62. Lingkaran secondary baru berfungsi jika lingkaran primary mengalami kerusakan. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jaringan Token Ring adalah panjang lingkaran token tidak boleh lebih dari 121.

Ada dua jenis concentrator. FDDI 100 Mbps. OC-12. DS-1. dan concentrator ganda yang berhubungan dengan kedua lingkaran FDDI 4. . OC-3. umumnya menggunakan media fiber optik yang dapat mencapai kecepatan 622 Mbps. T3. ATM sangat cepat dan dapat memiliki bandwidth yang sangat besar menggunakan jalur transmisi cepat seperti SONET. ATM Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah protokol yang di atur oleh badan internasional ITU-T yang menggunakan ukuran frame dengan panjang tetap sebesar 53 byte yang di sebut sel. ATM juga menyediakan sarana penggunaan kabel UTP CAT-5 dengan kecepatan 155 Mbps. Oleh sebab itu.JARINGAN KOMPUTER – Halaman (9) Keuntungan penggunaan fiber optik ini : • Bandwidth yang besar • Tidak terganggu oleh sinyal listrik • Memiliki kapasitas untuk pemakaian jarak jauh Hubungan dari server atau workstation kejaringan FDDI melalui suatu peralatan jaringan yang disebut concentrator. yaitu concentrator tunggal yang berhubungan dengan satu lingkaran FDDI. Fiber Channel 155 MBps.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful