P. 1
Laporan Pengenalan Alat Laboratorium

Laporan Pengenalan Alat Laboratorium

|Views: 272|Likes:

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Jafar Clalhu MilikQhu on Oct 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2014

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI PERKEMBANGAN TUMBUHAN “PENGENALAN MIKROSKOP DAN BENTUK DAN UKURAN SEL”

Nama NIM Kelas Kelompok Tanggal Praktikum Tanggal Pengumpulan Dosen Asisten Dosen

: Jafar Aziz Permana : 1211702042 : Biologi 3A : 6 (tujuh) : 26 September 2012 : 03 Oktober 2012 : Rizal Maulana Hasby, S.Si : Noneng

JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2012

1

Mikroskop cahaya tidak dapat meresolusi detail yang lebih kecil dari 0. 2 . Mikroskop electron modern secara teoritis mencapai resolusi sekitar 0. Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. 2008).2Teori Dasar: Mikroskop adalah instrumen yang paling banyak digunakan dan paling bernamfaat di laboratorium mikroskopi.2008).2008). Mikroskop merupakan alat bantu yang memungkinkan kita untuk mengamati objek yang berukuran sangat kecil.I. 1. Hal ini membantu memecahkan persoalan manusia tentang organisme yang berukuran kecil (Widyatmoko. Kedua kategori mikroskop yang ada adalah mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. dan(4)kontra-fase. Mikroskop cahaya Mikroskop cahaya dapat memperbesar secara efektif sekitar 100 kali dari ukuran aslinya. Mikroskop elektron menggunakan berkas elekton sebagai pengganti gelombang cahaya untuk memeperoleh bayangan yang diperbesar (Michael. Mikroskop electron Mikroskop electron yaitu memfokuskan seberkas electron melalui specimen atau pada permukaanya.(3)flourensi. Sel prokariot adalah sel yang tidak memiliki membran inti jadi materi yang ada di dalam initi sel. seukuran dengan bakteri kecil. resolusi ini dibatasi oleh panjang gelombang cahaya terpendek yang digunakan untuk menyinari specimen. 2. 2008). Karena itulah. Dalam jenjeng organisasi biologis sel merupakan kumpulan materi sederhana yang dapat hidup (Campbell. Resolusi berbanding terbalik dengan panjang gelombang radiasi yang digunakan mikroskop untuk mencitra dan berkas electron memiliki panjang gelombang yang jauh lebih baik daripada cahaya tampak.2 mikrometer (µm). Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Sel dibedakan atas dua macam yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Pendahuluan 1. sel dapat berfungsi secara autonom. Mikroskop berfungsi untuk membesarkan benda yang dilihat sehingga memudahkan kita untuk mengamati benda yang renik. mencakup mikroskop (1)medan terang. mikroskop cahaya yang kesemuanya menggunakan lensa optis.1 Tujuan : o Mengenali mikroskop ban bagian-bagiannya o Mengenal beberapa bentuk sel dan ukuran sel 1.(2)medan gelap.002 nm (Campbell.

2 Prosedur Kerja Pengenalan Mikroskop Tabung dinaikkan menggunakan makrometer Supaya lensa objektif tidak membentur meja atau panggung bila revolver diputar Lensa objektif pada pembesaran (4X atau 10X) Revolver diputar sampai berbunyi klik Membuka diafragma sebesarbesarnya Dengan menarik tangkainya ke belakang Mengatur letak cermin kearah cahaya Sehingga terlihat lingkaran yang sangat terang di dalam lensa okuler Mikroskop siap digunakan 3 .1 Alat dan Bahan Alat Mikroskop Kaca objek Cover glass Silet Jarum preparat Kuas halus Pipet tetes Bahan Batang manihot utilisima (Singkong) Rambut biji Gossypium sp.tersebar di seluruh bagian sel.2008). II. (Kapas) Buah Ceiba Pentandra (Randu) Buah Carrica papaya (Pepaya) 2. Sel eukariot adalah sel yang memiliki membran inti sehingga dapat dibedakan antara inti sel dan bagian organel sel (Pelczar. Metode Percobaan 2.

Mencari bayangan Tabung mikroskop dinaikkan menngunakan makrometer Sehingga jarak antara lemsa objektif dengan permukaan meja ±3 cm Meletakkan sediaan yang akan diamati Simpan ditengah-tengah lubang meja benda Jepit sediaan agar tidak bergeser Memutar makrometer ke belakang sampai penuh Sambil menempatkan roda sediaan dibawah lensa objektif. maka tetesi minyak imersi dahulu 4 . hingga jarak ujung lensa dan permukaan kaca penutup ±1 mm Membidik mata ke lensa okuler Memutar makrometer ke depan searah jarum jam sampai tampak bayangan jelas Memutar revolver dan lensa objektif Untuk mendapatkan pembesaran yang kuat Jika menggunakan lensa objektif 100x.

dengan satu tangan memegang lengan mikroskop dan tangan lain menyangga dasr atau kakinya Mencondongkan posisi tabung Cukup memutar engse penggerak sebagai titik putar Menegakkan kembali setelah selesai Mengusahakan agar lensa objektif lemah (4x atau 10x) berada satu poros dibawah lensa okuler Mengatur kedudukan tabung Sehingga ujung lensa objektif lemah berjarak ±1 cm dengan meja preparat Mengatur kedudukan penjepit sediaan dengan rapi dan cermat Posisi tegak agar debu tidak menempel Membersihkan minyak imersi dengan caira xylol Sesegera mungkin setelah pemakaian selesai dan mengeringkan dengan kain lap bersih Membersihkan lensa atau bagian lainnya dengan lap besih dan halus setiap akan menggunakan mikroskop 5 .Memelihara mikroskop Mengangkat dan membawa mikroskop Posisi tegak.

Buah Carrica papaya (Pepaya)” Gambar sel Hasil 6 . Rambut biji Gossypium sp.Pembuatan preparat Siapkan alat dan bahan Sayat melintang dan membujur bahan dengan menggunakan silet Sayatan Simpan pada kaca objek Tetesi dengan air Tuup dengan Cover glass Preparat jadi Pengamatan preparat Laukan pengamatan pada masing-masing preparat dengan mikroskop “Batang manihot utilisima (Singkong). (Kapas). Buah Ceiba Pentandra (Randu).

III. Hasil Pengamatan Sel Randu (ceiba pentandra) Sel Kapas (Gossypium sp) Irisan melintang (carica papaya) Irisan membujur (carica papaya) Irisan melintang (manihot Utilisima) Irisan membujur (manihot Utilisima) 7 .

Pembahasan Dari hasil pengamatan tentang Pengenalan Mikroskop dan bentuk dan ukuran sel didapat bagian-bagian mikroskop 1. Dengan bentuk selnya yang berupa benang 8 . sel dari kapuk/ Randu (Cieba pentandra) berbentuk seperti benang-benang atau filamen.IV. Lensa Objektif 3. Bonggol pemutar kasar 19. Kaki Mikroskop 9. Meja Preparat 11. Refleksi 17. Lensa Okuler 4. Revolver 14. batang singkong (Manihot utillisima) dan papaya muda (Carica papaya). Kabel 7. Sumbu inklinasi Dalam bentuk dan ukuran sel. Penggeser mekanis 12. Bonggol pemutar halus 18. Bahan-bahan tersebut diiris/disayat tipis secara melintang dan membujur. Setelah diamati di bawah mikroskop. Pengatur Cahaya 16. Lengan Mikroskop 10. Kondensor 5. Tombol on/off 8. Tabung okuler 13. Penjepit 15. Lampu 6. kita mengamati berbagai macam bentuk-bentuk sel dari beberapa tumbuhan yaitu: kapuk/ Randu (Cieba pentandra). Diafragma 2. kapas (Gossypium sp).

Dari pengamatan yang sudah kita lakukan dapat diketahui bahwa setiap tanaman memilik bentuk sel yang berbeda-beda. Pada tanaman kapas (Gossypium sp).dalam hubungannya dengan fungsi. Memiliki susunan sel yang tidak teratur. Kesimpulan Mikroskop dapat digunakan untuk mengamati sel dan benda-benda berukuran kecil.dan bagian dalamnya terdapat rongga dapat berfungsi sebagai jalur transportasi untuk menyalurkan zat-zat cadangan makanan. yang diamati di bawah mikroskop memiliki bentuk sel seperti segi enam/heksagonal yang tersusun sangat rapih. Sedangkan pada irisan membujur. Selnya tersusun rapat isodiametrik. Pada buah pepaya (Carica papaya) irisan melintang. silinder. Susunan selnya renggang dan tidak teratur. Selnya tersusun rapat tetapi ukuran selnya lebih kecil daripada sel pada irisan melintang. elips. sperti serat atau bercabang. Sedangkan pada irisan membujur. V. bentuk selnya tampak seperti bola yang tidak teratur. tebular. yang diamati di bawah mikroskop memiliki bentuk sel berupa serabut-serabut halus yang ukurannya panjang dan kecil berbentuk puntiran-puntiran (torsi). terlihat bentuk sel bulat-bulat kecil dan beraturan serta tersusun sangat rapat. salah satunya adalah bentuk selnya yang berupa benang dan bagian dalamnya terdapat rongga dapat berfungsi sebagai jalur transportasi untuk menyalurkan zat-zat cadangan makanan. yang diamati di bawah mikroskop bentuk selnya tampak seperti bola yang tidak teratur. sel tumbuhan dapat berbentuk oval. Selnya tersusun rapat dan teratur ( prismatik segi enam). Memiliki ukuran sel yang panjang dan agak besar. 9 . Pada batang singkong (Manihot utillisima) irisan melintang. Dari perbedaan bentuk sel yang bermacam-macam ada keterkaitan antara fungsi masing-masing sel. prismatic. Sel dewasa mempunyai variasi dalam hal bentuk dan ukuran.

Pelczar. id. Widyatmoko. 2011. Dasar-Dasar Mikrobiologi 1.J. Jakarta : Erlangga.S. Linda. Anatomi bentuk sel tumbuhan.A.. di akses 29 september 2012. 2008. M. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1.VI.B. Mengenal Laboratorium Biologi. N. 2008. Chan E. Arif. Jakarta : Erlangga.shvoong. Daftar Pustaka Campbell. 2008.com.J..C. Jakarta : UI-Press. 10 . Reece.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->