P. 1
Handout

Handout

|Views: 12|Likes:
Published by Tri Susetyo

More info:

Published by: Tri Susetyo on Oct 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

Menggunakan Peralatan Pembanding dan atau Alat Ukur Dasar

Macam-macam alat ukur : 1. Dial Indicator Jam ukur merupakan alat pembanding yang banyak digunakan di industri pemesinan maupun pada bagian pengukuran. Penggunaan jam ukur adalah antara lain untuk mengetes penyimpangan-penyimpangan yang kecil pada bidang datar, bulat atau permukaan lengkung. Misalnya untuk memeriksa kesejajaran permukaanpermukaan, menyetel kesentrisan benda kerja pada pencekam mesin bubut, memeriksa penyimpangan eksentris, memeriksa kebulatan diameter poros, menyetel plat siku, memeriksa penyimpangan putaran beberapa bantalan seperti pada poros engkol mesin mobil, memeriksa penyimpangan aksial dari drum roda mobil, dan lain-lain.

0. 5. dimana gerak linier sensor diubah menjadi gerak rotasi oleh jarum penunjuk pada piringan dengan perantaraan batang bergigi dan susunan roda gigi Ketelitian dan kecermatan jam ukur berbeda – beda ada yang kecermatannya 0. 10. Pada piringan terdapat skala yang dilengkapi dengan tanda batas atas dan tanda batas bawah. 1 mm . . terdapat jam kecil dalam piringan yang besar dimana satu putaran jarum besar sama dengan tanda satu angka jam kecil. misalnya : 20. Untuk jam ukur dengan kapasitas besar. 2. 0.01 .Prinsip kerja jam ukur secara mekanis. Piringan skala dapat diputar untuk kalibrasi posisi nol.02 .005 dan kapasitas ukurnya juga berbeda – beda .

5 mm). Komponen terpenting dari micrometer adalah ulir utama. Dengan memutar silinder putar satu kali putaran. maka poros ukur akan bergerak secara linier sepanjang satu kisar sesuai dengan kisar dari ulir utama (umumnya memiliki kisar 0. . Kalibrasi micrometer dapat dilakukan dengan menggunakan block gauge dan dengan pengamatan secara optik menggunakan optical flat dengan sinar monokromatis. lebih presisi daripada jangka sorong.2. Mikrometer Micrometer adalah alat ukur linier yang mempunyai ketelitian/ kecermatan yang tinggi.

• Selalu memeriksa kedudukan posisi nol sebelum pemakaian • Hati-hati dalam menempatkan benda ukur pada mulut ukur • Menyimpan pada tempat yang bebas debu dan tidak dicampur dengan alat lain yang lebih berat dan antara anvil dengan spindle tidak dalam keadaan kontak.Cara pemakaian dan pemeliharaan micrometer yang baik : • Membersihkan permukaan benda ukur dan mulut ukur dari kotoran yang mengganjal. . • Melumasi dengan pelumas yang ringan.

1.. b) ……………………………………………………………………. Bagaimana cara membuat Nol jam ukur : ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………… 3. Bagaimana prinsip kerja jam ukur : ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………… .. c) ……………………………………………………………………. 2. Kegunaan dari jam ukur (Dial Indicator) yang digunakan pada mesin bubut adalah : a) ……………………………………………………………………..

Jelaskan komponen utama pada micromet : ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………… 2. Cara pemakaian dan pemeliharaan micrometer yang baik adalah : ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………… 3. Kalibrasi micrometer dapat dilakukan dengan cara : ……………………………………………………………………… .1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->